GRINDER COMMUNITY, SHARING INFO MUSIC, EVENT INFO, METAL BAND PROMOS, REVIEWS, FLYERS GIGS, BAND MERCHANDISE, BAND LOGGO ORDER, ETC Channel Youtube: https://www.youtube.com/channel/UCTt-S9OYoKcCwZHfZGbZ4zQ?sub_confirmation=1 MENERIMA JASA PEMBUATAN LOGGO BAND
My Blog List
Saturday, August 31, 2024
Sebelum mengakhiri sesi pada topik ini, ekspresikan pengalaman yang Bapak/Ibu miliki selama menjadi guru dalam merancang pembelajaran yang berorientasi pada pembelajaran berdiferensiasi melalui cerita reflektif. Ceritakan bagaimana merencanakan pembelajaran berdiferensiasi yang relevan di kelas Bapak/Ibu Guru, sehingga diyakini dapat diimplementasikan untuk mencapai tujuan pembelajaran?
Pertanyaan :
Sebelum mengakhiri sesi pada topik ini, ekspresikan pengalaman yang Bapak/Ibu miliki selama menjadi guru dalam merancang pembelajaran yang berorientasi pada pembelajaran berdiferensiasi melalui cerita reflektif. Ceritakan bagaimana merencanakan pembelajaran berdiferensiasi yang relevan di kelas Bapak/Ibu Guru, sehingga diyakini dapat diimplementasikan untuk mencapai tujuan pembelajaran?
Referensi Jawaban :
Pada pembelajaran berdiferensiasi, guru merancang pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan individual peserta didik. Ketika menjumpai kebutuhan belajar yang berbeda-beda, kita bisa menyelaraskan kebutuhan belajar peserta didik dengan tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan. Kita dapat melakukan pembelajaran berdiferensiasi dengan 3 alternatif modifikasi yaitu modifikasi proses, produk akhir dan konten. Pada diferensiasi proses, kita bisa mengeksplorasi berbagai aktivitas dan strategi untuk mengejar setiap materi kepada peserta didik, misalnya dengan dibentuknya kelompok-kelompok sesuai dengan tujuan pembelajaran masing-masing peserta didik. Pada diferensiasi produk akhir, setiap peserta didik diperbolehkan menunjukkan hasil belajarnya dalam bentuk sesuai minatnya, contohnya video, teks, lagu, presentasi, gambar, dll. Pada diferensiasi konten, kita dapat memodifikasi konten pembelajaran untuk setiap peserta didik.
JAWABAN Merancang Pembelajaran Berdiferensiasi
Modul 1 topik 2
Merancang Pembelajaran Berdiferensiasi
Soal 1 dari 10
Salah satu prinsip pembelajaran pada Kurikulum Merdeka adalah pembelajaran dirancang dan dilaksanakan untuk membangun karakter peserta didik untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat.
Berdasarkan prinsip tersebut, beberapa pernyataan berikut merupakan kegiatan yang dapat dilakukan guru, kecuali...
• Guru memastikan setiap aktivitas pembelajaran selalu diiringi dengan pemberian tugas untuk mengukur pemahaman peserta didik terhadap materi yang dipelajari
• Guru mendorong peserta didik melakukan refleksi untuk memahami kekuatan diri dan potensi yang perlu dikembangkan
• Guru senantiasa memberikan umpan balik langsung yang mendorong kemampuan peserta didik untuk terus belajar dan mengeksplorasi Ilmu pengetahuan
• Guru memberikan proyek yang ditujukan untuk mendorong pembelajaran yang mandiri dan untuk mengeksplorasi ilmu pengetahuan
• Guru memvariasikan kompleksitas atau tingkat kesulitan tugas untuk mengakomodasi peserta didik dengan berbagai tingkat kesiapan belajar
Jawaban: Guru memastikan setiap aktivitas pembelajaran
selalu diiringi dengan pemberian tugas untuk mengukur pemahaman peserta didik terhadap materi yang dipelajari
Soal 2 dari 10
Sebelum melaksanakan pembelajaran, Pak Hafiz mengadakan asesmen awal untuk mengetahui profil belajar peserta didiknya.
Dari hasil asesmen awal tersebut diketahui bahwa 45% peserta didik memiliki kecenderungan gaya belajar visual, 15% kinestetik, dan 40% auditori.
Pak Hafiz juga memperoleh informasi bahwa secara umum peserta didiknya memiliki kecenderungan minat yang relevan dengan gaya belajar masing-masing.
Berdasarkan soal terbaru yang beredar, dirangkum pojoksatu.id pertanyaannya adalah: Dari data tersebut, Pak Hafiz merencanakan pembelajaran berdiferensiasi pada elemen proses sebagai berikut, kecuali...
• Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mempelajari sumber belajar dalam bentuk modul digital interaktif
• Peserta didik diberi kebebasan untuk mengkreasikan pembuatan laporan hasil observasi, seperti laporan tertulis, power point, video, poster, maupun bentuk lain sesuai dengan bakat dan minat
• Peserta didik diminta mengamati dan mendiskusikan isi video untuk memperoleh pengetahuan baru
• Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk melakukan praktik bermain peran agar mereka lebih memahami penjelasan guru
• Guru membuat beberapa sudut belajar atau display yang ditempel di tempat-tempat berbeda untuk memberikan kesempatan peserta didik bergerak saat mengakses informasi
Jawaban: Peserta didik diberi kebebasan untuk mengkreasikan pembuatan laporan hasil observasi, seperti laporan tertulis, power point, video, poster, maupun bentuk lain sesuai dengan bakat dan minat
Soal 3 dari 10
Implementasi Kurikulum Merdeka mengedepankan paradigma baru dalam pembelajaran, bukan dalam arti menghadirkan konsep dan prinsip pembelajaran yang sepenuhnya baru, namun lebih pada upaya untuk memastikan terciptanya praktik pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.
Penerapan paradigma baru dalam pembelajaran dimaksud tergambar pada beberapa kegiatan berikut, kecuali....
• Pada awal tahun ajaran, guru berusaha mencari tahu kesiapan belajar peserta didik dan pencapaian sebelumnya.
• Guru senantiasa memberikan umpan balik langsung yang mendorong kemampuan peserta didik untuk terus belajar dan mengeksplorasi ilmu pengetahuan
• Guru menggunakan otoritas sebagai pembimbing utama pembelajaran dalam mengatasi permasalahan yang timbul tanpa melibatkan orang tua atau guru lain
• Guru menggunakan berbagai metode pembelajaran yang bervariasi untuk membantu peserta didik mengembangkan kompetensinya.
• Guru perlu mengevaluasi hasil penilaian formatif, memperhatikan perilaku peserta didik, dan mendengarkan keluhan mereka untuk mengetahui kebutuhan belajarnya
Jawaban: Guru menggunakan otoritas sebagai pembimbing utama pembelajaran dalam mengatasi permasalahan yang timbul tanpa melibatkan orang tua atau guru lain
Soal 4 dari 10
Peran guru dalam melaksanakan pembelajaran yang relevan dengan prinsip-prinsip pembelajaran berdiferensiasi adalah....
• Guru adalah sumber belajar utama dan peserta didik mengikuti apa yang telah ditetapkan.
• Guru bukan sebagai sumber belajar utama, peserta didik dapat belajar dari berbagai sumber.
• Guru menjadi mediator antar peserta didik agar terjadi transfer pengetahuan dalam proses belajar.
• Guru menjadi motivator yang mengamati peserta didik dari jauh selama proses belajar.
• Guru menjadi motor penggerak utama proses pembelajaran
Jawaban: Guru bukan sebagai sumber belajar utama, peserta didik dapat belajar dari berbagai sumber.
Soal 5 dari 10
Bu Farida menerapkan pembelajaran berdiferensiasi untuk memenuhi kebutuhan belajar peserta didik. Dengan demikian, ia membagi peserta didik dalam beberapa kelompok belajar.
Berdasarkan soal terbaru yang beredar, dirangkum pojoksatu.id pertanyaannya adalah: Ternyata Bu Farida masih mengalami kesulitan karena semua peserta didik masih bertanya kepadanya. Sehingga proses belajar masih berpusat pada guru. Hal yang dapat Ibu Farida lakukan adalah....
•
Bu Farida dapat melakukan praktik pelepasan tanggung jawab bertahap. la mengajak peserta didik dalam grup untuk bekerja sendiri- sendiri tanpa adanya pengawasan dari guru. Porsi tanggung jawab guru lebih besar dari peserta didik.
• Bu Farida dapat melakukan praktik pelepasan tanggung jawab bertahap. la mengajak peserta didik dalam grup untuk bekerja sendiri- sendiri dengan hasil karya yang sudah ditentukan dan tidak boleh diubah. Peserta didik tidak perlu bekerja sama untuk dapat memahami konsep.
• Bu Farida dapat melakukan praktik pelepasan tanggung jawab bertahap. la mengajak peserta didik dalam grup untuk menghasilkan sebuah karya yang berkaitan dengan konsep yang sedang dipelajari. Peserta didik bekerja sama untuk memperkuat pemahaman konsep. Guru mempunyai porsi tanggung jawab yang lebih besar dibanding peserta didik.
• Bu Farida dapat melakukan praktik pelepasan tanggung jawab bertahap. la mengajak peserta didik dalam grup untuk menghasilkan sebuah karya yang berkaitan dengan konsep yang sedang dipelajari. Peserta didik bekerja sama untuk memperkuat pemahaman konsep karena mereka mempunyai porsi tanggung jawab yang lebih besar dibanding guru. Sehingga peserta didik dapat mengaplikasikan sebuah ilmu secara mandiri. Guru dan peserta didik memiliki tanggung jawab bersama selama proses pembelajaran.
• Semua salah
Jawaban: Bu Farida dapat melakukan praktik pelepasan tanggung jawab bertahap. la mengajak peserta didik dalam grup untuk menghasilkan sebuah karya yang berkaitan dengan konsep yang sedang dipelajari.
Peserta didik bekerja sama untuk memperkuat pemahaman konsep karena mereka mempunyai porsi tanggung jawab yang lebih besar dibanding guru.
Sehingga peserta didik dapat mengaplikasikan sebuah ilmu secara mandiri. Guru dan peserta didik memiliki tanggung jawab bersama selama proses pembelajaran.
Soal 6 dari 10
Seorang guru mengadopsi elemen-elemen diferensiasi dalam pelaksanaan pembelajaran, seperti menggunakan bahan bacaan yang berbeda untuk peserta didik dengan kemampuan membaca yang beragam.
Namun, beberapa peserta didik masih kesulitan mencapai tujuan pembelajaran. Tindakan yang paling tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah....
• Meminta peserta didik yang kesulitan untuk belajar lebih keras
• Mengurangi tingkat kompleksitas tugas
• Meminta peserta didik untuk bekerja sendiri
• Melanjutkan dengan kurikulum yang telah direncanakan
• Merevisi pendekatan dan strategi pembelajaran
Jawaban: Merevisi pendekatan dan strategi pembelajaran
Soal 7 dari 10
Diberikan langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Peserta didik menentukan tujuan yang akan dicapai dan hal apa yang ingin diketahui
2. Peserta didik melakukan refleksi terhadap kemampuannya
3. Guru memberikan gambaran rubrik sebagai harapan kompetensi dari capaian peserta didik
4. Guru menginformasikan tujuan belajar yang akan dicapai bersama
Alur/tahapan yang perlu dilakukan oleh guru dan peserta didik untuk merumuskan tujuan belajar adalah......
• 1-2-3-4
• 1-3-2-4
• 4-3-2-1
• 4-2-3-1
• 3-2-1-4
Jawaban: 4-3-2-1
Soal 8 dari 10
Seorang guru melaksanakan pembelajaran pada topik tertentu. la mendapati bahwa peserta didik belum pernah mempelajari topik tersebut.
Berdasarkan soal terbaru yang beredar, dirangkum pojoksatu.id pertanyaannya adalah: Hal yang perlu dilakukan guru pada kegiatan awal pembelajaran adalah...
• Menyampaikan bahwa materi ini susah maka perlu belajar yang konsisten
• Menjelaskan bahwa materi ini membutuhkan praktik yang banyak, sehingga peserta didik perlu untuk menguasai semua perangkat dalam laboratorium sebelum kelas dimulai
• Menguraikan secara umum materi yang ingin diajarkan,
• memantik pengetahuan peserta didik terkait materi tersebut, mengaitkan materi dengan pengalaman peserta didik dalam kehidupan sehari-hari.
• Langsung menjelaskan materi tersebut sehingga peserta didik terbiasa
• Memberi soal pretest terkait materi tersebut sehingga dapat memicu motivasi peserta didik
Jawaban: Menguraikan secara umum materi yang ingin diajarkan, memantik pengetahuan peserta didik terkait materi tersebut, mengaitkan materi dengan pengalaman peserta didik dalam kehidupan sehari-hari.
Soal 9 dari 10
Ibu Tina menemukan beberapa peserta didik yang belum mencapai tujuan pembelajaran, sehingga mereka memerlukan kegiatan remedial. Langkah yang paling tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah.....
• Merencanakan kegiatan pembelajaran berdiferensiasi proses dan konten untuk peserta didik yang memerlukan remedial
• Memberikan PR yang banyak agar peserta didik belajar sendiri di rumah
• Menghubungi orang tua anak dan melaporkan bahwa anaknya tidak mengikuti proses belajar dengan baik
• Meminta setiap peserta didik untuk mengumpulkan tugas setiap akhir pembelajaran
• Meminta setiap peserta didik untuk membuat review materi pembelajaran
Jawaban: Merencanakan kegiatan pembelajaran berdiferensiasi proses dan konten untuk peserta didik yang memerlukan remedial
Soal 10 dari 10
Beberapa elemen yang perlu dipertimbangkan dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi adalah sebagai berikut:
1. Kebutuhan peserta didik yang beragam
2. Kondisi kelas
3. Kebutuhan guru dan kepala sekolah
4. Lingkungan sekolah
Elemen yang perlu dipertimbangkan oleh guru ketika melakukan modifikasi pembelajaran adalah....
• 1 dan 2
• 2 dan 3
• 3 dan 4
• 1 dan 3
• 1 dan 4
Jawaban: 1 dan 2
Bapak/Ibu Guru, sebelum melanjutkan pembelajaran ke topik II, refleksikan apa yang sudah Bapak/Ibu Guru pelajari pada topik I. Ceritakan bagaimana prinsip UbD dapat membantu Bapak/Ibu Guru dalam merancang pembelajaran yang efektif dan apa tantangan yang dihadapi?
Bapak/Ibu Guru, sebelum melanjutkan pembelajaran ke topik II, refleksikan apa yang sudah Bapak/Ibu Guru pelajari pada topik I. Ceritakan bagaimana prinsip UbD dapat membantu Bapak/Ibu Guru dalam merancang pembelajaran yang efektif dan apa tantangan yang dihadapi?
JAWABAN:
Refleksi dari pembelajaran tentang prinsip Understanding by Design (UbD) menunjukkan betapa pentingnya merancang pembelajaran dengan tujuan yang jelas dan asesmen yang terarah.
Saya belajar untuk memulai dari akhir, yakni menentukan apa yang ingin dicapai siswa di akhir pembelajaran sebelum merancang aktivitas dan materi yang diperlukan.
Pinsip UbD membantu saya menyusun rencana pembelajaran yang lebih sistematis dan berorientasi pada hasil.
Namun, tantangan yang saya hadapi adalah memastikan bahwa semua siswa terlibat aktif dalam proses belajar dan tidak ada yang tertinggal. Mengatasi hal ini membutuhkan pendekatan yang lebih personal dan diferensiasi dalam pengajaran.
JAWABAN Menerapkan Prinsip Understanding by Design Pada Pembelajaran
MATERI 1: Menerapkan Prinsip Understanding by Design Pada Pembelajaran
Soal dan Kunci Jawaban
1. Fase-fase yang perlu dilakukan untuk merancang perencanaan pembelajaran berbasis prinsip (UbD) adalah
• a. Merancang asesmen, kegiatan, dan tujuan pembelajaran
• b. Merancang asesmen, tujuan, dan kegiatan pembelajaran
• c. Merancang kegiatan, tujuan dan asesmen pembelajaran
• d. Merencanakan tujuan, kegiatan, dan asesmen pembelajaran
• e. Merumuskan tujuan, asesmen dan kegiatan pembelajaran
Jawab: e. Merumuskan tujuan, asesmen dan kegiatan pembelajaran
2. Apa yang seharusnya dilakukan, diketahui, dan dipahami peserta didik di akhir pengajaran?”. Pertanyaan tersebut perlu dirumuskan oleh guru apabila akan melakukan tahap
• a. Perencanaan strategi pembelajaran
• b. Merumuskan tujuan pembelajaran
• c. Merancang asasmen
• d. Perencanaan kegiatan pembelajaran
• e. Perencanaan model pembelajaran
Jawab: b. Merumuskan tujuan pembelajaran
3. Bagaimana saya dapat mengetahui bahwa pembelajaran telah mencapai hasil belajar yang diinginkan? Pertanyaan tersebut perlu dirumuskan oleh guru ketika akan melakukan tahap
• a. Merencanakan model pembelajaran
• b. Merumuskan tujuan pembelajaran
• c. Merancang asesmen
• d. Merancang kegiatan pembelajaran
• e. Merencanakan pendekatan pembelajaran
Jawab: c. Merancang asasmen
4. Bagaimana saya mendesain kegiatan pembelajaran agar peserta didik yang beragam dapat mencapai tujuan pembelajaran? merupakan pertanyaan penting yang perlu dipertimbangkan pada tahap
• a. Merencanakan model pembelajaran
• b. Merumuskan tujuan pembelajaran
• c. Merancang asesmen
• d. Merancang kegiatan pembelajaran
• e. Merencanakan pendekatan pembelajaran
Jawab: d. Merancang kegiatan pembelajaran
5. Setelah memahami substansi CP, guru diharapkan mulai mendapatkan ide-ide tentang apa yang harus dipelajari oleh peserta didik dalam suatu fase untuk dirumuskan menjadi beberapa Tujuan Pembelajaran (TP) yang lebih operasional dan konkret. Dalam merumuskan Tujuan Pembelajaran (TP), guru dapat memilih beberapa alternatif teknik berikut, kecuali
• a. Merumuskan TP secara langsung berdasarkan CP
• b. Merumuskan TP dengan cara menganalisis ‘kompetensi’ dan ‘lingkup materi’ pada CP
• c. Merumuskan TP secara lintas elemen
• d. Merumuskan TP dengan memperhatikan karakteristik peserta didik
• e. Merumuskan TP berdasarkan intuisi pribadi tanpa mempertimbangkan kebutuhan peserta didik
Jawab: e. Merumuskan TP berdasarkan intuisi pribadi tanpa mempertimbangkan kebutuhan peserta didik
6. Capaian Pembelajaran (CP) dapat dirumuskan merujuk pada teori belajar konstruktivisme dan kurikulum dengan pendekatan Understanding by Design (UbD) yang dikembangkan oleh Wiggins & Tighe (2005). Dalam kerangka teori ini, “memahami” merupakan kemampuan yang diĆ¾angun melalui proses dan pengalaman belajar yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk dapat menjelaskan, menginterpretasi dan mengaplikasikan informasi, menggunakan berbagai perspektif, dan berempati atas suatu fenomena. Terkait hal tersebut, pernyataan yang benar dalam kurikulum Merdeka adalah
• a. Hierarki pengetahuan tidak digunakan dalam merumuskan CP dan tujuan pembelajaran turunan dari CP
• b. Taksonomi pengetahuan tidak menggunakan kata kerja operasional yang spesifik
• c. Memberi kebebasan kepada guru mengikuti taksonomi pengetahuan menurut teori yang disukai
• d. Pemahaman dimaknai sebagai suatu proses kognitif yang kompleks tidak sederhana sebagai proses berpikir tingkat rendah
• e. Menganggap bahwa “memahami” dapat dicapai tanpa melibatkan proses dan pengalaman belajar yang mendalam serta tanpa memberikan kesempatan untuk menjelaskan, menginterpretasi, dan mengaplikasikan informasi dengan berbagai perspektif
Jawab: d. Pemahaman dimaknai sebagai suatu proses kognitif yang kompleks tidak sederhana sebagai proses berpikir tingkat rendah
7. Pembelajaran dan asesmen merupakan satu kesatuan yang sebaiknya tidak dipisahkan. Terkait hal tersebut, guru dan peserta didik perlu memahami kompetensi yang hendak dicapai agar keseluruhan proses pembelajaran diupayakan untuk mencapai kompetensi yang dimaksud. Kaitan antara pembelajaran dan asesmen, digambarkan dan diilustrasikan melalui ilustrasi berikut, kecuali
• a. Guru harus memastikan bahwa tujuan pembelajaran sudah sesuai dengan tahapan dan kebutuhan peserta didik berdasarkan hasil asesmen awal
• b. Guru dapat mengukur capaian hasil belajar peserta didik pada akhir pembelajaran jika diperlukan
• c. Sepanjang proses pembelajaran, guru dapat mengadakan asesmen formatif untuk mengetahui sejauh mana tujuan pembelajaran sudah dicapai oleh peserta didik
• d. Guru perlu merancang asesmen yang dilaksanakan pada awal pembelajaran, pada saat pembelajaran, dan pada akhir pembelajaran
• e. Proses pembelajaran sebaiknya dilakukan tanpa memperhatikan hasil asesmen, karena hal itu dapat menghambat kreativitas peserta didik
Jawab: b. Guru dapat mengukur capaian hasil belajar peserta didik pada akhir pembelajaran jika diperlukan
8. Pada setiap mata pelajaran, terdapat sejumlah Capaian Pembelajaran (CP) sebagai kompetensi pembelajaran yang harus dicapai oleh peserta didik pada setiap fase. Rumusan CP tersebut memberikan gambaran tentang tujuan umum dan ketersediaan waktu untuk mencapai tujuan tersebut dalam enam etape yang disebut fase. Pemanfaatan fase-fase CP dalam perencanaan pembelajaran dapat dikemukakan sebagai berikut, kecuali
• a. Memungkinkan kolaborasi guru pada fase yang sama untuk merancang pembelajaran yang efektif bagi peserta didik
• b. Mendorong guru fokus pada ketercapaian CP di akhir fase tanpa perlu memperhatikan perkembangan peserta didik dan kesinambungan proses pembelajaran antar kelas
• c. Memberi kesempatan pada guru untuk melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kesiapan peserta didik
• d. Memungkinkan guru merancang dan melaksanakan pembelajaran secara fleksibel
• e. Memastikan peserta didik mencapai kompetensi pembelajaran
Jawab: b. Mendorong guru fokus pada ketercapaian CP di akhir fase tanpa perlu memperhatikan perkembangan peserta didik dan kesinambungan proses pembelajaran antar kelas
9. Pernyataan terkait kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP) berikut ini yang benar adalah
• a. Hasil KKTP dapat digunakan untuk merefleksi proses pembelajaran dan menganalisis tingkat penguasaan kompetensi peserta didik
• b. KKTP merupakan standar yang ditetapkan untuk menentukan ketercapaian tujuan pembelajaran (TP)
• c. KKTP dapat disusun melalui pendekatan rubrik
• d. KKTP dapat disusun melalui dekripsi kriteria dan interval nilai
• e. Semua benar
Jawab: e. Semua benar
10. Pernyataan terkait asesmen awal berikut ini yang kurang tepat adalah
• a. Asesmen awal berfungsi untuk mendapatkan nilai capaian hasil belajar untuk dibandingkan dengan kriteria capaian pembelajaran yang ditetapkan
• b. Hasil asesmen awal dapat digunakan sebagai dasar untuk melakukan tindak lanjut perbaikan berupa intervensi yang tepat
• c. Hasil asesmen awal berfungsi untuk mengetahui tingkat kompetensi, kekuatan dan kelemahan peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran
• d. Asesmen awal dapat diterapkan untuk mengetahui kebutuhan belajar peserta didik yang beragam
• e. Hasil asesmen awal digunakan untuk memetakan minat, kemampuan dan kesiapan belajar peserta didik
Jawab: a. Asesmen awal berfungsi untuk mendapatkan nilai capaian hasil belajar untuk dibandingkan dengan kriteria capaian pembelajaran yang ditetapkan
Tuesday, August 27, 2024
P5 adalah
Apa Itu P5 dalam Kurikulum Mereka?
Mengutip laman resmi Balai Guru Penggerak Sulawesi Utara, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) menjadi bagian integral dari Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), menekankan upaya mewujudkan Pelajar Pancasila yang memiliki perilaku sejalan dengan nilai-nilai Pancasila.
P5 bertujuan membentuk Pelajar Pancasila yang beriman, berkebhinekaan global, mampu bergotong royong, mandiri, berpikiran kritis, dan kreatif. Dalam IKM P5, penerapannya tidak hanya terintegrasi dalam pembelajaran setiap mata pelajaran, tetapi juga memiliki alokasi waktu khusus, memberikan peluang kepada peserta didik untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap melalui interaksi dengan teman, guru, dan tokoh masyarakat sekitar.
P5 merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu yang bertujuan untuk mengidentifikasi dan merumuskan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar. P5 menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis projek (project-based learning), yang berbeda dari pembelajaran berbasis proyek di dalam kelas.
Miskonsepsi terkadang muncul karena fokus pada hasil atau produk akhir, padahal proses yang dialami peserta didik dalam menyelesaikan masalah pada projek sangat penting. Alur dan proses ini menjadi pusat perhatian dalam P5.
Sebagai sarana pencapaian profil Pelajar Pancasila, P5 memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk mengalami pengetahuan sebagai bagian dari penguatan karakter, sekaligus memberikan kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitar.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi memberikan 7-8 tema projek, sementara satuan pendidikan memiliki fleksibilitas untuk memilihnya sesuai dengan tingkat dan fase yang dijalani.
Dalam pelaksanaannya, satuan pendidikan dituntut untuk membentuk tim fasilitator P5, mengidentifikasi kesiapan satuan pendidikan, merancang dimensi, tema, alokasi waktu P5, menyusun modul projek, dan merancang strategi pelaporan hasil projek.
DOWNLOAD GRATIS SERIAL NUMBER IDM
349U2-TUT4H-6HGGJ-2CHUK
U97GT-CE6SR-SET1D-DERFM
DAKF7-7DLEL-HU7P4-A1DDX
F9TZ9-P6KGF-LPO74-2WP21
SAF0S-K6CO4-R4NPJ-ELNRK
NT690-HYGTF-9JUT4-I98A3
629U7-XLT5H-6SCGJ-2CENZ
XONF7-PMUOL-HU7P4-D1QQX
F9TZ9-P6IGF-SME74-2WP21
CJA0S-K6CO4-R4NPJ-EKNRK
L67GT-CE6TR-DFT1D-XWVCM
N0Z90-KJTTW-7TZO4-I27A1
D91GM-T5X1J-DW7YG-1GHIS
I23LZ-H5C2I-QYWRT-RZ2BO
8XJTJ-ZTWES-CIQNV-9ZR2C4
PAQ34-MHDIA-1DZUU-H4DB8
4CSYW-3ZMWW-PRRLK-WMRAB
DDLFR-JKN5K-B4DE3-H2WYO
9RVII-F3W58-6FAYV-WPTFD
629U7-XLT5H-6SCGJ-2CENZ
XONF7-PMUOL-HU7P4-D1QQX
F9TZ9-P6IGF-SME74-2WP21
L67GT-CE6TR-DFT1D-XWVCM
N0Z90-KJTTW-7TZO4-I27A1
CJA0S-K6CO4-R4NPJ-EKNRK
M7CQ2-VARGX-QFYGZ-URKG0
POOUS-S8V4C-1RXUH-HG6NQ
7JPTJ-4XLY3-HM4LK-9UP4Q
KCE9Y-PUYTC-1L2ES-77OQS
D91GM-T5X1J-DW7YG-1GHIS
I23LZ-H5C2I-QYWRT-RZ2BO
8XJTJ-ZTWES-CIQNV-9ZR2C
PAQ34-MHDIA-1DZUU-H4DB8
4CSYW-3ZMWW-PRRLK-WMRAB
DDLFR-JKN5K-B4DE3-H2WYO
9RVII-F3W58-6FAYV-WPTFD
M7CQ2-VARGX-QFYGZ-URKG0
POOUS-S8V4C-1RXUH-HG6NQ
7JPTJ-4XLY3-HM4LK-9UP4Q
OJNGE-77NS5-MW5FC-MFB7A
HSIWU-KRQQQ-Y870K-YI6QQ
HF0I6-AYL1O-BHDI7-DG9LW
LC3OG-66OU3-38BTX-SX20M
52OGI-AKRTG-MT6YU-YZ7OU
WNJ39-J1JN0-JKNVS-BZSCB
7WPV5-NHHF3-A2P39-LRJ74
OV4O3-1ASY1-8CDWI-9UGX4
O00C4-MYLXJ-LYUDP-QFGD5
I80CQ-RUG1G-LEP9V-O7UN0
OUC2X-F1F8A-8LO76-ETQCK
SN1OJ-P3ZGF-RU4XN-S61TZ
4P6BG-WGN41-C5CQQ-QXIO8
76JVD-ISRBG-KZB4U-LGL9D
PBPXJ-BC1EH-FKO7F-VUXJ2
30P7F-IG6PZ-CSZ3L-FRL7N
4B5XT-BOSBK-94O5F-669DJ
FREE SERIAL NUMBER IDM
349U2-TUT4H-6HGGJ-2CHUK
U97GT-CE6SR-SET1D-DERFM
DAKF7-7DLEL-HU7P4-A1DDX
F9TZ9-P6KGF-LPO74-2WP21
SAF0S-K6CO4-R4NPJ-ELNRK
NT690-HYGTF-9JUT4-I98A3
629U7-XLT5H-6SCGJ-2CENZ
XONF7-PMUOL-HU7P4-D1QQX
F9TZ9-P6IGF-SME74-2WP21
CJA0S-K6CO4-R4NPJ-EKNRK
L67GT-CE6TR-DFT1D-XWVCM
N0Z90-KJTTW-7TZO4-I27A1
D91GM-T5X1J-DW7YG-1GHIS
I23LZ-H5C2I-QYWRT-RZ2BO
8XJTJ-ZTWES-CIQNV-9ZR2C4
PAQ34-MHDIA-1DZUU-H4DB8
4CSYW-3ZMWW-PRRLK-WMRAB
DDLFR-JKN5K-B4DE3-H2WYO
9RVII-F3W58-6FAYV-WPTFD
629U7-XLT5H-6SCGJ-2CENZ
XONF7-PMUOL-HU7P4-D1QQX
F9TZ9-P6IGF-SME74-2WP21
L67GT-CE6TR-DFT1D-XWVCM
N0Z90-KJTTW-7TZO4-I27A1
CJA0S-K6CO4-R4NPJ-EKNRK
M7CQ2-VARGX-QFYGZ-URKG0
POOUS-S8V4C-1RXUH-HG6NQ
7JPTJ-4XLY3-HM4LK-9UP4Q
KCE9Y-PUYTC-1L2ES-77OQS
D91GM-T5X1J-DW7YG-1GHIS
I23LZ-H5C2I-QYWRT-RZ2BO
8XJTJ-ZTWES-CIQNV-9ZR2C
PAQ34-MHDIA-1DZUU-H4DB8
4CSYW-3ZMWW-PRRLK-WMRAB
DDLFR-JKN5K-B4DE3-H2WYO
9RVII-F3W58-6FAYV-WPTFD
M7CQ2-VARGX-QFYGZ-URKG0
POOUS-S8V4C-1RXUH-HG6NQ
7JPTJ-4XLY3-HM4LK-9UP4Q
OJNGE-77NS5-MW5FC-MFB7A
HSIWU-KRQQQ-Y870K-YI6QQ
HF0I6-AYL1O-BHDI7-DG9LW
LC3OG-66OU3-38BTX-SX20M
52OGI-AKRTG-MT6YU-YZ7OU
WNJ39-J1JN0-JKNVS-BZSCB
7WPV5-NHHF3-A2P39-LRJ74
OV4O3-1ASY1-8CDWI-9UGX4
O00C4-MYLXJ-LYUDP-QFGD5
I80CQ-RUG1G-LEP9V-O7UN0
OUC2X-F1F8A-8LO76-ETQCK
SN1OJ-P3ZGF-RU4XN-S61TZ
4P6BG-WGN41-C5CQQ-QXIO8
76JVD-ISRBG-KZB4U-LGL9D
PBPXJ-BC1EH-FKO7F-VUXJ2
30P7F-IG6PZ-CSZ3L-FRL7N
4B5XT-BOSBK-94O5F-669DJ
Subscribe to:
Posts (Atom)