GRINDER COMMUNITY, SHARING INFO MUSIC, EVENT INFO, METAL BAND PROMOS, REVIEWS, FLYERS GIGS, BAND MERCHANDISE, BAND LOGGO ORDER, ETC Channel Youtube: https://www.youtube.com/channel/UCTt-S9OYoKcCwZHfZGbZ4zQ?sub_confirmation=1 MENERIMA JASA PEMBUATAN LOGGO BAND
My Blog List
Wednesday, November 9, 2022
PENGUATAN KAPASITAS PERAN DAN TUGAS GURU DI ERA KURIKULUM MERDEKA WUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA
Profil Pelajar Pancasila – Di awal tahun 2022, persentase sekolah yang menerapkan kebijakan Kurikulum Merdeka bertambah. Sesuai perencanaan, kurikulum tersebut akan diwajibkan pada tahun 2024.
Maka dari itu, sebagian sekolah yang belum menerapkan kebijakan tersebut harus segera bersiap dan mengkaji dengan matang kurikulum tersebut.
Sehingga sebagian instansi pendidikan dan lembaga tidak kaget sebab pemerintahan sudah memberikan jangka waktu yang cukup panjang untuk masa peralihan.
Terpilihnya Kurikulum Merdeka untuk diterapkan serentak tahun 2024, merupakan suatu upaya yang bertujuan meningkatkan aspek kualitas pendidikan generasi negeri agar sesuai dengan kuota yang dibutuhkan zaman.
Selain itu, salah satu model pembelajaran yang digadang – gadang sesuai dengan Kurikulum Merdeka yakni Project Based Learning.
Keunggulannya bukan semata karena akan menjadikan peserta didik lebih aktif, namun juga memahami pembelajaran dengan mudah. Selain itu, dengan menerapkan model tersebut, besar harapannya ikut menguatkan karakter Profil Pelajar Pancasila dalam diri peserta didik.
Program penguatan Profil Pelajar Pancasila bertujuan untuk mewujudkan karakter pelajar Indonesia menjadi karakter yang berkompeten sepanjang hayat sekaligus mengimplementasikan nilai – nilai Pancasila. Pun turut memberi kesempatan pada peserta didik untuk mendalami sebuah proses pencarian ilmu pengetauan pada proses penguatan karakter.
Penerapan project based learning pada Kurikulum Merdeka dinilai efektif dan dapat memberi perubahan yang signifikan. Perlu diketahui, Project Based Learning adalah model belajar yang memusatkan perhatian pada peserta didik untuk bersama – sama menciptakan adanya proyek maupun aktivitas nyata di mana bertujuan untuk membuat peserta didik lebih aktif dalam kegiatan belajar.
Dalam pelaksanaannya, tentu peserta didik akan merasakan beberapa kendala baik kontekstual maupun lainnya. Kondisi ini mengharuskan peserta didik untuk melakukan proses investigasi sekaligus pemecahan masalah supaya terselesaikan dengan cara yang tepat.
Maka di sinilah seharusnya guru dan para pemangku kepentingan ikut berkontribusi dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek. Tujuannya supaya penerapan dapat berjalan dengan optimal dan efektif.
Menurut modul Panduan Pelaksanaan pada program penguatan Profil Pelajar Pancasila, guru dan beberapa pemangku kepentingan memiliki tanggung jawab pada keberhasilan pelaksanaannya. Adapun perinciannya sebagai berikut :
1. Peran Guru
Pada pembelajaran berbasis proyek, guru berperan sebagai berikut :
Pertama, guru berperan sebagai perencana suatu proyek. Biasanya, guru dapat memulai dengan ikut membantu dalam membuatkan perencanaan suatu proyek.
Selain itu guru juga dapat ikut menentukan timeline / alur kegiatan, memberi contoh / membuatkan strategi pelaksanaan. Hal utama yang juga tidak boleh dilupakan yakni guru membuatkan rubrik penilaian proyek.
Baca juga: RUU Sisdiknas Merilis Dua Model Sekolah Pendidikan Formal
Kedua, guru berperan sebagai fasilitator. Pada penerapannya, guru bertindak sebagai fasilitator untuk bisa memberikan fasilitas kepada peserta didik untuk bisa menyelesaikan proyek berdasar minatnya.
Sebagai contoh, guru dapat memberikan beragam pilihan terkait cara belajar sekaligus menunjukkan contoh produk belajar yang disesuaikan dengan preferensi mereka.
Ketiga, guru berperan sebagai pendamping. Pada perannya sebagai pendamping, maka guru bertugas untuk membimbing sekaligus mendampingi para peserta didik selama pengerjaan proyek. Guru pun juga dapat membantu peserta didik bila mereka menemukan kesulitan maupun kendala saat pengerjaan tugas proyek.
Selain itu, guru dapat membantu peserta didik untuk bisa menemukan ide yang cukup relevan sekaligus memberikan petunjuk pada peserta didik. Hal ini bertujuan agar peserta didik segera merancang tindak lanjutan.
Keempat, guru berperan sebagai narasumber. Pada perannya ini, guru ikut memberikan beberapa ragam informasi pengetahuan berkenaan dengan proyek. Pun, guru juga ikut memfasilitasi dan menasehati peserta didik mengenai aspek keterampilan yang harus daisah agar proyek terlaksana dengan baik.
Kelima, guru berperan sebagai supervisor dan konsultan. Pada perannya, guru berusaha untuk bisa memberikan pengawasan maupun arahan pada peserta didik dalam pencapaian proyek.
Pun, penting bagi guru untuk senantiasa memberikan masukan dan saran bilamana mendapati kesalahan.
Selain itu, pentingnya bagi guru juga mengingat peran untuk membuat asesmen performa peserta didik pada pembuatan proyek.
Keenam, guru berperan sebagai moderator yang berperan untuk memandu maupun ikut mengantarkan pada kegiatan diskusi.
2. Peran Kepala Satuan Pendidikan
Selain guru, para kepala satuan pendidikan juga memiliki andil pada keberhasilan pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek sehingga mewujudkan karakter Profil Pelajar Pancasila. Adapun perencanaannya sebagai berikut :
Pertama, para kepala satuan pendidikan dapat berperan sebagai pencetus pembuatan tim pelaksana proyek. Selain itu, penting bagi para kepala satuan pendidikan untuk ikut terlibat dalam perencanaan proyek.
Kedua, para kepala satuan pendidikan berperan menjadi pengawas. Tujuannya, para pengawas ini akan ikut memastikan jalannya suatu proyek. Selain itu, para pengawas akan ikut mengelola sumber daya pada satuan pendidikan secara transparan dan akuntabel.
Ketiga, para kepala satuan pendidikan berperan sebagai pembangun komunikasi. Maksudnya, para satuan pendidikan bertugas untuk menjalankan adanya kolaborasi efektif baik antara guru maupun peserta didik, orang tua peserta didik serta narasumber dari pengaya proyek (misalnya seperti masyarakat, komunitas, praktisi dll).
Baca juga: Mengenal Pembelajaran Berdiferensiasi dan Penerapannya di Kelas
Keempat, para kepala satuan pendidikan ikut mengembangkan sebuah komunitas praktisi yang ada di dalam satuan pendidikan. Selain itu, mereka juga bertugas untuk meningkatkan keberadaan kompetensi pendidik berkelanjutan.
Kelima, para kepala satuan pendidikan berperan untuk memberikan pelatihan pada para guru secara terus menerus atau berkala. Tujuannya untuk bisa meningkatkan beragam aspek kemampuan pada pelaksanaan program Profil Pelajar Pancasila.
Keenam, para kepala satuan pendidikan ikut dalam perencanaan, pelaksanaan, penyusunan refleksi maupun evaluasi terhadap pengembangan proyek maupun asesmen yang pusatnya pada peserta didik.
3. Peran Peserta Didik
Adapun peran peserta didik pada pelaksanaan program Profil Pelajar Pancasila sebagai berikut :
Pertama, peserta didik ikut berkontribusi secaar aktif untuk bisa melakukan serangkaian kegiatan pembelajaran berdasar minat dan kelebihan yang mereka miliki.
Kedua, peserta didik berperan untuk menjadi seorang pelajar sepanjang hayat yang berkompeten dan memiliki karakter berdasar nilai – nilai yang ada dalam Pancasila.
4. Peran Masyarakat
Kendati masyarakat tidak ikut terlibat langsung pada penugasan proyek, mereka tetap memiliki peran tersendiri agar pembelajaran berbasis proyek dapat terwujud. Adapun peran masyarakat dalam pelaksanaan program Profil Pelajar Pancasilayakni sebagai berikut :
Pertama, masyarakat berperan untuk ikut menemukan maupun mengidentifikasi beragam permasalahan yang ada. Bisa juga bila mereka ikut memberikan informasi baik sebagai narasumber maupun penyedia bukti dari isu yang sedang dibutuhkan peserta didik.
Kedua, masyarakat berperan sebagai sumber maupun bahan belajar yang memiliki ketinggian makna bagi peserta didik agar mereka terlibat pada penugasan penguatan Profil Pelajar Pancasila.
5. Peran Dinas Pendidikan Provinsi
Selain itu, terdapat Dinas Pendidikan yang ikut berperan pada pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek. Adapun perannya yakni :
Pertama, Dinas Pendidikan berperan sebagai pengawas untuk bisa memastikan seluruh satuan pendidikan memiliki sumber daya, sarana maupun prasarana dalam pelaksanaan kegiatan berbasis proyek.
Kedua, Dinas Pendidikan berperan untuk memberi dukungan maupun peningkatan seluruh kapasitas pendidik maupun tenaga kependidikan berdasar kebutuhan.
Nah, demikian ulasan mengenai Profil Pelajar Pancasila dan beberapa rincian peran guru dan pemangku kepentingan lannya dalam penerapan program tersebut.
Jumlah Angka Kredit Publikasi Ilmiah Guru PNS Golongan III dan IV
Publikasi ilmiah adalah karya tulis ilmiah yang telah dipublikasikan kepada masyarakat.
Publikasi ilmiah merupakan salah satu komponen Penilaian Angka Kredit pada unsur Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (Unsur Utama).
Berdasarkan Ketentuan Pasal 17, PermenPANRB Nomor 16 Tahun 2009, jumlah minimum angka kredit untuk memenuhi persyaratan kenaikan pangkat/jabatan guru dari unsur pengembangan keprofesian berkelanjutan subunsur publikasi ilmiah dan/atau karya inovatif adalah sebagai berikut.
Keterangan :
Untuk kenaikan pangkat/golongan mulai IIId ke atas :
Jumlah publikasi yang berbentuk diktat, karya terjemahan, atau tulisan ilmiah populer paling banyak 3 (tiga) buah, buku pedoman guru dibuat paling banyak 1 (satu) buah.
Penulisan laporan penelitian maksimal 2 laporan per tahun.
Karya Inovatif maksimal 50% dari angka kredit yang dibutuhkan.
Kegiatan publikasi ilmiah dan/atau karya inovatif ada yang dilakukan secara individu dan juga kelompok.
Besaran angka kredit untuk kegiatan publikasi ilmiah dan/atau karya inovatif yang dilakukan secara bersama adalah seperti pada tabel berikut.
Bentuk Publikasi Ilmiah
Bentuk publikasi ilmiah yang dapat dilakukan oleh guru adalah presentasi pada forum ilmiah, publikasi hasil penelitian atau gagasan inovatif pada bidang pendidikan formal, dan publikasi buku teks pelajaran, buku pengayaan dan/atau pedoman guru.
1. Presentasi pada Forum Ilmiah
Presentasi pada forum ilmiah adalah kegiatan penyampaian gagasan ilmiah sebagai salah satu bentuk publikasi ilmiah.
Bentuk kegiatan presentasi pada forum ilmiah
Menjadi pemrasaran/narasumber pada seminar atau lokakarya ilmiah.
Menjadi pemrasaran/narasumber pada koloqium atau diskusi ilmiah.
Bukti fisik yang dinilai
makalah/prosiding yang sudah disajikan pada pertemuan ilmiah dan telah disahkan oleh kepala sekolah; dan
surat keterangan dari panitia seminar atau sertifikat/ piagam dari panitia pertemuan ilmiah. Makalah/Prosiding yang disajikan harus merupakan tulisan ilmiah yang berisi ringkasan laporan hasil penelitian, gagasan, ulasan, atau tinjauan ilmiah.
Angka kredit
Untuk memperoleh angka kredit isi makalah/Prosiding harus relevan dengan bidang pendidikan formal, seperti masalah pembelajaran, tugas pokok guru pada satuan pendidikannya sesuai dengan tugas guru yang bersangkutan.
Isi makalah di luar bidang tersebut tidak dapat diberikan angka kredit. Angka kredit pemrasaran/narasumber pada forum ilmiah adalah sebagaimana tabel berikut.
Catatan :
Bagi Guru Madya, golongan ruang IV/c, yang akan naik jabatan menjadi Guru Utama, golongan ruang IV/d, wajib melaksanakan presentasi ilmiah.
2. Hasil Penelitian atau Gagasan Ilmiah Bidang Pendidikan Formal
Publikasi Ilmiah hasil penelitian atau gagasan ilmiah bidang pendidikan formal meliputi laporan hasil penelitian, makalah berupa tinjauan ilmiah, tulisan ilmiah populer, dan artikel ilmiah dalam bidang pendidikan.
a. Laporan Hasil Penelitian
Laporan hasil penelitian berupa karya tulis yang didasarkan pada hasil penelitian yang dilakukan guru pada bidang pendidikan sesuai dengan tugas pokoknya.
Laporan penelitian dapat berupa penelitian tindakan kelas, penelitian eksperimen, penelitian deskriptif, penelitian perbandingan, penelitian korelasi, dan sebagainya.
Khusus untuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan minimal 2 (dua) siklus, satu siklus minimal dua kali pertemuan.
Ketentuan Seminar Publikasi Ilmiah
Laporan hasil penelitian yang dilengkapi dengan berita acara yang membuktikan bahwa hasil
penelitian tersebut telah diseminarkan di sekolahnya. dengan ketentuan sebagai berikut.
Seminar dilaksanakan di sekolahnya sesuai dengan yang dipersyaratkan, yaitu dihadiri minimal 15 orang guru dari 3 sekolah setingkat. Syarat
tersebut tidak berlaku untuk sekolah di daerah terpencil/khusus, Satuan Pendidikan Indonesia Luar Negeri (SPILN).
Bukti kegiatan seminar ini tidak berlaku untuk angka kredit pengembangan diri dan presentasi forum ilmiah.
Berita acara berisi keterangan waktu, tempat, peserta, notulen seminar, dan dilengkapi dengan daftar hadir peserta dan ditandatangani oleh ketua panitia seminar dan kepala sekolah.
Angka Kredit
Besaran angka kredit untuk publikasi karya tulis hasil penelitian pada bidang pendidikan di sekolah adalah sebagai berikut.
b. Makalah Berupa Tinjauan Ilmiah Gagasan atau Pengalaman Terbaik (Best Practice)
Makalah tinjauan ilmiah adalah karya tulis guru yang berisi ide/gagasan penulis dalam upaya mengatasi berbagai masalah pendidikan formal dan pembelajaran yang ada di satuan pendidikannya (di sekolahnya).
Best Practice adalah “Praktik Terbaik” dari keberhasilan seseorang guru atau kelompok guru dalam melaksanakan tugas, termasuk dalam mengatasi berbagai masalah di sekolahnya.
Besaran angka kredit tinjauan Ilmiah/best practice dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikan, adalah sebagaimana tabel berikut.
c. Tulisan Ilmiah Populer
Tulisan Ilmiah Populer adalah tulisan ilmiah yang dipublikasikan di media massa (koran, majalah, atau Media online yang mempunyai alamat website resmi bukan Blog). T
Bukti fisiknya berupa guntingan (kliping) tulisan guru yang bersangkutan dari media massa yang memuat karya ilmiah penulis, dengan pengesahan dari kepala sekolah. Pada guntingan media massa tersebut harus jelas nama media massa serta tanggal terbitnya.
Besaran angka kredit tulisan ilmiah populer seperti pada tabel berikut.
d. Artikel Gagasan Ilmiah/ Best Practice dalam Bidang Pendidikan
Artikel gagasan ilmiah/best practice dalam bidang pendidikan adalah tulisan yang berisi gagasan atau tinjauan ilmiah dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran di satuan pendidikan yang dimuat di jurnal ilmiah.
Bukti fisik berupa Jurnal ilmiah asli yang menunjukkan adanya nomor ISSN, tanggal terbitan, susunan dewan redaksi dan editor.
Besaran angka kredit artikel gagasan ilmiah/best practice dalam bidang pendidikan ditunjukkan pada tabel berikut.
3. Publikasi Buku Teks Pelajaran, Buku Pengayaan, dan Buku Pedoman Guru
Publikasi ilmiah pada kelompok ini terdiri dari: (1) Buku Teks Pelajaran, (2) Buku Pengayaan yang terdiri dari Modul/Diktat pembelajaran, Buku dalam Bidang Pendidikan, Karya Terjemahan, dan (3) Buku Pedoman Guru.
a. Buku Teks Pelajaran
Buku teks pelajaran adalah buku berisi buku pengetahuan untuk bidang ilmu atau mata pelajaran tertentu dan diperuntukkan bagi peserta didik pada suatu jenjang pendidikan tertentu atau sebagai bahan pegangan mengajar guru, baik sebagai buku utama maupun sebagai buku pelengkap.
Bukti fisik berupa buku asli atau fotokopi yang secara jelas menunjukkan nama penulis, nama penerbit, tahun diterbitkan, dan jika buku tersebut diedarkan secra nasional maka diperlukan keterangan lain seperti persetujuan dari BSNP, nomor ISBN.
Besaran angka kredit membuat Buku Teks Pelajaran adalah sebagai berikut.
b. Modul/Diktat Pembelajaran
Modul adalah materi pelajaran yang disusun dan disajikan secara tertulis sedemikian rupa sehingga pembacanya diharapkan dapat menyerap sendiri materi tersebut.
Diktat merupakan catatan tertulis suatu mata pelajaran yang dipersiapkan guru untuk mempermudah/memperkaya materi matapelajaran/ bidang studi yang disampaikan olehguru dalam proses kegiatan belajar mengajar.
Bukti fisiknya berupa modul/diktat asli atau fotokopi dengan disertai surat keterangan yang menyatakan bahwa modul/diktat tersebut digunakan di tingkat provinsi atau kabupaten/kota atau sekolah setempat.
Besaran angka kredit membuat modul dan diktat ditunjukkan pada tabel berikut.
c. Buku Dalam Bidang Pendidikan
Buku dalam Bidang Pendidikan merupakan buku yang berisi pengetahuan terkait dengan bidang kependidikan.
Kegiatan guru yang menghasilkan buku bidang pendidikan harus dibuktikan dengan buku asli atau fotokopi yang secara jelas menunjukkan nama penulis, nama penerbit, tahun diterbitkan, serta keterangan lain yang diperlukan seperti nomor ISBN, dan lain-lain.
Jika buku tersebut berupa fotokopi, maka diperlukan pernyataan keaslian dari kepala sekolah yang disertai tanda tangan kepala sekolah dan cap sekolah bersangkutan.
Besaran angka kredit buku bidang pendidikan ditunjukkan pada tabel berikut.
d. Karya Terjemahan
Karya terjemahan adalah tulisan yang dihasilkan dari penerjemahan buku pelajaran atau buku dalam bidang pendidikan dari bahasa asing atau bahasa daerah ke Bahasa Indonesia atau sebaliknya dari Bahasa Indonesia ke bahasa asing atau bahasa daerah untuk membantu proses pembelajaran.
Buku terjemahan tersebut harus dilengkapi dengan surat pernyataan dari kepala sekolah yang menjelaskan perlunya karya terjemahan tersebut untuk menunjang proses pembelajaran disertai tanda tangan kepala sekolah dan cap sekolah bersangkutan.
Besaran angka kredit karya terjemahan adalah satu untuk setiap karya yang dihasilkan sebagaimana berikut.
e. Buku Pedoman Guru
Buku Pedoman Guru adalah buku tulisan guru yang berisi rencana kerja tahunan guru terdiri dari rencana kerja pengembangan pembelajaran bagi peserta didik dan rencana pengembangan profesi bagi guru.
Bukti fisik yang harus disertakan dalam pengajuan penilaian angka kredit adalah berupa makalah rencana kerja (Pedoman Kerja Guru) yang secara jelas menunjukkan nama penulis dan tahun rencana kerja tersebut akan dilakukan.
Besaran Angka Kredit untuk Buku Pedoman Guru adalah sebagaimana tabel berikut.
Sumber : Buku Pedoman Angka Kredit Guru
Demikian ulasan mengenai jumlah angka kredit publikasi ilmiah Guru PNS Golongan III dan IV. Semoga bermanfaat.
Sepuluh Jenis Publikasi Ilmiah untuk Kenaikan Pangkat Guru
Selain itu, selama ini yang dipahami guru, publikasi ilmiah yang dibuat harus berupa PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Padahal itu tidak benar sama sekali. Dalam ketentuan di buku 4 tidak ada yang mewajibkan guru membuat PTK. Yang ada guru membuat laporan penelitian. Itu artinya laporan penelitian itu tidak harus membuat PTK, boleh bentuk penelitian yang lain. Misalnya penelitian deskriptif, eksperimen, pengembangan dan lain sebagainya. Ketentuan membuat laporan penelitian juga hanya untuk guru yang memiliki golongan III/d ke atas.
Sebenarnya, jika dicermati, banyak sekali jenis publikasi ilmiah yang bisa dibuat oleh guru, tidak hanya PTK. Saya sering mendapat materi dari beberapa narasumber baik di tingkat provinsi maupun pusat, bahwa jenis publikasi ilmiah yang dapat diusulkan oleh guru ada sepuluh macam, yaitu:
1. Presentasi di forum ilmiah
Jika guru menjadi narasumber/pemateri di sebuah forum ilmiah, seperti seminar, lokakarya, koloqium, atau diskusi ilmiah, ia dapat mengusulkan makalah atau proceeding (kumpulan makalah dalam seminar) yang disajikan. Sistematika makalah harus sesuai dengan ketentuan di buku 4.
2. Laporan Hasil Penelitian
Laporan penelitian yang dibuat oleh guru di sekolahnya dan sesuai bidang studinya dapat diusulkan sebagai publikasi ilmiah. Laporan penelitian ini bisa berupa penelitian deskriptif, eksperimen, pengembangan, atau yang umum dibuat adalah Laporan Penelitian Tindakan Kelas.
3. Tinjauan Ilmiah dan Best Practice
Tinjauan ilmiah atau yang biasa disebut makalah berisi ide/gagasan untuk mengatasi berbagai masalah Pendidikan formal dan atau pembelajaran yang ada di sekolah guru yang bersangkutan. Sedangkan best practice adalah praktik baik yang telah dilakukan oleh guru di sekolahnya untuk memecahkan masalah yang terjadi.
4. Tulisan Ilmiah Populer
Adalah tulisan yang berisi pengetahuan, ide, gagasan, pengalaman penulis yang menyangkut bidang Pendidikan pada satuan tugasnya. Tulisan ini kemudian dipublikasikan lewat koran maupun majalah.
5. Artikel Ilmiah
Artikel ilmiah adalah tulisan gagasan atau tinjauan ilmiah dalam Pendidikan formal dan pembelajaran di satuan Pendidikan yang dimuat di jurnal.
6. Buku Pelajaran
Yaitu buku yang berisi tentang ilmu pengetahuan atau mata pelajaran yang diperuntukkan bagi siswa
7. Modul/diktat
Modul disusun sedemikian rupa sehingga siswa dapat menyerap sendiri materi pelajaran yang dipelajari. Sedangkan diktat dibuat untuk mempermudah dan memperkaya materi pelajaran.
8. Buku dalam Bidang Pendidikan
Isi buku ini tidak hanya untuk siswa, dapat berupa informasi pengetahuan dalam bidang Pendidikan
9. Karya Terjemahan
Yaitu berupa penerjemahan buku untuk menunjang proses pembelajaran
10. Buku Pedoman Guru
Buku yang berisi rencana kerja guru dalam setahun mendatang
Ke sepuluh karya publikasi ilmiah di atas, sistematikanya dan penulisannya harus sesuai dengan ketentuan di buku 4.
Tuesday, November 8, 2022
Canon PIXMA MP287 Printer Driver
Canon Pixma MP287 Printer Download Driver
Download Canon Pixma MP287 Multifunction Printers Driver (Windows 10/10 x64/8.1/8.1 x64/8/8 x64/7/7 x64/Vista/Vista64/XP)
MP280 series MP Driver for Microsoft Windows
Printer Canon Pixma MP287
Canon PIXMA MP287 Printer Driver for Windows
Compatibility Systems: Windows 11, Windows 10 (32bit), 10 (64bit), Windows 8.1 (32bit), 8.1 (64bit), Windows 8 (32bit), 8 (64bit), Windows 7 (32bit), 7 (64bit), Vista (32bit), Vista (64bit),XP, WinXP (64bit)
Driver Name Version Release date File Size Operating systems Download Link
Pixma MP280 Series MP Driver 1.04 15 Oct, 21 22.59 MB Windows 11 – Windows10-10×64 – Windows 8.1-8.1×64 – Windows 8-8×64 – Windows 7-7×64 – Vista- Vistax64 Download
Canon PIXMA MP287 Driver Description for Microsoft Windows
Klik link Download dibawah ini :
KLIK DI SINI
Installation Procedures
Click the link, select [ Save ], specify “Save As”, then click [ Save ] to download the file.
Memo :
If you select [ Run ] ( or [ Open ] ) instead of [ Save ], the file will be automatically installed after it is saved.
The downloaded file will be saved in the specified place in the self-extracting form ( .exe format ).
Double-click the downloaded EXE file to decompress it, then installation will start automatically.
Canon PIXMA MP287 Printer Driver for MAC
Driver Name Version Release date File Size Operating systems Download Link
MP280 series CUPS Printer Driver 16.40.1.0a 27 Oct, 21 14.18 MB macOS 12, 11, 10.15, 10.14, 10.13, v10.12.1, OS X v10.11, v10.10, OS X v10.9, OS X v10.8.5, OS X v10.7
Download
Canon PIXMA MP287 Driver Description for MAC
Pixma MP280 series CUPS Printer Driver: This file is a printer driver for Canon IJ printer
Canon Selphy CP720 Driver
Canon LBP2900b Driver Windows 10 64bit
Thursday, November 3, 2022
SYARAT, KUOTA DAN PENDAFTARAN PENDAFTARAN IPDN 2022
- Seperti yang diketahui, pendaftaran sekolah kedinasan resmi dibuka sejak Sabtu (9/4/2022). Rencananya, pendaftaran sekolah kedinasan akan dibuka hingga 30 April 2022 di laman https://dikdin.bkn.go.id/.
Sekolah kedinasan adalah perguruan tinggi yang bekerja sama dengan lembaga pemerintah sebagai penyelenggara pendidikan.
Nantinya, lulusan dari sekolah kedinasan akan menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lembaga terkait.
Salah satu sekolah kedinasan yang juga sedang membuka pendaftaran untuk lulusan SMA atau MA adalah IPDN.
Mengacu Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor B/591/M.SM.01.00/2022 tanggal 30 Maret 2022, Kementerian Dalam Negeri memberikan kesempatan bagi lulusan SMA atau MA untuk mengikuti Seleksi Penerimaan Calon Praja (SPCP) IPDN 2022.
Persyaratan Seleksi IPDN 2022
Seleksi masuk IPDN 2022 bertujuan untuk menjaring siswa lulusan SMA atau MA yang akan disiapkan untuk bekerja di seluruh Indonesia di bawah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)
Akan tetapi, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi oleh para calon peserta yang hendak mengikuti seleksi IPDN 2022.
Persyaratan tersebut terbagi menjadi tiga kategori, yakni persyaratan umum, administrasi, dan khusus.
Persyaratan umum seleksi IPDN 2022:
1. Warga Negara Indonesia (WNI).
2. Usia pendaftar minimal 16 (enam belas) tahun dan maksimal 21 (dua puluh satu) tahun pada 1 Agustus 2022.
3. Tinggi badan pendaftar bagi pria minimal 160 cm dan wanita minimal 155 cm..
Persyaratan administrasi seleksi IPDN 2022
1. Ijazah SMA atau MA termasuk lulusan Paket C, bagi lulusan 2019 sampai 2022. Rata-rata nilai rapor dan ujian sekolah adalah 70,00, sedangkan bagi Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat minimal 65,00.
2. Pemegang ijazah sekolah di luar negeri harus mendapat pengesahan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
3. Menunjukkan e-KTP bagi peserta yang berusia 17 tahun atau Kartu Keluarga (KK) bagi yang belum memiliki e-KTP.
4. Berdomisili minimal 1 tahun di provinsi tempat mendaftar.
5. Bagi siswa yang belum memiliki ijazah, wajib melampirkan Surat Keterangan Kelas XII SMA atau MA yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah dan dicap atau distempel basah.
6. Surat Keterangan Orang Asli Papua (OAP).
7. Pakta Integritas.
8. Surat Keterangan Bebas Narkoba yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit Bhayangkara Polri atau Rumah Sakit atau Badan Narkotika Nasional Provinsi, Kabupaten, atau Kota.
9. Surat Keterangan Tidak Buta Warna.
10. Alamat e-mail aktif.
11. Pasfoto berwarna ukuran 4x6 cm dengan latar belakang berwarna merah. Pas foto pendaftar wajib mengenakan kemeja lengan panjang berwarna putih polos dan tidak memakai kacamata.
Persyaratan khusus seleksi IPDN 2022:
1. Tidak sedang menjalani atau terancam hukuman pidana.
2. Tidak bertato dan bertindik atau bekas ditindik bagi peserta pria, kecuali karena ketentuan agama atau adat.
3. Tidak menggunakan kacamata atau lensa kontak.
4. Belum pernah menikah atau kawin dan belum pernah hamil atau melahirkan bagi pendaftar wanita.
5. Belum pernah diberhentikan sebagai Praja IPDN dan perguruan tinggi lainnya secara tidak hormat.
6. Sanggup tidak menikah atau kawin selama mengikuti pendidikan.
7. Bersedia diangkat menjadi CPNS atau PNS dan ditugaskan atau ditempatkan di seluruh Indonesia.
8. Bersedia ditempatkan pada proses pembelajaran di seluruh kampus IPDN.
9. Mematuhi segala peraturan yang berlaku di IPDN.
10. Bersedia diberhentikan sebagai Praja IPDN jika melakukan Pelanggaran Disiplin Praja sebagaimana diatur dalam Pedoman Tata Kehidupan Praja
11. Jika pendaftar terbukti melakukan pemalsuan identitas atau dokumen persyaratan tersebut, pendaftar akan dinyatakan gugur.
Kuota IPDN 2022
Dilansir dari spcp.ipdn.ac.id melaluiKOMPAS.com, jumlah kuota yang disediakan dalam penerimaan IPDN 2022 dibatasi. Kuota tersebut dibagi menjadi 3 kuota utama, di antaranya:
- Kuota 34 provinsi: 1.230 calon praja
- Kuota Provinsi Papua: 109 calon praja
- Kuota Provinsi Papua Barat: 49 calon praja
Hanya calon praja IPDN yang berkualitas dan memiliki dasar pengetahuan serta memenuhi syarat yang akan diterima sebagai calon praja IPDN 2022.
Biaya pendaftaran IPDN 2022
Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak Yang Berlaku pada Badan Kepegawaian Negara, pendaftaran seleksi IPDN 2022 hanya perlu membayar Rp 50.000 untuk tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).
Selain itu, seleksi pendaftaran IPDN 2022 juga tidak dipungut biaya apa pun alias gratis, sehingga tidak memberatkan para peserta.
Pendaftaran seleksi IPDN 2022 dapat dilakukan melalui https://dikdin.bkn.go.id/. Adapun informasi lebih rinci mengenai seleksi IPDN 2022 bisa diakses di laman https://spcp.ipdn.ac.id/2022/.
Tuesday, November 1, 2022
5 Cara Ampuh agar Wanita Tertarik kepada Anda
Banyak lelaki atau pria tertarik dengan wanita tetapi bingung memilih cara mendekatinya.
Biasanya, ini terjadi pada mereka yang baru mengenal sosok incarannya.
Tak hanya itu, mereka pun takut bila cara pendekatan yang diterapkan berujung kegagalan.
Si wanita malah hilang perasaan atau ilfeel, bahkan mungkin kesal sehingga makin menjauh dan sulit didekati.
Sebenarnya, untuk menarik perhatian wanita, pria tak berarti harus melulu mendekatinya secara agresif.
Malah kalau bisa sebaliknya, buatlah dia terlebih dahulu tertarik hingga penasaran dengan Anda.
Bagaimana caranya?
Dikutip dari datingmetrics.com, berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan para pria untuk membuat wanita tertarik.
Pertama,
menonjol di kelompok. Pada dasarnya, wanita menginginkan pria yang berkarakter kuat sebagai pasangan. Maka dari itu, jika laki-laki punya pengaruh yang besar di kelompok atau lingkungan sekitar, terutama bagi kaum hawa, hal tersebut bisa menjadi daya pikat. Tak cuma sikap dan perilaku, penampilan sehari-hari pria dalam kesehariannya juga dapat membentuk citra sebagai pria berkarakter di depan wanita. Untuk itu, cobalah, misalnya, menjaga tubuh agar tetap bugar. Caranya dengan berolahraga di pusat kebugaran atau gym, makan sehat, dan terakhir percaya diri terhadap pakaian yang dikenakan.
Kedua,
mencintai diri sendiri. Maksudnya di sini bukan berarti egois, melainkan menghargai dan mencintai diri sendiri dengan mengekspresikannya melalui kegiatan positif. Contohnya jika Anda merasa menjadi pencinta alam, tunjukkanlah dengan kesukaan naik gunung atau menyelam (diving) di laut. Pilihan lainnya mungkin menunjukkan kesukaan terhadap olahraga ekstrem, seperti panjat tebing, motokros, atau parkour. Dengan "berinvestasi" melakukan banyak hal positif seperti itu, pria pun akan semakin menarik di mata wanita. Ini karena wanita bisa melihat energi dan gairah positif dari dalam dirinya. Namun, perlu dicatat, jangan sampai Anda melakukan aktivitas tersebut hanya untuk membuat wanita terkesan. Lakukanlah kegiatan itu berdasarkan keinginan sendiri.
Ketiga,
punya selera humor. Wanita akan sangat menghargai bahkan suka dengan pria ceria yang dapat membuatnya tertawa. Lihat Foto Ilustrasi sepasang kekasih (Shutterstock) Ini terjadi karena ketertarikan wanita dengan pria lebih ditentukan dari kedekatan emosional, bukan secara logis. Alasan ini menjadi dasar kalau pria yang punya selera humor tinggi punya daya tarik kuat bagi wanita. Jadi, ketika sedang bercakap-cakap dengan wanita, janganlah mengajukan pertanyaan yang membosankan layaknya wawancara pekerjaan. Sebagai gantinya, masuklah dengan percakapan ringan, dan tunjukkan sisi lucu dari diri Anda.
Keempat,
aktivitas menyenangkan. Wanita suka dengan sensasi berbahaya, menegangkan, tetapi juga menyenangkan. Mereka seperti itu karena sudah bosan menjalani rutinitas kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, sebagai pria, Anda harus bisa membawa wanita merasakan sensasi-sensasi seperti itu. Sebagai contoh, Anda bisa mengajak wanita bercanda, bersikap spontan, lalu goda mereka, dan ceritakan kisah menarik tentang hidup Anda. Tak lupa pula untuk mengajak mereka melakukan permainan yang menyenangkan.
Kelima,
percaya diri. Hal utama yang diperlukan untuk membuat wanita tertarik kepada Anda adalah rasa percaya diri. Tanpa adanya rasa percaya diri, maka wanita sulit untuk mendekat, bahkan menolehkan pandangannya. Bagi kaum hawa, pria yang percaya diri biasanya akan mengejar untuk mewujudkan keinginannya. Pria juga dianggap sebagai seorang pemimpin yang mencintai dan menghargai dirinya sendiri dengan tinggi. Tipe-tipe pria seperti itulah yang dapat membuat wanita tertarik. Nah, bagi Anda yang mengalami masalah dengan rasa percaya diri, jangan takut. Lakukanlah hal-hal yang dapat meningkatkan rasa percaya diri, salah satunya dengan memperbaiki atau meng-upgrade penampilan.
Mac Maclntier, President of Innovative Management Group, perusahaan manajemen pelatihan dan konsultasi yang berbasis di Las Vegas, mengamini hal itu. Menurut dia, penampilan erat kaitannya dengan citra diri, dan hal itu tergambar dari sesuatu yang Anda pakai dan gunakan sehari-hari. Salah satunya adalah kendaraan. Lihat Foto Yamaha Indonesia Motor Manufacturing(Yamaha Indonesia Motor Manufacturing)
Tak harus dengan kendaraan roda empat atau mobil, Anda sebenarnya bisa menggunakan sepeda motor, Yamaha Nmax misalnya, untuk meningkatkan citra diri. Terlebih lagi, tampilan skutik besar berkapasitas mesin 150 cc ini sudah ditingkatkan dengan mengusung konsep Maximum Design.
Hal ini dapat dilihat dari pengaplikasian new inverted LCD digital speedometer, desain tempat duduk premium, dan velg warna emas.
Fitur-fitur baru ini kemudian membuat tampilan motor jadi stylish, elegan, dan berkelas.
Adapun dari segi performa, skutik dengan bodi "look moge" ini pun bisa menghasilkan performa maksimal dan irit bahan bakar karena sudah berteknologi Blue Core dengan mesin yang menggunakan Variable Valve Actuation (VVA).
Nah, dengan lima modal tersebut, wanita yang Anda taksir pun diharapkan bisa tertarik dengan Anda.
Dengan begitu, tak perlu lagi galau memikirkan cara untuk mendekati si dia.
Cara Membuat Pria Mendekat
Membuat pria mendekat bukanlah perkara mudah. Anda boleh menyukainya, tetapi tidak bisa memaksa dia melakukan apa pun. Anda memang suka padanya, dan mungkin saja dia juga menyukai Anda. Jika Anda malu atau ingin dia menggunakan cara lama dan mengejar Anda, cobalah beberapa pendekatan halus untuk meningkatkan kemungkinan diajak berkencan.
Metode
1
Memasuki Radarnya
1
Rencanakan pertemuan "kebetulan". Pikirkan apa yang dia sukai dan di mana biasanya dia menghabiskan waktu. Dengan upaya sewajarnya, atur pertemuan yang tampak seperti kebetulan. Tunjukkan ketertarikan pada minatnya, dia mungkin akan memperhatikan Anda.[1]
Misalnya, jika Anda tahu dia suka panjat tebing, pergilah ke pusat latihan yang biasa dia datangi. Anda bisa mengatakan ini pertama kalinya Anda ke sana dan lihat apakah dia bersedia membantu. Ini merupakan kesempatan untuk menggoda dan mengundang kontak fisik kasual.
Cari tahu kapan dia belajar di perpustakaan dan mempelajari apa, kemudian datanglah pada waktu tersebut dengan materi yang kurang lebih sama.
2
Dekati teman-temannya. Memiliki teman dan lingkungan sosial yang sama akan meningkatkan kemungkinan Anda untuk bisa melewatkan waktu bersamanya. Teman-temannya bisa mengatakan hal-hal positif tentang Anda dan dia pasti mendengar. Dia mungkin sudah mengenal Anda, tetapi biarkan teman-temannya yang menunjukkan bahwa Anda memiliki kualitas positif dan minat yang sama.[2]
3
Ajak dia mengobrol. Mungkin dia tidak mengajak Anda mengobrol karena malu atau sulit mendekati perempuan. Jadi, tiap kali ada dia, pastikan fokus dan perhatiannya terarah kepada Anda dan kesamaan yang dimiliki. Cobalah beberapa pendekatan berbeda untuk memecahkan kebisuan.[3]
"Bagaimana sih caramu main sulap kartu seperti pesta kemarin? Ajari dong."
"Aku rasanya mau ke mal, makan. Apa makanan favoritmu di sekitar sini?"
"Hei, kamu hebat sama komputer. Boleh enggak aku minta diajarin?"
4
Tambah interaksi di media sosial (misalnya, Facebook, Twitter, Snapchat). Sukai apa yang dia unggah. Retweet konten Twitternya. Tunjukkan bahwa ada banyak kesamaan antara Anda dengannya agar dia memandang Anda lebih daripada sekadar teman.[4]
5
Temani saat dia menghadapi hari yang berat. Bantu dia mengenal Anda sebagai orang yang peduli kepadanya. Jadilah tempat bersandar ketika dia membutuhkan dukungan. Tidak akan butuh waktu lama sampai dia menyadari bahwa Anda orang yang selalu bisa membuat dia bahagia, dan itu membuka banyak kesempatan untuk berduaan.
Luangkan waktu agar sesuai dengan jadwalnya. Anda mungkin harus mengorbankan sedikit waktu. Akan tetapi, kuncinya di sini adalah mendengarkan masalah yang dia hadapi.
Ketahui apakah dia memiliki masalah dalam pelajaran atau pekerjaan. Tanyakan apakah dia mau belajar atau bekerja bersama.
Metode
2
Menunjukkan Bahwa Anda Tertarik
1
Jangan sungkan merayunya. Sedikit rayuan akan membuat dia sadar bahwa Anda tertarik. Yang lebih penting lagi, rayuan adalah undangan agar dia mendekat tanpa kekhawatiran akan ditolak. Bantu dia melihat bahwa pertemanan ini bisa berubah jadi sesuatu yang lebih dalam. Umumnya, rayuan dilakukan via bahasa tubuh, gestur, postur, atau kata-kata.
Jika Anda duduk di dekatnya, rayu dengan mata. Tatap matanya dan lemparkan senyum. Jalin kontak mata sedikit lebih lama daripada biasa.
Tiru bahasa tubuhnya. Condongkan badan ketika dia mendekat. Tersenyumlah ketika dia tersenyum.
Jilat bibir Anda. Jika dia memandang ke arah mulut Anda, jilat bibir tanpa kentara. Namun, jangan sering-sering karena Anda hanya perlu menampilkan kesan sugestif, bukan kompulsif.
Ketika memergoki dia memandang Anda, tersenyumlah sedikit dan arahkan pandangan bawah. Kemudian, angkat mata Anda untuk memandangnya lagi, kali ini sambil tersenyum genit.[5]
Mainkan rambut. Baik perempuan maupun laki-laki biasanya tanpa sadar merapikan diri ketika berusaha mengesankan lawan jenis.[6]
2
Buka undangan untuk sentuhan. Tunjukkan bahwa Anda santai saja jika disentuh sewajarnya, tidak akan tersentak atau melompat mundur. Biarkan dia menyentuh Anda. Perhatikan sampai di mana batas sentuhan yang Anda rasa nyaman, tetapi jangan mendorongnya menjauh jika dia agak terlalu bersemangat. [7]
Balas pelukannya. Jika dia ingin memeluk, terima dengan senang hati, dan pastikan dia yang pertama melepaskan.
