My Blog List

Tuesday, September 3, 2024

mindfulness

Istilah mindfulness belakangan ini banyak digunakan. Orang-orang memelajari metode ini untuk meredakan stres, gangguan kecemasan, serta gelisah. Di saat kita merasa kewalahan, atau ada perubahan emosi, metode mindfulness dapat membantu kita menemukan keseimbangan. Latihan mindfulness juga membuat kita untuk menilai suasana hati secara lebih baik serta menyadarkan kita agar bersyukur pada banyak hal dalam hidup. Tapi, bagaimana sebenarnya mindfulness dapat mengubah hidup kita? Manfaat mindfulness "Manfaat paling penting dari mindfulness yang kebanyakan tidak sepenuhnya disadari orang adalah latihan itu menghubungkan kita dengan diri kita." Begitu penjelasan pelatih pola pikir dan manifestasi Nicole Stillings, kreator podcast Big Queen Energy. "Mindfulness adalah proses terbaik untuk mengungkap seluk-beluk mengenai bagaimana batin kita berkembang dan menutup kesenjangan antara orang itu dan orang yang kita operasikan seperti di dunia fisik." "Ini membawa tubuh fisik dan tubuh energik kita lebih dekat ke satu kesatuan," imbuh dia. Dengan kata lain, mindfulness atau perhatian penuh adalah kunci untuk menemukan keselarasan spiritual. "Ketika kita dapat menenangkan pikiran untuk menerima pesan, kita akan menumbuhkan kejelasan yang dalam, kebijaksanaan yang luar biasa, penyembuhan batin yang intens, dan banyak lagi," ungkap Stillings. Stillings mengingatkan, pikiran kita menciptakan emosi dan energi yang secara langsung memengaruhi cara kita bertindak di dunia nyata. Menurut jurubicara Calm, mindfulness memiliki efek positif yang didukung sains bagi kesehatan mental, termasuk penurunan stres, peningkatan kebahagiaan dan fokus, serta ketahanan (resilience) yang lebih kuat. "Ini dapat bermanfaat bagi kesehatan fisik juga, dengan mengurangi tekanan darah tinggi dan rasa sakit kronis serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita."

Saturday, August 31, 2024

Sebelum mengakhiri sesi pada topik ini, ekspresikan pengalaman yang Bapak/Ibu miliki selama menjadi guru dalam merancang pembelajaran yang berorientasi pada pembelajaran berdiferensiasi melalui cerita reflektif. Ceritakan bagaimana merencanakan pembelajaran berdiferensiasi yang relevan di kelas Bapak/Ibu Guru, sehingga diyakini dapat diimplementasikan untuk mencapai tujuan pembelajaran?

Pertanyaan : Sebelum mengakhiri sesi pada topik ini, ekspresikan pengalaman yang Bapak/Ibu miliki selama menjadi guru dalam merancang pembelajaran yang berorientasi pada pembelajaran berdiferensiasi melalui cerita reflektif. Ceritakan bagaimana merencanakan pembelajaran berdiferensiasi yang relevan di kelas Bapak/Ibu Guru, sehingga diyakini dapat diimplementasikan untuk mencapai tujuan pembelajaran? Referensi Jawaban : Pada pembelajaran berdiferensiasi, guru merancang pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan individual peserta didik. Ketika menjumpai kebutuhan belajar yang berbeda-beda, kita bisa menyelaraskan kebutuhan belajar peserta didik dengan tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan. Kita dapat melakukan pembelajaran berdiferensiasi dengan 3 alternatif modifikasi yaitu modifikasi proses, produk akhir dan konten. Pada diferensiasi proses, kita bisa mengeksplorasi berbagai aktivitas dan strategi untuk mengejar setiap materi kepada peserta didik, misalnya dengan dibentuknya kelompok-kelompok sesuai dengan tujuan pembelajaran masing-masing peserta didik. Pada diferensiasi produk akhir, setiap peserta didik diperbolehkan menunjukkan hasil belajarnya dalam bentuk sesuai minatnya, contohnya video, teks, lagu, presentasi, gambar, dll. Pada diferensiasi konten, kita dapat memodifikasi konten pembelajaran untuk setiap peserta didik.

JAWABAN Merancang Pembelajaran Berdiferensiasi

Modul 1 topik 2 Merancang Pembelajaran Berdiferensiasi Soal 1 dari 10 Salah satu prinsip pembelajaran pada Kurikulum Merdeka adalah pembelajaran dirancang dan dilaksanakan untuk membangun karakter peserta didik untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat. Berdasarkan prinsip tersebut, beberapa pernyataan berikut merupakan kegiatan yang dapat dilakukan guru, kecuali... • Guru memastikan setiap aktivitas pembelajaran selalu diiringi dengan pemberian tugas untuk mengukur pemahaman peserta didik terhadap materi yang dipelajari • Guru mendorong peserta didik melakukan refleksi untuk memahami kekuatan diri dan potensi yang perlu dikembangkan • Guru senantiasa memberikan umpan balik langsung yang mendorong kemampuan peserta didik untuk terus belajar dan mengeksplorasi Ilmu pengetahuan • Guru memberikan proyek yang ditujukan untuk mendorong pembelajaran yang mandiri dan untuk mengeksplorasi ilmu pengetahuan • Guru memvariasikan kompleksitas atau tingkat kesulitan tugas untuk mengakomodasi peserta didik dengan berbagai tingkat kesiapan belajar Jawaban: Guru memastikan setiap aktivitas pembelajaran selalu diiringi dengan pemberian tugas untuk mengukur pemahaman peserta didik terhadap materi yang dipelajari Soal 2 dari 10 Sebelum melaksanakan pembelajaran, Pak Hafiz mengadakan asesmen awal untuk mengetahui profil belajar peserta didiknya. Dari hasil asesmen awal tersebut diketahui bahwa 45% peserta didik memiliki kecenderungan gaya belajar visual, 15% kinestetik, dan 40% auditori. Pak Hafiz juga memperoleh informasi bahwa secara umum peserta didiknya memiliki kecenderungan minat yang relevan dengan gaya belajar masing-masing. Berdasarkan soal terbaru yang beredar, dirangkum pojoksatu.id pertanyaannya adalah: Dari data tersebut, Pak Hafiz merencanakan pembelajaran berdiferensiasi pada elemen proses sebagai berikut, kecuali... • Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mempelajari sumber belajar dalam bentuk modul digital interaktif • Peserta didik diberi kebebasan untuk mengkreasikan pembuatan laporan hasil observasi, seperti laporan tertulis, power point, video, poster, maupun bentuk lain sesuai dengan bakat dan minat • Peserta didik diminta mengamati dan mendiskusikan isi video untuk memperoleh pengetahuan baru • Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk melakukan praktik bermain peran agar mereka lebih memahami penjelasan guru • Guru membuat beberapa sudut belajar atau display yang ditempel di tempat-tempat berbeda untuk memberikan kesempatan peserta didik bergerak saat mengakses informasi Jawaban: Peserta didik diberi kebebasan untuk mengkreasikan pembuatan laporan hasil observasi, seperti laporan tertulis, power point, video, poster, maupun bentuk lain sesuai dengan bakat dan minat Soal 3 dari 10 Implementasi Kurikulum Merdeka mengedepankan paradigma baru dalam pembelajaran, bukan dalam arti menghadirkan konsep dan prinsip pembelajaran yang sepenuhnya baru, namun lebih pada upaya untuk memastikan terciptanya praktik pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Penerapan paradigma baru dalam pembelajaran dimaksud tergambar pada beberapa kegiatan berikut, kecuali.... • Pada awal tahun ajaran, guru berusaha mencari tahu kesiapan belajar peserta didik dan pencapaian sebelumnya. • Guru senantiasa memberikan umpan balik langsung yang mendorong kemampuan peserta didik untuk terus belajar dan mengeksplorasi ilmu pengetahuan • Guru menggunakan otoritas sebagai pembimbing utama pembelajaran dalam mengatasi permasalahan yang timbul tanpa melibatkan orang tua atau guru lain • Guru menggunakan berbagai metode pembelajaran yang bervariasi untuk membantu peserta didik mengembangkan kompetensinya. • Guru perlu mengevaluasi hasil penilaian formatif, memperhatikan perilaku peserta didik, dan mendengarkan keluhan mereka untuk mengetahui kebutuhan belajarnya Jawaban: Guru menggunakan otoritas sebagai pembimbing utama pembelajaran dalam mengatasi permasalahan yang timbul tanpa melibatkan orang tua atau guru lain Soal 4 dari 10 Peran guru dalam melaksanakan pembelajaran yang relevan dengan prinsip-prinsip pembelajaran berdiferensiasi adalah.... • Guru adalah sumber belajar utama dan peserta didik mengikuti apa yang telah ditetapkan. • Guru bukan sebagai sumber belajar utama, peserta didik dapat belajar dari berbagai sumber. • Guru menjadi mediator antar peserta didik agar terjadi transfer pengetahuan dalam proses belajar. • Guru menjadi motivator yang mengamati peserta didik dari jauh selama proses belajar. • Guru menjadi motor penggerak utama proses pembelajaran Jawaban: Guru bukan sebagai sumber belajar utama, peserta didik dapat belajar dari berbagai sumber. Soal 5 dari 10 Bu Farida menerapkan pembelajaran berdiferensiasi untuk memenuhi kebutuhan belajar peserta didik. Dengan demikian, ia membagi peserta didik dalam beberapa kelompok belajar. Berdasarkan soal terbaru yang beredar, dirangkum pojoksatu.id pertanyaannya adalah: Ternyata Bu Farida masih mengalami kesulitan karena semua peserta didik masih bertanya kepadanya. Sehingga proses belajar masih berpusat pada guru. Hal yang dapat Ibu Farida lakukan adalah.... • Bu Farida dapat melakukan praktik pelepasan tanggung jawab bertahap. la mengajak peserta didik dalam grup untuk bekerja sendiri- sendiri tanpa adanya pengawasan dari guru. Porsi tanggung jawab guru lebih besar dari peserta didik. • Bu Farida dapat melakukan praktik pelepasan tanggung jawab bertahap. la mengajak peserta didik dalam grup untuk bekerja sendiri- sendiri dengan hasil karya yang sudah ditentukan dan tidak boleh diubah. Peserta didik tidak perlu bekerja sama untuk dapat memahami konsep. • Bu Farida dapat melakukan praktik pelepasan tanggung jawab bertahap. la mengajak peserta didik dalam grup untuk menghasilkan sebuah karya yang berkaitan dengan konsep yang sedang dipelajari. Peserta didik bekerja sama untuk memperkuat pemahaman konsep. Guru mempunyai porsi tanggung jawab yang lebih besar dibanding peserta didik. • Bu Farida dapat melakukan praktik pelepasan tanggung jawab bertahap. la mengajak peserta didik dalam grup untuk menghasilkan sebuah karya yang berkaitan dengan konsep yang sedang dipelajari. Peserta didik bekerja sama untuk memperkuat pemahaman konsep karena mereka mempunyai porsi tanggung jawab yang lebih besar dibanding guru. Sehingga peserta didik dapat mengaplikasikan sebuah ilmu secara mandiri. Guru dan peserta didik memiliki tanggung jawab bersama selama proses pembelajaran. • Semua salah Jawaban: Bu Farida dapat melakukan praktik pelepasan tanggung jawab bertahap. la mengajak peserta didik dalam grup untuk menghasilkan sebuah karya yang berkaitan dengan konsep yang sedang dipelajari. Peserta didik bekerja sama untuk memperkuat pemahaman konsep karena mereka mempunyai porsi tanggung jawab yang lebih besar dibanding guru. Sehingga peserta didik dapat mengaplikasikan sebuah ilmu secara mandiri. Guru dan peserta didik memiliki tanggung jawab bersama selama proses pembelajaran. Soal 6 dari 10 Seorang guru mengadopsi elemen-elemen diferensiasi dalam pelaksanaan pembelajaran, seperti menggunakan bahan bacaan yang berbeda untuk peserta didik dengan kemampuan membaca yang beragam. Namun, beberapa peserta didik masih kesulitan mencapai tujuan pembelajaran. Tindakan yang paling tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah.... • Meminta peserta didik yang kesulitan untuk belajar lebih keras • Mengurangi tingkat kompleksitas tugas • Meminta peserta didik untuk bekerja sendiri • Melanjutkan dengan kurikulum yang telah direncanakan • Merevisi pendekatan dan strategi pembelajaran Jawaban: Merevisi pendekatan dan strategi pembelajaran Soal 7 dari 10 Diberikan langkah-langkahnya sebagai berikut: 1. Peserta didik menentukan tujuan yang akan dicapai dan hal apa yang ingin diketahui 2. Peserta didik melakukan refleksi terhadap kemampuannya 3. Guru memberikan gambaran rubrik sebagai harapan kompetensi dari capaian peserta didik 4. Guru menginformasikan tujuan belajar yang akan dicapai bersama Alur/tahapan yang perlu dilakukan oleh guru dan peserta didik untuk merumuskan tujuan belajar adalah...... • 1-2-3-4 • 1-3-2-4 • 4-3-2-1 • 4-2-3-1 • 3-2-1-4 Jawaban: 4-3-2-1 Soal 8 dari 10 Seorang guru melaksanakan pembelajaran pada topik tertentu. la mendapati bahwa peserta didik belum pernah mempelajari topik tersebut. Berdasarkan soal terbaru yang beredar, dirangkum pojoksatu.id pertanyaannya adalah: Hal yang perlu dilakukan guru pada kegiatan awal pembelajaran adalah... • Menyampaikan bahwa materi ini susah maka perlu belajar yang konsisten • Menjelaskan bahwa materi ini membutuhkan praktik yang banyak, sehingga peserta didik perlu untuk menguasai semua perangkat dalam laboratorium sebelum kelas dimulai • Menguraikan secara umum materi yang ingin diajarkan, • memantik pengetahuan peserta didik terkait materi tersebut, mengaitkan materi dengan pengalaman peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. • Langsung menjelaskan materi tersebut sehingga peserta didik terbiasa • Memberi soal pretest terkait materi tersebut sehingga dapat memicu motivasi peserta didik Jawaban: Menguraikan secara umum materi yang ingin diajarkan, memantik pengetahuan peserta didik terkait materi tersebut, mengaitkan materi dengan pengalaman peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Soal 9 dari 10 Ibu Tina menemukan beberapa peserta didik yang belum mencapai tujuan pembelajaran, sehingga mereka memerlukan kegiatan remedial. Langkah yang paling tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah..... • Merencanakan kegiatan pembelajaran berdiferensiasi proses dan konten untuk peserta didik yang memerlukan remedial • Memberikan PR yang banyak agar peserta didik belajar sendiri di rumah • Menghubungi orang tua anak dan melaporkan bahwa anaknya tidak mengikuti proses belajar dengan baik • Meminta setiap peserta didik untuk mengumpulkan tugas setiap akhir pembelajaran • Meminta setiap peserta didik untuk membuat review materi pembelajaran Jawaban: Merencanakan kegiatan pembelajaran berdiferensiasi proses dan konten untuk peserta didik yang memerlukan remedial Soal 10 dari 10 Beberapa elemen yang perlu dipertimbangkan dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi adalah sebagai berikut: 1. Kebutuhan peserta didik yang beragam 2. Kondisi kelas 3. Kebutuhan guru dan kepala sekolah 4. Lingkungan sekolah Elemen yang perlu dipertimbangkan oleh guru ketika melakukan modifikasi pembelajaran adalah.... • 1 dan 2 • 2 dan 3 • 3 dan 4 • 1 dan 3 • 1 dan 4 Jawaban: 1 dan 2

Bapak/Ibu Guru, sebelum melanjutkan pembelajaran ke topik II, refleksikan apa yang sudah Bapak/Ibu Guru pelajari pada topik I. Ceritakan bagaimana prinsip UbD dapat membantu Bapak/Ibu Guru dalam merancang pembelajaran yang efektif dan apa tantangan yang dihadapi?

Bapak/Ibu Guru, sebelum melanjutkan pembelajaran ke topik II, refleksikan apa yang sudah Bapak/Ibu Guru pelajari pada topik I. Ceritakan bagaimana prinsip UbD dapat membantu Bapak/Ibu Guru dalam merancang pembelajaran yang efektif dan apa tantangan yang dihadapi? JAWABAN: Refleksi dari pembelajaran tentang prinsip Understanding by Design (UbD) menunjukkan betapa pentingnya merancang pembelajaran dengan tujuan yang jelas dan asesmen yang terarah. Saya belajar untuk memulai dari akhir, yakni menentukan apa yang ingin dicapai siswa di akhir pembelajaran sebelum merancang aktivitas dan materi yang diperlukan. Pinsip UbD membantu saya menyusun rencana pembelajaran yang lebih sistematis dan berorientasi pada hasil. Namun, tantangan yang saya hadapi adalah memastikan bahwa semua siswa terlibat aktif dalam proses belajar dan tidak ada yang tertinggal. Mengatasi hal ini membutuhkan pendekatan yang lebih personal dan diferensiasi dalam pengajaran.