My Blog List

Tuesday, March 31, 2015

Validasi Pengisian Data pada Aplikasi Dapodikdas Untuk Proses Tunjangan Guru

Validasi pengisian data dapodikdas, panduan ini menangkut keakuratan data isian dapodikdas 3.0.0 yang bakal rilis tak lama lagi, hal-hal yang mengenai validasi data ini erat kaitannya pada sistem tunjangan pada yang dikelola P2TK Dikdas. yang serta merta memiliki jalinan erat dengan aplikasi satu data dapodikdas yang akan kita temui pada versi generasi ketiga, tentunya panduan dan formulir isian terbaru sudah kita unduh dan baca pada laman resmi dapo.dikdas kemdikbud, jika berikut validasi panduan pengisian data individu yang kiranya sangat penting untuk kita cermati.
Sebagai berikut:
Validasi Pengisian data individu PTK Pada Dapodikdas
Nama: sesuai dengan ijazah, tanpa gelar. Gelar padakolom tersendiri.
Riwayat kepangkatan dan RiwayatGajiBerkala(sejakawal) harus diisi dengan lengkap. Karena Keduanya mempengaruhi besaran gaji pokok
Status Kepegawaian harus diisi sesuai SK Pengangkatan.
No SK harusdi isi
TMT harus di isi
NIP atau NIY harus di isi
Lembaga yang mengangkat harus diisi
Sumber Gaji harus di isi.

Sekolah Induk
Centangan Sekolah Induk Harus diisi jika sekolah tsb adalah sekolah induk/pangkal PTKybs
Sekolah Induk hanya diperbolehan satu(1) untuk setiap PTK walau mengajar dibeberapa sekolah
Jika Sekolah Induk tidak dicentang atau lebih dari1 sekolah induk yang dicentang maka data PTK ybs. dianggapTIDAK VALID
Jam mengajar minimal 6 jam pada Sekolah Induk, termasuk KepalaSekolah.
TugasTambahan yang diakui:
SD
1 Kepala Sekolah
SMP
1 Kepala Sekolah
1-4 Wakil Kepala Sekolah(menunggu keputusan menteri)
1 Kepala Laboratorium
1 Kepala Perpustakaan.

Tugas PTK
JenisPTK harus diisi, terutama untuk Guru BK
Guru Kelas(hanya untuk SD)
Guru Mata pelajaran(SD/SMP)
Guru BK (hanya SMP)
Guru Inklusi(SD/SMP yang ditunjuk sebagai penyelenggara inklusi)
Khusus untuk Guru BK tidak perlu dimasukkan kedalam rombel.
ValidasiGuru BK :
1 Guru BK untuk minimal 150 Siswa

Validasi Tugas tambahan 
Tanggal Mulai Tugas(TMT) harus di isi danValid
Tanggal Selesai Tugas(TST) harus di isi jika sudah tidak menjabat
No SK Harus di isi dengan benar
Tugas Tambahan yang diakui adalah TugasTambahan pada Sekolah Induk/pangkal.
JumlahTugasTambahan dalam satu sekolah tidak boleh melebihi ketentuan.
JikaTugasTambahan tidak valid maka Jumlah Jam TugasTambahan tidak diakui(= 0 jam)

Struktur Kurikulum KTSP SD
Kelas Rendah
Kelas 1 : 26 Jam
Kelas 2 : 27 Jam
Kelas 3 : 28 Jam
Kelas Tinggi Total 32 Jam
Guru Kelas mengajar(25 Jam) :
PKn(2 jam)
Bahasa Indonesia (5 jam)
Matematika(5 jam)
Ilmu Pengetahuan Alam(4 jam)
Ilmu Pengetahuan Sosial(3 jam)
Seni Budaya dan Keterampilan(4 jam)
MuatanLokal (2 jam)
Guru Agama (3 Jam)
Guru PJOK (4 Jam)
Diperbolehkan Menambahkan 4 Jam pelajaran apa saja sesuai kebutuhan peserta didik
Karena Kepala Sekolah harus mengajar 6 jam, maka Kepala Sekolah bisa memanfaatkan 4 jam tambahan tanpa mengurangi JJM Guru Kelas
Jika Kepala Sekolah sudah sertifikasi Guru Kelas maka Kepala Sekolahdapat mengajar salah satu pelajaran Guru Kelas. Misalnya PKn(2 jam x 3 rombel).
Jika Muatan Lokal diajar oleh Guru tersendiri, maka muatan lokal juga memanfaatkan 4 jam tambahan agar tidak mengurangi JJM guru Kelas.

Contoh Rombel Normal Pada KTSP SD 
Jika Kasek Sertifikasi Guru Kelas
Guru Kelas 24 atau 25 Jam
Guru Mulok 2 Jam
Guru PJOK 4 Jam
Guru Agama 3 Jam
Kepala Sekolah mengajar PKn 2 jam
Jika Kasek Sertifikasi PJOK
Guru Kelas 24 -27 Jam
Guru Mulok 2 Jam
Guru Agama 3 Jam
Kepala Sekolah mengajar PJOK 4 jam.

Validasi JJM KTSP Pada Dapodikdas
Mata pelajaran Wajib yang JJM Totalnya melebih standart kurikulum maka akan menjadi Tidak Normal
Contoh:
Team Teaching : Guru Kelas menjadi tidak normal
2 guru PJOK Masing-masing 3 Jam (Total 6 jam) : PJOK menjadi tidak Normal karena JJM Kurikulum PJOK : 4 Jam
Ketidak normalan suatu mapel tidak mempengaruhi mapel lain
Mata pelajaran Wajib Tambahan jika melebihi 4 jam maka keseluruhan JJM Tambahan menjadi tidak normal.
Contoh Jam Wajib Tambahan:
Guru Kelas menambahkan 2 Jam
Muatan Lokal Bahasa Daerah menambahkan 2 Jam
Muatan Lokal Potensi Daerah menambahkan 2 Jam
Total JJM WajibTambahan adalah 6 jam sehingga ketiga mapel tambahan menjadi tidak normal
Jam Wajib 32 Jam tidak terpengaruh oleh ketidak normalan JJM Tambahan.

Struktur Kurikulum 2013 SD Pada Dapodikdas

Kelas rendah (30-34 jam)
KelasTinggi (36 jam)
Agama : 4 Jam
PKn: 6 Jam
Bahasa Indonesia : 10 jam
Matematika: 6 Jam
Seni, Budaya dan Keterampilan(termasuk Mulok) : 6 Jam
PJOK (termasukmulok) : 4 jam

Pembagian JJM Kurikulum 2013 Pada Dapodikdas.
Pembagian Jam Mengajar
Guru Agama : 4 Jam
PJOK : 4 Jam
Guru Kelas: 24 –28 Jam (semua pelajaran kecuali PJOK dan Agama)
Jika Muatan Lokal diajar oleh Guru tersendiri, maka dapat mengambil maksima l4 Jam (Agar guru kelas tidak kekurangan Jam)
Jika Kepala Sekolah mengajar 2 Jam pelajaran Guru Kelas, maka Guru Mulok hanya bisa 2 jam.

Contoh Pembagian JJM Kurikulum 2013 pada Dapodikdas klik disini
SyaratdiakuinyaMatapelajaranMuatanLokal
Muatan Lokal yang diajarkan merupakan Muatan Lokal yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Daerah masing-masing melalui SK Gubernur/Bupati atau Walikota
SK tersebut harus diserahkan kepada P2TK Dikdas selambat lambatnya tangga l15 Februari 2014
Sudah ada Rekomendasi dari Pusbangprodik mengenai Mulok yang diakui danGuru dengan Bidang Studi Sertifika siapa saja yang dapat mengajar Mata pelajaran Muatan Lokal tersebut.
NamaMata Pelajaran Mulok harus diisi benar-benar sesuai dengan Penulisan Nama Mapel Mulok padaSK Gubernur/Bupati/Walikota.
Contoh: Misal tertulis pada SK : BahasaSunda
Maka Penulisan pada aplikasi Dapodik harus: Bahasa Sunda. Tidak boleh B. Sunda atau Bhs Sunda 
Kurikulum2013 SD (36 jam)
Mulok menjadi salah satu pelajaran Guru Kelas, jika mulok diajarkan oleh guru khusus dapat dimasukkan dalam jam wajib atau jam wajib tambahan(otomatis masuk kejam wajib jika jam wajib belum mencapai 36 jam)


Wednesday, December 17, 2014

APLIKASI PENILAIAN SD, RAPOR SD KURIKULUM 2013

APLIKASI PENILAIAN SD, RAPOR SD KURIKULUM 2013

APLIKASI RAPOR SD

APLIKASI RAPOR SD BERDASARKAN PANDUAN TEKNIS 2014
Oleh: Sri Wasono Widodo, Widyaiswara LPMP Jawa Tengah
Dengan banyaknya masukan dan pertanyaan, bagi yth. para User yang menginginkan informasi update via email, bisa klik “follow” di blog ini. Tks.
MOHON PERHATIAN: HARAP TIDAK MENGGUNAKAN MENU “CUT” DALAM APLIKASI INI, KARENA JIKA DIGUNAKAN AKAN MEMINDAH SEL REFERENSI SEHINGGA HASIL AKHIRNYA AKAN MUNCUL “REFF”.
Pertanyaan utama: 1) Daftar Nilainya untuk bukti fisik seperti apa? Jawab: diprint per sheet satu halaman dengan cara (di Excel 2010) pilih area print, lalu klik layout pada menu width pilih 1 page dan pada menu height pilih automatic. 2) Passwordnya? Jwb: Cara buka password sudah Saya unggah di bagian bawah laman web. 3) Cara mengisi angka supaya tidak error? Jwb: diawali dengan tanda aksen (‘).
Note untuk minggu ini: 1) Aplikasi untuk Kelas V hampir rampung Saya revisi (banyak KD yang salah), maaf Saya sibuk dengan tugas kantor dan harap bersabar; 2) Tidak semua KD harus diisi nilainya di semua subtema, diisi bila memang di BG ada; 3) Aplikasi Semester 1 belum menyesuaikan Permendikbud No 104 Tahun 2014, mohon maklum toh perbedaannya  tidak signifikan namun Insya Allah untuk yang semester 2 nanti menyesuaikan (KI-1 dan KI-2 modus; KI-3 Rerata dan KI-4 capaian optimum. Rumus “mode” tidak berfungsi pada sel kosong sehingga harus Saya rekayasa dengan rumus lain. Tks.
Info Update:
Kelas I per 12 Desember, Versi lawas nilai akhir pengetahuan SBdP belum muncul deskripsinya. Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Tks.
Kelas IV per November 26. Versi lawas KD IPA error.
SALAM PENDIDIKAN.
(Untuk cara menggunakan, unduh file power point berikut):
LANGKAH-LANGKAH PENGGUNAAN APLIKASI (REV)
(Untuk aplikasi RAPOR kelas I Semester 1 runduh):
APL RAPOR K-13 SD (REVISI BG) 1.1 V.12.12
(Untuk aplikasi RAPOR kelas II semester 1, unduh):
APL RAPOR K-13 SD 2.1 V.08.04
(Untuk aplikasi RAPOR kelas IV semester 1, unduh):
APL RAPOR K-13 SD (REVISI BG) 4.1 V.11.20
(Untuk aplikasi RAPOR kelas V semester 1, unduh):
APL RAPOR K-13 SD 5.1 V.12.09
Untuk mengunduh Panduan Teknis Penilaian SD klik berikut ini:
Juknis Penilaian SD 2014 tt Dirjen
Untuk membuka password sheet, unduh:
CARA MEMBUKA PASSWORD DI SHEET YANG TERPROTEKSI
Permendikbud Penilaian 2014
permendikbud_tahun2014_nomor104
permendikbud_tahun2014_nomor104_lampiran
FAQs (Frequently Asked Questions)/ Pertanyaan yang sering muncul:
1. Passwordnya apa? (Jwb: Password tidak diperlukan. Mohon dibaca petunjuk   penggunaan yang berformat power point).
2. Identitas sekolah dan identitas siswa tidak bisa diubah? (Jwb: identitas sekolah diubah di sheet identitas sekolah, identitas siswa diubah di sheet identitas siswa).
3. Mohon dikasih password, untuk menambahkan indikator atau mengubah KD yang salah. (Jwb: Aplikasi ini merupakan open source. Namun untuk password tidak bisa diberikan. Jika tetap ingin membuka proteksi, silakan diikuti cara seperti yang sudah Saya unggah. Jika diubah KD-nya, ada konsekuensi mengubah rumusnya. Alternatifnya, kirimkan ke admin (sriwasono@gmail.com) agar bisa Saya perbaiki KD yang salah.
4. Pak, mohon informasi via sms bila ada update terbaru (Jwb: Blog ini sudah dibuka 25.ooo kali lebih, yang logikanya setiap user mengunduh lebih dari satu item aplikasi. Tentu Saya tidak ada waktu untuk memgirim informasi via sms ataupun email secara individual.
5. Muncul tanda pagar di NA (nilai akhir) berarti ada kesalahan, atau kolomnya kurang lebar? (Jwb: bila muncul tagar berarti ada kesalahan di rumusnya. Aplikasi ini menggunakan UDF/ User Defined Functions sehingga untuk menghasilkan satu angka nilai akhir bisa jadi terdiri dari puluhan rumus antara. Mohon diperjelas tagar yang muncul di kelas berapa, sheet mana, muatan mapel apa)
Demikian, semoga beberapa pertanyaan ini mewakili banyak sekali pertanyaan. Terimakasih atas perhatian para pengguna.

Thursday, December 11, 2014

Cara Memasang Widget Kamera Pengintai atau CCTV di Blog

Cara Memasang Widget Kamera Pengintai atau CCTV di Blog

Imajinasi | Kreasi | Selamat siang sobat,...Cara memasang widget kamera pengintai atau CCTV  di blog merupakan kreasi yang tumbuh dari imajinasi dari seorang blogger  yang dapat kita tambahkan ke dalam blog yang Anda miliki. Mungkin anda pernah melihatnya ketika Anda berkunjung atau blogwalking ke blog para blogger yang memasang kamera pengintai atau cctv. Agak unik dan memiliki daya tarik tersendiri terhadap blog yang telah memasangnya. Saya sendiri ketika melihat blog yang memasang kamera pengintai atau cctv pada blog nya terkagum dan tersenyum sembari mengatakan "ada-ada saja, tidak hanya di mall dan di bank yang bisa di pasang kamera pengintai atau cctv, tetapi di blog pun juga bisa".

Nah, jika Anda juga tertarik memasangnya kedalam blog yang Anda miliki agar kelihatan unik dan menarik, disini saya akan memaparkan bagaimana cara memasang kamera pengintai atau cctv di blog. Caranya tidak sulit, mari kita ikuti cara dibawah ini :

1. Login ke accunt blogger Anda
2. Pilih rancangan atau tatak letak 
3. Klik tambah gadget
4. Pilih opsi HTML/Javascript
5. Lalu copy-pastekan kode dibawah ini.




<script language="JavaScript" src="http://super-bee-kamera-pengintai.googlecode.com/files/kamera.js" type="text/javascript"> </script> <script language="JavaScript" type="text/javascript"> cot("https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiz6FcigugNqCOJmiyzM93N3vjbsORF52BxNkAW8ywVM5if3SjM2WpRQf5ByXOo1XIplpeuWnD_sEnTyXWYRoSPFXKGKm_a7h8txEqyb7txPVHh-H8TUnzaDckzgbOuNhGPG14gUZZ4004/s1600/cctv.gif")</script><span style="font-size: 50%">Widget edited by <a href="http://super-bee.blogspot.com/" target="_blank" rel="follow">super-bee</a></span>
Contohnya seperti ini:

kamera pengintai
6. Klik Simpan lalu lihat hasilnya, maka terpasanglah kamera pengintai di blog Anda, semoga bermanfaat.

Salam blogger

Friday, December 5, 2014

Anis Hentikan Kurikulum 2013


Anis Baswedan Hentikan Kurikulum 2013. Foto JPNN.com
Anis Baswedan Hentikan Kurikulum 2013. Foto JPNN.com



Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan resmi menghentikan pelaksanaan kurikulum 2013, dan mengembalikan Kurikulum ke tahun 2006 untuk semester genap 2014-2015, diseluruh Indonesia.
Meskipun, dihentikan, Namun Anis mengatakan kurikulum akan diperbaiki dan dikembangkan melalui sekolah-sekolah yang sudah tiga semester menerapkan K13.
"Proses penyempurnaan K 13 tidak berhenti, akan diperbaiki dan dikembangkan, serta dikembangkan disekolah-sekolah percontohan yang selama ini telah menggunakan K 13 selama 3 semester terakhir," Kata Anis, kepada wartawan, saat Konfrensi Pers, di Kemendikbud, Jumat (5/12) seperti yang dilansir INDOPOS (Grup JPNN.com).
Anis mengatakan pengambilan keputusan ini berdasarkan fakta bahwa sebagian besar sekolah belum siap melaksanakan kurikulum 2013, karena beberapa hal, diantaranya kesiapan buku, sistem penilaian, penataran guru, pendampingan guru dan pelatihan kepala sekolah.
kendati, akan mengembalikan kurikulum ke 2006 katanya,  keputusan ini tidak akan merubah prinsip dasar yang terkandung dalam K13, menurutnya ada banyak kesamaan prinsip antara kurikulum 2006 dan K 13, diantaranya, konsep  penilaian  otentik dan pembelajaran tematik terpadu.
"Jadi, kepada guru dan kepala sekolah tidak usah khawatir, silakan kembangkan metode pembelajaran dalam kelas. kami berharap guru kreatif, menciptakan terobosan- terobosan dalam mengajar," ujarnya.
Anis menggarisbawahi bagi sekolah yang baru melaksanakan K 13, satu semester agar segera kembali ke kurikulum 2006, sementara,  yang sudah menerapkan tiga semester akan dijadikan sekolah percontohan dalam  pengembangan penerapan K 13 dengan bimbingan dan panduaan dari dikbud.
"Namun, Kalau ada yang sudah jalan 3 semester, kemudian  tidak siap melanjutkan silakan untuk mengajukan diri untuk mendapatkan pengecualian," ujarnya.
Penerapan kurikulum K 13 disejumlah sekolah nasional, lanjutnya akan terus dikembangkan dan tidak akan dihentikan, sekolah-sekolah ini kedepannya, akan menjadi percontohan metode pengembangan K 13.
"Yang sudah menerapkan K 13, ada sekira 6.221 dari sekira 200 ribu lebih sekolah, diantaranya SD 2598 sekolah, SMP 1437 sekolah, SMA 1165 sekolah dan SMK 1021 sekolah, jadi sekolah-sekolag ini, akan menjadi percontohan kedepannya," kata Anis.
Selain itu, untuk memantapkan penerapan kurikulum k 13, Kemendikbud akan mengembalikan tugas pengembangan K 13 kepada pusat kurikulum dan perbukuan, tidak lagi ditangani oleh tim Ad hok yang bekerja jangka pendek.
"Jadi, Orientasinya kepada sekolah percontohan dan pengembangan kesekolah lain. Proses bertahap. Konsentrasi kepada kepala sekolah dan guru, training pelatihan, termasuk kepada sekolah yang belum terapkan K 13. Penerapan kurikulum bukan berhenti. Sebagai bagian persiapan, dan akan di pantau oleh tim kemdikbud," ujarnya.
Sebagai bagian dari pemantapan penerapan kurikulum 2013, Anis juga menyinggung tentang buku yang menjadi panduan penerapan. Anis mengatakan buku yang sudah dicetak dan yang sudah disalurkan kesekolah-sekolah untuk disimpan, sampai guru-guru siap melaksanakan K 13. Dan yang belum dicetak dan belum tandatangan kontrak untuk tidak melanjutkan lagi.
Nah, terkait penetapan penghentian pelaksanaan K 13, Kemendikbud hari ini (5/12), akan mengirimkan surat kepada  seluruh kepala sekolah, untuk kembali menerapkan kurikulum 2006.(jpnn)

Tuesday, November 25, 2014

10 Gitaris Paling Cantik Dari Indonesia

1. PRISA RIANZI




Selain memiliki wajah cantik, gitaris bernama lengkap Prisa Adinda Arini Rianzi ini menguasai permainan gitar di atas rata-rata. Musik bergenre metal yang dihasilkan dari senar gitarnya merupakan hasil inspirasinya dari band-band dunia yang difavoritkan, seperti God Forbid, Trivium, As I Lay Dying, Killswitch Engage, Shadows Fall, Megadeth, Slayer, Unearth, Lamb of God, The Black Dahlia Murder.


Gadis kelahiran Jakarta, 6 Januari 1988 ini pun sempat terpilih menjadi gitaris Sheila On 7 sebagai additional player untuk promo album SO7 di bulan Juli 2006, serta gitaris J-Rock untuk lagu Kau Curi Lagi pada Agustus 2007. Perjalanan karirnya cukup menarik, apalagi di awal bermain gitar, ia hanya berbekal les karena ingin mengalahkan temannya. Hingga akhirnya Prisa berhasil, dan pada Juli 2008, ia merilis album solo pertamanya bertajuk PRISA - bukan hanya sebagai gitaris tapi juga ikut menulis beberapa lirik.

2. MITHA THE VIRGIN

Gadis bernama lengkap Cameria Happy Pramita ini lahir di Jakarta, 2 Januari 1986. Sejak beranjak remaja ia sudah menguasai gitar. Bahkan saat masih SMP ia sudah mulai ngeband bersama teman-temannya. Mitha sempat juga membentuk band bernama Million Sekarsari dan menggantikan posisi Ayu Ratna di Garasi Band untuk sementara waktu. Perjalanan karirnya cukup menjanjikan saat diambil Ahmad Dhani.

Ia didaulat menjadi gitaris The Rock versi Indonesia yang menjadi trigger lonjakan karirnya. Sukses di The Rock, Mitha dipercaya membentuk grup yang masih di bawah asuhan Dhani bernama The Virgin. Di sini karirnya makin pesat hingga diambil untuk bernyanyi bersama Mulan Jameela di lagu Cinta Mati II dan Cinta Fitri. Proyek Dhani lainnya yakni T.R.I.A.D. juga mengambil Mitha sebagai gitaris.

3. TASHEA NICOLE DELANEY

Berawal dari kecintaannya mendengarkan band-band classic rock seperti Led Zeppelin, Skid Row, hingga Motley Crue sejak kecil, Tashea jatuh cinta pada suara gitar dengan warna metal. Gadis kelahiran Jakarta, 10 Juli 1988 ini pun belajar sendiri secara otodidak, dan akhirnya mendirikan sebuah band bernama Painkiller pada 2003 dan meluncurkan album indie.

Gadis blasteran Texas-Medan ini juga telah menghasilkan album kompilasi METALIK KLINIK 9. Pada tahun 2008, Tashea didaulat menjadi mentor lagu berbahasa inggris milik band Radja, yang akhirnya membawanya menjadi model video klip Sama-Sama Suka milik Ian Kasela dkk dan terlibat dalam berbagai konser Radja.

4. CHUA KOTAK

Cewek kelahiran Makassar, 3 April 1988 ini sudah mulai mengenal dunia musik sejak duduk di bangku SMP di kota kelahirannya. Gadis bernama lengkap Swasti Sabdastantri yang akrab dipanggil Chua, makin mengibarkan sayap ketika berkuliah. Ketika tampil di salah satu acara bersama band kampusnya, Chua memikat hati seorang manajer band indie V-Mail - band yang waktu itu dinaungi Mitha The Virgin. Ia kemudian direkrut V-Mail dan tampil di beberapa acara. Tak lama kemudian, karir Chua kian berkembang. Ia diangkat sebagai bassist Kotak dalam pembuatan album kedua. Chua merupakan pembetot bass ketiga Kotak setelah ditinggalkan Prinzes 'Icez' Amanda yang sekarang menjadi personel T.R.I.A.D. dan Nissa Hamzah yang hijrah ke Omelette.

5. PRINZES 'ICES' AMANDA


Icez mengawali karirnya dengan mengikuti audisi bassis di The Dream Band. Saat itu ia begitu yakin dengan bakatnya sebagai pembetot bass yang memiliki skill di atas rata-rata. Performanya yang memukau membuatnya meraih predikat sebagai bassis terbaik. Gadis kelahiran Bandung, 8 Juni 1987 ini sempat menjadi bassis band Kotak dan akhirnya diambil Ahmad Dhani sebagai bassis The Rock Indonesia.

6. DODO D'CINNAMONS

Bernama asli Diana Widoera, Dodo merupakan salah satu pendiri resmi D Cinnamons pada 2004 lalu. Tidak hanya di gitar, Dodo juga berperan sebagai vokalis. Suaranya yang berat tak sedikit membuat orang terkagum-kagum. Apalagi dengan lantunan gitar akustiknya jika sudah mulai bermain. Dodo bisa dibilang jadi salah satu gitaris plus vokalis yang patut dilirik.

7. QOQO SHE

Nama lengkap cewek manis ini adalah Qotrunnada Fitriana. Kehadiran Qoqo di SHE berawal dari pergantian Jesica Lindross yang harus mengikuti sang suami ke Finlandia. Qoqo langsung dipercaya memegang gitar elektrik dalam lantunan lagu-lagu apik SHE. Personel terbungsu tersebut mampu memberikan nuansa rock pada grup musik ini yang membuat album kedua mereka berwarna beda ketimbang sebelumnya. Banyak yang bilang juga kalau Qoqo lebih garang ketimbang Jesica.

8. OPPIE ANDARESTA

Muncul di belantika musik tanah air dengan gitar dan suara merdunya, wanita kelahiran Jakarta, 20 Januari 1973 ini langsung mendapat tempat di hati pecinta musik. Lima album sudah ia hasilkan dari tahun 1993. Perjalanan karirnya cukup mulus. Sayangnya, Oppie jarang terdengar lagi. Terakhir di tahun 2009, ia 'hanya' meluncurkan satu single berjudul I'm Single, I'm Very Happy. Single ini diluncurkan - tanpa album, sebagai rasa prihatin Oppie terhadap maraknya pembajakan di negeri ini.


9. NISSA OMELETTE


Nama aslinya Tjut Faranissa Bachrumsyah. Bassist satu ini lahir di Jakarta, 22 April 1989 dan tercatat sudah bergabung dengan bermacam-macam band seperti Aria Grands, Telor Ceplok, Music School All Stars, Kotak, hingga akhirnya bermuara di Omelette. Awalnya, Nissa mengenal musik sejak masih balita. Maklum saja, sang mama ternyata adalah salah satu personel Aria Band yang laris di TVRI di era 1980-an. Dari situ ia pun diarahkan untuk mengenal musik lebih jauh.

Ia diminta mendalami piano. Namun lama-kelamaan piano tidak membuatnya jatuh cinta, dan akhirnya ia tertarik pada bass di kelas 6 SD. Seiring karirnya, pada tahun 2005 akhir, Nissa ditawari Thomas Ramadhan di album BASS HEROES yang di bawah asuhan Sony BMG - dan tampil di lagu Rush.

10. JOJO DRAVEN

Mungkin nama Jojo jarang dikenal di Indonesia. Maklum saja, penyanyi berdarah Jawa ini lebih dikenal di luar negeri. Karirnya dimulai menjadi keyboardis beberapa band rock, sebelum akhirnya pindah ke Amerika di mana ia menimba ilmu musik di Musicians Institute in Hollywood, California. Pada tahun 1996, gitaris bernama Josephine Soegijanty ini bergabung dengan band cewek bernama Phantom Blue.

Ia menggunakan nama aslinya, Josephine, hingga akhirnya band itu bubar pada 2001. Dan di Juni tahun yang sama, Jojo bersama penggebuk drum Linda McDonald, vokalis Jenny Warren, bassis Melanie Sisneros, dan gitaris Sara Marsh (mantan personel Bandit) membentuk sebuah tribute band bernama The Iron Maidens. Ini adalah band tribute wanita satu-satunya di dunia kepada Iron Maiden. Di sini ia menjadi Adrienne Smith, versi wanita gitaris Iron Maiden, Adrian Smith.

Prestasi yang dirainya yakni tiga Rock City Awards sebagai Best Female Guitarist. Tahun 2005, Jojo meninggalkan The Iron Maidens dan mengejar karir bersama suaminya, Danny Draven, mengerjakan komposisi untuk score film.

9 Band Black Metal Dengan Penampilan Paling Seram


9. Averse Sefira





8. Funeral Moon


7. Mord




6. Dagon



5. Dark Funeral


4. Marduk



3. Blackwinds



2. Gorgoroth



1. Watain







IMPULSIF




Impulsivitas
Seseorang dikatakan impulsif jika cenderung mengikuti kemauan hatinya dan terbiasa bereaksi cepat tanpa berpikir panjang dalam situasi sosial maupun tugas-tugas akademik.
Adapun beberapa metode untuk mengendalikan impulsif, diantaranya :
a.    Melatih verbalisasi aktivitasnya untuk menendalikan perilakunya;
b.   Modifikasi tingkah laku;
c.    Mengajarkan seperangkat keterampilan kepada anak, antara lain keterampilan memusatkan perhatian, menghindari gangguan/stimulasi pengganggu, mengembangkan keterampilan mengingat, menghargai perasaan;
d.   Mendiskusikan perilaku anak antara guru dengan anak itu sendiri untuk memperoleh pemahaman akan masalah perilaku anak itu;
e.    Wawancara dengan anak segera setelah perilaku terjadi untuk melihat apa yang telah terjadi, mengapa terjadi, dan apa yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya masalah.