My Blog List

Thursday, March 29, 2018

Diperpanjang 31 Maret 2018 Pengumuman Pendaftaran Calon Peserta PPG 2018 Melalui Akun SIM PKB

Diperpanjang 31 Maret 2018 Pengumuman Pendaftaran Calon Peserta PPG 2018 Melalui Akun SIM PKB


Mardiyas.com - Pengumuman Pendaftaran Calon Peserta PPG Melalui Akun SIM PKB. Kembali pemerintah memberdayakan Aplikasi SIM PKB untuk memberikan informasi yang berhubungan dengan keguruan. Sebelumnya pemerintah melalui kementrian pendidikan dan kebudayaan mengumumkan terkait penerbitan SKTP melalui akun SIM PKB. Kali ini pengumuman Pendidikan Profesi Guru (PPG) 2018 juga melalui akun SIM PKB. Setelah periode pertama PPG 2018 yang dilaksanakan pada bulan November 2017, Dirjen GTK kembali mengundang para guru untuk mengikuti PPG 2018 periode kedua.

Kemendikbud melalui Dirjen GTK telah mengumumkan terkait PPG 2018 melalui akun SIM PKB. Dirjen GTK mengundang Guru calon PPG melalui akun SIM PKB. Tidak semua Guru yang belum sertifikasi mendapatkan mendapatkan undangan untuk mengikuti PPG 2018. Pendaftaran akan berakhir pada tanggal 2 Maret 2018 dan diperpanjang hingga 31 Maret 2018 (Surat Perpanjangan Waktu Pendaftaran pretest calon peserta PPG dalam jabatan dapat diunduh di akhir artikel). Pendataan calon peserta PPG dalam jabatan ini diprioritaskan untuk guru yang telah memenuhi persyaratan.

Rangkaian persiapan PPG 2018 sudah dilakukan GTK sejak November 2017 ini. Ada 500rb lebih guru yang terundang mengikuti Seleksi Calon Peserta PPG 2018 periode ke dua ini  berdasarkan data dapodik yang memenuhi syarat.

Syarat umum seorang guru menjadi peserta seleksi PPG 2018 yaitu:
  1. Belum memiliki Sertifikasi Pendidik
  2. Status Kepegawaian Guru (PNS/CPNS/Honor Daerah/GTY)
  3. TMT pengangkatan maksimal 2015
  4. Kualifikasi pendidikan wajib D4/S1
  5. Usia maksimal 58 tahun pada tahun 2018

Berdasarkan database Dapodik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (cut off 31 Juli 2017), Anda termasuk dalam daftar calon peserta program tersebut.

Tahapan seorang guru menjadi peserta seleksi PPG 2018 :
  1. Pemberitahuan di SIM-PKB, peserta mengisi form isian, menentukan bidang studi yg akan diikuti dalam PPG 2018 dan mengunggah Ijazah S1
  2. Setelah mendaftar, data akan diverifikasi oleh LPMP untuk ditolak atau dijadikan calon peserta seleksi PPG 2018
  3. Peserta seleksi PPG 2018 harus mengikuti ujian seleksi (mulai tanggal 25, lokasi menyusul akan diinfokan GTK)
  4. Jika lolos seleksi, baru GTK pilah untuk diundang pelaksanaan PPG di tahun 2018
  5. Pendataan ini berakhir pada tanggal 2 Maret 2018. Tahapan yang ada di tahun 2018 ini hanya merupakan seleksi guru-guru mana saja yang layak mengikuti PPG 2018 . Jika tidak layak, menunggu pendataan kembali diperiode berikutnya.
|Baca Juga : Cuitan Peserta Pretest PPG 2018 Periode 1 Sepertinya Soalnya Sulit Banget Nih

POTENSI ADUAN KE ULT KEMDIKBUD

Karena data diambil di Dapodik, maka ada potensi aduan bagi guru yang merasa memenuhi syarat namun tidak terundang menjadi peserta seleksi PPG 2018. Petugas Layanan bisa mengarahkan pelapor untuk mengecek isian dapodik di ops sekolah untuk membandingkan isian dapodik di sekolah dengan persyaratan. Jika ada kesalahan, perbaiki di dapodik dan singkron (petugas Dapodik bisa menggunakan cara ini jika ada pengaduan yang masuk)

Saat ini GTK tengah menyiapkan aplikasi bagi guru yang tidak terundang untuk mengecek apa kekurangan yang mengakibatkan dirinya tidak terundang untuk selanjutnya diperbaiki di Dapodik sebelum tanggal 20 November 2017. Harapannya fitur pemeriksaan mandiri diatas bisa menekan pengaduan ke Jakarta. Jika ada yang datang menanyakan hal diatas, diarahkan ke fitur pengecekan mandiri. Untuk pengaduan bisa dilakukan melalui link yang terdapat pada dasbor akun SIM PKB.

Sebelum melakukan pelaporan alangkah baiknya dilakukan perbaikan dan sinkronisasi ulang data Dapodik terlebih dahulu sebelum tanggal 18 November 2017 lalu. Kemudian laporkan perbaikan dan sinkronisasi dimaksud ke http://gg.gg/form_aduan_simpkb 

Bagi guru yang mendapatkan undangan pendataan calon peserta PPG 2018 melalui akun SIM PKB pada dasbor akan muncul pengumuman undangan untuk mengikuti PPG 2018 seperti tampak pada gambar di bawah ini:
arlinadesign

arlinadesign
Pada undangan PPG 2018 yang tampak pada dasbor, Guru yang diundang mendapatkan ucapan selamat karena telah diundang menjadi calon peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG). Jika berkenan silahkan klik MENDAFTAR, jika masih ragu-ragu klik NANTI SAJA. Jika sampai batas waktu yang ditentukan tidak melakukan Pendaftaran maka tidak akan dimasukkan sebagai peserta program pendidikan profesi guru.

Jika Guru menyatakan MENDAFTAR maka dalam menu akun SIM PKB akan muncul menu Kelola Prog. Pendidikan Profesi Guru yang tampak seperti pada gambar di bawah ini:

arlinadesign
Menu akun SIM PKB
arlinadesign
Kelola Program Pendidikan Profesi Guru

Setelah melakukan upload berkas scan ijazah asli maka pada laman Kelola Prog. Pendidikan Profesi Guru inilah seluruh informasi terkait program PPG 2018 akan ditampilkan. Salah satunya saat ini adalah info mengenai pengajuan Guru untuk mendaftar sebagai peserta PPG 2018 telah disetujui. Guru yang telah menyatakan diri ikut program PPG 2018 diharapkan untuk sering-sering membukan akun SIM PKB agar tidak tertinggal informasi.

Kebenaran adanya Pendataan Calon Peserta Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan ini dibuktikan dengan adanya surat edaran dari Kemdikbud melalui Dirjen GTK tertanggal 15 Februari 2018 dengan perihal : Pendaftaran Calon Peserta Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan. Bisa didownload pada bagian bawah artikel ini.

Berikut cuplikan isi surat edaran Kemdikbud melalui Dirjen GTK nomor : 4184/B4/65/2018:

Yth.
1. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi
2. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
di Seluruh Indonesia

Dalam rangka pelaksanaan sertifikasi bagi guru dalam jabatan melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan, Direktorat Jenderal Guru dan Tenga Kenpendidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan akan membuka pendaftaran calon peserta PPG Dalam Jabatan untuk pelaksanaan tahun 2018-2022. Pelaksanaan PPG Dalam Jabatan berpedoman pada Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 tentang Perubahan Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru.

Sehubungan dengan hal tersebut, dengan hormat kami sampikan informasi terkait dengan persiapan pelaksanaan PPG Dalam Jabatan sebagai berikut:

  1. Calon peserta PPG Dalam Jabatan adalah guru yang diangkat sampai dengan tanggal 31 Desember 2015 dan sudah tercatat dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik) per tanggal 31 Juli 2017.
  2. Calon peserta wajib memenuhi persyaratan akademik dan administrasi. Persyaratan akademik yaitu memiliki nilai minimum yang diperoleh dari tes kemampuan akademik (pretes).
  3. Calon peserta wajib melakukan paendaftaran melalui situs http://simpkb.di dengan mengisi program studi PPG yang dipilih sesuai dengan ijasah S-1/D-IV.
  4. Verifikasi dan validasi akan dilakukan untuk melihat kesesuaian antara program studi PPG yang dipilih dengan ijasah S-1/D-IV yang dimiliki.
  5. Calon peserta yang dinyatakan lolo verifikasi dan validasi ijasah S-1/DiV akan mengikuti pretest di tempat uji kompetensi (TUK) yang akan ditetapkan.
  6. Persyaratan, tata cara pendaftaran, jadwal pendaftaran, jadwal pretes calon peserta PPG Dalam Jabatan, dan daftar linieritas sebagaimana terlampir.
    Selanjutnya kami mohon bantuan Saudara untuk menyampaikan informasi di atas kepada guru sesuai kewenangannya.

    Atas perhatian dan kerjasama Saudara, kami ucapkan terima kasih.

    Link:

    Tuesday, March 27, 2018

    Langkah-langkah Input Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK)

    Langkah-langkah Input Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK)

    Selamat siang selamat beraktifitas rekan operator dan guru dimanapun berada. Berhbung telah diberlakukannya absen online untuk guru atau yang disebut Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan. Berikut ini saya akan coba berbagi cara atau langkah-langkah untuk mengisi daftar hadir guru . Dikarenakan panduan pengisian DHGTK dari pusat belum terbit mudah-mudahan langkah-langkah berikut bisa membantu.

    Pertama : Buka Web DHGTK pada link berikut http://223.27.144.195:2017/  login melalui Login Sekolah:


    Kedua: Setelah klik login sekolah maka akan muncul tampilan login seperti gambar berikut, masukan NPSN sekolah, gunakan email atau user login dapodik dan pasword login dapodik, masukan captcha yang tertulis lalu klik Login.


    Ketiga: Jika berhasil login maka akan muncuul tampilan beranda DHGTK seperti gambar berikut. Pilih menu Kehadiran untuk mulai menginput kehadiran guru atau ptk .


    Keempat: Setelah klik kehadiran loading beberapa saat akan muncul tampilan seperti gambar berikut.  Pilih semester terlebih dahulu Untuk semester genap 2107-2018 pilih semester 20172 januari-juni 2018, setelah pilih semester selanjutnya pilih menu buat daftar hadir.  Seltelah itu akan muncul daftar nama guru dan ptk.




    Kelima: Klik kotak di setiap hari dan tanggal bapak ibu guru masuk sekolah pada nama bapak ibu guru yang muncul di daftar nama guru. Pastikan bapak ibu tidak mencontreng pada hari libur. Setelah selesai mencontreng kehadiran selanjutnya pilih simpan untuk menyimpan data kehadiran.

    Keenam: Jika berhasil menyimpan data daftar hadir akan muncul pemberitahuan simpan data dan perbaikan data kehadiran selesai di proses. 


    Ketujuh: Lakukan proses input kehadiran pada setiap hari bapak dan ibu guru maupun ptk lain masuk sekolah. Proses input kehadiran sebaiknya di lakukan oleh operator dan di dampingi oleh kepala sekolah untuk menghindari kecurangan hehe...

    NB: Untuk mengatur hari libur sesuai Kaldik Dinas Pendidikan setempat bisa di atur di menu Kalender Sekolah, untuk saat ini menu tersbut masih belum di aktifkan.

    Sekian..semoga bermanfaat 

    Wednesday, March 14, 2018

    Download Microsoft Office 2013 Terbaru

    Download Microsoft Office 2013 Terbaru

    Download Microsoft Office 2013Publisher: Microsoft Corporation
    OS: Windows
    Lisensi: Commercial Trial
    Ukuran: 660MB
    JawaraFile.com – Microsoft Office 2013 adalah suatu perangkat lunak atau software perkantoran. Setiap individu yang menggunakan PC atau komputer pasti pernah menggunakan perangkat lunak yang satu ini. Software ini bisa dibilang adalah salah satu software vital yang harus dimiliki oleh setiap PC. Jika anda menginstal atau format PC, Microsoft Office adalah salah satu softtware pertama yang ada di benak anda agar dapat diinstal dan menjadi line-up utama di barisan software PC anda. Microsoft Office menjadi salah satu software paling vital karena memang fungsinya yang mencakup berbagai bidang yang menjadi kebutuhan utama bagi para user PC, terutama bagi para user perkantoran.

    Microsoft Office

    Bill Gates, Sang pemilik tahta Microsoft, awalnya mengumumkan pada tanggal 1 Agustus 1998 di Las Vegas bahwa timnya sedang membuat suatu set aplikasi perkantoran. Awalnya Microsoft Office hanya terdiri dari 3 komponen utama, Microsoft Word, Microsoft Excel dan Microsoft Power Point. Namun seiring waktu berjalan, kebutuhan user pun mulai berkembang. Sehingga Microsft pun mau tak mau harus melakukan penambahan di sana sini, komponen komponen baru yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan user.
    Microsoft Office 2013 sendiri pertama kali dibuat pada 2010 dan berakhir pada 11 Oktober 2012. Versi 2013 ini dirilis pada tanggal 29 Januari 2013. Pada tanggal 25 Februari 2014, Microsoft Office 2013 Service Pack pertama (SP1) dirilis. Microsoft Office 2013 merupakan software penerus dari kakaknya, yakni Microsoft Office 2010 dan pendahulu bagi Microsoft Office 2016.
    Fitur utama yang ditonjolkan pada Microsoft Office 2013 salah satunya adalah kemampuan software ini untuk dapat mengintegrasikan file ofline dengan hosting online, seperti One Drive, Outlook.com, Skype, Yammer dan Flickr. Kemudian juga perbaikan dukungan untuk file berekstensi Office Open XML (OOXML), Open Document (ODF), dan Portable Document Format (PDF).
    Download Microsoft Office 2013
    Tampilan word
    Seperti Microsoft Office versi atau edisi sebelumnya, Microsoft Office 2013 juga memiliki beberapa komponen yang sangat lazim dipakai oleh sebagian besar pengguna perkantoran.
    Komponen pertama yang paling terkenal adalah Microsoft Word. Komponen ini juga disebut software pengolah data. Sebelumnya dikenal dengan “Word” yang dipakai pada sistem operasi MS-DOS (pendahulu Microsoft Windows), namun dihentikan pembuatannya dan digantikan oleh saudaranya Microsoft Word yang sekarang kita gunakan.
    Download Excel 2013
    Tampilan Excel 2013
    Yang kedua dan paling sering dipakai juga adalah Microsoft Excel. Disebut sebagai software pengolah angka dan merupakan turunan dari pendahulunya, yakni Lotus 1-2-3 yang dipakai pada masa MS-DOS. Seperti halnya Microsoft Word, Excel kemudian menggantikan Lotus 1-2-3 dengan sukses merajai pasar software pengolah angka dan merupakan salah satu yang terbaik di kelasnya.
    Download Power Point
    Tampilan Power Point
    Ketiga, ada Microsoft Power Point. Komponen ini banyak dan lazim digunakan pada area perkantoran, terutama untuk membuat slide presentasi. Selanjutnya ada juga Microsoft Access yang merupakan sebuah sistem manajemen database yang dikemas secara apik dan solid oleh Microsoft dalam satu komponen tersendiri di Microsoft Office.

    Download Microsoft Office 2013

    Komponen selanjutnya yang dikemas dalam Microsoft Office adalah Microsoft One Note, Microsoft Publisher, Microsoft Project, Microsoft Outlook, dan Microsoft Visio. Kesemuanya adalah software atau komponen yang sangat membantu bagi para user yang bekerja di perkantoran. Sehingga tidak salah kalau kita sebut Microsoft Office seperti halnya namanya adalah software spesialis pengguna perkantoran. Download Microsoft Office 2013 terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

    Wednesday, March 7, 2018



    Entri Data DAPOPAUD Semester Genap 2017/2018

    Selamat pagi rekan operator Dapodik PAUD dimanapun berada, semoga selalu semangat untuk menginput dan mengupdate data.

    Banyak rekan operator yang bertanya, bagaimana proses entri atau input data Dapodik PAUD di semester 2 tahun ajaran 2017/2018 ini. 

    Untuk saat ini saya informasikan bahwa pengisian ataupun update data dapodik paud semester genap tahun ajaran 2017/2018 kita masih menunggu informasi dari tim Dapodik pusat. Bisa jadi akan ada dua kemungkinan, yang pertama akan ada atau diluncurkan versi terbaru dan kemungkinan ke dua input atau update data dapodik paud semester genap tetap menggunakan aplikasi versi terakhir yaitu versi 3.1.1 

    Tanda jika penginputan atau update data dapodik semester genap sudah bisa di lakukan adalah akan muncul pilihan login ke Semester Genap 2017/2018 pada tampilan login Dapopaud. Silakan nanti dipilih login ke semester genap 2017/2018. 



    Untuk proses update data semester genap biasanya cukup mudah karena kita tinggal melanjutkan data yang sudah ada di semester ganjil dengan meng-klik menu "Action Menu'. Lakukan update data di semester genap jika ada perubahan data seperti penambahan sarpras, mutasi peserta didik, mutasi PTK dan perubahan pemetaan rombel dan pembelajaran rombel.




    Hal penting dalam update data dapopaud di semester genap adalah pembaruan SK dan tanggal SK pembagian tugas mengajar pada pembelajaran rombel. Nomor dan tanggal tanggal SK wajib di perbarui sesuai nomor dan tanggal SK pembagian tugas mengajar di semester genap 2017/2018. 


    Setelah melakukan update data di semester genap 2017/2018 langkah selanjutnya kita melakukan validasi dan singkronisasi data.

    Demikian informasi yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.

    solusi penerima nuptk baru masih kosong dan cara upload dokumen

    Apakah anda bingung karena hingga saat ini para calon penerima NUPTK baru masih kosong...? Apakah anda hanya akan terus menunggu sampai kapan dan tidak di ketahui kapan bisa muncul ..? 
    Kalau begitu anda sama seperti saya, yang juga bingung entah bagaimana. Akhirnya saya mengambil tindakan dan mencari solusi dengan bertanya kesana kemari yang setiap dari jawaban yang di dapat hanyalah "Silahkan Tunggu" Tunggu dan tunggu... Namun tidak sampai di situ, saya bergabung dengan Group di facebook yang benar-benar membahas hal demikian. Dan pada akhirnya, Status calon penerima NUPTK keluar...

    Berikut saya jelaskan bagi anda yang masih bingung dan agar tidak selalu menunggu...

    1. Bergabunglah terlebih dahulu dengan Group Facebook yang membahas NUPTK / Verval GTK dll. di sini : Helpdesk Verval GTK / NUPTK

    2. Tunggulah hingga di setujui dan anda masuk di dalamnya. 
    3. Setelah anda di setujui, silahkan posting dan sampaikan keluhan anda tentang calon penerima NUPTK yang masih kosong dengan format posting :

    " Nama Sekolah > NPSN > Status Calon NUPTK Baru Kosong "

    4. Tunggulah beberapa saat biasanya 1x24 Jam jika admin melihat postingan anda, maka NPSN dari sekolah anda akan di urus dan calon penerima NUPTK baru akan keluar seperti gambar di bawah ini :


    5. Jika sudah demikian. Lanjutkan dengan upload dokumen yang di minta pada pengajuan baru NUPTK. Dokumen yang di butuhkan adalah : 
    • Scan KTP 
    • Scan Ijazah SD - S1 (Terakhir)
    • Scan SK Pengangkatan. (PNS / non PNS) 
    • Bagi Non PNS yang bekerja di Sekolah Negeri maka SK wajib dari Bupati / wali kota setempat
    • Bagi Non PNS yang bekerja di sekolah swasta maka cukup melampirkan hasil scan SK yang di tanda tangani oleh yayasan.
    Cara Upload Doumen :
    1. Klik salah satu PTK yang masuk dalam daftar calon penerima NUPTK baru dan klik upload dokumen 

    2. Klik "select" pada dokumen - dokumen yang di minta seperti , dokumen 1 (KTP) dan seterusnya.
    3. Setelah semua dokumen (hasil scan) selesai di pilih, saatnya upload dokumen dengan klik tombol "Upload Dokumen" 

    4. Setelah semuanya selesai, silahkan pantau status penerima NUPTK yang sudah upload berkas-berkas tersebut. karena anda sebagai oprator sekolah yang wajib memantau sampai dimana statusnya dengan cara klik "NUPTK" > "Status Penerima NUPTK". seperti gambar di bawah ini : 


    Di sinilah waktu anda menunggu yang sebenarnya. :D silahkan tunggu sambil pantau perkebangannnya.. Selesai dan salam sukses ..