Mainkan rambutnya. Ketika Anda melihat satu atau dua helai rambut keluar dari sisirannya, rapikan dengan lembut.
Lakukan dan pilih waktu dengan hati-hati, kalau tidak, efeknya justru berkebalikan.
3
Beri pujian. Cari alasan untuk mengucapkan kata-kata yang membuat dia tersenyum atau percaya diri. Cobalah beberapa opsi berikut:
Raih lengannya dan katakan, "Lenganku kecil ya kalau didekatkan sama lenganmu."
Sentuh rambutnya dan katakan, "Rambutmu bagus dipotong begini."
"Aku betah memandangi matamu berjam-jam."
Metode
3
Mengambil Langkah Lebih Berani
1
Jangan sembunyikan maksud Anda. Beberapa laki-laki terlalu malu atau gugup melakukan pendekatan. Yang lain mungkin tidak yakin dengan sinyal yang Anda berikan. Laki-laki pemalu sekalipun akan terbuka kalau tahu bahwa Anda menyukainya.
Pegang tangannya ketika berjalan berdampingan.
Minta bantuannya untuk sesuatu yang sebenarnya tidak perlu dibantu. Jika bantuan itu sederhana, dia akan paham bahwa Anda hanya mencari alasan untuk bertemu.
Saat ada dia, katakan, "Seandainya aku punya pacar."
Ceritakan mimpi pura-pura bahwa Anda berpacaran dengannya.
Jangan terlalu mesra jika dia belum mengambil langkah pendekatan. Di sini Anda sedang menunjukkan niat, bukan mengejar.
2
Ajukan pertanyaan langsung. Jika Anda tidak ingin mendekat lebih dahulu, buka matanya bahwa Anda pantas didekati. Ajukan pertanyaan mengarah yang membantu dia memutuskan.
"Apa menurutmu aku cantik?"
"Banyak yang bilang aku bisa jadi pacar ideal, kalau menurutmu?"
"Kurasa kebanyakan laki-laki beruntung punya pacar aku. Setuju enggak?"
3
Tahan diri untuk tidak berkomentar tentang hubungan dan cinta. Jika Anda ingin lebih berani, ingat bahwa tetap ada titik yang tidak boleh dilewati. Sikap memaksa atau agresif kadang membuat laki-laki merasa terintimidasi atau kehilangan minat.[8]
Jangan paksa dia membicarakan cinta. Laki-laki biasanya ragu membicarakan topik yang satu itu.
Lontarkan komentar menggoda bahwa Anda berdua cocok sebagai pasangan.
Jangan pernah menyebutkan apa pun tentang pernikahan.
Jangan mengatakan "Aku cinta kamu" kepada orang yang belum melakukan pendekatan apa pun karena kata-kata itu tidak akan diterima dengan baik.
Metode
4
Menentukan Apakah Anda Berdua Bisa Jadi Pasangan yang Baik
1
Pastikan Anda berdua cocok. Duduklah bersamanya saat makan siang. Banyak-banyak mengobrol agar pertemanan punya waktu untuk berkembang. Anda akan lebih mengenalnya jika lebih lama berteman.
Cari tahu apakah Anda dan dia punya prinsip yang sama. Jika ternyata prinsip tersebut benar-benar berbeda, itu tanda yang cukup jelas bahwa hubungan akan mengalami masalah.
Ketahui apakah dia pernah berselingkuh. Tanyakan bagaimana hubungannya yang lalu berakhir. Kurangnya rasa percaya adalah jaminan akan timbul masalah serius dalam hubungan.[9]
2
Jadilah diri sendiri. Tunjukkan diri Anda apa adanya. Tidak ada gunanya berhubungan dengan orang dalam citra diri yang palsu. Jangan berpura-pura menyukai apa yang tidak Anda suka karena Anda yang akan rugi sendiri ketika dia mengetahui yang sebenarnya.
Tunjukkan sesuatu yang Anda sayangi, seperti buku favorit. Bicarakan mengapa sesuatu itu sangat bermakna bagi Anda.
Dia akan menghargai kejujuran Anda dan bahwa Anda tidak takut menjadi diri sendiri.
Sebutkan beberapa hobi Anda dan lihat apakah tanggapannya menyenangkan.
3
Tegaskan bahwa Anda juga tertarik. Sebelum mendorong dia untuk melakukan pendekatan, pastikan bahwa dia juga menyukai Anda. Hindari kekecewaan. Berikut tanda untuk membantu Anda memutuskan:
Jika dia sering tersenyum atau menggoda Anda, itu tanda dia suka.[10]
Apabila dia menjauh, mungkin dia tidak tertarik.
Sering bertanya tentang Anda merupakan tanda bahwa dia juga suka.[11]
Undangan menghadiri acara sosial juga merupakan tanda ketertarikan.
Tips
Pelan-pelan saja demi dia, demi Anda, demi hubungan, dan jangan memburu-buru proses.
Laki-laki kadang malu melakukan pendekatan. Jadi, mungkin langkah terbaik adalah menunjukkan Anda suka tanpa perlu mendekati dia lebih dahulu.
Jika dia merayunya dan dia tidak membalas, bukan berarti dia tidak menyukai Anda.
Cobalah jadi teman yang baik sebagai permulaan. Itu akan membantu.
Jadilah orang yang memberi semangat ketika dia sedang mengalami masalah.
Peringatan
Jangan memaksa agar segala sesuatunya berkembang dengan cepat.
Jangan bersikap putus asa. Jika Anda menyukai dia, jangan berlebihan. Biasa saja.
Jika menurut Anda dia akan mengajak berkencan, simpan sendiri. Jika Anda memberi tahu seseorang dan ternyata tidak ada kencan, itu akan sangat memalukan.
Jangan terobsesi. Dia mungkin akan salah paham dan berpikir bahwa Anda menguntitnya
Subscribe to:
Posts (Atom)