My Blog List

Tuesday, March 27, 2018

Langkah-langkah Input Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK)

Langkah-langkah Input Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK)

Selamat siang selamat beraktifitas rekan operator dan guru dimanapun berada. Berhbung telah diberlakukannya absen online untuk guru atau yang disebut Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan. Berikut ini saya akan coba berbagi cara atau langkah-langkah untuk mengisi daftar hadir guru . Dikarenakan panduan pengisian DHGTK dari pusat belum terbit mudah-mudahan langkah-langkah berikut bisa membantu.

Pertama : Buka Web DHGTK pada link berikut http://223.27.144.195:2017/  login melalui Login Sekolah:


Kedua: Setelah klik login sekolah maka akan muncul tampilan login seperti gambar berikut, masukan NPSN sekolah, gunakan email atau user login dapodik dan pasword login dapodik, masukan captcha yang tertulis lalu klik Login.


Ketiga: Jika berhasil login maka akan muncuul tampilan beranda DHGTK seperti gambar berikut. Pilih menu Kehadiran untuk mulai menginput kehadiran guru atau ptk .


Keempat: Setelah klik kehadiran loading beberapa saat akan muncul tampilan seperti gambar berikut.  Pilih semester terlebih dahulu Untuk semester genap 2107-2018 pilih semester 20172 januari-juni 2018, setelah pilih semester selanjutnya pilih menu buat daftar hadir.  Seltelah itu akan muncul daftar nama guru dan ptk.




Kelima: Klik kotak di setiap hari dan tanggal bapak ibu guru masuk sekolah pada nama bapak ibu guru yang muncul di daftar nama guru. Pastikan bapak ibu tidak mencontreng pada hari libur. Setelah selesai mencontreng kehadiran selanjutnya pilih simpan untuk menyimpan data kehadiran.

Keenam: Jika berhasil menyimpan data daftar hadir akan muncul pemberitahuan simpan data dan perbaikan data kehadiran selesai di proses. 


Ketujuh: Lakukan proses input kehadiran pada setiap hari bapak dan ibu guru maupun ptk lain masuk sekolah. Proses input kehadiran sebaiknya di lakukan oleh operator dan di dampingi oleh kepala sekolah untuk menghindari kecurangan hehe...

NB: Untuk mengatur hari libur sesuai Kaldik Dinas Pendidikan setempat bisa di atur di menu Kalender Sekolah, untuk saat ini menu tersbut masih belum di aktifkan.

Sekian..semoga bermanfaat 

No comments: