My Blog List

Monday, January 30, 2023

Peran Indonesia Pada KTT 1 ASEAN di Bali 1976

Peran Indonesia Pada KTT 1 ASEAN di Bali 1976 KTT 1 ASEAN pada 23 -25 Februari 1976 di Bali, Indonesia. ASEAN dibentuk pada 8 Agustus 1967 di Bangkok,Thailand oleh lima negara. Negara tersebut, yaitu Indoensia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand dengan tanda tangan Deklarasi Bangkok. Kemudian mulai tahun 1984 mulai bergabung dari Brunei Darussalam, Vietnam (1995), Laos (1997), Myanmar (1997), dan Kamboja (1999). Dilansir dari situs resmi Sekretarian Nasional ASEAN-Indonesia, pendiri-pendiri ASEAN memiliki keinginan kuat untuk menciptakan kawasan Asia Tenggara yang damai, aman, stabil, dan sejahtera. KTT ASEAN 1 Dalam buku Roadmap to an Asean Economic Community (2005) karya Denis Hew, Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN adalah pertemuan tertinggi antara pemimpin negara anggota ASEAN terhadap pengembangan ekonomi dan budaya antara negara-negara Asia Tenggara. Peran Indonesia pada KTT ASEAN adalah sebagai tuan rumah penyelenggaraan KTT 1 ASEAN di Bali 1976. Di mana KTT tersebut menghasilkan kesepakatan tentang pembentukan sekretariat ASEAN yang berpusat di Jakarta. Saat itu yang ditunjuk sebagai Sekretaris Jenderal ASEAn yang pertama adalah HR Dharsono yang kemudian digantikan oleh Umarjadi Njotowijono. KTT ASEAN diselenggarakan setiap satu tahun di 10 negara Asia Tenggara. Berikut daftar KTT ASEAN, yaitu: 1 Indonesia Bali 23-24 Februari 1976 2 Malaysia Kuala Lumpur 4?5 Agustus 1977 3 Filipina Manila 14?15 Desember 1987 4 Singapura Singapura 27?29 Januari 1992 5 Thailand Bangkok 14?15 Desember 1995 6 Vietnam Hanoi 15?16 Desember 1998 7 Brunei Darussalam Bandar Seri Begawan 5?6 November 2001 8 Kamboja Phnom Penh 4?5 November 2002 9 Indonesia Bali 7?8 Oktober 2003 10 Laos Vientiane 29?30 November 2004 11 Malaysia Kuala Lumpur 12?14 Desember 2005 12 Filipina Cebu 11?14 Januari 2007 13 Singapura Singapura 18?22 November 2007 14 Thailand Cha Am, Hua Hin 27 Februari-1 Maret 2009 15 Thailand Cha Am, Hua Hin 23 Oktober 2009 16 Vietnam Hanoi 8-9 April 2010 17 Vietnam Hanoi 28-30 Oktober 2010 18 Indonesia Bali 4-8 Mei 2011 19 Indonesia Bali 17-19 November 2011 20 Kamboja Phnom Penh 3-4 April 2012 21 Kamboja Phnom Penh 17-20 November 2012 22 Brunei Darussalam Bandar Seri Begawan 24-25 April 2013 23 Brunei Darussalam Bandar Seri Begawan 9-10 Oktober 2013 24 Myanmar Naypyidaw 10–11 Mei 2014 25 Myanmar Naypyidaw 12–13 November 2014 26 Malaysia Kuala Lumpur/Langkawi 26–27 April 2015 27 Malaysia Kuala Lumpur 18–22 November 2015 28 Laos Vientiane 6-8 September 2016 29 Laos Vientiane 6-8 September 2016 30 Filipina Manila 26 – 29 April 2017 31 Filipina Manila 13 November 2017 32 Singapura Singapura 27-28 April 2018 33 Singapura Singapura 11-15 November 2018 34 Thailand Bangkok 20 – 23 Juni 2019 35 Thailand Bangkok 2 - 4 Nopember 2019 36 Vietnam 26 Juni 2020 37 Vietnam 12 November 2020 Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari kami. Mari bergabung di Grup Whats Aps caranya klik link https://chat.whatsapp.com/GrwfyXeEG215gzStJxTeum kemudian join.

Thursday, January 26, 2023

Soal & Kunci Post Test Pelatihan Mandiri Topik Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Modul 2

MODUL 2 isu murid apa yang saat ini menjadi perhatian Ibu/Bapak? Pembentukan karakter Tema manakah yang paling menarik menurut Ibu/Bapak? Kenapa? Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Kualitas apa yang paling Ibu/Bapak ingin ada pada murid? Moral, sosial dan budaya Soal & Kunci Post Test Pelatihan Mandiri Topik Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Modul 2 1. Kegiatan projek menguatkan semua dimensi profil pelajar pancasila. Meksipun pada setiap projek disarankan memilih 2-3 dimensi, tetapi bukan berarti dimensi lain tidak dikuatkan. Kita dapat fokus pada 2-3 dimensi yang menjadi indikator ketercapaian kemampuan murid. Pernyataan diatas adalah... Jawab : Benar 2. Manakah yang bukan termasuk dalam tema projek yang sudah disediakan oleh pemerintah? Jawab : Kewirausahaan dan Budaya Lokal 3. Satuan Pendidikan tempat Pak Hans mengajar berada dalam lingkungan masyrakat yang homogen. Masyarakatnya belum begitu mengenal keragaman budaya, agama, ras ataupun suku. Tim fasilitas projek ingin memperkenalkan keragaman masyarakat kepada para murid melalui projek. Tema apa yang dapat diambil? Jawab : Bhinneka Tunggal Ika 4. Pada Sekolah Dasar (SD) terdapat beberapa tema yang dapat diambil dalam kegiatan projek, kecuali... Jawab : Suara demokrasi 5. Pak Ngakan dan tim fasilitator projek sedang menyusun pembelajaran projek di SD Cipta Pesona. Bagaimana sebaiknya mereka menyusun pelaksanaan tema projek dalam setiap fase? Jawab : Pada fase A kedalaman topik akan berfokus pada kegiatan praktik dan pemahaman sederhana 6. Contoh topik manakah yang cocok untuk diterapkan jika kita ingin mengambil tema "Bangunlah Jiwa dan Raganya?" Jawab : Stop perundungan dengan bermedia sosial yang bijak 7. Tema Suara Demokrasi akan berfokus pada pemahaman yang terkait... Jawab : Kebebasan dan perbedaan pendapat, juga untuk memperkenalkan sistem pemerintahan dalam ruang lingkup sekolah 8. Terdapat kesaamaan tema yang dapat diambil oleh SMA dan SMK dalam melakukan projek, kecuali 2 tema yang dikhususkan untuk SMK, yaitu... Jawab : Budaya Kerja dan Kebekerjaan 9. SMA Pattimura mempunyai isu kekerasan mental dan fisik di lingkungan sekolahnya. Tim fasilitas projek ingin mengangkat satu tema yang berkaitan dengan isu ini. Tema apakah yang dapat diambil? Jawab : Bangunlah Jiwa dan Raganya

Soal & Kunci Post Test Pelatihan Mandiri Topik Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Modul 1

MODUL 1 Kegiatan pembelajaran apa yang paling ibu dan bapak ingat waktu menjadi murid dulu? Bekerja sama dalam proyek membuat keterampilan Apa Pengalaman pembelajaran yang membuat Murid Anda memaknai materinya? kira-kira prinsip apa yang Anda terapkan waktu itu? Membuat media informasi secara mandiri, misalnya video tugas online POST TES MODUL 1 Soal & Kunci Post Test Pelatihan Mandiri Topik Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Modul 1 1. Projek Penguatan Profil Pancasila merupakan pembelajaran untuk memberikan pengalaman yang kontekstual kepada murid. Pernyataan di atas adalah... Jawab : Benar 2. Terdapat 4 prinsip dalam projek penguatan profil pelajar pancasila. Prinsip manakah yang berfokus pada upaya mendorong murid agar aktif dalam pengelolaan pembelajarannya? Jawab : Berpusat pada murid 3. Setelah mendapatkan tema dan topik projek yang akan diampu pada semester ini, kemudian tim fasilitator projek akan menetapkan kriteria pencapaian kemampuan murid yang akan dilihat dalam projek ini. Langkah apa yang sebaiknya dilakukan? Jawab : Menetapkan dimensi, elemen dan sub-elemen sesuai dengan tema dan topik

Menurut anda, Siapa saja yang harus mengikuti Pelatihan Antikorupsi dari KPK? Jelaskan!

Soal: Menurut anda, Siapa saja yang harus mengikuti Pelatihan Antikorupsi dari KPK? Jelaskan! Jawaban: Semua ASN Semua pejabat negara Semua lembaga negara Setiap calon anggota legislatif atau caleg dan juga calon kepala daerah yang maju di Pemilu wajib mengikuti pelatihan anti korupsi dari KPK.

Tahapan dalam Penanganan Konflik Kepentingan yang benar adalah ...

Soal: Tahapan dalam Penanganan Konflik Kepentingan yang benar adalah ... Jawaban 1) Penyusunan kerangka kebijakan 2) Identifikasi situasi konflik kepentingan 3) Penyusunan strategi penanganan konflik kepentingan 4) Penyiapan serangkaian tindakan untuk menangani konflik kepentingan

Kisah siapakah yang paling menyentuh hati Kawan Aksi? dan apa yang menyebabkan Kawan Aksi tersentuh?

Soal: Kisah siapakah yang paling menyentuh hati Kawan Aksi? dan apa yang menyebabkan Kawan Aksi tersentuh? jawaban 1. Mohammad Hatta Salah satu kisahnya ada pada 1970, ketika Bung Hatta dan rombongan mengunjungi Tanah Merah, Irian Jaya, tempat ia sempat dibuang oleh kolonial Belanda. Di Irian Jaya, Bung Hatta disodori amplop berisi uang. Uang tersebut sebenarnya bagian dari biaya perjalanan Bung Hatta yang ditanggung pemerintah. Namun, Bung Hatta menolaknya

Tuliskan nilai-nilai antikorupsi yang dirumuskan KPK dan pemangku kepentingan antikorupsi lainnya. Buatlah akronim/jembatan keledai untuk memudahkan Anda mengingatnya. Contoh: Jumat Bersepeda KK (Jujur, Mandiri, Tanggung jawab, Berani, Sederhana, Peduli, Dispilin, Adil, Kerja keras)

Soal: Tuliskan nilai-nilai antikorupsi yang dirumuskan KPK dan pemangku kepentingan antikorupsi lainnya. Buatlah akronim/jembatan keledai untuk memudahkan Anda mengingatnya. Contoh: Jumat Bersepeda KK (Jujur, Mandiri, Tanggung jawab, Berani, Sederhana, Peduli, Dispilin, Adil, Kerja keras) Jawaban Berjumpa Di Kertas” yang merupakan akronim dari Berani, Jujur, Mandiri, Peduli, Adil, Disiplin, Kerja Keras, Tanggungjawab