My Blog List

Thursday, February 16, 2017

Cara sinkronisasi manual (sinkronisasi offline) Dapopaudni

Cara sinkronisasi manual (sinkronisasi offline) Dapopaudni

Sinkronisasi sangat penting karena berfungsi untuk mengirim data-data yang telah kita masukkan ke dalam aplikasi dapodik. Sinkronisasi dapat dilakukan kapan saja. Sinkronisasi yang baik adalah sinkronisasi yang dilakukan setelah kita selesai mengisi data-data ke dalam dapodik atau kita melakukan perubahan data. Karena dengan melakukan sinkronisasi, data-data yang kita masukkan ke dalam dapodik tidak akan hilang atau akan disimpan otomatis oleh server dalam bentuk data prefill. Sinkronisasi dilakukan untuk menjaga data-data kita dari hal-hal yang tidak kita inginkan. Baca di Data prefill

Sinkronisasi ini dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu secara online atau offline. Sinkronisasi online sangat mudah, asal terhubung dengan internet kita dapat melakukan sinkronisasi kapan saja. Artikel terkait cara sinkronisasi dapodik. Sikronisasi secara online membutuhkan waktu beberapa menit saja. Sinkronisasi secara online lebih efektif jika dibandingkan dengan sinkronisasi dengan cara offline.


Jika kita tidak dapat melakukan sinkronisasi secara online, kita dapat melakukan sinkronisasi secara offline atau secara manual. Sinkronisasi offline ini juga dapat kita lakukan sama halnya dengan sinkronisasi online. Sinkronisasi offline juga dapat dilakukan kapan saja yang kita inginkan. Namun pada akhirnya sinkronisasi offline juga harus dilakukan secara online. Sinkronisasi offline merupakan pilihan kedua bagi daerah-daerah yang sulit terhubung dengan internet. 

Untuk menghubungkan dengan internet, kita bisa menggunakan modem atau jaringan internet lainnya. Yang penting laptop yang kita gunakan untuk melakukan sinkronisasi harus terhubung dengan internet. Atau mungkin kita juga bisa menggunakan laptop lain untuk melakukan sinkronisasi ini. Yang penting hasil sinkronisasi offline tersimpan di dalam laptop tersebut atau kita juga dapat menyimpannya di dalam flashdisk. 

Berikut cara melakukan sinkronisasi offline.
Pastikan komputer dalam keadaan offline
1. Login ke sekolah kita masing-masing
2. Lakukan validasi terlebih dahulu (klik validasi lalu tutup)
3. Klik sonkronisasi
4. Jika muncul penyataan kepala sekolah maka klik "yes"
5. Tunggu hingga sinkronisasi 100%
6. Sinkronisasi offline akan mendownload file sinkronisasi yang kita lakukan
7. Klik ok
8. Pastikan kita tahu dimana hasil sinkronisasi kita 

Meskipun kita melakukan sinkronisasi offline, kita juga harus melakukan sinkronisasi secara onlie. Hal ini dilakukan untuk mengirim data-data yang tersimpan ketika melakukan sinkronisasi offline.
Pastikan komputer dalam keadaan online
1. Kunjungi website resmi dapopaudni www.paudni.kemdikbud.go.id
2. Pilih "Manajemen PAUD DIKMAS"
3. Pilih manajemen prefill dan data
4. Klik "upload data"
5. Klik "cari file"
6. Masukkan file sinkronisasi offline yang tersimpan di laptop maupun flashdisk kita.

Dengan demikian sinkronisasi telah sukses. Silahkan cek di progress pengiriman.
semoga bermanfaat!

No comments: