GRINDER COMMUNITY, SHARING INFO MUSIC, EVENT INFO, METAL BAND PROMOS, REVIEWS, FLYERS GIGS, BAND MERCHANDISE, BAND LOGGO ORDER, ETC Channel Youtube: https://www.youtube.com/channel/UCTt-S9OYoKcCwZHfZGbZ4zQ?sub_confirmation=1 MENERIMA JASA PEMBUATAN LOGGO BAND
My Blog List
Sunday, December 15, 2024
Jawaban Bagaimana Rencana Anda dalam Mengatasi Tantangan Tersebut agar Bisa Memastikan Perubahan Terjadi?
Dalam dokumen Tindak Lanjut Pengelolaan Kinerja yang ada di PMM, guru diminta menjawab beberapa pertanyaan. Salah satunya yaitu, bagaimana rencana Anda dalam mengatasi tantangan tersebut agar bisa memastikan perubahan terjadi?
Adapun, pertanyaan tersebut dapat ditemukan di kolom upaya perbaikan. Guru bisa menjawabnya berdasarkan pengalaman mengajar atau hasil diskusi dengan pihak sekolah.
Berikut beberapa jawaban yang bisa dijadikan referensi dalam menjawab pertanyaan tersebut:
Contoh jawaban 1
1. Berbagi cerita, atau mencari informasi dari orang tua murid dengan menanyakan karakter siswa.
2. Menunjukkan rasa simpati dan empati saat mendengarkan cerita siswa.
3. Memberikan apresiasi, saat melihat siswa melakukan kesepakatan kelas dengan baik.
4. Mencari informasi, dan masukan dengan teman sejawat, guru penggerak, dan atasan dan melibatkan orangtua siswa dalam komunikasi hal perilaku siswa.
Contoh jawaban 2
Beberapa rencana saya dalam mengatasi tantangan tersebut agar bisa memastikan perubahan terjadi, yaitu:
1. Komunikasi secara efektif.
2. Pelatihan dan pengembangan profesional.
3. Pengelolaan sumber daya yang efisien.
4. Membangun budaya sekolah yang mendukung.
5. Evaluasi dan penyesuaian berkelanjutan.
6. Mendorong keterlibatan aktif.
Pada kolom lain di PMM, terdapat pertanyaan lainnya yang juga harus dijawab guru, yaitu:
Apa inspirasi baru yang Anda dapatkan dari upaya tindak lanjut?
Pertanyaan ini dapat dijawab berdasarkan cara-cara yang bisa diterapkan seorang guru agar pembelajaran lebih efektif dan efisien. Berikut contoh jawabannya:
Contoh jawaban 1
Dari upaya tindak lanjut dalam pengelolaan kelas untuk memperkaya pengetahuan mengenai penciptaan pembelajaran menyenangkan dan berpihak pada peserta didik agar proses belajar mengajar berjalan efektif dan efisien, saya mendapatkan beberapa inspirasi baru, yaitu:
1. Membangun hubungan yang positif dengan peserta didik sangatlah penting.
2. Pembelajaran Berbasis Proyek dan Kolaborasi.
3. Menciptakan lingkungan belajar yang positif dan inklusif.
4. Memanfaatkan teknologi untuk mendukung pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.
5. Mendorong peserta didik untuk menjadi pembelajar mandiri.
Contoh jawaban 2
Saya mempelajari bagaimana upaya seorang anak bisa membentuk disiplin positif dalam dirinya tanpa paksaan. Sebagai pendidik, saya sebaiknya menerapkan cara-cara yang lebih positif ketika meminta murid melakukan sesuatu tanpa harus memaksa.
Di antaranya dengan melakukan hal-hal sebagai berikut:
1. Mengajak/mendorong murid melakukan kegiatan yang membuat mereka senang.
2. Membantu murid untuk menemukan inspirasinya.
3. Membuka ruang dialog dengan murid.
Berdasarkan inspirasi yang Anda dapatkan, apa perubahan praktik Anda di ruang kelas/satuan pendidikan yang telah Anda lakukan?
Untuk menjawab pertanyaan ini, guru dapat menjelaskan perubahan praktik mengajar yang telah dilakukannya di kelas. Berikut beberapa contoh jawabannya:
Contoh jawaban 1
Berikut adalah beberapa perubahan praktik yang telah saya lakukan di ruang kelas/satuan pendidikan berdasarkan inspirasi yang saya dapatkan:
Saya memberikan pilihan aktivitas dan tugas belajar yang sesuai dengan minat dan bakat peserta didik.
Saya menggunakan berbagai cara untuk memberikan umpan balik, seperti lisan, tertulis, maupun melalui teknologi.
Saya menyediakan waktu bagi peserta didik untuk merefleksikan proses belajar mereka.
Contoh jawaban 2
Saya ingin siswa melakukan disiplin positif bukan dari unsur paksaan, karena adanya keinginan mendapatkan pujian dan hadiah melainkan murni dari dalam pola pikir dan perasaan dirinya ingin melakukannya, tanpa kendali dari luar.
Dengan cara mengajak/mendorong murid melakukan kegiatan yang membuat mereka senang, membantu murid untuk menemukan inspirasinya.
Membuka ruang dialog dengan murid dan menghilangkan sikap otoriter sebagai guru, dan menjadi guru yang tidak langsung memberikan hukuman.
Apa 3 tantangan paling sulit yang akan Anda hadapi selama melakukan perubahan tersebut?
Pada formulir refleksi di PMM juga terdapat kolom tantangan. Pertanyaan dalam kolom tersebut yaitu, apa 3 tantangan paling sulit yang akan Anda hadapi selama melakukan perubahan tersebut.
Guru dapat menyebutkan tiga tantangan yang dirasa paling sulit saat mengajar di kelas. Berikut beberapa contoh jawabannya:
Contoh jawaban 1
1. Saya terkadang kurang sabar menghadapi anak-anak yang suka membangkang.
2. Cara mendekatkan diri dengan siswa dengan cara yang mengasyikkan, tidak formal dan kaku, namun sesuai aturan di sekolah.
3. Waktu kedekatan mengenal karakter peserta didik.
Contoh jawaban 2
Tiga tantangan paling sulit yang akan saya hadapi dalam melakukan perubahan tersebut adalah:
1. Mengubah pola pikir dan kebiasaan:
2. Mendapatkan dukungan dan sumber daya
3. Resistensi terhadap perubahan.
Itulah beberapa contoh jawaban yang bisa dijadikan referensi saat mengisi formulir refleksi tindak lanjut observasi kelas di PMM. Perlu diingat bahwa jawaban bisa disesuaikan berdasarkan kondisi yang dihadapi masing-masing guru.
Dengan demikian, tidak ada jawaban yang sepenuhnya pasti untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas. Setiap kegiatan belajar mengajar di setiap sekolah memiliki situasi yang unik. Maka, jawaban atas pertanyaannya juga akan bervariasi tergantung pada situasi dan kondisi yang terjadi.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment