My Blog List

Thursday, August 9, 2018

Cara Mudah Mengatasi Printer Canon MX397 Error 5040

Cara Mudah Mengatasi Printer Canon MX397 Error 5040


Di artikel ini, anda dapat menambah wawasan mengenai cara untuk mengatasi printercanon MX397 error 5040 yang cepat dan mudah. Apabila di layar printer canon MX397 anda muncul error dengan kode 5040, hal termudah pertama yang dapat anda lakukan adalah mematikan printer anda dengan menekan tombol on/off selama beberapa saat sampai printer mati, kemudian anda cabut kabel printer dari stop kontak. Tunggulah selama beberapa saat, waktu yang direkomendasikan adalah minimal sekitar satu menit. Setelah anda benar-benar memastikan bahwa waktu minimal satu menit telah berlalu, pasang kembali kabel printer ke stop kontak dan nyalakan printer canon anda. Cobalah anda cek terlebih dahulu apakah error 5040 masih ada atau telah hilang.

Bila anda tidak dapat mengatasi printer canon MX397 error 5040 dengan cara tersebut, kemungkinan besar logic board utama dalam printer tidak berfungsi. Seperti halnya laptop atau komputer yang memiliki motherboard, printer memiliki bagian yang dinamakan logic board. Bila hal ini terjadi, logic board utama dalam printer tersebut perlu diganti atau diperbaiki. Anda dapat memilih opsi untuk mengganti karena akan lebih awet dengan logic board yang baru. Namun, bila anda berusaha untuk menghemat pengeluaran, anda dapat memilih opsi untuk memperbaiki karena lebih murah dibanding dengan mengganti dengan logic board yang baru. Untuk penggantian dan perbaikan, anda disarankan untuk menggunakan penyedia jasa perbaikan yang terdaftar untuk printer canon karena lebih aman dan nyaman terlebih bila printer anda masih dalam masa garansi.

Perlu diingat bahwa kode error printer canon terdapat beberapa macam dan cara penanganannya pun beraneka ragam. Anda tetap disarankan untuk membaca kembali buku manual pada kotak printer anda untuk dapat lebih mengenal printer canon MX397 anda dan apabila masih mengalami kebingungan dan masalah, anda dapat menghubungi service center untuk menanyakan perihal masalah yang anda hadapi. Semoga artikel tentang cara mudah mengatasi printer canon MX397 error 5040 yang kami sajikan dapat bermanfaat dan berguna bagi anda di kemudian hari.

Wednesday, August 8, 2018

Cara Cek Progres Pengiriman PMP Terbaru 2018

Cara Cek Progres Pengiriman PMP Terbaru 2018

All
Cara Cek Progres Pengiriman PMP Terbaru 2018 - Selamat berjumpa sahabat operator PMP Dikdasmen tahun 2018 dan ingin mengengetahui atau mengecek hasil pengiriman PMP dikdasmen tahun 2018 pada dasbord progres pengiriman PMP dikdasmen 2018 di website resmi PMP dikdasmen. Artikel ini berjudul Cara Cek Progres Pengiriman PMP Terbaru 2018. Oh ya, untuk review progres pengiriman PMP dengan kata kunci PMP dikdasmenProgres Pengiriman PMP, Selamat membaca.

Judul : Cara Cek Progres Pengiriman PMP Terbaru 2018
Link : Cara Cek Progres Pengiriman PMP Terbaru 2018

Rekomendasi Bacaan:
Cara Cek Progres Pengiriman PMP Terbaru 2018
Sehubungan telah rilis aplikasi pmp dikdasmen terbaru yaitu versi 2018.05 maka setiap satuan pendidikan dikdasmen diharuskan mengirimkan data PMP dikdasmen tahun 2018. Data tersebut berupa kuesioner PMP yang diisi melalui aplikasi PMP dikdasmen terbaru versi 2018.05 yang terdiri dari kuesioner pemetaan mutu sekolah, kuesioner Kepala Sekolah, kuesioner pengawas, kuesioner guru, kuesioner siswa dan kuesioner komite sekolah. Progres Pengiriman PMP merupakan tempat melihat status pengiriman PMP dikdasmen yang dilakukan oleh satuan pendidikan. Hal ini berguna untuk melihat status kirim dan tanggal terakhir pengiriman PMP dikdasmen pada dasnorb progres pengiriman PMP oleh satuan pendidikan. Berikut ini langkah-langkah cek progres pengiriman PMP 2018-05.
Langkah Pertama untuk cek progres pengiriman PMP : Silakan kunjungi laman http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id/pengiriman/progres. KLIK DI SINI lalu pilih nama provinsi.
all


Langkah Kedua cek progres pengiriman PMP : Selanjutnya silakan klik nama kabupaten sesuai tempat satuan pendidikan masing-masing.
all

Langkah Ketiga cek progres pengiriman PMP : Pilih Kecamatan
all

Langkah Keempat cek progres pengiriman PMP : Selanjutnya silakan pilih satuan pendidikan
all

Pada gambar progres pengiriman PMP di atas, status kirim PMP Dikdasmen masih merah atau belum kirim dan tanggal kirim masih kosong. Apabila anda sudah melakukan pengiriman data PMP Dikdasmen online sangat direkomendasikan untuk mengecek progres pengiriman PMP agar data yang kita kirim benar-benar valid dan sampai pada server pusat.

Demikian info cara cek progres pengiriman PMP terbaru 2018, semoga bermanfaat. Artikel yang sedanga anda baca ini berjudul Cara Cek Progres Pengiriman PMP Terbaru 2018. Link artikel https://www.sanjayaops.com/2018/05/progres-pengiriman-pmp.html.

CEK PROGRES PENGIRIMAN PMP DIKDASMEN 2018 TERBARU

CEK PROGRES PENGIRIMAN PMP DIKDASMEN 2018 TERBARU

Cek progres pengiriman PMP dikdasmen, masukuniversitas.com. Dikdasmen belum lama ini telah mengeluarkan sebuah aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) yang bertujuan untuk pemantauan dan pemetaan terselenggaranya pendidikan di Indonesia agar sesuai Standart Nasional Pendidikan. Sistem PMP menjadi salah satu sarana dari adanya Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, sehingga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mulai menerapkan Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) di satuan pendidikan baik tingkat dasar maupun menengah. Bagi sekolah yang telah terdaftar pastinya harus mengisi PMP secara rutin agar Dikdasmen dapat memberikan pantauan secara baik terhadap pelayanan pendidikan yang sesuai kebutuhan lapangan.
Jika diperlukan download aplikasi Dapokdisdasmen PMP << silakan disini artikelnya
Proses Pengiriman PMP Dikdasnes memang tidak rumit prosesnya, tapi anda juga perlu perhatikan progres pengiriman PMP yang sudah diakses sebelumnya. Sering kali terjadi kegagalan dalam proses pengiriman karena beberapa hal baik kesalahan pribadi ataupun sistem yang sedang bermasalah. Untuk mengetahui apakah data PMP telah terkirim dengan sempurna, anda bisa cek progres pengiriman PMP Dikdasmen di laman resmi.
Dan pada kesempatanan kali ini, kami akan share informasi terkait cara cek progres pengiriman PMP Dikdasmen. Langsung saja, berikut lengkap informasinya.

LANGKAH CEK PROGRES PENGIRIMAN PMP DIKDASMEN

Aplikasi PMP telah dirancang oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan menyesuaikan kaidah sistem penjaminan mutu pendidikan agar berjalan sesuai standart yang ada supaya bisa berkembang menjadi lebih bermutu dan mandiri. Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan PMP menyediakan kuesioner yang harus diisi oleh masing-masing sekolah. Kuesioner tersebut gunanya untuk memudahkan dalam proses pemetaan yang dilihat dari mutu pendidikan masing-masing sekolah dengan acuan Standart Nasional Pendidikan.

CARA PENGISIAN PMP DIKDASMEN

Berikut dibawah ini adalah cara pengisian PMP Dikdasmen, simak selengkapnya langkah-langkahnya.
Atau, cara download prefill Dapodik << disini yang terbaru download aplikasi

• DOWNLOAD APLIKASI DI KOMPUTER / LAPTOP

Langkah pertama sebelum anda mengoperasikan PMP Dikdasmen, pastikan aplikasi PMP sudah didownload dan diinstal di komputer. Aplikasi dikdasmen secara teknis merupakan bagian dari aplikasi Dapodik, sehingga otomatis aplikasi dikdasmen akan mengambil data pokok yang ada di aplikasi Dapodik. Dalam aplikasi Dapodik biasanya terdiri dari berbagai informasi suatu sekolah, seperti profil sekolah, PD, PTK, dan sebagainya.

• MENAMPILKAN APLIKASI

Jika aplikasi Dikdasmen siap diakses, maka selanjutnya akan menampilkan kuesioner atau daftar pertanyaan yang didasarkan pada data yang ada di Dapodik.

• MELAKUKAN PROSES LANJUTAN

Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) yang berada di pusat akan melakukan proses lanjutan untuk penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah. Selain itu LPMP juga melakukan kegiatan sosialisasi dan pendampingan kepada berbagai pihak sekolah yang melaksanakan penjaminan mutu pendidikan lewat aplikasi PMP.

CEK PROGRES PENGIRIMAN PMP DIKDASMEN

Setelah anda melakukan segala akses di aplikasi Dikdasmen, selanjutnya perlu dilakukan pengecekan. Pengecekan ini sangat penting dilakukan karena untuk langkah awal bila terjadi kendala saat pengiriman. Berikut tahapan pengecekan PMP yang bisa anda lakukan.
• Pertama buka situs resmi kemdikbud di laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/. Upayakan koneksi internet anda dalam keadaan stabil supaya bisa diakses secara lancar.
• Apabila telah membuka laman resmi kemdikbud di atas, selanjutnya akan tampil beberapa menu. Nah, jika anda ingin melakukan pengecekan maka pilih dan klik menu Progres Kirim atau Progres Data.
• Tunggu sampai laman menu Progres Kirim atau Progres Data tampil secara menyeluruh. Kemudian akan terlihat progress kiriman secara nasional atau berdasarkan wilayah sekolah. Anda bisa cek pengiriman PMP sekolah dengan klik pada kolom Nama Provinsi, Nama Kabupaten, dan Nama Sekolah yang tersedia di laman. Dengan menuliskan beberapa kolom di atas, data informasi sekolah yang anda cari akan tampil secara detail.

LANGKAH BILA KENDALA PENGISIAN PMP DIKDASMEN

Ketika anda menemukan kendala atau masalah saat pengisian PMP Dikdasmen, tak perlu panik langsung saja minta bantuan untuk mendapatkan status troubleshooting (penyelesaian masalah). Anda bisa mengikuti cara untuk mengetahui permasalahannya dengan beberapa tahapan seperti di bawah ini.

• KLIK FAQ

Langkah pertama ini, anda bisa menyelesaikan masalah tersebut dengan mencari solusi lewat Bantuan. Klik saja tombol FAQ atau laman yang akan menampilkan pertanyaan yang sering dilakukan di website PMP Dikdasmen.

• KLIK MENU FEEDBACK

Seterusnya langkah yang kedua ini, anda bisa menyelesaikan masalah dengan memakai bantuan menu Feedback yang ada di website. Buka saja laman http://pmp.dikdasmen@kemdikbud.go.id.

• UTARAKAN PERMASALAHAN

Langkah ketiga adalah anda bisa menyelesaikan masalah dengan mengajukan pertanyaan seputar masalah yang anda hadapi melalui emal dan kirim ke satgas.pmp@gmail.com.

• DATANG LANGSUNG

Langkah terakhir, selain melalui online anda juga bisa menyelesaiakan permasalahan dengan mendatangi langsung ke kantor pusat. Anda bisa bertanya langung di kantor pusat pada bagian Helpdesk Penjaminan Mutu Pendidikan Dikdasmen yang beralamat di Kantor Sekretarian PMP Gedung E lantai 14 Kemdikbud, Senayan, Jakarta.
Selain permasalahan pribadi dalam penginputan data, bisa juga anda akan mengalami permasalahan akibat situs sedang masa maintenance. Untuk itu harap konfirmasi kepada kantor pusat melalui beberapa cara di atas untuk mengetahui informasi yang lebih akurat. Diharapkan semua pihak dapat saling bekerjasama agar proses PMP Dikdasmen dapat berjalan sesuai tujuan.
Dikeluarkannya aplikasi PMP Dikdasnes yang diprogramkan oleh Lembaga Penjaminan Mutu Kemendikbud pusat pastinya mempunyai tujuan yang bisa menjadikan pendidikan di Indonesia lebih baik. Namun seperti halnya aplikasi lain yang baru saja berjalan, perlu adanya pengawasan agar tidak terjadi kesalahan yang berkelanjutan, salah satunya dengan proses cek progres pengiriman PMP Dikdasmen. Cek progres pengiriman PMP Dikdasmen termasuk bagian penting saat menjalankan aplikasi ini untuk mengetahui proses pengiriman yang baru saja diproses. Ini bisa dibilang menjadi langkah ketelitian data yang sangat berperan penting dalam pendidikan nasional Indonesia agar tetap terjaga mutu dan kualitasnya.
Sumber:
http://www.infoptk.com/2016/10/link-cek-progres-pmp.html
http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/berita/aplikasi-penjaminan-mutu-pendidikan-pmp
http://inspirasititi.blogspot.com/2016/10/cek-progres-pengiriman-data-pmp.html

Sunday, July 15, 2018

Pedoman Penyusunan Kalender Pendidikan TP. 2018/2019

Pedoman Penyusunan Kalender Pendidikan TP. 2018/2019

 by Nawang |  15-05-2018 14:39 WIB |  14837 Views |  Kategori : Sekretariat
foto berita
Untuk mengunduh Pedoman Penyusunan Kalender Pendidikan TP. 2018/2019 silahkan klik di sini.

Sunday, April 29, 2018

Adobe Photoshop CS2 + Serial Number Gratis

Adobe Photoshop CS2 + Serial Number Gratis

Adobe Photoshop CS2 merupakan versi yang sudah cukup lama dari program Photoshop. Sudah sejak bertahun-tahun lalu. Namun demikian, versi ini masih cukup enak dipakai, terutama bagi sobat-sobat yang masih pemula dalam menggunakan photoshop. Saya sendiri menggunakan versi ini sejak beberapa tahun yang lalu. Kabarnya sih Photoshop CS2 alias Photoshop 9 ini sudah digratiskan sejak beberapa tahun yang lalu. Makanya kali ini saya sharing sekalian serial numbernya.
Sudah diketahuyi bersama bahwa Adobe Photoshop ini masih menjadi salah satu program desain grafis yang paling populer. Bagi sobat yang pengen mencoba-coba software ini, mungkin bisa mulai dengan menggunakan Adobe Photoshop CS2. Di samping cukup mudah dipakai, ukurannya pun terbilang lebih ringan dibanding versi-versi setelahnya. Photoshop CS2 ini bisa diinstall di sistem operasi Windows XP, Vista, 7, 8, maupun windows 10. Saya sendiri sudah mencobanya di Windows 10.
Berikut ini adalah tampilan awal program Adobe Photoshop CS2 alias Photoshop seri 9. Untuk serial number silakan pakai serial-serial berikut ini. Jika tidak berhasil salah satunya, cobalah menggunakan serial yang lain.
Serial number adobe photoshop cs2
  • 1045-1412-5685-1654-6343-1431
  • 1045-1315-3326-2386-8532-7886
  • 1045-1085-6610-5394-9391-9263
  • 1045-1302-5692-5842-1244-7027
  • 1045-0436-9551-0266-5984-9386
Bagi yang mau mendownload Adobe Photoshop CS2 gratis, langsung saja klik di tombol berikut ini. Dan selamat menikmati menggunakan Photoshop CS2 untuk editing foto dan gambar.
Adobe Photoshop CS2 + Serial Number Gratis | kuyhaa-android 4.5

Thursday, April 26, 2018

CONTOH SK TETAP YAYASAN

Download Contoh SK Guru Tetap Yayasan Madrasah Format Doc

Contoh SK Guru Tetap Yayasan – Bagi Sekolah atau Madrasah yang berstatus swasta maka biasanya akan di kelola oleh sebuah Yayasan. Hal ini agar Madrasah swasta mempunyai legalitas hukum yang kuat. Madrasah swasta agar mendapat ijin operasional dari Pemerintah salah satu syaratnya adalah harus mempunyai Yayasan. Berkembangnya suatu Madrasah swasta itu tergantung Yayasan yang mengelolanya. Jika fungsi Yayasan hanya numpang legalitas saja, itu dia biasanya Madrasah swasta sulit berkembang. Namun jika Yayasannya mampu mengelola Madrasah dengan baik, maka banyak Madrasah yang berkembang pesat melebihi Sekolah negeri.
Peranan Yayasan bagi Madrasah sangat besar. Contohnya Yayasan berhak mengangkat Tenaga Pendidik (Guru) baru atau bahkan memberhentikan Guru dari kerjanya. Maka dari itu Tenaga Pendidik (Guru) Madrasah yang bersatus honorer biasanya akan diberi Surat Keputusan (SK) dari Yayasan. Istilahnya Guru Honorer Madrasah swasta yang diangkat oleh Ketua Yayasan adalah Guru Tetap Yayasan (GTY).
Bahkan bukan hanya Tenaga Pendidik (Guru) saja, Ketua Yayasan berhak juga menentukan atau mengangkat Kepala Madrasah. Jika seandainya di Madrasah tersebut belum ada Kepala Madrasah status Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Kepala Madrasah definitif dari Kementerian Agama (Kemenag). Kemudian Ketua Yayasan harus menerbitkan SK Pengangkatan Kepala Sekolah.
Download Contoh SK Guru Tetap Yayasan Madrasah Format Doc
Guru Honorer atau Guru Sukarela yang diangkat oleh Ketua Yayasan harus diberi Surat Keputusan (SK). Karena SK Guru Tetap Yayasan (GTY) ini terkadang diperlukan oleh Guru yang bersangkutan. Contohnya untuk kepemilikan NUPTK, pengajuan atau daftar Sertifikasi Guru, dan lain-lain. Bahkan SK Guru Tetap Yayasan bisa dijadikan sebagai bukti dokumen ketika Guru Honorer hendak meminjam uang ke bank.
Biasanya keberlakukan SK Guru Tetap Yayasan hanya satu tahun saja sejak diterbitkan SK GTY. Maka dari itu jika guru yang bersangkutan masih membaktikan diri di Madrasah, Yayasan wajib mengeluarkan kembali SK GTY. Umumnya SK Guru Tetap Yayasan diterbitkan setiap bulan Januari bukan setiap pergantian Tahun Pelajaran.

Download Contoh SK Guru Tetap Yayasan Untuk Madrasah Format Microsoft Office Word

Karena pentingnya SK Yayasan bagi Kepala Madrasah dan Guru Honorer (Tenaga Pendidik), maka dari itu sudah menjadi kewajiban Ketua Yayasan dalam menerbitkannya. Mungkin saja pengurus Yayasan merasa kesulitan dalam membuat SK Guru Tetap Yayasan (GTY). Disini saya akan memberikan contoh SK Guru Tetap Yayasan untuk semua jenis Madrasah, seperti : Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA), dan Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK).
Agar lebih memudahkan lagi dalam pembuatannya, contoh SK Guru Tetap Yayasan ini saya sajikan dalam format doc atau format Microsoft Office Word. Artinya Anda hanya tinggal merubah data-data tertentunya saja.
Jangan sampai lupa bahwa SK GTY ini fungsi keberlakuannya hanya satu tahun. Tidak ada SK GTY yang berlaku sepanjang masa. Dan mungkin hanya itu saja tulisan singkat tentang contoh SK Guru Tetap Yayasan bagi Sekolah di bawah naungan Kementerian Agama. Semoga contoh SK Guru Honorer ini bisa bermanfa’at.

Thursday, March 29, 2018

Diperpanjang 31 Maret 2018 Pengumuman Pendaftaran Calon Peserta PPG 2018 Melalui Akun SIM PKB

Diperpanjang 31 Maret 2018 Pengumuman Pendaftaran Calon Peserta PPG 2018 Melalui Akun SIM PKB


Mardiyas.com - Pengumuman Pendaftaran Calon Peserta PPG Melalui Akun SIM PKB. Kembali pemerintah memberdayakan Aplikasi SIM PKB untuk memberikan informasi yang berhubungan dengan keguruan. Sebelumnya pemerintah melalui kementrian pendidikan dan kebudayaan mengumumkan terkait penerbitan SKTP melalui akun SIM PKB. Kali ini pengumuman Pendidikan Profesi Guru (PPG) 2018 juga melalui akun SIM PKB. Setelah periode pertama PPG 2018 yang dilaksanakan pada bulan November 2017, Dirjen GTK kembali mengundang para guru untuk mengikuti PPG 2018 periode kedua.

Kemendikbud melalui Dirjen GTK telah mengumumkan terkait PPG 2018 melalui akun SIM PKB. Dirjen GTK mengundang Guru calon PPG melalui akun SIM PKB. Tidak semua Guru yang belum sertifikasi mendapatkan mendapatkan undangan untuk mengikuti PPG 2018. Pendaftaran akan berakhir pada tanggal 2 Maret 2018 dan diperpanjang hingga 31 Maret 2018 (Surat Perpanjangan Waktu Pendaftaran pretest calon peserta PPG dalam jabatan dapat diunduh di akhir artikel). Pendataan calon peserta PPG dalam jabatan ini diprioritaskan untuk guru yang telah memenuhi persyaratan.

Rangkaian persiapan PPG 2018 sudah dilakukan GTK sejak November 2017 ini. Ada 500rb lebih guru yang terundang mengikuti Seleksi Calon Peserta PPG 2018 periode ke dua ini  berdasarkan data dapodik yang memenuhi syarat.

Syarat umum seorang guru menjadi peserta seleksi PPG 2018 yaitu:
  1. Belum memiliki Sertifikasi Pendidik
  2. Status Kepegawaian Guru (PNS/CPNS/Honor Daerah/GTY)
  3. TMT pengangkatan maksimal 2015
  4. Kualifikasi pendidikan wajib D4/S1
  5. Usia maksimal 58 tahun pada tahun 2018

Berdasarkan database Dapodik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (cut off 31 Juli 2017), Anda termasuk dalam daftar calon peserta program tersebut.

Tahapan seorang guru menjadi peserta seleksi PPG 2018 :
  1. Pemberitahuan di SIM-PKB, peserta mengisi form isian, menentukan bidang studi yg akan diikuti dalam PPG 2018 dan mengunggah Ijazah S1
  2. Setelah mendaftar, data akan diverifikasi oleh LPMP untuk ditolak atau dijadikan calon peserta seleksi PPG 2018
  3. Peserta seleksi PPG 2018 harus mengikuti ujian seleksi (mulai tanggal 25, lokasi menyusul akan diinfokan GTK)
  4. Jika lolos seleksi, baru GTK pilah untuk diundang pelaksanaan PPG di tahun 2018
  5. Pendataan ini berakhir pada tanggal 2 Maret 2018. Tahapan yang ada di tahun 2018 ini hanya merupakan seleksi guru-guru mana saja yang layak mengikuti PPG 2018 . Jika tidak layak, menunggu pendataan kembali diperiode berikutnya.
|Baca Juga : Cuitan Peserta Pretest PPG 2018 Periode 1 Sepertinya Soalnya Sulit Banget Nih

POTENSI ADUAN KE ULT KEMDIKBUD

Karena data diambil di Dapodik, maka ada potensi aduan bagi guru yang merasa memenuhi syarat namun tidak terundang menjadi peserta seleksi PPG 2018. Petugas Layanan bisa mengarahkan pelapor untuk mengecek isian dapodik di ops sekolah untuk membandingkan isian dapodik di sekolah dengan persyaratan. Jika ada kesalahan, perbaiki di dapodik dan singkron (petugas Dapodik bisa menggunakan cara ini jika ada pengaduan yang masuk)

Saat ini GTK tengah menyiapkan aplikasi bagi guru yang tidak terundang untuk mengecek apa kekurangan yang mengakibatkan dirinya tidak terundang untuk selanjutnya diperbaiki di Dapodik sebelum tanggal 20 November 2017. Harapannya fitur pemeriksaan mandiri diatas bisa menekan pengaduan ke Jakarta. Jika ada yang datang menanyakan hal diatas, diarahkan ke fitur pengecekan mandiri. Untuk pengaduan bisa dilakukan melalui link yang terdapat pada dasbor akun SIM PKB.

Sebelum melakukan pelaporan alangkah baiknya dilakukan perbaikan dan sinkronisasi ulang data Dapodik terlebih dahulu sebelum tanggal 18 November 2017 lalu. Kemudian laporkan perbaikan dan sinkronisasi dimaksud ke http://gg.gg/form_aduan_simpkb 

Bagi guru yang mendapatkan undangan pendataan calon peserta PPG 2018 melalui akun SIM PKB pada dasbor akan muncul pengumuman undangan untuk mengikuti PPG 2018 seperti tampak pada gambar di bawah ini:
arlinadesign

arlinadesign
Pada undangan PPG 2018 yang tampak pada dasbor, Guru yang diundang mendapatkan ucapan selamat karena telah diundang menjadi calon peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG). Jika berkenan silahkan klik MENDAFTAR, jika masih ragu-ragu klik NANTI SAJA. Jika sampai batas waktu yang ditentukan tidak melakukan Pendaftaran maka tidak akan dimasukkan sebagai peserta program pendidikan profesi guru.

Jika Guru menyatakan MENDAFTAR maka dalam menu akun SIM PKB akan muncul menu Kelola Prog. Pendidikan Profesi Guru yang tampak seperti pada gambar di bawah ini:

arlinadesign
Menu akun SIM PKB
arlinadesign
Kelola Program Pendidikan Profesi Guru

Setelah melakukan upload berkas scan ijazah asli maka pada laman Kelola Prog. Pendidikan Profesi Guru inilah seluruh informasi terkait program PPG 2018 akan ditampilkan. Salah satunya saat ini adalah info mengenai pengajuan Guru untuk mendaftar sebagai peserta PPG 2018 telah disetujui. Guru yang telah menyatakan diri ikut program PPG 2018 diharapkan untuk sering-sering membukan akun SIM PKB agar tidak tertinggal informasi.

Kebenaran adanya Pendataan Calon Peserta Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan ini dibuktikan dengan adanya surat edaran dari Kemdikbud melalui Dirjen GTK tertanggal 15 Februari 2018 dengan perihal : Pendaftaran Calon Peserta Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan. Bisa didownload pada bagian bawah artikel ini.

Berikut cuplikan isi surat edaran Kemdikbud melalui Dirjen GTK nomor : 4184/B4/65/2018:

Yth.
1. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi
2. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
di Seluruh Indonesia

Dalam rangka pelaksanaan sertifikasi bagi guru dalam jabatan melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan, Direktorat Jenderal Guru dan Tenga Kenpendidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan akan membuka pendaftaran calon peserta PPG Dalam Jabatan untuk pelaksanaan tahun 2018-2022. Pelaksanaan PPG Dalam Jabatan berpedoman pada Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 tentang Perubahan Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru.

Sehubungan dengan hal tersebut, dengan hormat kami sampikan informasi terkait dengan persiapan pelaksanaan PPG Dalam Jabatan sebagai berikut:

  1. Calon peserta PPG Dalam Jabatan adalah guru yang diangkat sampai dengan tanggal 31 Desember 2015 dan sudah tercatat dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik) per tanggal 31 Juli 2017.
  2. Calon peserta wajib memenuhi persyaratan akademik dan administrasi. Persyaratan akademik yaitu memiliki nilai minimum yang diperoleh dari tes kemampuan akademik (pretes).
  3. Calon peserta wajib melakukan paendaftaran melalui situs http://simpkb.di dengan mengisi program studi PPG yang dipilih sesuai dengan ijasah S-1/D-IV.
  4. Verifikasi dan validasi akan dilakukan untuk melihat kesesuaian antara program studi PPG yang dipilih dengan ijasah S-1/D-IV yang dimiliki.
  5. Calon peserta yang dinyatakan lolo verifikasi dan validasi ijasah S-1/DiV akan mengikuti pretest di tempat uji kompetensi (TUK) yang akan ditetapkan.
  6. Persyaratan, tata cara pendaftaran, jadwal pendaftaran, jadwal pretes calon peserta PPG Dalam Jabatan, dan daftar linieritas sebagaimana terlampir.
    Selanjutnya kami mohon bantuan Saudara untuk menyampaikan informasi di atas kepada guru sesuai kewenangannya.

    Atas perhatian dan kerjasama Saudara, kami ucapkan terima kasih.

    Link: