My Blog List

Monday, March 14, 2022

COLOKAN AUDIO LAPTOP TIDAK BERFUNGSI (EARPHONE OR AUDIO JACK NOT WORKING)

 


1


Laptop merupakan salah satu tools yang sering kita gunakan. Muncul nya device lain seperti smartphone dan tablet belum bisa menggeser fungsi laptop sebagai device yang produktif terutama dalam hal ketik-mengetik. Keinginan untuk terus produktif memaksa untuk terus mengkondisikan laptop dalam keadaan sebagaimana kondisi terakhir saya gunakan. Jendela-jendela file saya biarkan berserakan didalam layar laptop kemudian masuk kedalam mode sleep hingga tak jarang berlanjut ke mode hibernate. Bagaikan manusia yang terus berfikir, bahkan berfikir dalam tidurnya, seluruh sistem dalam laptop terus aktif sehingga berefek pada umur komponen laptop. Dulu saat menggunakan hardisk internal dengan 5400 rpm, dengan perlakuan yang saya jabarkan di awal, laptop sering sekali mengalami malfungsi hingga crush. Namun, semenjak menggunakan SSD (solid state drive) yang kecepatan dan tulisnya jauh diatas hardisk biasa, kendala failure atau malfungsi pada laptop menjadi berkurang dan bahkan hampir tidak pernah saya temukan.

7

Problem

Berdasarkan pada habit pemakaian laptop yang saya gunakan, masalah muncul di bagian yang tidak saya sangka-sangka. Colokan audio atau audio jack dari laptop tiba-tiba menjadi tidak berfungsi.

Praduga

Dugaan awal saya tuju pada earphone yang rusak, coba mengganti dengan earphone lain dan perangkat speaker eksternal, tetap tidak dapat bekerja. Saat saya menggunakan speaker internal laptop, suara keluar tanpa masalah. Maka, kemudian dugaan saya tuju pada driver audio yang bermasalah.

Perbaikan 1

Buka Device Manager (ketik “device manager” di bagian search windows). Pilih Audio inputs and outputs >> klik kanan di Speakers >> uninstall >> muncul konfirmasi uninstall >> OK.4Pada toolbars device manager, klik Action >> Scan for hardware changes5Kemudian periksa Speakers dibagian audio inputs and outputs yang sudah kamu uninstall tadi, apakah muncul kembali,3jika muncul maka silakan coba audio jack laptop kamu. Jika kembali berfungsi, congrats! Jika setelah mengikuti step perbaikan 1, audio jack tetap tidak berfungsi, maka kalian tetap tenang, karena kalian bersama saya disini 😀 .

Solution

Cara yang akan saya berikan untuk mengatasi permasalahan audio jack di laptop ini agak cukup sederhana dan unik, tetapi bekerja denga baik di laptop saya. Caranya yaitu :

  1. Untuk Laptop dengan Baterai yang bisa di lepas dengan mudah
    • Shutdown laptop
    • Cabut colokan power daya
    • Lepaskan Baterai laptop
    • Tekan tombol power selama 30 detik
    • Pasang kembali baterai
    • Nyalakan laptop
    • Coba periksa, apakah audio jack kembali berfungsi ? Jika ya, congrats!
  2. Untuk Laptop dengan Baterai tanam
    • Shutdown laptop
    • Cabut colokan power daya
    • Tekan tombol power daya selama 30 detik (tetap tekan tombol daya meski laptop menjadi menyala, nanti laptop akan kembali mati selama kita menekan tombol power)
    • Nyalakan laptop
    • Coba periksa, apakah audio jack kembali berfungsi ? Jika ya, congrats!

Jika setelah melalui tahap solution audio jack masih belum berfungsi, silakan ulangi tahap solution dan mengganti step tekan tombol power daya 30 detik menjadi tekan sebanyak 5 kali.6

Bad Solution

Jika seluruh tahap solution sudah dilewati dan audio jack tetap tidak berfungsi, maka besar kemungkinan masalah terletak pada hardware dari audio jack. Silakan bawa laptop kamu ke service center terdekat 🙂 .

Cheap Solution

Solusi murah nya adalah kamu bisa gunakan speaker bluetooth atau earphone bluetooth, selain terlihat lebih rapih tanpa kabel, kamu akan terlihat lebih hype dari sebelumnya

Subscribe channel saya:

Nama channel: GROBOGAN BLACK METAL

No comments: