My Blog List

Sunday, November 23, 2014

Pengertian dan Macam-macam Pembelajaran Kolaboratif




Metode pembelajaran kolaboratif adalah metode pembelajaran yang menfokuskan pada keberhasilan proses. Berbeda dengan metode pembelajaran koperatif, yang fokus pada hasil. Secara bahasa keduanya berarti bekerja sama. Kolaborasi berasal dari bahasa Latin, sedangkan koperatif dari bahasa Inggris (Amerika). Kolaborasi menunjuk pada filsafat interaksi dan gaya hidup personal, sedangkan kooperasi lebih menggambarkan sebuah struktur interaksi yang didesain untuk memfasilitasi pencapaian suatu hasil atau tujuan tertentu.
Metode pembelajaran kolaboratif mengasumsikan pentingnya kerjasama yang koperatif, bekerja bersama dalam komunitasnya. Dalam satu komunitas atau kelompok tidak terjadi persaingan, namun lebih kepada kerja sama demi tercapainya tujuan bersama. Dalam pembelajaran di kelas, ketika seorang pengajar melakukan hal ini, itulah yang disebut pembelajaran kolaboratif.
Adapun macam-macam bentuk pembelajaran yang termasuk metode pembelajaran kolaboratif, sebagaiman yang telah dijelaskan dan diuji oleh para pakar pendidikan, diantaranya:
AC (Academic-Constructive Controversy). Pada metode ini setiap anggota kelompok dituntut kemampuannya untuk berada dalam situasi konflik intelektual yang dikembangkan berdasarkan hasil belajar masing-masing, baik bersama anggota sekelompok maupun dengan anggota kelompok lain. Kegiatan pembelajaran ini mengutamakan pencapaian dan pengembangan kualitas pemecahan masalah, pemikiran kritis, pertimbangan, hubungan antarpribadi, kesehatan psikis dan keselarasan. Penilaian didasarkan pada kemampuan setiap anggota maupun kelompok mempertahankan posisi yang dipilihnya.
Prestasi siswa
CIM (Complex Instruction Metod). Yaitu, pembelajaran yang orientasinya pada temuan. Biasanya CIM digunakan pada bidang study sains; matematika dll.
CLS (Cooperative Learning Stuctures). Pada penerapan metode pembelajaran ini setiap kelompok dibentuk dengan anggota dua peserta didik (berpasangan). Seorang peserta didik bertindak sebagai tutor dan yang lain menjadi tutee. Tutor mengajukan pertanyaan. Bila jawaban benar, ia memperoleh poin atau skor yang telah ditetapkan terlebih dulu. Dalam selang waktu yang juga telah ditetapkan sebelumnya, kedua peserta didik yang saling berpasangan itu berganti peran.
CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition). Pada metode pembelajaran ini mirip dengan TAI. Metode pembelajaran ini menekankan pembelajaran membaca, menulis dan tata bahasa. Dalam pembelajaran ini, para peserta didik saling menilai kemampuan membaca, menulis dan tata bahasa, baik secara tertulis maupun lisan di dalam kelompoknya.
JM (Jigsaw Metod). Yaitu proses yang dibentuk berkelompok. Masing-masing diberi tugas berbeda namun masih dalam satu poko bahasan. Agar terbangun kesatuan menyeluruh meski dengan tugas berbeda, maka saat evaluasi, tes atau bentuk evaluasi lainnya diberikan dalam bentuk materi yang menyeluruh, namun penilaian didasari pada rata-rata skor tes kelompok.
GI (Group Investigation). Pada metode ini semua anggota kelompok dituntut untuk merencanakan suatu penelitian beserta perencanaan pemecahan masalah yang dihadapi. Kelompok menentukan apa saja yang akan dikerjakan dan siapa saja yang akan melaksanakannya berikut bagaimana perencanaan penyajiannya di depan forum kelas. Penilaian didasari pada proses dan hasil kerja kelompok.
LT (Learning Together). Pada metode ini kelompok-kelompok sekelas beranggotakan peserta didik yang beragam kemampuannya. Tiap kelompok bekerjasama untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru. Satu kelompok hanya menerima dan mengerjakan satu set lembar tugas. Penilaian didasarkan pada hasil kerja kelompok.
STAD (Student Team Achievement Divisions). Peserta didik dalam suatu kelas dibagi menjadi beberapa kelompok kecil. Anggota-anggota dalam setiap kelompok bertindak saling mengajar dan membelajarkan. Fokusnya adalah keberhasilan seorang akan berpengaruh terhadap keberhasilan kelompok dan demikian pula keberhasilan kelompok akan berpengaruh terhadap keberhasilan individu peserta didik lainnya. STAD dalam Metode pembelajaran koperatif, penilaiannya berdarakan pencapaian hasil belajar individi. Beda dengan STAD sebagai Metode pembelajaran kolaboratif, penilaian berdasarkan kemampuan kelompok bekerja mempengaruhi inidividu anggota kelompoknya.
TGT (Teams Games Tournament). Pada metode ini, setelah belajar bersama kelompoknya sendiri, para anggota suatu kelompok akan berlomba dengan anggota kelompok lain sesuai dengan tingkat kemampuan masing-masing. Penilaian didasari pada jumlah nilai yang diperoleh kelompok peserta didik.
Perlu diketahui, elemen penting dalam Metode pembelajaran kolaboratif adalah pemahaman lebih dari siswa. Interaksi individu dalam satu kelompok kecil akan efektif jika peserta didik telah memiliki pemahaman mendasar terhadap pembahasan. Ada beberapa cara untuk mengatasi hal ini, diantaranya pemanfaatan internet, atau memberikan materi awal sebagai pengatar yang unik dan memancing siswa untuk lebih mendalami materi.

No comments: