My Blog List

Friday, October 11, 2024

STUDI KASUS PPG DALJAB 2024

Contoh Studi Kasus PPG Daljab 2024 (2) Pengalaman Menghadapi dan Menyelesaikan Permasalahan dalam Pembelajaran sebagai Seorang Guru. Saya pernah menghadapi permasalahan ketika mengajar siswa kelas yang sangat berag kemampuannya. Di dalam kelas ini terdapat siswa yang sangat cepat menangkap materi polajaran dan juga siswa yang lambat dalam memahami materi. Hal ini menimbulkan tantangan besar, terulama addam menjaga agar semua siswa tetap terlibat akan takal, merasa tertinggal. A. Permasalahan yang Dihadapi Salah satunya ketumpangan dalam kecepatan belajar siswa-siswa yang cepat memahum materi cenderung merasa bosan dan tidak tertantang. Sementara siswa yang lebih lambat menjadi fiustasi dan kehilangan motivasi karena merasa tertinggal. Kondisi ini mengganggu dinamika kelas dan menurunkan efektivitas pembelajaran. Selain itu, ketimbangan ini juga menyebabkan kesenjangan dalam pencapaian hasil belajar antar siswa. B. Upaya untuk Menyelesaikan Permasalahan Untuk mengatası masalah ini saya menerapkan beberapa strategi: 1. Pembelajaran berdiferensiasi Saya mulai dengan mengadopsi pendekatan pembelajaran herdiferensiasi. Di mana saya membagi siswa ke dalam kelompok berdasarkan kecepatan dan gaya belajar mereka. Kelompok yang lebih cepat saya berikan tugas umbalian atau proyek yang lebih menantang. Sementara kelompok yang lebih lambat saya berikan pendampingan lebih intensif dan materi tambahan disesuaikan. 2. Penggunaan media dan sumber belajar yang beragam Saya juga memperkenalkan bertxagai media pembelajaran seperti viiden presentasi interaktif dan pemaman edukauf untuk menjelaskan konsep yang sulit. Hal ini membantu siswa yang kesuhtun dalam memahami materi untuk melalu melalui metode tradisional. 3. Penilaian formatif dan umpan balik yang cepat Untuk memastikan semua siswa mengikuti puses pembelajaran, saya menggunakan penilaian formatif secara berkala dan memberikan umpan balik segera ini membantu suya mengidentifikasi siswa yang mengalami kesulitan dan segera memberikan bantuan yang diperlukan. 4. Pendekatan Individualisasi Saya meluangkan waktu untuk berinteraksi secara pribadi dengan siswa yang lambat memahami materi, Saya juga melibatkan orang tua untuk mendukung pembelajarannya di rumah, terutama bagi siswa yang memerlukan perhatian lebih. C. Hasil dari Upaуa Setelah beberapa bulan menerapkan strategi ini saya mulai melibat perubahan Siswa yang cepat, merasa lebih tertantang dengan tugas-tugas tambahan. Sementara siswa yang lambat, memunjukkan peningkatan dalam pemahaman mereka. Ketimpangan dalam pencapaian hasil belajar juga mulai berkurang dan dinamika kelas menjadi lebih positif. Semua siswa tampak lebih terlibat dun termotivasi selama pembelajaran berlangsung. D. Pengalaman Berharga Pengalaman ini mengajarkan saya tentang peulingnyn Asissibilitas dan adapiasa dalam mengajar. Saya belajar bahwa setiap siswa memiliki kecepatan dan gaya belajar yang berbeda- boda. Sebagai puu, penting untuk mengenali perbedaan tersebut dan menyesuaikan metode penisiakin sesuai dengan kebutuhan mereka. Selain itu, pengalaman ini juga memperkuat keyakinan saya bahwa dengan pendekatan yang tepat setiap siswa dapat mencapai potensi maksintal uneteisa meskipun memerlukan waktu dan cara yang berbeda Dan mengatasi ketimbangan chudai kelas tidak hanya meningkatkan hasil belajar siswa, tetapi juga memperkaya pengalaman saya sebagai pendidik yang berkomitmen untuk terus helajar dan berkembang.

No comments: