My Blog List

Friday, November 18, 2022

CARA MENGUSIR LALAT BANDEL DI RUMAH

Lalat seringkali muncul di rumah saat musim hujan tiba. Suhu udara yang lembap membuat lalat-lalat bermunculan di musim hujan.
Cara mengusir lalat sebenarnya tak sulit. Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah. 

Kehadiran serangga terbang ini sangat mengganggu kenyamanan pemilik rumah. Meski tidak menggigit, tetapi suara lalat bikin bising di telinga dan tubuhnya yang kotor bisa jadi biang penyakit.

Seekor lalat terbang dan senang hinggap dari satu tempat ke tempat lainnya dengan membawa kotoran maupun bakteri bersamanya.

Tubuh lalat bisa membawa bakteri atau virus penyebab penyakit, seperti disentri, kolera, diare, infeksi mata, sampai tifus.


Cara Mengusir Lalat

Mengusir lalat bisa menggunakan berbagai bahan. Mulai dari bahan alami sampai cairan insektisida.

Dirangkum berbagai sumber, berikut cara mengusir lalat yang bisa Anda coba supaya rumah tetap bersih dan bebas penyakit.

1. Rajin bersihkan tempat sampah
Hal sederhana untuk mengusir lalat yaitu membersihkan tempat sampah. Seperti kita tahu, lalat paling suka dengan tempat kotor seperti tumpukan sampah.

Segera cek kondisi tempat sampah di rumah Anda. Pastikan bersih dan selalu dalam keadaan tertutup rapat.

Apabila sampah di rumah sudah diangkut oleh petugas kebersihan, jangan lupa untuk membersihkan wadahnya dengan disinfektan atau karbol.


2. Bersihkan kotoran hewan peliharaan
Hewan peliharaan di rumah bisa saja buang kotoran sembarangan. Apabila kotorannya tidak segera dibersihkan, maka siap-siap kedatangan lalat.

Apa pun jenis hewan peliharaan di rumah, Anda tetap harus menjaga kebersihan kandang dan kotorannya. Setidaknya bersihkan kandang hewan sampai steril setiap 3 hari sekali.

Selain menguntungkan pemilih rumah supaya terhindar dari lalat, kandang yang bersih juga bisa mencegah datangnya penyakit.


3. Pel lantai dengan cairan pencuci piring dan karbol


Cara mengusir lalat selanjutnya yaitu pel lantai dengan cairan khusus. Siapkan ember kosong berisi air hangat, lalu campurkan cairan pencuci piring dan karbol aroma sereh secukupnya.

Kemudian aduk airnya menggunakan alat pel. Setelah itu, Anda pel lantai rumah dengan cairan tersebut sampai bersih.

Selain karbol aroma sereh, Anda bisa menggunakan aroma lain seperti lavender dan marigold. Kedua aroma tersebut sangat tidak disukai lalat.


4. Membuat perangkap dari cuka apel
Jika lalat di rumah masih kerap muncul, saatnya membuat perangkap. Siapkan campuran sari cuka apel dan sabun cuci piring, perbandingan 1:1 ke dalam gelas.

Tutup gelas dengan plastik, lalu ikat memakai karet. Lubangi plastik tersebut di bagian atas supaya menarik lalat masuk karena aroma cuka.

Alternatif lain yaitu membuat cairan cabai rawit dan air. Cukup potong beberapa buah cabai, masukkan ke botol air dan semprot ke area yang rentan dihinggapi lalat.


5. Menanam tanaman herbal
Ilustrasi. Cara mengusir lalat dengan menanam tanaman yang aromanya dibenci lalat


Ada beberapa jenis tanaman yang dibenci lalat, seperti lavender, kemangi, cengkih, marigold, daun salam, dan tumbuhan catnip.

Tanaman herbal di atas umumnya memiliki aroma khas yang cukup kuat dan bau tanaman itu tidak disukai lalat dan serangga lainnya.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda mulai menanam tanaman tersebut di rumah supaya mencegah lalat datang.


6. Pasang alat perangkap lalat
Memasang alat perangkap tentu bisa lebih mudah dalam menjebak lalat masuk. Anda dapat membeli alat khusus di toko perkakas.

Ada banyak jenis alat perangkap lalat yang bisa dipilih. Biasanya ada yang memakai lem sampai lampu LED UV.

Dari segi harga, alat jebakan lalat ini bervariasi. Rata-rata sekitar Rp70 ribu sampai Rp100 ribu ke atas.


7. Semprot dengan insektisida

Cara mengusir lalat yang paling ampuh adalah menyemprot dengan insektisida. Anda dapat membeli secara bebas di toko atau marketplace.

Insektisida lalat umumnya berbentuk aerosol sehingga praktis tinggal disemprot. Selain mengusir lalat, insektisida juga ampuh membasmi jenis serangga lainnya seperti nyamuk dan kecoak.

Pemakaian insektisida ini tetap perlu diperhatikan. Pastikan tidak disemprot sembarangan ke alat makan, dekat anak-anak, hewan peliharaan, atau benda yang mudah terbakar.

Wednesday, November 9, 2022

PENGUATAN KAPASITAS PERAN DAN TUGAS GURU DI ERA KURIKULUM MERDEKA WUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

Profil Pelajar Pancasila – Di awal tahun 2022, persentase sekolah yang menerapkan kebijakan Kurikulum Merdeka bertambah. Sesuai perencanaan, kurikulum tersebut akan diwajibkan pada tahun 2024. Maka dari itu, sebagian sekolah yang belum menerapkan kebijakan tersebut harus segera bersiap dan mengkaji dengan matang kurikulum tersebut. Sehingga sebagian instansi pendidikan dan lembaga tidak kaget sebab pemerintahan sudah memberikan jangka waktu yang cukup panjang untuk masa peralihan. Terpilihnya Kurikulum Merdeka untuk diterapkan serentak tahun 2024, merupakan suatu upaya yang bertujuan meningkatkan aspek kualitas pendidikan generasi negeri agar sesuai dengan kuota yang dibutuhkan zaman. Selain itu, salah satu model pembelajaran yang digadang – gadang sesuai dengan Kurikulum Merdeka yakni Project Based Learning. Keunggulannya bukan semata karena akan menjadikan peserta didik lebih aktif, namun juga memahami pembelajaran dengan mudah. Selain itu, dengan menerapkan model tersebut, besar harapannya ikut menguatkan karakter Profil Pelajar Pancasila dalam diri peserta didik. Program penguatan Profil Pelajar Pancasila bertujuan untuk mewujudkan karakter pelajar Indonesia menjadi karakter yang berkompeten sepanjang hayat sekaligus mengimplementasikan nilai – nilai Pancasila. Pun turut memberi kesempatan pada peserta didik untuk mendalami sebuah proses pencarian ilmu pengetauan pada proses penguatan karakter. Penerapan project based learning pada Kurikulum Merdeka dinilai efektif dan dapat memberi perubahan yang signifikan. Perlu diketahui, Project Based Learning adalah model belajar yang memusatkan perhatian pada peserta didik untuk bersama – sama menciptakan adanya proyek maupun aktivitas nyata di mana bertujuan untuk membuat peserta didik lebih aktif dalam kegiatan belajar. Dalam pelaksanaannya, tentu peserta didik akan merasakan beberapa kendala baik kontekstual maupun lainnya. Kondisi ini mengharuskan peserta didik untuk melakukan proses investigasi sekaligus pemecahan masalah supaya terselesaikan dengan cara yang tepat. Maka di sinilah seharusnya guru dan para pemangku kepentingan ikut berkontribusi dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek. Tujuannya supaya penerapan dapat berjalan dengan optimal dan efektif. Menurut modul Panduan Pelaksanaan pada program penguatan Profil Pelajar Pancasila, guru dan beberapa pemangku kepentingan memiliki tanggung jawab pada keberhasilan pelaksanaannya. Adapun perinciannya sebagai berikut : 1. Peran Guru Pada pembelajaran berbasis proyek, guru berperan sebagai berikut : Pertama, guru berperan sebagai perencana suatu proyek. Biasanya, guru dapat memulai dengan ikut membantu dalam membuatkan perencanaan suatu proyek. Selain itu guru juga dapat ikut menentukan timeline / alur kegiatan, memberi contoh / membuatkan strategi pelaksanaan. Hal utama yang juga tidak boleh dilupakan yakni guru membuatkan rubrik penilaian proyek. Baca juga: RUU Sisdiknas Merilis Dua Model Sekolah Pendidikan Formal Kedua, guru berperan sebagai fasilitator. Pada penerapannya, guru bertindak sebagai fasilitator untuk bisa memberikan fasilitas kepada peserta didik untuk bisa menyelesaikan proyek berdasar minatnya. Sebagai contoh, guru dapat memberikan beragam pilihan terkait cara belajar sekaligus menunjukkan contoh produk belajar yang disesuaikan dengan preferensi mereka. Ketiga, guru berperan sebagai pendamping. Pada perannya sebagai pendamping, maka guru bertugas untuk membimbing sekaligus mendampingi para peserta didik selama pengerjaan proyek. Guru pun juga dapat membantu peserta didik bila mereka menemukan kesulitan maupun kendala saat pengerjaan tugas proyek. Selain itu, guru dapat membantu peserta didik untuk bisa menemukan ide yang cukup relevan sekaligus memberikan petunjuk pada peserta didik. Hal ini bertujuan agar peserta didik segera merancang tindak lanjutan. Keempat, guru berperan sebagai narasumber. Pada perannya ini, guru ikut memberikan beberapa ragam informasi pengetahuan berkenaan dengan proyek. Pun, guru juga ikut memfasilitasi dan menasehati peserta didik mengenai aspek keterampilan yang harus daisah agar proyek terlaksana dengan baik. Kelima, guru berperan sebagai supervisor dan konsultan. Pada perannya, guru berusaha untuk bisa memberikan pengawasan maupun arahan pada peserta didik dalam pencapaian proyek. Pun, penting bagi guru untuk senantiasa memberikan masukan dan saran bilamana mendapati kesalahan. Selain itu, pentingnya bagi guru juga mengingat peran untuk membuat asesmen performa peserta didik pada pembuatan proyek. Keenam, guru berperan sebagai moderator yang berperan untuk memandu maupun ikut mengantarkan pada kegiatan diskusi. 2. Peran Kepala Satuan Pendidikan Selain guru, para kepala satuan pendidikan juga memiliki andil pada keberhasilan pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek sehingga mewujudkan karakter Profil Pelajar Pancasila. Adapun perencanaannya sebagai berikut : Pertama, para kepala satuan pendidikan dapat berperan sebagai pencetus pembuatan tim pelaksana proyek. Selain itu, penting bagi para kepala satuan pendidikan untuk ikut terlibat dalam perencanaan proyek. Kedua, para kepala satuan pendidikan berperan menjadi pengawas. Tujuannya, para pengawas ini akan ikut memastikan jalannya suatu proyek. Selain itu, para pengawas akan ikut mengelola sumber daya pada satuan pendidikan secara transparan dan akuntabel. Ketiga, para kepala satuan pendidikan berperan sebagai pembangun komunikasi. Maksudnya, para satuan pendidikan bertugas untuk menjalankan adanya kolaborasi efektif baik antara guru maupun peserta didik, orang tua peserta didik serta narasumber dari pengaya proyek (misalnya seperti masyarakat, komunitas, praktisi dll). Baca juga: Mengenal Pembelajaran Berdiferensiasi dan Penerapannya di Kelas Keempat, para kepala satuan pendidikan ikut mengembangkan sebuah komunitas praktisi yang ada di dalam satuan pendidikan. Selain itu, mereka juga bertugas untuk meningkatkan keberadaan kompetensi pendidik berkelanjutan. Kelima, para kepala satuan pendidikan berperan untuk memberikan pelatihan pada para guru secara terus menerus atau berkala. Tujuannya untuk bisa meningkatkan beragam aspek kemampuan pada pelaksanaan program Profil Pelajar Pancasila. Keenam, para kepala satuan pendidikan ikut dalam perencanaan, pelaksanaan, penyusunan refleksi maupun evaluasi terhadap pengembangan proyek maupun asesmen yang pusatnya pada peserta didik. 3. Peran Peserta Didik Adapun peran peserta didik pada pelaksanaan program Profil Pelajar Pancasila sebagai berikut : Pertama, peserta didik ikut berkontribusi secaar aktif untuk bisa melakukan serangkaian kegiatan pembelajaran berdasar minat dan kelebihan yang mereka miliki. Kedua, peserta didik berperan untuk menjadi seorang pelajar sepanjang hayat yang berkompeten dan memiliki karakter berdasar nilai – nilai yang ada dalam Pancasila. 4. Peran Masyarakat Kendati masyarakat tidak ikut terlibat langsung pada penugasan proyek, mereka tetap memiliki peran tersendiri agar pembelajaran berbasis proyek dapat terwujud. Adapun peran masyarakat dalam pelaksanaan program Profil Pelajar Pancasilayakni sebagai berikut : Pertama, masyarakat berperan untuk ikut menemukan maupun mengidentifikasi beragam permasalahan yang ada. Bisa juga bila mereka ikut memberikan informasi baik sebagai narasumber maupun penyedia bukti dari isu yang sedang dibutuhkan peserta didik. Kedua, masyarakat berperan sebagai sumber maupun bahan belajar yang memiliki ketinggian makna bagi peserta didik agar mereka terlibat pada penugasan penguatan Profil Pelajar Pancasila. 5. Peran Dinas Pendidikan Provinsi Selain itu, terdapat Dinas Pendidikan yang ikut berperan pada pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek. Adapun perannya yakni : Pertama, Dinas Pendidikan berperan sebagai pengawas untuk bisa memastikan seluruh satuan pendidikan memiliki sumber daya, sarana maupun prasarana dalam pelaksanaan kegiatan berbasis proyek. Kedua, Dinas Pendidikan berperan untuk memberi dukungan maupun peningkatan seluruh kapasitas pendidik maupun tenaga kependidikan berdasar kebutuhan. Nah, demikian ulasan mengenai Profil Pelajar Pancasila dan beberapa rincian peran guru dan pemangku kepentingan lannya dalam penerapan program tersebut.

Jumlah Angka Kredit Publikasi Ilmiah Guru PNS Golongan III dan IV

Publikasi ilmiah adalah karya tulis ilmiah yang telah dipublikasikan kepada masyarakat. Publikasi ilmiah merupakan salah satu komponen Penilaian Angka Kredit pada unsur Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (Unsur Utama). Berdasarkan Ketentuan Pasal 17, PermenPANRB Nomor 16 Tahun 2009, jumlah minimum angka kredit untuk memenuhi persyaratan kenaikan pangkat/jabatan guru dari unsur pengembangan keprofesian berkelanjutan subunsur publikasi ilmiah dan/atau karya inovatif adalah sebagai berikut. Keterangan : Untuk kenaikan pangkat/golongan mulai IIId ke atas : Jumlah publikasi yang berbentuk diktat, karya terjemahan, atau tulisan ilmiah populer paling banyak 3 (tiga) buah, buku pedoman guru dibuat paling banyak 1 (satu) buah. Penulisan laporan penelitian maksimal 2 laporan per tahun. Karya Inovatif maksimal 50% dari angka kredit yang dibutuhkan. Kegiatan publikasi ilmiah dan/atau karya inovatif ada yang dilakukan secara individu dan juga kelompok. Besaran angka kredit untuk kegiatan publikasi ilmiah dan/atau karya inovatif yang dilakukan secara bersama adalah seperti pada tabel berikut. Bentuk Publikasi Ilmiah Bentuk publikasi ilmiah yang dapat dilakukan oleh guru adalah presentasi pada forum ilmiah, publikasi hasil penelitian atau gagasan inovatif pada bidang pendidikan formal, dan publikasi buku teks pelajaran, buku pengayaan dan/atau pedoman guru. 1. Presentasi pada Forum Ilmiah Presentasi pada forum ilmiah adalah kegiatan penyampaian gagasan ilmiah sebagai salah satu bentuk publikasi ilmiah. Bentuk kegiatan presentasi pada forum ilmiah Menjadi pemrasaran/narasumber pada seminar atau lokakarya ilmiah. Menjadi pemrasaran/narasumber pada koloqium atau diskusi ilmiah. Bukti fisik yang dinilai makalah/prosiding yang sudah disajikan pada pertemuan ilmiah dan telah disahkan oleh kepala sekolah; dan surat keterangan dari panitia seminar atau sertifikat/ piagam dari panitia pertemuan ilmiah. Makalah/Prosiding yang disajikan harus merupakan tulisan ilmiah yang berisi ringkasan laporan hasil penelitian, gagasan, ulasan, atau tinjauan ilmiah. Angka kredit Untuk memperoleh angka kredit isi makalah/Prosiding harus relevan dengan bidang pendidikan formal, seperti masalah pembelajaran, tugas pokok guru pada satuan pendidikannya sesuai dengan tugas guru yang bersangkutan. Isi makalah di luar bidang tersebut tidak dapat diberikan angka kredit. Angka kredit pemrasaran/narasumber pada forum ilmiah adalah sebagaimana tabel berikut. Catatan : Bagi Guru Madya, golongan ruang IV/c, yang akan naik jabatan menjadi Guru Utama, golongan ruang IV/d, wajib melaksanakan presentasi ilmiah. 2. Hasil Penelitian atau Gagasan Ilmiah Bidang Pendidikan Formal Publikasi Ilmiah hasil penelitian atau gagasan ilmiah bidang pendidikan formal meliputi laporan hasil penelitian, makalah berupa tinjauan ilmiah, tulisan ilmiah populer, dan artikel ilmiah dalam bidang pendidikan. a. Laporan Hasil Penelitian Laporan hasil penelitian berupa karya tulis yang didasarkan pada hasil penelitian yang dilakukan guru pada bidang pendidikan sesuai dengan tugas pokoknya. Laporan penelitian dapat berupa penelitian tindakan kelas, penelitian eksperimen, penelitian deskriptif, penelitian perbandingan, penelitian korelasi, dan sebagainya. Khusus untuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan minimal 2 (dua) siklus, satu siklus minimal dua kali pertemuan. Ketentuan Seminar Publikasi Ilmiah Laporan hasil penelitian yang dilengkapi dengan berita acara yang membuktikan bahwa hasil penelitian tersebut telah diseminarkan di sekolahnya. dengan ketentuan sebagai berikut. Seminar dilaksanakan di sekolahnya sesuai dengan yang dipersyaratkan, yaitu dihadiri minimal 15 orang guru dari 3 sekolah setingkat. Syarat tersebut tidak berlaku untuk sekolah di daerah terpencil/khusus, Satuan Pendidikan Indonesia Luar Negeri (SPILN). Bukti kegiatan seminar ini tidak berlaku untuk angka kredit pengembangan diri dan presentasi forum ilmiah. Berita acara berisi keterangan waktu, tempat, peserta, notulen seminar, dan dilengkapi dengan daftar hadir peserta dan ditandatangani oleh ketua panitia seminar dan kepala sekolah. Angka Kredit Besaran angka kredit untuk publikasi karya tulis hasil penelitian pada bidang pendidikan di sekolah adalah sebagai berikut. b. Makalah Berupa Tinjauan Ilmiah Gagasan atau Pengalaman Terbaik (Best Practice) Makalah tinjauan ilmiah adalah karya tulis guru yang berisi ide/gagasan penulis dalam upaya mengatasi berbagai masalah pendidikan formal dan pembelajaran yang ada di satuan pendidikannya (di sekolahnya). Best Practice adalah “Praktik Terbaik” dari keberhasilan seseorang guru atau kelompok guru dalam melaksanakan tugas, termasuk dalam mengatasi berbagai masalah di sekolahnya. Besaran angka kredit tinjauan Ilmiah/best practice dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikan, adalah sebagaimana tabel berikut. c. Tulisan Ilmiah Populer Tulisan Ilmiah Populer adalah tulisan ilmiah yang dipublikasikan di media massa (koran, majalah, atau Media online yang mempunyai alamat website resmi bukan Blog). T Bukti fisiknya berupa guntingan (kliping) tulisan guru yang bersangkutan dari media massa yang memuat karya ilmiah penulis, dengan pengesahan dari kepala sekolah. Pada guntingan media massa tersebut harus jelas nama media massa serta tanggal terbitnya. Besaran angka kredit tulisan ilmiah populer seperti pada tabel berikut. d. Artikel Gagasan Ilmiah/ Best Practice dalam Bidang Pendidikan Artikel gagasan ilmiah/best practice dalam bidang pendidikan adalah tulisan yang berisi gagasan atau tinjauan ilmiah dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran di satuan pendidikan yang dimuat di jurnal ilmiah. Bukti fisik berupa Jurnal ilmiah asli yang menunjukkan adanya nomor ISSN, tanggal terbitan, susunan dewan redaksi dan editor. Besaran angka kredit artikel gagasan ilmiah/best practice dalam bidang pendidikan ditunjukkan pada tabel berikut. 3. Publikasi Buku Teks Pelajaran, Buku Pengayaan, dan Buku Pedoman Guru Publikasi ilmiah pada kelompok ini terdiri dari: (1) Buku Teks Pelajaran, (2) Buku Pengayaan yang terdiri dari Modul/Diktat pembelajaran, Buku dalam Bidang Pendidikan, Karya Terjemahan, dan (3) Buku Pedoman Guru. a. Buku Teks Pelajaran Buku teks pelajaran adalah buku berisi buku pengetahuan untuk bidang ilmu atau mata pelajaran tertentu dan diperuntukkan bagi peserta didik pada suatu jenjang pendidikan tertentu atau sebagai bahan pegangan mengajar guru, baik sebagai buku utama maupun sebagai buku pelengkap. Bukti fisik berupa buku asli atau fotokopi yang secara jelas menunjukkan nama penulis, nama penerbit, tahun diterbitkan, dan jika buku tersebut diedarkan secra nasional maka diperlukan keterangan lain seperti persetujuan dari BSNP, nomor ISBN. Besaran angka kredit membuat Buku Teks Pelajaran adalah sebagai berikut. b. Modul/Diktat Pembelajaran Modul adalah materi pelajaran yang disusun dan disajikan secara tertulis sedemikian rupa sehingga pembacanya diharapkan dapat menyerap sendiri materi tersebut. Diktat merupakan catatan tertulis suatu mata pelajaran yang dipersiapkan guru untuk mempermudah/memperkaya materi matapelajaran/ bidang studi yang disampaikan olehguru dalam proses kegiatan belajar mengajar. Bukti fisiknya berupa modul/diktat asli atau fotokopi dengan disertai surat keterangan yang menyatakan bahwa modul/diktat tersebut digunakan di tingkat provinsi atau kabupaten/kota atau sekolah setempat. Besaran angka kredit membuat modul dan diktat ditunjukkan pada tabel berikut. c. Buku Dalam Bidang Pendidikan Buku dalam Bidang Pendidikan merupakan buku yang berisi pengetahuan terkait dengan bidang kependidikan. Kegiatan guru yang menghasilkan buku bidang pendidikan harus dibuktikan dengan buku asli atau fotokopi yang secara jelas menunjukkan nama penulis, nama penerbit, tahun diterbitkan, serta keterangan lain yang diperlukan seperti nomor ISBN, dan lain-lain. Jika buku tersebut berupa fotokopi, maka diperlukan pernyataan keaslian dari kepala sekolah yang disertai tanda tangan kepala sekolah dan cap sekolah bersangkutan. Besaran angka kredit buku bidang pendidikan ditunjukkan pada tabel berikut. d. Karya Terjemahan Karya terjemahan adalah tulisan yang dihasilkan dari penerjemahan buku pelajaran atau buku dalam bidang pendidikan dari bahasa asing atau bahasa daerah ke Bahasa Indonesia atau sebaliknya dari Bahasa Indonesia ke bahasa asing atau bahasa daerah untuk membantu proses pembelajaran. Buku terjemahan tersebut harus dilengkapi dengan surat pernyataan dari kepala sekolah yang menjelaskan perlunya karya terjemahan tersebut untuk menunjang proses pembelajaran disertai tanda tangan kepala sekolah dan cap sekolah bersangkutan. Besaran angka kredit karya terjemahan adalah satu untuk setiap karya yang dihasilkan sebagaimana berikut. e. Buku Pedoman Guru Buku Pedoman Guru adalah buku tulisan guru yang berisi rencana kerja tahunan guru terdiri dari rencana kerja pengembangan pembelajaran bagi peserta didik dan rencana pengembangan profesi bagi guru. Bukti fisik yang harus disertakan dalam pengajuan penilaian angka kredit adalah berupa makalah rencana kerja (Pedoman Kerja Guru) yang secara jelas menunjukkan nama penulis dan tahun rencana kerja tersebut akan dilakukan. Besaran Angka Kredit untuk Buku Pedoman Guru adalah sebagaimana tabel berikut. Sumber : Buku Pedoman Angka Kredit Guru Demikian ulasan mengenai jumlah angka kredit publikasi ilmiah Guru PNS Golongan III dan IV. Semoga bermanfaat.

Sepuluh Jenis Publikasi Ilmiah untuk Kenaikan Pangkat Guru

Selain itu, selama ini yang dipahami guru, publikasi ilmiah yang dibuat harus berupa PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Padahal itu tidak benar sama sekali. Dalam ketentuan di buku 4 tidak ada yang mewajibkan guru membuat PTK. Yang ada guru membuat laporan penelitian. Itu artinya laporan penelitian itu tidak harus membuat PTK, boleh bentuk penelitian yang lain. Misalnya penelitian deskriptif, eksperimen, pengembangan dan lain sebagainya. Ketentuan membuat laporan penelitian juga hanya untuk guru yang memiliki golongan III/d ke atas.

Sebenarnya, jika dicermati, banyak sekali jenis publikasi ilmiah yang bisa dibuat oleh guru, tidak hanya PTK. Saya sering mendapat materi dari beberapa narasumber baik di tingkat provinsi maupun pusat, bahwa jenis publikasi ilmiah yang dapat diusulkan oleh guru ada sepuluh macam, yaitu:

1.     Presentasi di forum ilmiah

Jika guru menjadi narasumber/pemateri di sebuah forum ilmiah, seperti seminar, lokakarya, koloqium, atau diskusi ilmiah, ia dapat mengusulkan makalah atau proceeding (kumpulan makalah dalam seminar) yang disajikan. Sistematika makalah harus sesuai dengan ketentuan di buku 4. 

2.     Laporan Hasil Penelitian

Laporan penelitian yang dibuat oleh guru di sekolahnya dan sesuai bidang studinya dapat diusulkan sebagai publikasi ilmiah. Laporan penelitian ini bisa berupa penelitian deskriptif, eksperimen, pengembangan, atau yang umum dibuat adalah Laporan Penelitian Tindakan Kelas.

3.     Tinjauan Ilmiah dan Best Practice

Tinjauan ilmiah atau yang biasa disebut makalah berisi ide/gagasan untuk mengatasi berbagai masalah Pendidikan formal dan atau pembelajaran yang ada di sekolah guru yang bersangkutan. Sedangkan best practice adalah praktik baik yang telah dilakukan oleh guru di sekolahnya untuk memecahkan masalah yang terjadi.

4.     Tulisan Ilmiah Populer

Adalah tulisan yang berisi pengetahuan, ide, gagasan, pengalaman penulis yang menyangkut bidang Pendidikan pada satuan tugasnya. Tulisan ini kemudian dipublikasikan lewat koran maupun majalah.

5.     Artikel Ilmiah

Artikel ilmiah adalah tulisan gagasan atau tinjauan ilmiah dalam Pendidikan formal dan pembelajaran di satuan Pendidikan yang dimuat di jurnal.

6.     Buku Pelajaran

Yaitu buku yang berisi tentang ilmu pengetahuan atau mata pelajaran yang diperuntukkan bagi siswa

7.     Modul/diktat

Modul disusun sedemikian rupa sehingga siswa dapat menyerap sendiri materi pelajaran yang dipelajari. Sedangkan diktat dibuat untuk mempermudah dan memperkaya materi pelajaran. 

8.     Buku dalam Bidang Pendidikan

Isi buku ini tidak hanya untuk siswa, dapat berupa informasi pengetahuan dalam bidang Pendidikan 

9.     Karya Terjemahan

Yaitu berupa penerjemahan  buku untuk menunjang proses pembelajaran

10. Buku Pedoman Guru

Buku yang berisi rencana kerja guru dalam setahun mendatang

Ke sepuluh karya publikasi ilmiah di atas, sistematikanya dan penulisannya harus sesuai dengan ketentuan di buku 4.

Tuesday, November 8, 2022

Canon PIXMA MP287 Printer Driver

Canon Pixma MP287 Printer Download Driver Download Canon Pixma MP287 Multifunction Printers Driver (Windows 10/10 x64/8.1/8.1 x64/8/8 x64/7/7 x64/Vista/Vista64/XP) MP280 series MP Driver for Microsoft Windows Printer Canon Pixma MP287 Canon PIXMA MP287 Printer Driver for Windows Compatibility Systems: Windows 11, Windows 10 (32bit), 10 (64bit), Windows 8.1 (32bit), 8.1 (64bit), Windows 8 (32bit), 8 (64bit), Windows 7 (32bit), 7 (64bit), Vista (32bit), Vista (64bit),XP, WinXP (64bit) Driver Name Version Release date File Size Operating systems Download Link Pixma MP280 Series MP Driver 1.04 15 Oct, 21 22.59 MB Windows 11 – Windows10-10×64 – Windows 8.1-8.1×64 – Windows 8-8×64 – Windows 7-7×64 – Vista- Vistax64 Download Canon PIXMA MP287 Driver Description for Microsoft Windows

Klik link Download dibawah ini : 
KLIK DI SINI


 Installation Procedures Click the link, select [ Save ], specify “Save As”, then click [ Save ] to download the file. Memo : If you select [ Run ] ( or [ Open ] ) instead of [ Save ], the file will be automatically installed after it is saved. The downloaded file will be saved in the specified place in the self-extracting form ( .exe format ). Double-click the downloaded EXE file to decompress it, then installation will start automatically. Canon PIXMA MP287 Printer Driver for MAC Driver Name Version Release date File Size Operating systems Download Link MP280 series CUPS Printer Driver 16.40.1.0a 27 Oct, 21 14.18 MB macOS 12, 11, 10.15, 10.14, 10.13, v10.12.1, OS X v10.11, v10.10, OS X v10.9, OS X v10.8.5, OS X v10.7 Download Canon PIXMA MP287 Driver Description for MAC Pixma MP280 series CUPS Printer Driver: This file is a printer driver for Canon IJ printer Canon Selphy CP720 Driver Canon LBP2900b Driver Windows 10 64bit

Thursday, November 3, 2022

SYARAT, KUOTA DAN PENDAFTARAN PENDAFTARAN IPDN 2022


  • Seperti yang diketahui, pendaftaran sekolah kedinasan resmi dibuka sejak Sabtu (9/4/2022). Rencananya, pendaftaran sekolah kedinasan akan dibuka hingga 30 April 2022 di laman https://dikdin.bkn.go.id/.

Sekolah kedinasan adalah perguruan tinggi yang bekerja sama dengan lembaga pemerintah sebagai penyelenggara pendidikan.

Nantinya, lulusan dari sekolah kedinasan akan menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lembaga terkait.

Salah satu sekolah kedinasan yang juga sedang membuka pendaftaran untuk lulusan SMA atau MA adalah IPDN.


Mengacu Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor B/591/M.SM.01.00/2022 tanggal 30 Maret 2022, Kementerian Dalam Negeri memberikan kesempatan bagi lulusan SMA atau MA untuk mengikuti Seleksi Penerimaan Calon Praja (SPCP) IPDN 2022.

Persyaratan Seleksi IPDN 2022

Seleksi masuk IPDN 2022 bertujuan untuk menjaring siswa lulusan SMA atau MA yang akan disiapkan untuk bekerja di seluruh Indonesia di bawah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)

Akan tetapi, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi oleh para calon peserta yang hendak mengikuti seleksi IPDN 2022.

Persyaratan tersebut terbagi menjadi tiga kategori, yakni persyaratan umum, administrasi, dan khusus.

Persyaratan umum seleksi IPDN 2022:

1. Warga Negara Indonesia (WNI).

2. Usia pendaftar minimal 16 (enam belas) tahun dan maksimal 21 (dua puluh satu) tahun pada 1 Agustus 2022.

3. Tinggi badan pendaftar bagi pria minimal 160 cm dan wanita minimal 155 cm..

Persyaratan administrasi seleksi IPDN 2022

1. Ijazah SMA atau MA termasuk lulusan Paket C, bagi lulusan 2019 sampai 2022. Rata-rata nilai rapor dan ujian sekolah adalah 70,00, sedangkan bagi Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat minimal 65,00.

2. Pemegang ijazah sekolah di luar negeri harus mendapat pengesahan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

3. Menunjukkan e-KTP bagi peserta yang berusia 17 tahun atau Kartu Keluarga (KK) bagi yang belum memiliki e-KTP.

4. Berdomisili minimal 1 tahun di provinsi tempat mendaftar.

5. Bagi siswa yang belum memiliki ijazah, wajib melampirkan Surat Keterangan Kelas XII SMA atau MA yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah dan dicap atau distempel basah.

6. Surat Keterangan Orang Asli Papua (OAP).

7. Pakta Integritas.

8. Surat Keterangan Bebas Narkoba yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit Bhayangkara Polri atau Rumah Sakit atau Badan Narkotika Nasional Provinsi, Kabupaten, atau Kota.

9. Surat Keterangan Tidak Buta Warna.

10. Alamat e-mail aktif.

11. Pasfoto berwarna ukuran 4x6 cm dengan latar belakang berwarna merah. Pas foto pendaftar wajib mengenakan kemeja lengan panjang berwarna putih polos dan tidak memakai kacamata.

Persyaratan khusus seleksi IPDN 2022:

1. Tidak sedang menjalani atau terancam hukuman pidana.

2. Tidak bertato dan bertindik atau bekas ditindik bagi peserta pria, kecuali karena ketentuan agama atau adat.

3. Tidak menggunakan kacamata atau lensa kontak.

4. Belum pernah menikah atau kawin dan belum pernah hamil atau melahirkan bagi pendaftar wanita.

5. Belum pernah diberhentikan sebagai Praja IPDN dan perguruan tinggi lainnya secara tidak hormat.

6. Sanggup tidak menikah atau kawin selama mengikuti pendidikan.

7. Bersedia diangkat menjadi CPNS atau PNS dan ditugaskan atau ditempatkan di seluruh Indonesia.

8. Bersedia ditempatkan pada proses pembelajaran di seluruh kampus IPDN.

9. Mematuhi segala peraturan yang berlaku di IPDN.

10. Bersedia diberhentikan sebagai Praja IPDN jika melakukan Pelanggaran Disiplin Praja sebagaimana diatur dalam Pedoman Tata Kehidupan Praja

11. Jika pendaftar terbukti melakukan pemalsuan identitas atau dokumen persyaratan tersebut, pendaftar akan dinyatakan gugur.

Kuota IPDN 2022

Dilansir dari spcp.ipdn.ac.id melaluiKOMPAS.com, jumlah kuota yang disediakan dalam penerimaan IPDN 2022 dibatasi. Kuota tersebut dibagi menjadi 3 kuota utama, di antaranya:

- Kuota 34 provinsi: 1.230 calon praja

- Kuota Provinsi Papua: 109 calon praja

- Kuota Provinsi Papua Barat: 49 calon praja

Hanya calon praja IPDN yang berkualitas dan memiliki dasar pengetahuan serta memenuhi syarat yang akan diterima sebagai calon praja IPDN 2022.

Biaya pendaftaran IPDN 2022

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak Yang Berlaku pada Badan Kepegawaian Negara, pendaftaran seleksi IPDN 2022 hanya perlu membayar Rp 50.000 untuk tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Selain itu, seleksi pendaftaran IPDN 2022 juga tidak dipungut biaya apa pun alias gratis, sehingga tidak memberatkan para peserta.

Pendaftaran seleksi IPDN 2022 dapat dilakukan melalui https://dikdin.bkn.go.id/. Adapun informasi lebih rinci mengenai seleksi IPDN 2022 bisa diakses di laman https://spcp.ipdn.ac.id/2022/.

Tuesday, November 1, 2022

5 Cara Ampuh agar Wanita Tertarik kepada Anda

Banyak lelaki atau pria tertarik dengan wanita tetapi bingung memilih cara mendekatinya. Biasanya, ini terjadi pada mereka yang baru mengenal sosok incarannya. Tak hanya itu, mereka pun takut bila cara pendekatan yang diterapkan berujung kegagalan. Si wanita malah hilang perasaan atau ilfeel, bahkan mungkin kesal sehingga makin menjauh dan sulit didekati. Sebenarnya, untuk menarik perhatian wanita, pria tak berarti harus melulu mendekatinya secara agresif. Malah kalau bisa sebaliknya, buatlah dia terlebih dahulu tertarik hingga penasaran dengan Anda. Bagaimana caranya? Dikutip dari datingmetrics.com, berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan para pria untuk membuat wanita tertarik. Pertama, menonjol di kelompok. Pada dasarnya, wanita menginginkan pria yang berkarakter kuat sebagai pasangan. Maka dari itu, jika laki-laki punya pengaruh yang besar di kelompok atau lingkungan sekitar, terutama bagi kaum hawa, hal tersebut bisa menjadi daya pikat. Tak cuma sikap dan perilaku, penampilan sehari-hari pria dalam kesehariannya juga dapat membentuk citra sebagai pria berkarakter di depan wanita. Untuk itu, cobalah, misalnya, menjaga tubuh agar tetap bugar. Caranya dengan berolahraga di pusat kebugaran atau gym, makan sehat, dan terakhir percaya diri terhadap pakaian yang dikenakan. Kedua, mencintai diri sendiri. Maksudnya di sini bukan berarti egois, melainkan menghargai dan mencintai diri sendiri dengan mengekspresikannya melalui kegiatan positif. Contohnya jika Anda merasa menjadi pencinta alam, tunjukkanlah dengan kesukaan naik gunung atau menyelam (diving) di laut. Pilihan lainnya mungkin menunjukkan kesukaan terhadap olahraga ekstrem, seperti panjat tebing, motokros, atau parkour. Dengan "berinvestasi" melakukan banyak hal positif seperti itu, pria pun akan semakin menarik di mata wanita. Ini karena wanita bisa melihat energi dan gairah positif dari dalam dirinya. Namun, perlu dicatat, jangan sampai Anda melakukan aktivitas tersebut hanya untuk membuat wanita terkesan. Lakukanlah kegiatan itu berdasarkan keinginan sendiri. Ketiga, punya selera humor. Wanita akan sangat menghargai bahkan suka dengan pria ceria yang dapat membuatnya tertawa. Lihat Foto Ilustrasi sepasang kekasih (Shutterstock) Ini terjadi karena ketertarikan wanita dengan pria lebih ditentukan dari kedekatan emosional, bukan secara logis. Alasan ini menjadi dasar kalau pria yang punya selera humor tinggi punya daya tarik kuat bagi wanita. Jadi, ketika sedang bercakap-cakap dengan wanita, janganlah mengajukan pertanyaan yang membosankan layaknya wawancara pekerjaan. Sebagai gantinya, masuklah dengan percakapan ringan, dan tunjukkan sisi lucu dari diri Anda. Keempat, aktivitas menyenangkan. Wanita suka dengan sensasi berbahaya, menegangkan, tetapi juga menyenangkan. Mereka seperti itu karena sudah bosan menjalani rutinitas kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, sebagai pria, Anda harus bisa membawa wanita merasakan sensasi-sensasi seperti itu. Sebagai contoh, Anda bisa mengajak wanita bercanda, bersikap spontan, lalu goda mereka, dan ceritakan kisah menarik tentang hidup Anda. Tak lupa pula untuk mengajak mereka melakukan permainan yang menyenangkan. Kelima, percaya diri. Hal utama yang diperlukan untuk membuat wanita tertarik kepada Anda adalah rasa percaya diri. Tanpa adanya rasa percaya diri, maka wanita sulit untuk mendekat, bahkan menolehkan pandangannya. Bagi kaum hawa, pria yang percaya diri biasanya akan mengejar untuk mewujudkan keinginannya. Pria juga dianggap sebagai seorang pemimpin yang mencintai dan menghargai dirinya sendiri dengan tinggi. Tipe-tipe pria seperti itulah yang dapat membuat wanita tertarik. Nah, bagi Anda yang mengalami masalah dengan rasa percaya diri, jangan takut. Lakukanlah hal-hal yang dapat meningkatkan rasa percaya diri, salah satunya dengan memperbaiki atau meng-upgrade penampilan. Mac Maclntier, President of Innovative Management Group, perusahaan manajemen pelatihan dan konsultasi yang berbasis di Las Vegas, mengamini hal itu. Menurut dia, penampilan erat kaitannya dengan citra diri, dan hal itu tergambar dari sesuatu yang Anda pakai dan gunakan sehari-hari. Salah satunya adalah kendaraan. Lihat Foto Yamaha Indonesia Motor Manufacturing(Yamaha Indonesia Motor Manufacturing) Tak harus dengan kendaraan roda empat atau mobil, Anda sebenarnya bisa menggunakan sepeda motor, Yamaha Nmax misalnya, untuk meningkatkan citra diri. Terlebih lagi, tampilan skutik besar berkapasitas mesin 150 cc ini sudah ditingkatkan dengan mengusung konsep Maximum Design. Hal ini dapat dilihat dari pengaplikasian new inverted LCD digital speedometer, desain tempat duduk premium, dan velg warna emas. Fitur-fitur baru ini kemudian membuat tampilan motor jadi stylish, elegan, dan berkelas. Adapun dari segi performa, skutik dengan bodi "look moge" ini pun bisa menghasilkan performa maksimal dan irit bahan bakar karena sudah berteknologi Blue Core dengan mesin yang menggunakan Variable Valve Actuation (VVA). Nah, dengan lima modal tersebut, wanita yang Anda taksir pun diharapkan bisa tertarik dengan Anda. Dengan begitu, tak perlu lagi galau memikirkan cara untuk mendekati si dia.