Kisi Kisi IPA USBN SD Tahun Pelajaran 2019-2020
Kisi Kisi IPA USBN SD Tahun Pelajaran 2019-2020 - merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2018 tentang Penilain Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan dan Penilaain Hasil Belajar oleh Pemerintah perlu menetapkan Kisi-kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Tahun Pelajaran 2019/2020 sebagai acuan pengembangan dan perakitan naskah soal ujian.
- Kisi-kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) adalah acuan dalam pengembangan dan perakitan soal USBN yang disusun berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku.
- Kisi-kisi USBN sebagaimana yang disebut pada ayat (1) memuat level kognitif dan lingkup materi mata pelajaran pada jenjang dan jenis pendidikan sebagai berikut. (Terlampir)
- Nama mata pelajaran keagamaan pada sekolah keagamaan disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku.
- Kisi-kisi USBN untuk mata pelajaran terkait penghayat kepercayaan kepada Tuhan YME disiapkan oleh organisasi penghayat kepercayaan kepada Tuhan YME.
- Kisi-kisi mata pelajaran lintas peminatan menggunakan kisi-kisi yang tersedia pada program peminatan.
- Kisi-kisi USBN sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tercantum dalam Lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keputusan BSNP ini.
Kisi Kisi USBN SD Tahun Pelajaran 2019 - 2020
Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
- LEVEL KOGNITIF
Pengetahuan dan Pemahaman
- Mengidentifikasi
- Menunjukkan
- Memberi contoh
- Menyebutkan
Aplikasi
- Menerapkan
- Membandingkan
- Mengklasifikasi
- Menganalisia
- Memprediksi
- Menyimpulkan
- Lingkup Materi
A. Makhluk Hidup dan Lingkungannya
- Pengetahuan dan Pemahaman
Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang:
- hubungan antar makhluk hidup dengan lingkungannya
- penyesuaian diri makhluk hidup
- pelestarian lingkungan
- Aplikasi
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:
- hubungan antar makhluk hidup dengan lingkungannya
- penyesuaian diri makhluk hidup
- keseimbangan lingkungan
- Penalaran
Peserta didik mampu bernalar tentang:
- hubungan antar makhluk hidup
- upaya manusia dalam menjaga
- keseimbangan/pelestarian lingkungan
B. Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup
- Pengetahuan dan Pemahaman
Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang:
- fungsi bagian tubuh tumbuhan/hewan
- daur hidup hewan
- alat gerak dan fungsinya
- sistem pernapasan pada manusia/hewan
- sistem pencernaan pada manusia
- sistem peredaran darah pada manusia
- Perkembangbiakan tumbuhan/hewan
- perkembangan dan pertumbuhan manusia
- pemeliharaan kesehatan organ
- Aplikasi
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:
- daur hidup hewan
- mekanisme sistem gerak
- mekanisme sistem
- organ (pernapasan,
- pencernaan, dan
- peredaran darah)
- pemeliharaan
- kesehatan organ
- Penalaran
Peserta didik mampu bernalar tentang:
- hubungan antara sistem organ dan proses yang ditimbulkan
- percobaan pada sistem organ
C. Benda dan Sifatnya
- Pengetahuan dan Pemahaman
Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang:
- sifat benda
- perubahan wujud benda
- sifat bahan dan bahan penyusunnya
- Aplikasi
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:
- sifat bahan dengan kegunaannya
- pemanfaatan perubahan wujud benda
- suhu dan kalor
- Penalaran
Peserta didik mampu bernalar tentang:
- pemanfaatan benda berdasarkan sifatnya
- perubahan wujud benda
- suhu dan kalor
D. Energi dan Perubahannya
- Pengetahuan dan Pemahaman
Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang:
- jenis-jenis gaya
- bentuk energi dan perubahannya
- energi alternatif
- sifat-sifat magnet
- Aplikasi
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:
- pengaruh gaya terhadap gerak, arah, dan bentuk benda
- bunyi
- cahaya
- perubahan energi listrik dan penghematan energi listrik
- energi alternatif dan cara penggunaannya
- listrik dan magnet
- Penalaran
Peserta didik mampu bernalar tentang:
- bunyi
- cahaya
E. Bumi dan Alam Semesta
- Pengetahuan dan Pemahaman
Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang:
- sumber daya alam
- siklus air
- sistem tata surya
- gerhana bulan dan gerhana matahari
- Aplikasi
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:
- mencegah kerusakan lingkungan
- dampak pengambilan bahan alam
- rotasi dan revolusi bumi dan bulan
- gerhana bulan dan gerhana matahari
- Penalaran
Peserta didik mampu bernalar tentang:
- rotasi dan revolusi bumi dan bulan
- siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan mahluk hidup
Untuk Versi Microsoft Word Silahkan Unduh Pada Link yang sudah Kami Siapkan Dibawah ini :
(Buka Disini) Kisi - Kisi USBN SD Matematika.doc
(Buka Disini) Kisi - Kisi USBN SD Bahasa Indonesia.doc
Demikian Kami Sampaikan Kisi Kisi IPA USBN SD Tahun Pelajaran 2019-2020 Semoga Bermanfaat
Related Posts :
- Kisi Kisi BAHASA INDONESIA USBN SD Tahun Pelajaran 2019-2020Kisi Kisi Bahasa Indonesia USBN SD Tahun Pelajaran 2019-2020 - merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2018… Read More...
- POS UN dan Kisi - Kisi UNBK Jenjang SMP, SMA & SMK Tahun 2019/ 2020Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Nasional (POS UN) Tahun Pelajaran 2019/2020. POS UN Tahun Pelajaran 2019/2020 mengat… Read More...
- Kisi Kisi MATEMATIKA USBN SD Tahun Pelajaran 2019-2020Kisi Kisi MATEMATIKA USBN SD Tahun Pelajaran 2019-2020 - merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2018 tenta… Read More...
- Kisi Kisi IPA USBN SD Tahun Pelajaran 2019-2020Kisi Kisi IPA USBN SD Tahun Pelajaran 2019-2020 - merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2018 tentang Peni… Read More...
- Unduh Panduan Aplikasi Dapodik 2020Unduh Panduan Aplikasi Dapodik 2020 - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) merupakan lembaga pemerintahan yang menjadi ujung… Read More...