My Blog List

Friday, December 9, 2022

Jawaban Saat kita bersekolah dulu, sikap mandiri seperti apakah yang kita punya? Silahkan tuliskan satu hal/kegiatan yang mencerminkan sikap mandiri.

Bentuk mandiri saat kita bersekolah dulu tentunya terbatas, terlebih masih tingkat SD kemandiriannya hanya terlihat dari kegiatan-kegiatan yang dapat kita lakukan sendiri seperti beragkat sekolah sendiri, makan sendiri, mandi sediri, dan itu sudah bentuk kemandirian yang sangat membanggakan. Namun berjalannya usia dan zaman tentunya bentuk kemandirian yang saya punya lebih komplek lagi jauh lebih berkembang. Tidak hanya bisa melakukan tugas sendiri atau pergi berangkat sekolah sendiri, namun kemandirian yang saya punya adalah saya mampu mengenali potensi dan kekurangan diri saya, melalui bentuk refleksi dari diri sendiri maupun teman, selain itu kemandirian juga dapat terlihat dari bentuk tanggung jawab saya terhadap komitmen yang ada.

No comments: