Cara Penilaian Portofolio Belajar
Siswa cms-formulasi Penilaian portofolio merupakan kegiatan penilaian yang
dilakukan dengan menggunakan bukti-bukti hasil belajar (evidence) yang relevan
dengan kompetensi keahlian yang dipelajari. Evidence tersebut dapat berupa
karya peserta didik (hasil pekerjaan) dari proses pembelajaran yang dianggap
terbaik, atau bentuk informasi lain yang terkait dengan kompetensi keahlian
tertentu. Portofolio adalah kumpulan hasil karya seorang peserta didik, sebagai
hasil pelaksanaan tugas kinerja, yang ditentukan oleh guru atau oleh peserta
didik bersama guru, sebagai bagian dari usaha mencapai tujuan belajar, atau
mencapai kompetensi yang ditentukan dalam kurikulum. Jadi, tidak setiap
kumpulan karya seorang peserta didik disebut portofolio. Portofolio digunakan
sebagai instrumen penilaian atau salah satu komponen dari instrumen penilaian,
untuk menilai kompetensi peserta didik, atau menilai hasil belajar peserta
didik. Sebagai instrumen penilaian, portofolio difokuskan pada dokumen tentang
kerja siswa yang produktif, yaitu ‘bukti’ tentang apa yang dapat dilakukan oleh
siswa, bukan apa yang tidak dapat dikerjakan (dijawab atau dipecahkan) oleh
siswa. Bagi guru, portofolio menyajikan wawasan tentang banyak segi
perkembangan siswa dalam belajarnya: cara berpikirnya, pemahamannya atas
pelajaran yang bersangkutan, kemampuannya mengungkapkan gagasan-gagasannya,
sikapnya terhadap mata pelajaran yang bersangkutan, dan sebagainya. image_thumb
Portofolio penilaian bukan sekedar kumpulan hasil kerja siswa, melainkan
kumpulan hasil siswa dari kerja yang sengaja diperbuat siswa untuk menunjukkan
bukti tentang kompetensi, pemahaman, dan capaian siswa dalam mata pelajaran
tertentu. Portofolio juga merupakan kumpulan informasi yang perlu diketahui
oleh guru sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan langkah-langkah perbaikan
pembelajaran, atau peningkatan belajar siswa. Portofolio peserta didik untuk
penilaian merupakan kumpulan produk siswa, yang berisi berbagai jenis karya
seorang siswa, misalnya: a. Hasil proyek, penyelidikan, atau praktik siswa,
yang disajikan secara tertulis atau dengan penjelasan tertulis. b. Gambar atau
laporan hasil pengamatan siswa, dalam rangka melaksanakan tugas untuk mata
pelajaran yang bersangkutan. c. Analisis situasi yang berkaitan atau relevan
dengan mata pelajaran yang bersangkutan. d. Deskripsi dan diagram pemecahan
suatu masalah, dalam mata pelajaran yang bersangkutan. e. Laporan hasil
penyelidikan tentang hubungan antara konsep-konsep dalam mata pelajaran atau
antarmata-pelajaran. f. Penyelesaian soal-soal terbuka. g. Hasil tugas pekerjaan
rumah yang khas, misalnya dengan cara yang berbeda dengan cara yang diajarkan
di sekolah, atau dengan cara yang berbeda dari cara pilihan teman-teman
sekelasnya. h. Laporan kerja kelompok. i. Hasil kerja siswa yang diperoleh
dengan menggunakan alat rekam video, alat rekam audio, dan komputer. j.
Fotokopi surat piagam atau tanda penghargaan yang pernah diterima oleh siswa
yang bersangkutan. k. Hasil karya dalam mata pelajaran yang bersangkutan, yang
tidak ditugas-kan oleh guru (atas pilihan siswa sendiri, tetapi relevan dengan
mata pelajaran yang bersangkutan). l. Cerita tentang kesenangan atau
ketidaksenangan siswa terhadap mata pelajaran yang bersangkutan. m. Cerita
tentang usaha siswa sendiri dalam mengatasi hambatan psikologis, atau usaha
peningkatan diri, dalam mempelajari mata pelajaran yang bersangkutan. 1. Teknik
Penilaian Portofolio Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan
langkah-langkah sebagai berikut: a. Jelaskan kepada peserta didik maksud
penggunaan portofolio. b. Jelaskan sampel-sampel portofolio yang dapat
digunakan. c. Peserta didik diharuskan mengumpulkan dan mengarsipkan
portofolio. d. Cantumkan tanggal pembuatan pada setiap evidence. e. Tentukan
kriteria penilaian sampel-sampel portofolio. f. Lakukan penilaian diri peserta
didik. g. Lakukan perbaikan terhadap portofolio yang belum sesuai dengan
kriteria. Contoh: Penilaian Portofolio Kompetensi Keahlian : Teknik Gambar
Bangunan Mata Pelajaran/SK : Menggambar Teknik Bangunan Gedung Alokasi Waktu :
1 (Satu) Semester Nama Siswa : ..................................................
Kelas : X/1 No Standar Kompetensi/ Kompetensi Dasar Periode Kriteria Keterangan
Keaslian Kesesuaian Kualitas / Kerapihan Waktu Pembuatan 1. Menggambar
macam-macam pondasi 30/7 10/8 dst. 2. Membuat analisa perencanaan bangunan
gedung 1/9 30/9 dst. 3. Dan seterusnya ... Catatan: Setiap karya peserta didik
sesuai Standar Kompetensi/Kompetensi Dasar yang masuk dalam daftar portofolio
dikumpulkan dalam satu file (tempat) untuk setiap peserta didik sebagai bukti
pekerjaannya. Skor untuk setiap kriteria menggunakan skala penilaian 0,00 -
0,00 atau 0 - 100. Semakin baik hasil penugasan/karya peserta didik, semakin
tinggi skor yang diberikan. Kolom keterangan diisi dengan catatan guru tentang
kelemahan dan kekuatan/kelebihan bukti belajar (evidence) yang dinilai. 2.
Pengolahan Data Penilaian Portofolio Data penilaian proyek meliputi skor yang
diperoleh dari tahap-tahap: perencanaan/persiapan, pengumpulan data, dan
pengolahan data, pelaksanaan pekerjaan dan penyajian data/laporan. Dalam
menilai setiap tahap, pendidik dapat menggunakan skor yang terentang dari 1
sampai 4. Skor 1 merupakan skor terendah dan skor 4 adalah skor tertinggi untuk
setiap tahap. Jadi total skor terendah untuk keseluruhan tahap adalah 4 dan
total skor tertinggi adalah 16. Berikut tabel yang memuat contoh deskripsi dan
penskoran Tahap Deskripsi Skor Perencanaan/ persiapan Memuat: topik, tujuan,
bahan/alat, langkah-langkah kerja, jadwal, waktu, perkiraan data yang akan
diperoleh, tempat pelaksanaan proyek, daftar pertanyaan atau format yang
digunakan sesuai dengan tujuan. 7,00 - 10 Pengumpulan data/informasi a.
Data/informasi tercatat dengan rapi, jelas dan lengkap. b. Ketepatan
menggunakan alat/bahan 7,00 - 10 Pengolahan data/Pelaksanaan pekerjaan a. Ada
pengklasifikasian data, penafsiran data sesuai dengan tujuan pelaksanaan
pekerjaan. b. Ada uraian tentang pelaksanaan pekerjaan. 7,00 - 10 Penyajian
data/ laporan Merumuskan topik, merumuskan tujuan, menuliskan alat dan bahan,
menguraikan cara kerja (langkah-langkah kegiatan) Penulisan laporan sistematis,
menggunakan bahasa yang komunikatif. Penyajian data lengkap, memuat kesimpulan
dan saran. 7,00 - 10 Total Skor Semakin lengkap dan sesuai informasi pada
setiap tahap semakin tinggi skor yang diperoleh. .... Baca Selengkapnya di : http://www.m-edukasi.web.id/2013/08/cara-penilaian-portofolio-belajar-siswa.html
Copyright www.m-edukasi.web.id Media Pendidikan Indonesia
Copyright www.m-edukasi.web.id Media Pendidikan Indonesia
No comments:
Post a Comment