My Blog List

Tuesday, December 13, 2022

SOAL DAN JAWABAN POST TEST TOPIK PERENCANAAN PEMBELAJARAN SD/PAKET A JENJANG SD

TOPIK PERENCANAAN PEMBELAJARAN SD/PAKET A pada Topik Perencanaan Pembelajaran SD/Paket A ini, bapak dan ibu Guru Dikdas Lamongan akan mempelajari 3 (tiga) modul pelatihan. 3 (tiga) modul pelatihan pada Topik Perencanaan Pembelajaran SD/Paket A terdiri antara lain: Modul 1 Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (SD/Paket A, SMP/Paket B, SMA/K/Paket C/), Modul 2 Merancang Pembelajaran SD/ Paket A, dan Modul 3 Refleksi dalam Pembelajaran SD. Masing-masing modul pelatihan pada Topik Topik Perencanaan Pembelajaran SD/Paket A harus bapak dan ibu Guru Dikdas Lamongan kerjakan secara bertahap agar Post Test dapat terbuka dan dikerjakan. Setelah berhasil menyelesaikan 3 (tiga) modul pelatihan pada Topik Perencanaan Pembelajaran SD/Paket A, baru kemudian bapak dan ibu dapat melakukan aksi nyata sebagai bahan penutup dari kegiatan yang dilaksanakan. Perlu diketahui bapak dan ibu Guru Dikdas Lamongan, bahwa Soal dan Jawaban Post Test Topik Perencanaan Pembelajaran SD/Paket A Jenjang SD Lengkap yang Admin bagikan ini merupakan: Sebagai jawaban referensi tambahan dalam proses memahami soal pada setiap modul pada topik 1 (satu). Sebagai bahan bapak dan ibu guru dalam mengeksplorasi pilihan jawaban sesuai dengan pemahaman sendiri. Referensi jawaban yang Admin sajikan tidak menjadi patokan 100 benar, silahkan bapak dan ibu mencari tambahan referensi jawaban dari materi yang sudah disimak dan disampaikan melalui video di tiap-tiap modul atau sumber lain. Soal dan Jawaban Post Test Topik Perencanaan Pembelajaran SD/Paket A Jenjang SD Lengkap ini juga Admin dapatkan dari berbagai sumber yang tersebar di internet dan sudah Admin rangkum menjadi 1 (satu) topik dari 2 (dua) modul pelatihan pada Topik Kurikulum Merdeka. Silahkan bapak dan ibu mencari dan mencocokkan Soal dan Jawaban Post Test Topik Perencanaan Pembelajaran SD/Paket A Jenjang SD Lengkap dari masing-masing pertanyaan di tiap-tiap modul yang ada. Modul 1 Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (SD/Paket A, SMP/Paket B, SMA/K/Paket C/) Bu Ani sedang mempelajari modul ajar prakarya pengolahan yang didapat dari Platform Merdeka Mengajar. Modul tersebut membahas teknik pengawetan dengan metode pengasinan. Contoh Salah satu kegiatan yang ada di modul ajar tersebut adalah cara membuat ikan asin secara tradisional. Sekolah Bu Ani berada di daerah pertanian yang jauh dari laut sehingga kesulitan untuk melakukan kegiatan yang sama dengan modul ajar tersebut. Salah satu hasil alam yang melimpah di daerah Bu Ani adalah sawi. Apa yang bisa dilakukan oleh Bu Ani terkait hal ini sehingga aktivitas pada modul ajar tersebut menjadi kontkestual? A Mengajak peserta didik untuk tetap mempraktikan cara membuat ikan asin. B Mengajak peserta didik untuk mempraktikkan cara membuat sawi asin. C Mengajak peserta didik untuk studi wisata ke daerah pembuat ikan asin. D Mengajak peserta didik untuk melihat tayangan video terkait pembuatan ikan asin. Budaya sekolah itu merupakan pola asumsi-asumsi dasar, nilai, norma, dan keyakinan yang dipegang bersama oleh seluruh warga sekolah A. Benar B. Salah Berikut ini yang BUKAN merupakan informasi yang bisa ditemukan pada Capaian pembelajaran adalah . . . . A Konten materi yang perlu dikuasai oleh peserta didik B Kompetensi yang harus dimiliki oleh peserta didik C Tujuan akhir pembelajaran yang harus dicapai peserta didik D Jenis asesmen yang harus diberikan kepada peserta didik Bagaimana pelaksanaan prinsip penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran yang berkesinambungan? A Mempertimbangkan kebutuhan peserta didik B Fokus pada materi penting saja C Memperhatikan hubungan antar tujuan pembelajaran D Ketiga jawaban di atas benar Berikut ini yang perlu dihindari dalam merumuskan Tujuan Pembelajaran adalah . . . . A Kemampuan prasyarat yang perlu dipelajari peserta didik untuk menguasai kompetensi pada Capaian Pembelajaran B Ada penjabaran konsep, keterampilan dan konten inti yang diperlukan untuk mencapai Capaian Pembelajaran C Tujuan Pembelajaran disampaikan dengan bahasa/istilah yang mudah dipahami. D Tujuan pembelajaran dirumuskan oleh guru secara mandiri tanpa melibatkan guru lain pada fase yang sama Langkah pertama yang harus dilakukan ketika menulis tujuan pembelajaran dengan alternatif kedua adalah … A Mengidentifikasi kata kunci pada CP B Mengelompokan hasil identifikasi sesuai kompetensi dan lingkup materinya C Merumuskan tujuan pembelajaran D Memetakan Alur Tujuan Pembelajaran Dalam penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran Matematika, Pak Andi memulai dari Tujuan Pembelajaran mengenali benda geometris, kemudian dilanjutkan dengan Tujuan Pembelajaran mengenai aturan teori objek geometris tersebut. Metode penyusunan ATP yang digunakan oleh Pak Andi adalah . . . . A Pengurutan konkret - abstrak B Pengurutan deduktif C Pengurutan procedural X D Pengurutan mudah - sulit Dalam pembelajaran Fisika, Bu Sara menyusun Alur Tujuan Pembalajaran dimulai dari mengenal satuan internasional, vektor, Gerak Lurus Beraturan, Gerak Lurus Berubah Beraturan. Metode pengurutan yang dilakukan oleh Bu Sara adalah . . . . A Pengurutan konkret – abstrak B Pengurutan deduktif C Pengurutan hierarki D Pengurutan mudah – sulit Perhatikan visi Satuan Pendidikan berikut : Mencetak lulusan yang cerdas, unggul dalam IPTEK dan berwawasan global dengan berlandaskan Pancasila Berdasarkan visi diatas, maka disusunlah beberapa misi satuan Pendidikan. Misi Satuan Pendidikan yang kurang relevan dengan Visi di atas adalah . . . . A Melaksanakan program pembelajaran aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan dengan pendekatan STEAM B Mengembangkan kemampuan literasi digital peserta didik melalui perpustakaan digital. C Membudayakan hidup disiplin, berjiwa sosial, berbudi pekerti luhur sesuai dengan nilai-nilai Pancasila D Menumbuhkan kesadaran akan lingkungan melalui program cinta lingkungan Mengapa penting untuk menciptakan lingkungan yang nyaman melalui budaya sekolah yang positif? A Agar peserta didik tidak melanggar aturan sekolah. B Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. C Untuk menurunkan jumlah peserta didik yang bermasalah. D Untuk menegakkan aturan sekolah dengan tegas Perhatikan langkah dalam penyusunan visi dan misi sekolah berikut: 1. Wawancara. 2. Pemilihan informasi yang relevan. 3. Analisis karakteristik atau konteks sekolah. 4. Merumuskan misi sekolah. 5. Merumuskan visi sekolah. Urutan yang tepat dalam menyusun visi dan misi sekolah adalah.... a. 1-2-3-4-5. b. 2-1-3-5-4 c. 2-1-5-4-3. d. 1-3-2-4-5. Hal yang perlu dilakukan sebelum menyusun alur tujuan pembelajaran adalah .... A Menentukan metode pembelajaran B Menentukan rencana asesmen C Menentukan kedalaman materi D Mempelajari dan menguraikan CP E Menentukan produk akhir Level taksonomi Marzano yang tertinggi adalah A Pemahaman B Analisis C Sistem diri D Metakognisi Metode pengurutan yang meningkatkan standar performa sekaligus mengurangi bantuan secara bertahap merupakan penjelasan metode dalam penyusunan ATP yaitu… A Pengurutan Deduktif B Pengurutan Hierarki C Pengurutan Prosedural D Scaffolding Bu Maria mengajar IPS di Fase D. Saat menyusun ATP, Bu Maria dan rekan guru IPS dari kelas 7-9 mengatur agar tujuan pembelajaran yang lebih komleks di ajarkan di kelas 8 dan 9. Mereka memfokuskan kelas 7 untk pembelajaran yang lebih sederhana agar ada ruang bagi gur kelas 7 untuk membimbing murid-murid yang masih menyesuaikan dari fase C ke fase D. Metode pengurutan yang dilakukan oleh Bu Maria dan timnya adalah… A Scaffolding B Pengurutan Deduktif C Pengurutan dari mudah ke yang lebih sulit D Pengurutan dari yang konkret ke yang abstrak Hal yang tepat mengenai Capaian Pembelajaran adalah… a. Fokus pada kompetensi pengetahuan yang harus dicapai peserta didik b. Dibagi berdasarkan fase sesuai kompetensi yang harus dicapai c. Dimulai pada jenjang PAUD untuk fase A d. Menjabarkan kompetensi yang harus dicapai di akhir kelas Informasi apa yang bisa didapatkan dari memahami rasional dalam naskah capaian pembelajaran? a. Fokus utama, kompetensi, dan profil pelajar pancasila b. Ruang lingkup, karakteristik, dan profil pelajar pancasila c. Definisi, fungsi, dan ruang lingkup mata pelajaran d. Definisi, fungsi, dan karakteristik mata pelajaran Pemerintah berupaya untuk mewujudkan lingkungan belajar sekolah yang nyaman dan aman dengan membuat beberapa peraturan terkait. Yang tidak termasuk aturan untuk mewujudkan hal tersebut, kecuali... a. Permendikbud No.23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti b. Permendikbud No.64 Tahun 2015 tentang Kawasan Tanpa Rokok di Lingkungan Sekolah c. Permendikbud No.82 Tahun 2015 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Tindak kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan d. Permendikbud No.22 Tahun 2016 tentang Mengelola Pembelajaran e. Permendikbud No.18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru Perhatikan beberapa komponen berikut: 1. Menyusun alur tujuan pembelajaran 2. Memahami Capaian Pembelajaran 3. Merumuskan tujuan pembelajaran 4. merancang pembelajaran Proses berpikir dalam merencanakan pembelajaran adalah... a. 2-1-3-4 b. 2-3-1-4 c. 4-2-3-1 d. 2-1-4-3 Bu Endah adalah kepala sekolah di lingkungan kota besar. Setelah melakukan wawancara, ia mendapatkan data harapan warga sekolah sebagai berikut: 1. sekolah melahirkan generasi yang positif dan semangat; 2. sekolah dapat melahirkan murid yang cerdas; 3. semua warga sekolah saling menghargai dan menghormati; dan 4. sekolah mencetak murid yang unggul dalam teknologi. Dengan menganalisis konteks di atas, maka visi sekolah yang sesuai adalah? a. Mencetak lulusan yang cerdas, unggul dalam IPTEK, dan berwawasan global dengan berlandaskan Pancasila b. Mencetak lulusan yang pintar, unggul dalam berbagai mata pelajaran, serta berwawasan mendunia c. Menjadi institusi terdepat dalam menjaga kelestarian lingkungan, menciptakan lulusan yang berprestasi, berakhlak mulia, dan bertanggung jawab d. Menjadi institusi terdepan dalam IPTEK, menciptakan lulusan yang mampu bersaing di dunia kerja, berakhlak mulia, dan bertanggung jawab e. Mencetak lulusan yang mampu bersain di lingkungan kerja secara profesional dan berwawasan global dengan berlandaskan Pancasila Bagaimana cara penyusunan metode alur tujuan pembelajaran yang baik dan benar?... a. Alur tujuan pembelajaran fokus pada pencapaian CP b. Alur tujuan pembelajaran harus tuntas satu fase, tidak terpotong di tengah jalan c. Alur tujuan pembelajaran dikembangkan sesuai karakteristik dan kompetensi yang dikembangkan setiap mata pelajaran d. Metode penyusunan alur tujuan pembelajaran harus logis, dari kemampuan yang sederhana ke yang lebih rumit, dapat dipengaruhi oleh karakteristik mata pelajaran Berikut pernyataan yang salah mengenai ATP dan TP adalah …. A. Karakteristik mata pelajaran sangat menentukan dalam merumuskan ATP dan TP B. Alur tujuan pembelajaran perlu memperhatikan kemampuan prasyarat antar kompetensi C. Setiap guru harus mengacu pada ATP yang sama D. ATP dan TP disusun mengacu pada Capaian Pembelajaran E. Alokasi jumlah JP dalam 1 tahun harus dipertimbangkan saat menyusun ATP Bu Syahrini adalah seorang guru PJOK. Saat menyusun alur tujuan pembelajaran, Bu Syahrini memperhatikan tingkat kemampuan yang diharapkan dari murid, mulai dari gerakan dasar yang sederhana sampai ke gerakan yang lebih kompleks. Hal yang dilakukan Bu Syahrini sesuai dengan prinsip alur tujuan pembelajaran, yaitu… A. Alur tujuan pembelajaran fokus pada pencapaian CP B. Alur tujuan pembelajaran harus tuntas satu fase, tidak terpotong di tengah jalan C. Alur tujuan pembelajaran dikembangkan sesuai karakteristik dan kompetensi yang dikembangkan setiap mata pelajaran. D. Metode penyusunan alur tujuan pembelajaran harus logis, dari kemampuan yang sederhana ke yang lebih rumit, dapat dipengaruhi oleh karakteristik mata pelajaran Ingat! Referensi jawaban yang Admin sajikan tidak menjadi patokan 100 benar, silahkan bapak dan ibu mencari tambahan referensi jawaban dari materi yang sudah disimak dan disampaikan melalui video di tiap-tiap modul atau sumber lain. Modul 2 Merancang Pembelajaran SD/ Paket A Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini: 1. Membuktikan pemahaman yang dicapai setelah mempelajari topik tertentu 2. Meningkatkan motivasi intrinsik peserta didik 3. Menjadi umpan balik proses pembelajaran 4. Membantu dalam menjelaskan manfaat pembelajaran dan tujuan pembelajaran Pernyataan di atas yang terkait manfaat dari pertanyaan pemantik ditunjukkan oleh nomor . . . A 1 dan 3 B 1 dan 4 C 1 dan 2 D 3 dan 4 Tidak semua pertanyaan yang diajukan Guru kepada siswa adalah pertanyaan pemantik. Wiggins dan McTighe dalam bukunya The Understanding by Design menyatakan bahwa ada beberapa pertanyaan yang hanya mencari jawaban "resmi" dan benar (sesuai dengan buku teks) alih-alih membutuhkan jawaban dan penyelidikan yang mendalam. Jenis pertanyaan seperti ini akan mempersingkat proses penyelidikan yang sebetulnya diperlukan sebagai jantung pemahaman mendalam. Berdasarkan hal tersebut, manakah yang merupakan pertanyaan pemantik dibawah ini? A Seorang Guru PAUD membawa sebuah buku kemudian bertanya “Kirakira siapa yang ada pada gambar ini?” B Seorang Guru Ekonomi bertanya “Apa pentingnya bagi kita mengetahui fakta angka inflasi naik setiap tahun?” C Seorang Guru Bahasa Indonesia bertanya “Apa saja cerita fiksi yang pernah kalian baca?” D Seorang Guru Geografi bertanya “Apakah bumi memiliki banyak lapisan tanah?” E Seorang Guru IPA bertanya “Bagaimana proses proses terjadinya hujan?” Dalam penyusunan asesmen, penentuan alat ukur yang tepat sangat tergantung pada . . . . A Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran B Aspek dan tingkat capaian peserta didik C Capaian pembelajaran sesuai fase D Lembar penilaian yang disiapkan Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini : 1. mengukur pencapaian hasil belajar 2. mengetahui kemampuan awal peserta didik 3. mengetahui kebutuhan belajar peserta didik 4. mendapatkan nilai dari pencapaian hasil belajar Dari pernyataan di atas, fungsi asesmen formatif ditunjukkan oleh nomor . . . . A 1 dan 2 B 2 dan 3 C 1 dan 3 D 2 dan 4 Pak Markus sedang merancang asesmen untuk pelajaran Seni Musik. Pak Markus ingin agar para peserta didik mampu merancang sebuah pagelaran seni secara berkelompok. Pak Markus memberikan kebebasan kepada para peserta didik untuk memilih jenis pagelaran musik yang akan ditampilkan. Untuk proses penilaiannya, Pak Markus memutuskan akan menggunakan rubrik. Pak Markus memutuskan akan menggunakan 3 aspek utama yaitu penampilan, harmonisasi, dan variasi alat musik yang digunakan. Yang tidak termasuk kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran menunjukkan harmonisasi dalam bermusik adalah . . . . A 3 alat musik atau lebih digunakan sekaligus B Musik dan vokal terdengar harmonis C Suara musik tidak mendominasi D Artikulasi dan nada tepat Ibu Yuki sedang melaksanakan PJJ. Ia hendak menggunakan modul ajar yang tersedia untuk pembelajaran selanjutnya. Setelah mempelajari modul ajar ia mendapat hal-hal berikut: 1. Isi modul ajar untuk pembelajaran luring 2. Modul ajar menyediakan lembar aktivitas yang bisa mengasah kemampuan berpikir proses 3. Modul ajar menyediakan rancangan asesmen yang bisa mendorong kompetensi muridnya secara menyeluruh Jika akan menggunakan modul ajar tersebut, modifikasi yang perlu Ibu Yuki lakukan adalah .... A Mengganti rancangan asesmen yang sesuai dengan kebutuhan muridnya B Mengganti lembar aktivitas dengan lembar aktivitas dari pembelajaran tahun sebelumnya C Menyiapkan sarana seperti teknologi pendukung yang bisa mengakomodir aktivitas belajar D Mengganti bentuk asesmen menjadi kuis dengan bantuan aplikasi karena lebih mudah dilakukan secara daring Bu Ani sedang mempelajari modul ajar yang didapatkannya dari Platform Merdeka Mengajar. Salah satu kegiatan yang ada di modul ajar tersebut adalah cara membuat ikan asin secara tradisional. Sekolah Bu Ani berada di daerah pertanian yang jauh dari laut sehingga kesulitan untuk melakukan kegiatan yang sama dengan modul ajar tersebut. Salah satu hasil alam yang melimpah di daerah Bu Ani adalah sawi. Bu Ani mengajak peserta didik untuk membuat sawi asin. Upaya modifikasi modul ajar yang dilakukan oleh Bu Ani dengan memperhatikan . . . . A Pembelajaran kontekstual B Pemahaman pembelajaran C Pembelajaran berkesinambungan D Konten isi pembelajaran Perhatikan pernyataan-pernyataan di bawah ini terkait keunggulan media ajar : 1. Bermanfaat untuk memberikan pengalaman sensorik. 2. Memudahkan peserta didik untuk memahami materi yang berkaitan dengan fenomena alam 3. Lebih disukai peserta didik karena melibatkan pengalaman audio visual yang disesuaikan dengan perkembangan peserta didik. 4. Mudah dipahami karena disajikan menggabungkan gambar, suara, dan teks. Berdasarkan pernyataan di atas, keunggulan menggunakan media ajar berupa video ditunjukkan pada nomor . . . . A 1 dan 2 B 3 dan 4 C 1 dan 3 D 2 dan 4 Modul 3 Refleksi dalam Pembelajaran SD Bu Indah adalah seorang guru SMA. Beliau sudah Menyusun dan menyiapkan beberapa pertanyaan untuk melakukan refleksi pembelajaran, tetapi salah satu muridnya Bernama Rendra belum dapat melakukan refleksi dengan mendalam karena belum terbiasa melakukan refleksi. Salah satu cara yang bisa Bu Indah lakukan untuk memfasilitasi Rendra berefleksi adalah A Mengulang pertanyaan agar dapat dimengerti oleh Rendra B Membiarkan karena hanya satu orang yang tidak melakukan refleksi C Memberikan pertanyaan tambahan yang memandu D Memberikan kesempatan Rendra melakukan refleksi lain waktu E Memanggilnya ke depan kelas untuk melakukan refleksi sendiri Pak Ahmad adalah seorang guru sosiologi SMA. Pak Ahmad telah menyiapkan beberapa pertanyaan untuk memandu proses refleksi tersebut. Pada hari tersebut Pak Ahmad merupakan guru terakhir yang masuk di kelas sebelum menjelang jam pulang. Ketika menjelang akhir pembelajaran, Pak Ahmad pun mengajak peserta didiknya untuk melakukan refleksi bersama, namun suasana kelas pada saat tersebut cukup panas dan riuh. Apa yang dapat dilakukan Pak Ahmad untuk menciptakan kondisi kelas sehingga peserta didik tenang, dan dapat mencari posisi yang nyaman untuk melakukan refleksi? A Meminta peserta didik mencatat pertanyaan - pertanyaan panduan refleksi dan menyelesaikannya di rumah. B Meminta peserta didik untuk masuk sesi refleksi tanpa mengkondisikan suasana kelas yang panas dna riuh. C Mengkondisikan peserta didik untuk mulai duduk tenang dan mencari posisi yang nyaman untuk melakukan refleksi. D Mengajak peserta didik untuk hadir lebih awal ke sekolah besok pagi untuk sesi refleksi bersama di kelas. 5 Perhatikan pertanyaan berikut ini : 1. Apa saja yang kamu ketahui tentang materi ini sebelumnya? 2. Bagaimana perasaan kamu tentang pembelajaran hari ini? 3. Tahapan apa yang kamu lalui untuk menghasilkan tugas/projek ini? 4. Bagian mana dari pembelajaran hari ini yang kamu sukai? 5. Apa yang ingin kamu tingkatkan? 6. Jika ada satu kesempatan untuk mengubah, apa yang ingin kamu ubah dari proyek ini? Pertanyaan di atas yang KURANG TEPAT untuk mengajak peserta didik berefleksi terkait pengalaman belajar yang sudah di alami adalah . . . . A 1 dan 2X B 3 dan 4X C 5 dan 6X D 1 dan 3X (bingung mau jawab apa) Perhatikan beberapa pertanyaan berikut: 1. Saya paling puas saat berhasil melakukan …. 2. Cara yang paling membantu saya dalam memahami topik ini adalah …. 3. Saya masih perlu belajar lagi saat melakukan …. 4. Target saya pada pembelajaran selanjutnya adalah …. 5. Saat belajar minggu ini, saya berhasil melakukan …. Pertanyaan yang tidak tepat ditanyakan saat refleksi bersama murid fase A adalah A 1 dan 2 B 3 dan 5 C 2 dan 4 D 2 dan 5 E 1 dan 4 Perhatikan pertanyaan berikut ini : 1. Apa saja yang kamu ketahui tentang materi ini sebelumnya? 2. Bagaimana perasaan kamu tentang pembelajaran hari ini? 3. Tahapan apa yang kamu lalui untuk menghasilkan tugas/projek ini? 4. Bagian mana dari pembelajaran hari ini yang kamu sukai? 5. Apa yang ingin kamu tingkatkan? 6. Jika ada satu kesempatan untuk mengubah, apa yang ingin kamu ubah dari proyek ini? Pertanyaan di atas yang KURANG TEPAT untuk mengajak peserta didik berefleksi dengan melihat kedepan terkait pengalaman belajar yang sudah di alami adalah . . . . A 1 dan 2X B 3 dan 4X C 5 dan 6X D 1 dan 3X (bingung mau jawab apa) Berikut ini yang TIDAK dilakukan pendidik ketika meminta peserta didik untuk melakukan Refleksi adalah . . . . A Merancang pertanyaan refleksi sesuai dengan fase pemahaman peserta didik B Menciptakan suasana yang nyaman bagi peserta didik untuk berefleksi C Meminta semua peserta didik untuk menyampaikan/menunjukkan hasil refleksinya D Menyiapkan beberapa pertanyaan pemandu refleksi bagi peserta didik Bu Dita seorang guru SMK. Pada akhir proses pembelajaran, beliau mengajak peserta didik untuk melakukan refleksi. Dalam proses refleksi, Bu Dita meminta peserta didik untuk bisa berbagi hasil refleksi, namun ketika salah satu peserta didik sedang berbagi, ada peserta didik lain yang asik berbicara dengan teman disebelahnya mengomentari tentang hasil refleksi temannya. Berikut ini yang perlu dilakukan oleh Bu Dita adalah . . . . A Menunjuk kedua peserta didik tersebut untuk menyampaikan hasil refleksi B Mengajak peserta didik untuk kembali melihat kesepakatan kelas mengenai menghargai orang lain C Mengingatkan bahwa semua peserta didik akan diminta untuk menyampaikan hasil refleksi D Meminta peserta didik untuk berhenti berbagi dan menuliskan hasil refleksi di catatan pribadi masing – masing Di bawah ini yang termasuk pertanyaan Refleksi adalah . . . . A Kapan kamu akan pulang? B Bagian mana yang menyenangkan dari pembelajaran ini? C Apa saja hasil karyamu dalam pembelajaran ini? D Apa yang sedang kamu kerjakan saat ini? Bu Maria adalah seorang guru bahasa SMP. Bu Maria ingin mengajak peserta didiknya untuk melakukan refleksi pembelajaran. Bu Maria telah menyiapkan beberapa pertanyaan untuk memandu proses refleksi pembelajaran tersebut. Bagi para peserta didik, refleksi pembelajaran yang dirancang oleh Bu Maria merupakan sebuah kegiatan baru, dan mereka tidak terbiasa untuk mengungkapkan apa yang dirasakan sehingga dalam proses refleksi yang berlangsung, peserta didik cenderung diam dan tidak berbagi secara lisan. Apa yang dapat dilakukan oleh Bu Maria sehingga proses refleksi pembelajaran ini tetap dapat berlangsung dengan baik? A Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyampaikan hasil refleksi secara tertulis bagi yang bersedia. B Menunjuk beberapa peserta didik untuk menyampaikan secara lisan hasil refleksinya. C Menutup sesi refleksi setelah memastikan tidak ada peserta didik yang mau menyampaikan secara lisan. D Meminta semua peserta didik untuk mencatat pertanyaan panduan dan menjawabnya kemudian dikumpulkan besok paginya Bu Susan seorang guru SMP. Pada setiap akhir pembelajaran, Bu Susan selalu menanyakan kepada peserta didik apakah mereka sudah paham dengan pembelajaran yang dilakukan. Namun para peserta didik lebih cenderung memilih diam. Bu Susan sebenarnya ingin mengajak peserta didik untuk berefleksi. Apa yang bisa dilakukan Bu Susan agar bisa berhasil mengajak peserta didik melakukan refleksi? A Menunjuk peserta didik untuk menyampaikan hasil refleksi berdasarkan pertanyaan panduan B Meminta semua peserta didik untuk menyampaikan hasil refleksi secara bergantian C Mengkondisikan peserta didik dalam posisi duduk yang rileks dan nyaman D Meminta semua peserta didik menempelkan hasil refleksi di kertas plano Di bawah ini yang termasuk pertanyaan Refleksi adalah . . . . A Setelah dari sini kamu akan melanjutkan perjalanan kemana? B Apa yang kamu rasakan setelah mengikuti pembelajaran ini? C Siapa saja teman yang terlibat dalam proyek ini? D Proyek apa yang sedang kamu kerjakan saat ini? Dalam membuat pertanyaan refleksi yang dapat dijadikan sebagai acuan adalah A Fase murid B Usia murid C Pemahaman murid D Pemahaman guru E Respons murid saat pembelajaran Berikut ini yang perlu menjadi perhatian pendidik ketika menyusun pertanyaan Refleksi adalah . . . . A Merancang pertanyaan refleksi sesuai dengan fase pemahaman peserta didik B Peserta didik diajak untuk berefleksi di tengah lapangan C Meminta semua peserta didik untuk menyampaikan/menunjukkan hasil refleksinya D Merancang pertanyaan refleksi sesuai dengan keinginan pendidik Selamat belajar

No comments: