A. Manfaat Lingkungan
Lingkungan yang ada disekitar siswa
merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat dioptimalkan untuk
pencapaian proses dan hasil pembelajaran yang berkualitas dan bermakna bagi
siswa SD. Penggunaan lingkingan sebagai media pembelajaran akan lebih bermakna
dan bernilai, sebab siswa dihadapkan kepada peristiwa dan keadaan yang
sebenarnya, keadaan yang alami, lebih factual dan kebenaranya lebih dapat
dipertanggung jawabkan. Manfaat dari penggunaan lingkungan sebagai media
pembelajaran antara lain adalah:
a. Media pembelajaran yang tersedia dilingkungan tidak
terbatas, hal ini memungknkan siswa dapat memperkaya pengetahuan tanpa
terbatasi oleh tempat dan waktu.
b. Memungkinkan terjadinya proses belajar yang lebih bermakna) sebab siswa dihadapkan dengan keadaan
dan peristiwa yang sebenarnya yang akan memenuhi prinsip kekongkritan dalam belajar
sebagai salah satu prinsip pembelajara siswa SD.
c. Memungkinkan terjadinya proses pembentukan kepribadian siswa
kearah yang lebih baik, seperti kecintaan siswa kepada lingkungan, menjaga
kebersihan dan tidak merusak lingkungan.
d. Memungkinkan kegiatan belajar akan lebih menarik serta
menumbuhkan antusiasme siswa untuk lebih giat dan gemar belajar dengan begitu
proses pembelajaran tidak akan membosankan bagi siswa
e. Pemanfaatan lingkungan akan menumbuhkan aktivitas belajar
siswa)yang lebih meningkat dengan
penggunaan berbagai cara atau metode pembelajaran yang bervariasi seperti
proses pengamatan, pembuktian sesuatu, dsb.
Begitu banyaknya manfaat dan nilai
keuntungan yang dapat diperoleh dengan pemanfaatan lingkungan sebagai media
pembelajaran dalam pendidikan di SD. Dalam pemanfaatan lingkungan sebagai media
pembelajaran memerlukan kreatifitas dan inovatif dari guru agar proses pembelajaran tepat pada
sasaran yang akan dituju.
Pada
dasarnya semua jenis lingkungan yang ada disekitar siswa dapat dimanfaatkan
untuk mengoptimalkan kegiatan pembelajaran di sd sepanjang relevan dengan
kompetensi dasar dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh siswa. Dari
semua lingkungan yang dapat digunakan dalam proses pendidikan dan pembelajaran
secara umum dapat dikategorikan menjadi tiga macam lingkungan belajar yaitu
lingkungan alam, lingkungan social, lingkungan buatan. Lingkungan alam
merupakan tempat bebas atau alam bebas yang dapat memberi informasi secara
langsung kepada anak, lingkungan social yang menekankan kepada tempat hasil
karya manusia dan didalamnya terdapat aktifitas hubungan manusia.
i. Lingkungan Alam
Lingkungan
alam atau lingkungan fisik adalah segala sesuatu yang sifatnya alamiah, seperti
sumber daya alam(air, tanah, batuan), tumbuh-tumbuhan, dan hewan, sungai,
iklim, suhu udara.
Lingkungan
sifatnya relative menetap, olehkerena itu jenis lingkungan ini akan lebih mudah
dikenal dan dipelajari oleh siswa. Dengan mempelajari lingkungan alam dharapkan
siswa dapat lebih memahami gejala-gejala alam yang terjadi dalam kehidupannya
sehari-hari. Melalui interaksi langsung dengan lingkungan dan alam sekitar akan
menimbulkan penghayatan baru dalam diri siswa tentang keterkaitan antar berbagai
lingkungan.
ii. Lingkungan Sosial
Lingkungan
social berkenaan erat dengan interaksi siswa dalam kehidupan bermasyarakat.
Dalam pemanfaatan lingkungan social sebagai media pembelajaran antara lain:
1. Mengenal adapt istiadat dimana tempat siswa tinggal. Adapt
istiadat yang dianut oleh lingkungan tertentu harus diketahui dan dikenali oleh
siswasehingga siswa sebagai bagian dari masyarakar kelak akan mampu menjaga
kelestarian adapt dan budaya. Dari kegiatan-kegiatan adapt siswa dapat memetik
ilmu yang tidak ternilai harganya.
2. Mengenal jenis mata pencaharian penduduk sekitar tempat
tinggal dan sekolah.
3. Mengenal organisasi social yang ada si sekitar tempat linggal
dan sekolah.
4. Mengenal kehidupan beragama yang dianut oleh penduduk sekitar
tempat tinggal dan sekolah.
5. Mengenal budaya termasuk kesenian yang ada disekitar tempat
tinggal dan sekolah.
6. Mengenal struktur pemerintah setempat, seperti rikum tetengga, rukun warga, kelurahan dan
kecamatan.
Pemanfaatan
lingkungan sosial sebagai media pembelajaran adalah kegiatan pembelajaran di SD sebaiknya dimulai
dari lingkungan yang terkecil atau paling dekat dengan siswa.
iii.
Lingkungan Buatan.
Lingkungan
buatan merupakan lingkungan yang sengaja diciptakan atau dibangun manusia untuk
tujuan- tujuan tertentu yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Lingkungann
alam tersebut antara lain irigasi dan pengairan, bendungan, pertamanan, kebun
binatang, perkebunan, penghijauan, dan pembangkit tenaga listrik.
No comments:
Post a Comment