My Blog List

Monday, November 28, 2022

SYARAT MONETISASI YOUTUBE 2022

Sudah tahukah kamu bahwa Youtube bisa menghasilkan uang, tetapi Anda harus memenuhi syarat monetisasi terlebih dahulu. Awalnya Youtube hanya menjadi platform berbagi video saja dengan pengguna bisa berinteraksi melakukan like, comment dan share video. Tentunya Anda perlu memahami syarat monetisasi Youtube dibawah ini, silahkan baca sampai akhir artikel ya! Saat ini telah banyak pengguna youtube yang melakukan monetisasi pada akun youtube yang dimilikinya. Sebelum menjelaskan lebih lanjut, monetisasi adalah sebuah aktivitas yang memiliki tujuan agar akun youtube individu maupun instansi dapat memberikan penghasilan. Aktivitas monetisasi ini bersifat sah dan memiliki beberapa syarat pada penggunaannya. Iklan atau Adsense yang terpasang pada sebuah akun youtube akan dikenakan biaya dan biaya tersebut nantinya akan diberikan kepada pemilik video tersebut. Tentunya terdapat beberapa syarat monetisasi youtube agar video pada akun Anda dapat terpasang oleh iklan. Syarat-syarat tersebut dapat berupa banyaknya jumlah subscribers pada akun Anda hingga isi dari konten video yang Anda upload. Manfaat Pemilik Akun dan Pengiklan Monetisasi memberikan kesempatan untuk pelaku usaha yang ingin mengiklankan usaha atau jasanya di dalam video yang dibuat oleh pemilik akun. Sama halnya dengan media lain, iklan yang terdapat pada akun youtube akan dibebankan tarif sesuai dengan durasi dan konten dari iklan tersebut. Tarif yang dibebankan kepada pengiklan nantinya akan otomatis masuk kepada pihak Youtube terlebih dahulu. Setelah biaya tersebut masuk ke pihak Youtube, nantinya biaya yang telah melewati prosedur pemotongan tersebut akan diteruskan kepada pemilik akun. Tidak semua video dan akun Youtube dapat menggunakan proses monetisasi ini. Terdapat beberapa prosedur yang perlu dilakukan oleh pemilik akun agar kanal Youtube yang dimilikinya dapat dimasuki oleh iklan. Syarat Monetisasi Youtube Untuk memberikan kesempatan bagi adsense agar masuk ke akun youtube, Anda perlu melakukan beberapa prosedur terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar pengiklan juga mendapatkan manfaat dari banyaknya orang yang menonton video dari pemilik akun tersebut. Tentunya pengiklan akan rugi jika mereka memasangkan iklan pada kreator yang hanya memiliki sedikit penonton dan konten yang ditawarkannya tidak menarik. Maka dari itu dibuatlah berapa syarat dan ketentuan yang perlu dipenuhi oleh para kreator youtube. Berikut adalah beberapa syarat monetisasi youtube yang perlu Anda ketahui sebagai kreator Youtube. 1. Verifikasi Akun Youtube Proses verifikasi akun Youtube perlu Anda lakukan sebelum mulai upload video Youtube. Karena dengan verifikasi ini Anda bisa mengaktifkan fitur dari Youtube seperti: Upload video durasi lebih dari 15 menit Thumbnail video Youtube custom Live streaming dari akun Youtube Mengajukan banding atas klaim konten ID Nah caranya mudah, Anda hanya perlu melakukan verifikasi channel menggunakan no handphone yang digunakan untuk mendaftar. 2. Memiliki Minimal 1.000 Subscribers Agar adsense bisa masuk ke akun Youtube, Anda perlu memiliki minimal 1.000 subscribers. Subscribers adalah akun youtube dari orang lain yang tertarik pada video yang Anda buat dan berlangganan pada akun Youtube milik Anda. Dengan asumsi bahwa ketika Anda memiliki 1000 subscribers, dapat diartikan bahwa Anda telah memiliki pasar atas konten yang Anda buat. Hal ini pun dapat menjadi sebuah parameter bagi pengiklan agar setidaknya iklan yang mereka masukan ke dalam video tersebut ditonton sebanyak jumlah subscriber pada akun Youtube Anda. 3. Harus Memiliki Minimal Total 4.000 Jam Waktu Tonton Syarat yang kedua adalah akun Youtube Anda perlu memiliki minimal total 4.000 jam waktu tonton. Syarat kedua ini adalah untuk memastikan bahwa jumlah subscriber yang dimiliki oleh akun youtube Anda adalah subscriber aktif. Hal ini karena terdapat beberapa kreator Youtube yang ingin mencurangi sistem dengan membuat subscriber palsu guna memenuhi syarat yang pertama. Setelah kedua syarat dan ketentuan tersebut dapat terpenuhi, pihak Youtube akan melakukan verifikasi untuk memastikan bahwa kanal youtube tersebut layak untuk dijadikan media dalam beriklan. Setelah berhasil dan resmi di monetisasi, pemilik akun nantinya akan mendapatkan penghasilan yang akan dikirim secara rutin oleh pihak Youtube. 4. Hindari Spam dan Reupload Saat mendaftar Youtube pastikan akun Anda terbebas dari tindakan spam dan reupload. Karena spam menjadi salah satu hal yang dibenci oleh pihak Youtube yang membuat proses pendaftaran monetisasi Anda susah diterima. Spam bisa dilakukan dengan pengunaan bot penambah viewers, komentar spam di akun lain dan tindakan lainnya. Begitu juga dengan konten reupload, hindari menggunakan video dari akun lain kecuali lisensi creative commont (CC). Jika sudah mendaftar tunggu sampai proses pendaftaran monetisasi berhasil sembari upload video rutin. Youtube Partner Program ini bertujuan agar kreator selalu membuat konten yang bermanfaat dan menarik bagi para penontonnya. Namun, terdapat beberapa batasan dalam membuat konten agar akun Youtube tersebut tetap dapat di monetisasi. Salah satu contohnya adalah kreator dilarang membuat konten yang di dalamnya terdapat konten milik orang lain, seperti masik, video, atau artikel yang memiliki hak cipta Jika kreator Anda sebagai kreator tetap melakukan pelanggaran tersebut, kemungkinan besar akun Youtube Anda akan dilakukan pemblokiran dan otomatis monetisasi juga tidak dapat dilakukan kembali. Pelanggaran hak cipta pun memiliki risiko tuntutan hukum dari pemilik konten originalnya karena pengambilan sebuah konten tanpa adanya izin dari pembuat aslinya adalah pelanggaran hukum. Penghasilan yang Anda dapatkan dari monetisasi tergantung dari jumlah subscribers, views, jumlah video pada akun tersebut, dan durasi video. Semakin banyak jumlah dari parameter tersebut, semakin banyak juga biaya yang dapat Anda terima nantinya. Konten yang bagus dan mendidik pun akan menambah jumlah adsense pada video yang Anda buat. Youtube saat ini telah menjadi salah satu media dalam mendapatkan penghasilan pasif. Dengan beberapa syarat monetisasi youtube yang telah dijelaskan diatas, Anda dapat menerapkannya dan mulai membuat konten yang menarik agar akun Youtube Anda dapat di monetisasi. Selamat mencoba

Thursday, November 24, 2022

INDONESIAN BLACK METAL - LOCAL UNDERGROUND

https://youtu.be/T-LjuDpoP68

Cara Mempromosikan Video YouTube Paling Efektif!

Anda sudah mengunggah beberapa video di YouTube, tapi jumlah viewnya tidak ada perkembangan? Mungkin inilah saatnya tahu cara mempromosikan video YouTube Anda. Setiap menit, total durasi video yang diunggah ke YouTube mencapai 500 jam. Jadi, tanpa mempromosikan video YouTube Anda tentu akan sulit untuk menarik perhatian audiens. Nyatanya, dengan langkah video marketing yang tepat akan mempermudah channel YouTube Anda berkembang. Artinya, semakin besar kemungkinan Anda untuk mendapat penghasilan dari YouTube. Lalu, apa saja cara promosi video YouTube? Tenang, di artikel ini kami akan menjelaskan tips promosi channel YouTube, seperti: Memanfaatkan topik yang sedang trending Menggunakan alat promosi gratis di YouTube Membuat video Anda terlihat menarik Berkolaborasi dengan channel lain Mengiklankan video Anda Dan masih banyak tips-tips lainnya. Penasaran? Yuk simak lebih lanjut! Daftar isi 1 Apa yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Mempromosikan Video YouTube? 2 15 Cara Ampuh Mempromosikan Video YouTube 2.1 1. Manfaatkan Topik yang Banyak Dicari 2.2 2. Gunakan Alat Promosi Gratis di YouTube 2.3 3. Buat Postingan di Community 2.4 4. Amati, Tiru, dan Modifikasi 2.5 5. Isi Profil Channel Anda 2.6 6. Buat Intro dan Outro Video 2.7 7. Berikan Deskripsi Video yang Menarik 2.8 8. Buat Video Anda Terlihat Menarik 2.9 9. Kolaborasi dengan Channel Lain 2.10 10. Manfaatkan Call-to-Action (Like, Share, dan Subscribe) 2.11 11. Manfaatkan Fitur Tag 2.12 12. Buat Trailer untuk Channel Anda 2.13 13. Tambahkan Video ke Dalam Playlist 2.14 14. Tawarkan Giveaway 2.15 15. Iklankan Video Anda Apa yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Mempromosikan Video YouTube? Sebelum kami menunjukkan tips-tips tentang cara mempromosikan video YouTube, pahamilah bahwa: ini semua tentang penonton Anda. Nah, apakah Anda sudah tahu siapa target penonton Anda? Jika belum, Anda harus mengidentifikasinya dulu. Mulailah dengan pertanyaan: “Siapa yang akan menonton video-video di channel Anda?”. Kenapa ini penting? Karena dengan mengetahui target penonton, Anda dapat mengetahui faktor-faktor yang bisa membuat mereka tertarik dengan video Anda. Untuk tahu siapa mereka, buatlah Persona yang menggambarkan karakteristik penonton Anda. Berikut adalah aspek-aspek yang terkandung di dalam persona: Demografis (umur, gender, dan lokasi penonton) Psikografis (ketertarikan dan gaya hidup penonton) Metrik lainnya (platform yang sering dikunjungi, jenis device yang digunakan, dan sejenisnya). Intinya, persona dapat membantu Anda mengetahui siapa yang akan menonton video-video Anda. Sehingga, Anda bisa menentukan cara paling efektif untuk melakukan promosi video YouTube. 15 Cara Ampuh Mempromosikan Video YouTube Setelah tahu siapa target penonton Anda, mari pelajari cara mempromosikan video YouTube: 1. Manfaatkan Topik yang Banyak Dicari Jika Anda sering menghabiskan waktu di YouTube, Anda pasti tahu kalau memanfaatkan trending topic adalah trik para YouTuber. Entah itu YouTuber veteran atau YouTuber pemula. Rumusnya sederhana. Anda tinggal cari topik yang sedang ramai dibicarakan saat ini, lalu buat video seputar topik tersebut. Selesai! Konsep dasarnya memang sederhana. Tapi proses pencarian idenya sebenarnya lebih kompleks. Ada banyak hal yang mesti dipertimbangkan. Mulai dari apakah topik video relevan dengan tema channel Anda, hingga apakah topik cocok dengan target penonton Anda. Lalu, bagaimana cara mencari topik populer yang cocok dengan tema channel tersebut? Anda bisa memperhatikan penggunaan keyword. Terutama, keyword yang paling sering dicari oleh target penonton Anda. Nah, bagi Anda yang penasaran tentang pembahasan keyword untuk YouTube, silakan baca artikel Cara Riset Keyword YouTube. Cara lain, misalkan Anda ingin membuat video tentang “Cara membuat toko online”. Ketikkan di kotak pencarian YouTube, dan Anda akan melihat berbagai keyword yang sering dicari oleh penonton: kotak pencarian di youtube Anda bisa mengambil beberapa keyword di atas sebagai ide untuk video Anda. Jika video Anda menjawab apa yang mereka cari, kemungkinan video Anda muncul di hadapan target penonton Anda akan lebih besar. Alat lain yang bisa Anda gunakan untuk mencari keyword yang banyak dicari di YouTube adalah KeywordTool.io. Anda dapat menggunakannya secara gratis. Berikut cara penggunaannya: Masuk ke halaman utama Keyword Tool, lalu klik tab YouTube. halaman utama keyword tool Ketikkan keyword yang ingin Anda cari, ubah bahasanya ke bahasa Indonesia. Lalu klik tombol pencarian. Anda akan melihat daftar keyword terkait dengan topik yang Anda cari. Untuk mengetahui volume pencarian dari masing-masing keyword, Anda harus berlangganan ke Keyword Tool Pro. hasil pencarian keyword tool youtube Dengan langkah-langkah di atas upaya untuk mempromosikan channel YouTube Anda akan kian mudah. Lalu, apa lagi? 2. Gunakan Alat Promosi Gratis di YouTube Sebenarnya Anda juga bisa melakukan promosi channel YouTube di video Anda sendiri. Awalnya, mungkin Anda mengira promosinya disebutkan secara langsung di dalam video. Tetapi, ada cara lain untuk melakukan promosi di dalam video. Jadi, YouTube menyediakan tiga alat gratis yang bisa Anda gunakan untuk melakukan promosi channel YouTube di dalam video. Berikut ulasan singkatnya: Watermark – Anda dapat menampilkan logo channel Anda di pojok kanan bawah video. Jika penonton mengkliknya, mereka akan langsung berlangganan ke channel Anda. contoh watermark youtube Cards – Fitur ini akan menampilkan tombol bergambar tanda seru di pojok kanan atas video Anda. Jika penonton mengklik tombol tersebut, akan ada beberapa rekomendasi video dari channel Anda. contoh card youtube End screens – Fitur ini memungkinkan Anda untuk menampilkan video-video lain di channel Anda beserta dengan tombol subscribe. Layar ini akan muncul di lima 5 sampai 20 detik terakhir video. contoh end screen youtube Perhatikan kenyamanan penonton saat menggunakan ketiga alat di atas. Contohnya, jangan pasang watermark dengan logo yang dapat membuat perhatian penonton teralihkan dari isi videonya. Selain itu, usahakan untuk memasang video-video yang relevan di cards dan end screens. Sehingga, penonton bisa tertarik untuk melihat video “lanjutan” dari topik yang Anda bahas. 3. Buat Postingan di Community Tahukah Anda kalau Anda juga bisa membuat “status” di YouTube? Ya, Anda dapat melakukannya di fitur Community. Fitur ini memudahkan Anda untuk berinteraksi dengan subscriber channel Anda. Selain itu, Anda juga bisa menggunakannya untuk memposting promosi video. Berikut adalah contoh postingan yang bagus di tab community: contoh postingan di tab community youtube Penggunaannya kurang lebih sama seperti ketika Anda membuat postingan di sosial media. Gunakan gaya bahasa yang sesuai dengan karakteristik subscriber Anda. Jangan lupa untuk menggunakan kalimat-kalimat yang membuat mereka penasaran untuk menonton video Anda. Ini mungkin cara promosi channel YouTube yang belum Anda tahu, ya? 4. Amati, Tiru, dan Modifikasi Salah satu cara terbaik untuk belajar adalah belajar dari yang terbaik. Dengan cara ini, Anda akan menemukan cara-cara baru untuk mempromosikan video YouTube Anda. Carilah channel populer yang sesuai dengan niche Anda, dan pelajari cara mereka mempromosikan video YouTube mereka. Mulailah dengan memperhatikan faktor-faktor berikut: Cara menyampaikan konten Kualitas video Kualitas audio Judul video Isi konten Masih banyak faktor lain yang bisa Anda perhatikan. Jadi, lakukan analisis: apa yang membuat video tersebut mampu menarik begitu banyak penonton. Ingat, semakin menarik sebuah video, semakin mudah pula untuk mempromosikannya. Setelah mengetahui apa yang membuat video tersebut populer. Anda bisa menerapkannya juga pada video Anda. Langkah awal yang bisa Anda coba adalah dengan mengamati video kompetitor, meniru konsepnya, dan memodifikasi video Anda agar menjadi lebih menarik. 5. Isi Profil Channel Anda Jika penonton menyukai video Anda, mereka mungkin akan masuk ke profil Anda untuk menonton video Anda yang lain. Ini adalah kesempatan yang sangat bagus untuk membuat mereka semakin tertarik pada channel Anda. Bagaimana caranya? Simpel, isilah profil Anda semenarik mungkin. Saat mereka masuk ke profil Anda, hal pertama yang akan mereka lihat adalah cover channel. Oleh karena itu, pastikan cover profil Anda benar-benar enak dipandang dan sesuai dengan tema channelnya. Rekomendasi ukuran cover channel YouTube adalah 2560 x 1440. Jika Anda tertarik membuatnya, gunakan alat desain grafis seperti Canva. Jangan lupa untuk mengisi deskripsi channel Anda di tab About. Lalu, cantumkan juga informasi kontak channel Anda. Ini akan membuka peluang kolaborasi dan memudahkan subscriber Anda untuk menghubungi Anda secara langsung. 6. Buat Intro dan Outro Video Ingin membuat video Anda terlihat lebih profesional? Buatlah intro dan outro untuk video-video Anda. Intro adalah segmen pembuka di video Anda. Sedangkan outro adalah segmen penutup. Langkah ini merupakan cara promosi video YouTube yang penting, tapi sering diabaikan di awal. Padahal, intro dan outro akan memberi ciri khas di setiap video yang Anda unggah. Jadi, penonton dapat dengan mudah mengetahui bahwa video yang mereka tonton berasal dari channel Anda. Lalu apa yang bisa Anda pasang sebagai intro dan outro? Biasanya, yang digunakan adalah klip, gambar, atau audio yang menarik sehingga tidak membuat penonton Anda bosan atau kesal. Seringkali, kesalahan yang dibuat ketika membuat intro dan outro adalah: Durasinya terlalu lama Volumenya terlalu berisik Tidak sesuai dengan tema channel Kualitas klip/gambarnya tidak bagus Sebisa mungkin tampilkan intro dan outro yang singkat, unik, dan menarik Seperti yang Anda lihat di atas, layar outro nya hanya menunjukkan layar polos yang dihiasi logo. Sisanya, diisi oleh video terkait dan tombol subscribe yang terkandung dalam end screen. Ingat, inti dari intro dan outro yang baik adalah keunikan dan originalitas. Jangan lupa untuk memperhatikan kualitasnya juga. 7. Berikan Deskripsi Video yang Menarik Sebelumnya, kita sudah membahas tentang deskripsi channel. Sekarang, mari bicara tentang deskripsi video. Deskripsi video bisa dianggap seperti caption di postingan sosial media. Keduanya sama-sama memberi penjelasan tentang konten yang diunggah. Fungsi lain dari deskripsi video adalah untuk membuat video Anda lebih relevan dengan topik yang diangkat. Masih ingat dengan penggunaan kata kunci di tips pertama? Ya, Anda dapat menggunakannya juga di sini. Tapi, tetap perhatikan konteks dan hindari penggunaan keyword secara berlebihan (keyword stuffing). Anda juga bisa mempromosikan link konten Anda di platform yang lain – seperti link blog. Berikut adalah contohnya: 8. Buat Video Anda Terlihat Menarik Sebelum mengklik suatu video, ada dua hal yang akan dipertimbangkan oleh calon penonton: Judul dan Thumbnail. Jika keduanya menarik, maka mereka akan menonton videonya. Pada tips ini, mari fokus pada kedua faktor tersebut. Pertama-tama, kita bahas terlebih dahulu tentang judul (title). Ada beberapa cara yang bisa membuat judul video Anda lebih menarik. Di antaranya adalah:: Gunakan kalimat yang bisa membuat penonton penasaran (seperti pertanyaan, manfaat konten, urgensi, dan sejenisnya). Pakailah kalimat yang singkat dan mudah dimengerti. Hindari penggunaan clickbait Simpan keyword topik Anda di judul. Tapi, tetap perhatikan konteksnya. Pastikan keywordnya memang relevan dengan judulnya. Tambahkan tahun untuk membuat video Anda terlihat up-to-date. Masih banyak lagi cara untuk membuat judul video yang lebih menarik. Contohnya, perhatikan judul video kompetitor yang mendapat banyak view, lalu ambil metode yang bisa diterapkan pada judul video Anda. Sebelum membuatnya, Anda perlu tahu rekomendasi spesifikasi thumbnail di YouTube: Resolusi: 1280 x 720 pixels Format: JPG, PNG, GIF, dan BMP Ukuran: Di bawah 2 MB. Aspect ratio:16:9 Untuk membuat thumbnail yang menarik, berikut adalah tips-tips yang bisa Anda ikuti: Pastikan gambar yang Anda gunakan berkualitas (tidak pixelated) Pakai kombinasi warna yang menarik (sesuaikan dengan style channel) Gunakan kata-kata yang berpotensi membuat penonton penasaran (hindari clickbait) Perhatikan kontras. Jangan sampai teks di thumbnail tak terbaca karena menyatu dengan gambar. Buat template thumbnail untuk channel Anda. Ini akan menambah ciri khas channel Anda. 9. Kolaborasi dengan Channel Lain Melakukan kolaborasi antar channel sudah menjadi hal yang lumrah di antara YouTuber. Anda pun bisa mencobanya agar channel Anda semakin dikenal. Dengan metode ini, Anda bisa menarik perhatian dari para penonton channel yang Anda ajak kolaborasi. Nah, ada beberapa hal yang mesti Anda pertimbangkan sebelum membuat video dengan channel lain: Relevansi channel Anda dengan channel yang ingin diajak kolaborasi. Tema video yang ingin diangkat. Alasan kenapa channel lain perlu berkolaborasi dengan Anda. Alasan kenapa Anda perlu berkolaborasi dengan channel lain. Target pasar yang ingin dijangkau dengan kolaborasi ini. Selain menarik minat penonton baru, Anda juga bisa mengembangkan jaringan pertemanan antar sesama channel. Semakin luas koneksi Anda, semakin besar kemungkinan Anda melakukan kolaborasi dengan channel yang memiliki jumlah subscriber tinggi. Ingat, tetap utamakan keunikan channel Anda dan juga kualitas videonya saat melakukan kolaborasi. Jangan sampai channel Anda terlihat pansos (panjat sosial). 10. Manfaatkan Call-to-Action (Like, Share, dan Subscribe) Saat menonton video YouTube, pasti Anda sering mendengar kalimat “Jangan lupa like, share, dan subscribe ya!”. Nah, kalimat tersebut merupakan call to action (CTA), yaitu ajakan kepada penonton untuk melakukan sesuatu. contoh cta di dalam video Kenapa Anda perlu mengajak penonton untuk like, share, dan subscribe? Sederhananya, CTA berfungsi sebagai pengingat. Jadi, ketika penonton benar-benar merasa puas dengan video Anda, mereka tidak akan ragu untuk segera like, share, dan subscribe. Lalu di mana Anda bisa menyimpan CTA? Pada umumnya CTA bisa diucapkan atau dicantumkan secara langsung di dalam video, deskripsi video, atau di dalam cards dan end screens. Akan tetapi, tetap utamakan kenyamanan penonton. Jangan terlalu sering mengucapkan CTA di dalam video Anda. Ini akan membuat penonton merasa terganggu dan teralihkan dari isi video. 11. Manfaatkan Fitur Tag Tag adalah sekumpulan kata yang menunjukkan konteks video. Contohnya, jika video Anda membahas tentang “10 Merk Jaket Terbaik”, maka tag yang sesuai dengan video Anda adalah “fashion”, “pakaian”, dan “brand”. Kenapa tag penting? Tag dapat membantu YouTube dan Google untuk memahami konteks video Anda. Sehingga, video Anda bisa lebih mudah untuk muncul di hasil pencarian pada topik tertentu – sesuai dengan tag yang Anda pasang. Apa yang bisa Anda pasang sebagai tag? Banyak. Mulai dari kata-kata yang terkait dengan topik yang Anda bahas, hingga keyword yang sesuai dengan topik Anda. Ingat, jangan sampai berlebihan saat memasang tag. Hanya gunakan yang benar-benar relevan dengan video Anda. Selain itu, usahakan panjang tagnya dua sampai empat kata untuk hasil yang maksimal. 12. Buat Trailer untuk Channel Anda Pernahkah Anda masuk ke suatu channel dan disambut oleh trailer? Nah, Anda bisa mencobanya juga untuk membuat channel Anda terlihat lebih professional. Memasang trailer adalah salah satu cara promosi channel YouTube yang sering digunakan. Biasanya, isi trailer membahas tentang tema utama dari channel, memberi sambutan, atau menampilkan keunikan channel secara ringkas. contoh trailer channel youtube Anggaplah trailer sebagai usaha untuk memberi kesan awal yang positif bagi para pengunjung yang masuk ke channel Anda. Selain membuat trailer khusus, Anda juga bisa memasang video terbaru Anda sebagai trailer. Sehingga, pengunjung bisa langsung menonton konten terbaru Anda. 13. Tambahkan Video ke Dalam Playlist Apakah Anda punya beberapa video yang membahas tentang topik yang sama? Cobalah untuk memasukkan video-video tersebut ke dalam suatu playlist. Playlist dapat membantu penonton menemukan video-video yang ada di channel Anda. Secara tidak langsung, Anda dapat mengarahkan penonton ke video yang jumlah viewnya masih sedikit. Agar lebih menarik, Anda bisa membagi video-video Anda ke dalam beberapa topik. Lalu, masukkan video-video tersebut ke dalam playlist yang sesuai dengan topiknya masing-masing. Dengan demikian, penonton bisa menyimak video Anda secara berurutan. Nah, bagaimana jika video Anda masih sedikit? Tenang, Anda juga bisa kok memasukkan video dari channel lain ke dalam playlist Anda. Berikut adalah contoh penggunaan playlist yang turut melibatkan video dari channel lain: cara mempromosikan video youtube dengan playlist 14. Tawarkan Giveaway Giveaway adalah praktik memberikan sesuatu kepada penonton secara cuma-cuma. Nah, lalu apa untungnya? Siapapun yang mendengar barang gratisan pasti akan tergoda. Itulah kenapa konsep giveaway sangat bagus untuk menarik perhatian penonton-penonton baru. Anda dapat menggunakan metode ini sebagai alat untuk mempromosikan channel YouTube Anda. Jadi, bagaimana mekanisme giveaway pada umumnya? Biasanya, channel akan memberikan suatu tantangan kepada penontonnya, seperti: “Like video ini, subscribe channelnya, dan bagikan videonya ke lima teman Anda!” “Buatlah komentar yang menarik tentang topik X!” “Posting testimoni tentang produk X dan gunakan tagar tertentu!” Lalu, setelah tantangannya diumumkan, pemenangnya akan ditentukan berdasarkan undian. Atau, Anda juga bisa melakukan penilaian sendiri. Berikut adalah salah satu contoh praktik giveaway di YouTube: cara mempromosikan video youtube dengan giveaway 15. Iklankan Video Anda Saat Anda sedang mencari video di YouTube, mungkin Anda pernah menemukan iklan yang muncul di hasil pencarian teratas seperti ini: cara mempromosikan video youtube dengan iklan Jika Anda tertarik untuk mempromosikan video Anda dengan cara yang sama, Anda perlu tahu cara mengiklankan video YouTube. Untuk mengiklankan video Anda, channel YouTube Anda harus dihubungkan ke akun Google Ads. Selain mengiklankan video di hasil pencarian, Anda juga bisa mengiklankan video Anda di dalam video (yang bisa di-skip). Atau, menampilkan video Anda di kolom rekomendasi. Semuanya tergantung dari tujuan pemasaran Anda. Jangan lupa untuk memperhatikan budget iklan yang tersedia. Biaya iklan baru akan muncul jika penonton mengklik iklan Anda atau menonton iklannya selama lebih dari 30 detik. Bagaimana jika Anda ingin menampilkan video Anda di hasil pencarian teratas YouTube tanpa harus beriklan? Solusinya, Anda harus menerapkan berbagai praktik SEO YouTube. Sudah Siap Mempromosikan Video YouTube Anda? Mengetahui cara mempromosikan video YouTube sangatlah penting. Karena ini dapat berpengaruh terhadap perkembangan channel Anda. Terlebih lagi jika Anda bertujuan untuk mendapat penghasilan dari YouTube. Di artikel ini, Anda telah mempelajari 15 cara mudah untuk mempromosikan video YouTube Anda. Jangan lupa untuk mengidentifikasi persona target penonton Anda terlebih dahulu sebelum mempromosikan video. Semoga artikel ini dapat membantu Anda mendapat lebih banyak penonton dan mengembangkan channel YouTube Anda. Apakah Anda masih punya pertanyaan? Silakan tinggalkan komentar di bawah!

Aplikasi Edit Video Terbaik untuk Promosi Bisnis Anda

Salah satu cara terbaik untuk mempromosikan bisnis Anda adalah melalui video marketing. Tapi, bagaimana cara membuat video yang menarik? Jangan khawatir! Gunakan saja aplikasi edit video terbaik yang ada di artikel ini! Kami akan membahas berbagai jenis aplikasi edit video di berbagai platform, mulai yang ada di HP, hingga yang berbasis website. Selain itu, kami juga tidak akan hanya membahas aplikasi untuk pemula, tapi juga untuk profesional. Penasaran? Langsung simak saja daftarnya di bawah ini! Daftar Aplikasi Edit Video Terbaik 1.1 1. VideoPad Video Editor 1.2 2. Animoto 1.3 3. Magisto 1.4 4. WeVideo 1.5 5. Movie Maker Online 1.6 6. Hippo Video 1.7 7. Powtoon 1.8 8. Video ToolBox 1.9 9. Wave 1.10 10. Kizoa 1.11 11. Filmora 1.12 12. Clideo 1.13 13. Video Cutter 1.14 14. Kapwing 1.15 15. ClipChamp 1.16 16. YouTube Online Video Editor 1.17 17. DaVinci Resolve 1.18 18. VSDC Free Video Editor 1.19 19. Pinnacle Studio 1.20 20. iMovie 1.21 21. Final Cut Pro X 1.22 22. Vegas Pro 1.23 23. Kdenlive 1.24 24. Lightworks 1.25 25. Adobe Premiere Pro Berikut aplikasi edit video terbaik yang bisa membantu Anda membuat promosi bisnis Anda makin ciamik. 1. VideoPad Video Editor videopad adalah salah satu aplikasi edit video di hp yang terbaik VideoPad adalah aplikasi edit video yang kemampuannya luar biasa. Bisa dibilang, aplikasi ini seperti versi super dari Windows Movie Maker. Selain itu, tampilannya juga sederhana dan fitur-fiturnya ramah untuk pemula. Meskipun awalnya dikembangkan untuk sistem operasi Windows, VideoPad adalah salah satu aplikasi edit video di HP yang patut dicoba. Beragam fitur unggulan ditawarkan oleh aplikasi ini. Contohnya seperti visual effect dan transition yang menarik. Setelah Anda membuat videonya, cukup sekali klik untuk menguploadnya ke YouTube atau membagikannya ke teman di media sosial Harga: USD 14,99 untuk Master’s Edition. Keunggulan: Memiliki banyak sekali special effect, fitur, dan filter. Memiliki banyak pilihan untuk format file video. Sehingga Anda memiliki pilihan editing yang lebih luas. Fitur drag and drop yang memudahkan Anda membuat timeline video. Men-support berbagai macam perangkat, seperti: Mac, PC, tablet, smartphone. Kekurangan: Tidak memiliki banyak fitur dan efek spesial seperti kompetitornya. Anda tidak bisa menyimpan video dalam format mp4 jika menggunakan versi gratis. 2. Animoto Animoto salah satu aplikasi edit video di hp terbaik untuk iOS Aplikasi edit video di hp yang satu ini cukup istimewa. Sebab, Animoto cocok digunakan oleh siapa pun. Mulai dari vlogger, fotografer, hingga marketer. Dengan Animoto, Anda bisa membuat video dengan kualitas setara video profesional. Sehingga, tentu saja dapat membantu Anda mengembangkan bisnis. Ada berbagai macam video yang bisa Anda buat di aplikasi ini. Mulai dari video resep masakan, sampai video berita. Anda juga bisa membuat video pendek dengan model slideshow yang populer di kalangan marketer. Bagi Anda yang sedang mencari aplikasi video edit video yang berkualitas di HP, terutama bagi pengguna iOS, Anda bisa coba aplikasi ini. Harga: Mulai dari USD 8 per bulan. Keunggulan: Animoto dapat membantu Anda membuat slideshow video untuk membuat portofolio Anda. Menyediakan puluhan template storyboard bawaan yang bisa membantu membuat video marketing Anda. Menawarkan opsi yang tak terbatas untuk font teks, warna, stok foto, musik, yang bisa Anda tambahkan ke video. Anda bahkan bisa membuat logo bisnis Anda tampil. Karena Animoto adalah salah satu aplikasi edit video tanpa watermark. Kekurangan: Tidak memiliki versi gratis. Interface yang mirip PowerPoint. Tidak ada live preview. Jika Anda ingin melihat pratinjaunya, Anda harus menunggu 15 detik agar server membuat versi video Anda dengan resolusi rendah. Tidak cocok untuk Anda yang ingin melakukan banyak editan kecil di video. 3. Magisto Magisto adalah aplikasi yang populer akan kemampuannya menghasilkan video dan film yang berkualitas tinggi. Cara memakainya pun mudah. Setelah mendaftar melalui akun Facebook atau Google, Anda bisa langsung menambahkan foto dan video ke Magisto. Aplikasi edit video di hp ini juga memiliki berbagai template video yang bisa digunakan untuk macam-macam industri. Misalnya: industri wedding organizer, promosi, event organizer, periklanan, dan sebagainya. Anda bisa membagikan video hasil editan langsung ke media sosial. Namun, untuk mengunduhnya ke komputer, Anda harus melakukan upgrade atau mengajak teman untuk menggunakan Magisto. Harga: Mulai dari USD 9.99 per bulan. Keunggulan: User friendly Anda bisa menggunakan aplikasi Magisto di berbagai macam perangkat, seperti: tab, iPad, PC, ataupun laptop. Kekurangan: Tidak memiliki versi gratis. Keterbatasan gerak dalam mengedit video di versi gratisnya. Hasil akhir editan video (versi gratis) yang tidak bisa diunduh. 4. WeVideo WeVideo adalah aplikasi edit video online yang memiliki beragam fungsi. Anda tidak hanya bisa mengunggah file video, foto, dari komputer Anda. Tapi juga dari Google Drive, Facebook, Instagram, Dropbox, ke Media panel WeVideo. Baru setelah itu, Anda bisa mengeditnya. Untuk Anda yang profesional dan membutuhkan fitur yang lebih baik, Anda bisa menggunakan aplikasi WeVideo versi berbayar. Karena berbayar, tentu fiturnya lebih komplit. Fitur premium meliputi green screen, voiceover, Slow motion, screencasting, sinkronisasi ke iOS, Android, platform web, dan masih banyak lagi. Harga: Tersedia dalam dua versi: gratis dan berbayar, yaitu mulai dari USD 4.99 per bulan. Keunggulan: WeVideo memungkinkan Anda menandai klip-klip tertentu. Atau, memberikan teks pada video, transisi, background graphic, overlay, atau frame. Aplikasi ini bisa diunduh melalui iPhone, Android, atau komputer Windows 10 jika Anda ingin mengedit secara offline. Kekurangan: Butuh waktu untuk mempelajari cara kerja aplikasi ini. Fitur transisi yang sulit. 5. Movie Maker Online Aplikasi Movie Maker Online Seperti namanya, Movie Maker Online memiliki spesialisasi membuat video dalam bentuk film. Aplikasi edit video di laptop satu ini mampu membuat film sederhana dengan kumpulan foto, klip, musik. Dilengkapi fitur judul dan efek, katalog musik bebas royalti, dan banyak stok gambar. Di top menu-nya, Anda bisa menambahkan teks, musik, bahkan efek seperti: HQ video pix dan tekstur hitam dan putih. Caranya hanya dengan meng-klik salah satu pilihannya. Untuk mengedit video dengan aplikasi ini, Anda hanya perlu mengunggah video yang ingin diedit ke timeline project-nya. Di situ Anda bisa memotong klip, menambahkan filter, atau memberikan efek transisi. Aplikasi ini cocok digunakan oleh Anda yang pemula yang belum butuh banyak fitur dalam mengedit video marketing. Harga: Tersedia versi gratis, dan versi berbayar: USD 39.5. Keunggulan: Anda bisa mengakses aplikasi ini di komputer apa pun. Anda juga tidak perlu khawatir tentang tempat penyimpanannya. Karena tempat penyimpanannya berada di cloud. Jika Anda ingin mengembangkan video dengan menambahkan musik atau gambar. Anda bisa mengambilnya dari arsip Movie Maker. Semuanya gratis, dan bebas royalti. Kekurangan: Interface yang membingungkan. Anda harus menonaktifkan ad blocker untuk menggunakan aplikasi ini. Hanya bisa mengexport video ke MP4. 6. Hippo Video Aplikasi Edit Hippo Video Aplikasi video marketing all-in-one yang bisa membuat video, mengedit, mengirim email video, dan memasang video di web, tentu saja Hippo Video. Selain itu, platform ini juga menyediakan layanan edit video. Anda bisa menambahkan file media dari komputer atau Google Drive. Meskipun begitu, video dari Hippo Video hanya tersedia dalam format MP4, mkv, flv, 3gp, dan mpg. Dengan file maksimum yang didukung yaitu 500MB. Aplikasi edit video terbaik ini tersedia dalam dua versi. Versi gratis dan profesional. Untuk yang gratis, Anda bisa menggunakan fitur dasarnya seperti: split, trim, crop, add text atau resize, add simple titles, emojis, dan callouts. Untuk mendapat versi profesional seperti merekam narasi dan menambahkannya ke video, Anda perlu melakukan upgrade atau melakukan rekomendasi ke teman. Harga: Tersedia dalam dua versi: versi gratis, dan berbayar yaitu sebesar USD 5 per bulan. Keunggulan: Selain meng-import video, Anda juga bisa menggunakan Hippo Video untuk merekam layar desktop Anda, webcam, dan voice over. Anda bisa membagikan video hasil editan secara langsung ke media sosial. Atau mengunduhnya ke komputer Anda. Aplikasi edit video tanpa watermark. Kekurangan: Terkadang lambat ketika memproses video. Opsi tool yang terbatas. 7. Powtoon Aplikasi Edit Video Powtoon Jika Anda memerlukan video yang berfungsi sebagai panduan, maka Powtoon adalah jawabnya. Powtoon adalah aplikasi edit video online yang khusus untuk membuat video tutorial atau penjelasan (explanatory). Anda bisa membuat video tutorial atau infografis dengan gaya animasi lengkap dengan banyak pilihan karakter, properti, objek, dan teks. Untuk menggunakannya aplikasi ini secara online, Anda butuh sign in terlebih dahulu. Setelah masuk ke akun, Anda bisa memanfaatkan berbagai template yang tersedia untuk berbagai model video: explainer video, video marketing, video infografis, video iklan, maupun presentasi. Keistimewaan Powtoon dibanding kompetitornya yaitu, aplikasi ini dapat menghasilkan video yang berkualitas sekaligus memikat. Itulah mengapa banyak perusahaan menggunakan Powtoon untuk mempromosikan produk dan meningkatkan penjualan. Harga: Untuk Paket Pro, harga mulai dari USD 19 per bulan. Paket Pro+ USD 29 per bulan. Paket Agency USD 99 per bulan atau USD 1,188 per tahun. Keunggulan: Memungkinkan Anda membuat video dengan ratio 1:1, 16:9, 9:16. Anda juga bisa mengunggah rekaman video Anda sendiri atau menggunakan sumber video bawaan dari Story Block. Anda dapat memilih salah satu dari banyak gambar orang dan objek dari PowToon. Untuk kemudian dapat Anda gunakan di kanvas kosong atau latar berwarna Anda. Kekurangan: Anda perlu melakukan upgrade untuk bisa mengunduh video hasil editan. Aplikasi PowToon versi berbayarnya (per bulan) cukup mahal. 8. Video ToolBox Aplikasi Edit Video Toolbox Apakah Anda pelajar yang butuh aplikasi edit video yang sederhana? Jika ya, Anda bisa mencoba Video Toolbox. Meskipun sederhana, aplikasi edit video gratis Toolbox terkenal punya fungsi tambahan yang tidak biasa. Dengan Toolbox, Anda tidak hanya bisa mengedit video, tapi juga mendapat informasi yang detail tentang bit rate, frame rate, codec, dan resolusinya. Untuk bisa mengakses aplikasi edit video online ini, Anda harus membuat akun terlebih dahulu. Setelah melakukan aktivasi akun di email, Anda bisa log in untuk masuk ke menu utamanya. Harga: Gratis. Keunggulan: Dapat meng-convert file video Anda menjadi beberapa format populer seperti MKV, Mp4, MOV, dan AVI. Memungkinkan Anda mengunggah video dari komputer atau dari URL, bahkan hingga 1500MB. Dengan ToolBox, Anda bisa melakukan merge, crop, dan cut pada file video Anda. Aplikasi edit video tanpa watermark. Kualitas video yang tetap bagus meskipun clip-nya dipotong. Kekurangan: Storage terbatas. Kebanyakan tool-nya tidak memiliki opsi pratinjau video. Interface dan keseluruhan tampilannya tampak out of date. Tidak memiliki efek video. 9. Wave Aplikasi Edit Video Wave Aplikasi Wave adalah aplikasi edit video terbaik yang bisa Anda gunakan hanya melalui browser Anda. Dengan beragam fiturnya, Wave akan memudahkan Anda mengedit video untuk platform apa pun. Baik itu YouTube, sosial media, maupun proyek di luar platform online. Wave membuat Anda dapat melakukan banyak hal seperti: memotong klip, menambahkan teks ke video, mengatur kecerahan video, menambahkan klip, memberikan efek transisi, me-resize video, dan banyak lagi. Harga: Tersedia versi gratis dan berbayar. Versi berbayarnya terbagi dalam tiga paket: Paket Creator USD 8.25 per bulan, Paket Pro USD 33, dan Paket Agency seharga USD 49 per bulan. Keunggulan: Memiliki banyak stok images dan footage. Menyediakan banyak templates, grafis, watermark, stiker. Setelah Anda selesai mengedit video, Anda bisa mengunggah hasilnya ke YouTube, Facebook, Twitter, Vimeo, Google Drive, Dropbox. Fitur visualizer audio track memudahkan Anda memasukkan musik ke video dengan lebih mudah. Mudah digunakan. Kekurangan: Sulit membuat teks pada background hitam. Anda harus meletakkan teksnya di atas gambar atau video. Anda tidak bisa mengunduh video hasil editan di versi gratisnya. Versi gratisnya hanya memungkinkan Anda membuat video dengan durasi 15 detik. 10. Kizoa Aplikasi Edit Video Kizoa Kizoa adalah aplikasi edit video online yang terkenal karena efek transisinya yang lebar. Sehingga dapat membantu Anda mengembangkan video dengan kualitas profesional dengan mudah. Dengan Kizoa, Anda bisa membuat video dengan foto, musik, dengan menambahkan teks, special effect, transisi. Aplikasi ini juga mendukung rekaman 4K UHD dan memberikan rasio aspek berbeda 16:9, 4:3, 3:2, 1:1, dan 9:16, 3:4, 2:3 untuk format portrait. Anda Anda juga bisa menambahkan foto atau video dari komputer atau sosial media. Harga: Tersedia dalam dua versi: versi gratis dan berbayar. Kizoa menyediakan empat paket untuk versi berbayar: Paket Starter seharga USD 29.99, Paket Creator seharga USD 49.99, Paket Professional seharga USD 99.99, dan Paket Business seharga USD 299.99. Harga keempat paket tersebut merupakan harga lifetime. Artinya, Anda hanya perlu bayar sekali untuk seumur hidup! Keunggulan: Library Kizoa dilengkapi banyak animasi dan efek yang bisa digunakan untuk keperluan khusus editing video. Aplikasi ini memudahkan Anda mengedit video dengan beberapa detail seperti posisi, size, durasi, dan timing. Anda tidak perlu melakukan registrasi untuk bisa mengakses fitur-fiturnya. Cocok untuk pemula maupun profesional. Kekurangan: Sulit mengatur ulang durasi video secara manual. Kizoa secara otomatis menambahkan waktu ekstra ke video. Beberapa problem seperti crash dan sering macet di fitur transisinya. 11. Filmora Aplikasi Edit Video Filmora Filmora adalah aplikasi edit video online yang memberikan Anda kebebasan yang tidak bisa Anda dapatkan dari aplikasi lain. Setelah membeli lisensi paketnya, Anda bisa mendapat banyak sekali efek yang bisa digunakan untuk proyek video Anda. Anda bisa menghapus atau menambah watermark. Serta mendapatkan support teknikal selama 24/7. Dengan Filmora, Anda dapat menyesuaikan efek warna, kecerahan, kecepatan, rotasi, dan fitur pendukung lainnya. Bagi Anda yang baru ingin memulai mengedit video, aplikasi ini cocok karena ringan dan tidak mudah crash. Harga: Filmora menyediakan tiga paket: Paket Annual Plan USD 39.99 per tahun, Paket Lifetime Plan seharga USD 69.99, dan Paket Annual Bundle Plan seharga USD 99.87 per tahun. Keunggulan: Memiliki interface yang bisa membantu Anda membuat video yang interaktif. Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk membuat video yang menarik untuk mem-branding bisnis Anda, Aplikasi ini bisa digunakan di Windows dan Mac dan tersedia di Android dan iOS dengan nama “FilmoraGo”. Kekurangan: Tidak semua fitur software-nya gratis. Jika Anda mengedit di versi gratisnya, hasil video Anda akan memiliki watermark bawaan. Performanya kadang lambat (lagging) apalagi jika prosesor atau RAM Anda terbatas. 12. Clideo Aplikasi Edit Video Clideo Aplikasi edit video online yang satu ini super sederhana. Dengan Clideo, Anda dapat menggabungkan video dan image agar video lebih panjang. Karena aplikasi ini super sederhana, jadi Anda perlu menambahkan tool terpisah untuk memotong video, me-rotate, mengkompres, dan lain-lain. Dengan bantuan server penyimpanan seperti Google Drive dan Dropbox, Anda tidak perlu lagi khawatir tentang memori hardisk Anda. Berbeda dari aplikasi lainnya, aplikasi Clideo memiliki video player sendiri. Sehingga video hasil dari Clideo tidak bisa langsung dibagikan ke sosial media. Sebagai gantinya, Anda harus meng-copy linknya, dan membagikannya di sosial media seperti Facebook maupun Twitter. Harga: USD 6 untuk berlangganan tiap bulan. USD 99 untuk paket lifetime. Keunggulan: Sangat mudah digunakan dan cocok untuk pemula. Harga yang murah. Dapat menambahkan video, images, dan background track. Kekurangan: Per proyeknya dibatasi hanya bisa sebesar 500MB. Tidak cocok untuk editing video yang membutuhkan banyak fitur. 13. Video Cutter Aplikasi Edit Video Cutter Jika Anda ingin aplikasi edit video online yang user-friendly, Anda bisa menggunakan Video Cutter. Aplikasi ini fokus pada layanan pemotongan video tanpa batas! Anda juga bisa mengunggah video dari komputer via Dropbox, Google Drive, atau langsung dari URL. Dengan aplikasi online ini, Anda bisa memutar video dari 90, 180, bahkan hingga 270. Tidak hanya itu, dengan Video Cutter Anda bisa juga mengaplikasikan beberapa gaya editing untuk membuat hasil video yang keren. Namun, yang perlu Anda tahu, Video Cutter hanya bisa menangani file video berukuran maksimal 500MB. Harga: Mulai USD 29 untuk penggunaan seumur hidup. Keunggulan: Gratis. Bahkan untuk fitur-fitur lanjutannya. Tidak perlu mendaftar untuk menggunakan aplikasi online Video Cutter. Aplikasi edit video tanpa watermark. Kekurangan: Fitur yang terbatas hanya pada trim, crop, dan rotate video. 14. Kapwing Aplikasi Edit Video Kapwing Aplikasi edit video online all-in-one lain yang patut Anda tahu adalah Kapwing. Kapwing menyediakan banyak sekali fasilitas yang mendukung aktivitas Anda mengedit video. Anda bisa lihat apa saja fasilitasnya di bagian keunggulan di bawah. Untuk melakukan edit video, Anda tinggal mengunggah file medianya dari komputer atau paste URL video untuk memulai. Jika Anda mengakses Kapwing tanpa sign in, maka akan ada watermark di hasil video editan Anda nantinya. Jadi, semisal Anda tidak ingin ada watermark yang muncul di video, Anda harus sign in dulu jika ingin mengedit video. Harga: USD 20 per bulan. Keunggulan: Kapwing menyediakan berbagai fasilitas seperti: online meme generator, video maker, video resizer, video trimmer, subtitle, audio, loop video, dan sebagainya. Memungkinkan Anda untuk mengkustomisasi ukuran video dengan rasio ukuran 1:1, 9:16, 16:9, 4:5, 5:4. Anda bisa mengunduh video hasil editan ke komputer, atau membagikannya langsung ke sosial media. Kekurangan: Interface yang sulit. Fitur-fitur yang susah ditemukan di layar. Tidak mudah untuk me-resize teks karena tidak ada pilihan ukuran. Anda harus meng-klik dan menggeser kotak teksnya untuk menyesuaikan. 15. ClipChamp Aplikasi Edit Video ClipChamp ClipChamp merupakan salah satu aplikasi edit video terbaik yang digunakan banyak orang. Selain fungsi utama mengedit video, aplikasi ini juga menyediakan video compressor, converter, dan webcam recorder. Dengan seret dan lepas (drag and drop), Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk memotong (crop), memangkas (trim), memutar (rotate), dan membalik (flip) video. ClipChamp juga menyediakan library untuk file video dan audio yang gratis maupun berbayar. Tinggal pilih mana yang sesuai kebutuhan Anda. Harga: Tersedia dalam dua versi: gratis dan berbayar. Untuk yang berbayar ClipChamp menyediakan tiga paket: Paket Business USD 19 per bulan dan USD 156 per tahun, Paket Creator USD 9 per bulan dan USD 72 per tahun, Paket Business Platinum USD 39 per bulan dan USD 324 per tahun. Keunggulan: Platform ini memungkinkan pemula untuk dapat menyelesaikan editan videonya dengan cepat. Hasilnya pun dapat langsung disimpan di komputer atau Google Drive. Anda bisa menambahkan teks, overlays, background, dan transisi. Anda juga bisa menyesuaikan brightness, saturation, dan contrast-nya dengan mudah. Memiliki pilihan ratio untuk ukuran tampilan videonya. 1:1, 9:16, 4:3, atau 16:9. Kekurangan: Butuh waktu untuk mempelajari cara kerja aplikasi ini. Tidak ada cara mudah untuk menentukan panjang video. Anda harus melihat angka pada garis waktu untuk mengetahui panjang durasi klipnya. 16. YouTube Online Video Editor Aplikasi Youtube Online Video Editor Tahukah Anda, kalau Anda bisa mengedit video di YouTube tanpa mempengaruhi view, komen, dan rangkingnya? Yup, Anda bisa memotong video Anda, menyimpan URL originalnya, kemudian akan di-index ulang oleh Google. Anda juga bisa membuat banyak versi hanya dari satu video. Tanpa harus menutup platformnya. Dengan aplikasi YouTube Online Video Editor, Anda tidak perlu mempekerjakan orang untuk mengedit video Anda. Fitur dan fungsinya yang sederhana cukup untuk keperluan edit video yang basic. Meski gratis dan simpel, aplikasi ini cukup memuaskan karena hampir tidak pernah freeze atau crash. Harga: Gratis. Keunggulan: Menghemat waktu dan uang karena gratis dan mudah digunakan. Memiliki kemampuan untuk me-remix dan me-reuse video klip. Dapat menambah efek, transisi, gambar, dan mengkombinasikan video. Kekurangan: Anda tidak bisa menambahkan musik Anda sendiri. Namun, Anda tetap bisa menggunakan audio trek dari kumpulan audio milik YouTube. Hanya memiliki fitur basic. Hanya bisa menambahkan teks dan grafis di awal dan akhir video 17. DaVinci Resolve Aplikasi Edit Video DaVinci Resolve Dengan kualitas kelas profesional, DaVinci Resolve hadir sebagai salah satu software editing video terbaik untuk pemula. DaVinci Resolve menyediakan aplikasi edit videonya dalam dua versi: versi gratis dan berbayar. Meski sebenarnya, yang versi gratis juga sudah cukup mumpuni untuk pemula. Dengan aplikasi ini, Anda bisa melakukan editing maupun pengujian audio dan video pasca produksi. Aplikasi ini tersedia untuk berbagai sistem operasi seperti mac OS, Linux, dan Windows. Jadi, bisa dikatakan DaVinci Resolve merupakan salah satu aplikasi edit video PC terbaik. Untuk memperoleh fitur dan fungsi yang lebih lengkap, Anda perlu berlangganan versi berbayarnya yaitu DaVinci Resolve Studio. Harga: Tersedia dalam versi gratis dan berbayar, yaitu DaVinci Resolve Studio seharga USD 299. Keunggulan: Memiliki beragam fitur canggih untuk mengedit, mixing, dan memproduksi video berkualitas tinggi. Memiliki fitur utama bawaan untuk penyimpanan data dan proyek kolaborasi. Kekurangan: Tidak semua fungsi dan fiturnya gratis. Interface yang membingungkan. 18. VSDC Free Video Editor Aplikasi Edit Video VSDC Free Video Editor Meskipun aplikasi edit video di laptop ini hanya tersedia untuk sistem operasi Windows, tapi fungsinya cukup lengkap! VSDC Video editor menawarkan fitur-fitur yang powerful dan serbaguna dengan berbagai objek dan efek. Misalnya seperti: background remover, split screen, picture-in-picture, color correction, dan masih banyak lagi. Selain itu, SDC Video editor mendukung file video dengan berbagai format. Plus, dilengkapi dengan instruksi yang mudah diikuti, aplikasi ini sangat memanjakan para pemula. Cocok untuk YouTuber, video gamer, pemilik kamera action. Harga: Tersedia dalam dua versi: gratis dan berbayar, yaitu USD 19.99 untuk VSDC Video Editor Pro. Keunggulan: Sederhana dan mudah digunakan. Interface berbentuk drag and drop. Kekurangan: Technical support-nya tidak gratis. Hanya bisa digunakan di Windows. Lebih cocok untuk presentasi. Baca Juga: Cara Menjadi YouTuber Pemula 19. Pinnacle Studio Aplikasi Edit Video Pinnacle Studio Meskipun untuk pemula, aplikasi edit video di laptop ini mampu menciptakan hasil video dengan kualitas di atas rata-rata. Toolset Pinnacle yang kreatif membuatnya tampak lebih menonjol dibanding aplikasi edit video pemula yang lain. Dengan software ini, Anda bisa menangkap dan mengimpor materi dari berbagai sumber. Kemudian memasukkan efek stop-motion dan melakukan editing360. Aplikasi Pinnacle Studio memungkinkan penggunanya untuk membuat konten video dalam bentuk Video CD, DVD-Video, AVCHD, atau format Blu-Ray. Selain itu, Anda bisa juga menambahkan menu komplementer dan melakukan burn CD. Harga: Tersedia dalam tiga level paket: Studio seharga USD 59.95, Studio Plus seharga USD 99.95, dan Studio Ultimate seharga USD 129.95. Keunggulan: Mudah digunakan. Dilengkapi dengan fitur drag and drop dan snippet untuk audio dan video. Memiliki kapasitas dan fungsionalitas yang mirip dengan software profesional. Kekurangan: Harga yang cukup mahal. Tidak bisa dioperasikan di Mac. Versi gratisnya tidak support untuk konten 4K. 20. iMovie Aplikasi Edit Video iMovie Aplikasi video editor untuk pengguna Mac ini hadir sebagai salah satu aplikasi edit video di laptop dengan rating terbaik. Dengan iMovie, Anda dapat membuat video seperti trailer film Hollywood. Karena aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membuat video dengan gaya storytelling, lengkap dengan logo dan credits roll. Meskipun software ini dibuat khusus Mac, tapi iMovie dapat menerima materi hasil editan dari gawai lain selain produk Apple. Sehingga memungkinkan Anda tetap bisa melanjutkan editing video di Mac Anda. Oya, dengan aplikasi ini Anda bisa membuat klip, trailer, film dengan resolusi 4k. Harga: Tersedia dalam dua versi: gratis dan berbayar, yaitu USD 14.99. Keunggulan: Interface yang user friendly Memiliki fitur green-screen untuk membuat special effect. Kekurangan: Memiliki fitur yang terbatas. Waktu rendering yang cukup lambat. 21. Final Cut Pro X Aplikasi Edit Video Final Cut Pro Jika Anda videografer profesional pengguna Mac OS X. Aplikasi edit video di laptop ini cocok untuk Anda. Aplikasi ini adalah aplikasi standar video editing pasca produksi untuk Mac OS X. Dengan fitur yang terus update, software ini semakin inovatif. Di aplikasi ini, Anda dapat menemukan beberapa fungsi seperti: encoding suite dan compressor, yang dapat menghasilkan video yang berkualitas tinggi tanpa hambatan. Namun, untuk bisa mengoperasikan aplikasi ini Anda memerlukan minimal RAM 4GB, OpenCL-Graphic card, dan 256MB untuk video RAM. Berbeda dengan aplikasi lain yang hanya menyediakan trial paling lama seminggu, Final Cut Pro X menyediakan trial gratis selama 30 hari! Harga: Tersedia dalam dua paket: Final Cut Pro X seharga USD 299.99, dan Logic Pro X seharga USD 199.99. Keunggulan: Memiliki fitur footage 360 dan kualitas HDR. Dilengkapi efek 3D dan banyak opsi multi-kamera. Pengoperasian yang mudah. Kekurangan: Butuh waktu untuk belajar dan bisa mengoperasikan aplikasi ini. Pengaturan manajemen file yang tidak bisa disesuaikan. Beberapa filter untuk audio dan visualnya tidak berkualitas tinggi. 22. Vegas Pro Aplikasi Edit Video Vegas Pro Sebagai aplikasi edit video terbaik yang dikembangkan Sony dan diambil alih Magix, Vegas Pro adalah salah satu software yang patut diperhitungkan. Aplikasi ini sudah dipakai oleh banyak profesional di industri film, televisi, dan lain-lain. Vegas Pro terkenal sebagai aplikasi yang fleksibel dan efisien karena memiliki workflow dan tool yang dapat meningkatkan kecepatan produksi. Dengan Vegas Pro, Anda dapat mengedit klip dengan timeline dan mengaplikasikan efek dan elemen menarik di video. Misalnya seperti memperlambat kecepatan playback di frame tertentu. Anda juga bisa menggunakan aplikasi video editing ini untuk membuat special effect seperti judul 3D. Atau, menggunakan Vegas Pro untuk membuat hak cipta karya Anda. Harga: USD399 untuk lisensi, dan USD199 untuk upgrade softwarenya. Keunggulan: Sangat cocok untuk membuat montase (mengedit dan menggabungkan potongan film) yang berkualitas. Software yang selalu up to date. Kekurangan: Opsi transisi yang terbatas untuk versi gratisnya. Waktu rendering yang cukup lama. Harganya cukup mahal. 23. Kdenlive Aplikasi Edit Video Kdenlive Dulu Kdenlive mungkin aplikasi video marketing yang populer di kalangan pengguna Linux. Namun, sekarang developer telah meluncurkan aplikasi ini untuk pengguna Mac dan Windows! Aplikasi edit video pc Kdenlive memiliki fungsi unggulan yaitu multi-track timeline, dilengkapi dengan banyak efek dan transisi. Aplikasi ini mendukung video dalam format AVCHD, DV, maupun HDV. Tidak kalah hebat dengan aplikasi video marketing yang lain. Aplikasi Kdenlive support untuk digunakan di dua monitor, untuk multi-track timeline, clip list, customizable layout, dan efek dasar. Selain itu, Kdenlive merupakan aplikasi video marketing yang hampir tidak pernah mengalami crash lho! Harga: Gratis. Keunggulan: Memiliki tool analisis termasuk histograms, audio meter, waveform, vectorscopes, dan masih banyak lagi. Interface yang dapat dikonfigurasi sesuai dengan kebutuhan Anda. Tidak dibutuhkan instalasi yang rumit. Cukup unzip file-nya lalu jalankan programnya. Kekurangan: Update-annya lambat. Tidak memiliki video efek yang bagus. Tidak cocok untuk pemula. 24. Lightworks Aplikasi Edit Video Lightworks Lightworks adalah software khusus video editing untuk videografer berpengalaman. Lightworks telah digunakan oleh banyak program televisi dan film yang memenangkan penghargaan. Aplikasi ini termasuk aplikasi edit video terbaik yang mampu mengoreksi warna, motion graphic, dan memiliki kemampuan komposisi (composting) Aplikasi ini membutuhkan tingkat pengetahuan tinggi dalam pengoperasiannya. Itulah mengapa, hanya profesional videografer yang cocok mengoperasikannya. Anda bisa menggunakan versi gratisnya terlebih dahulu jika ingin mencoba fungsi dan dan fitur basicnya. Jika Anda puas, Anda bisa mulai berlangganan versi berbayarnya. Harga: Tersedia dalam dua versi: gratis dan berbayar. Untuk yang berbayar, Anda harus menyiapkan USD 24.99 per bulan, USD 2,099 per tahun, USD 5,255 untuk lifetime. Keunggulan: Interface yang mudah dan sederhana. Dilengkapi toolbar yang menyediakan banyak hal. Akses ke alat perekam video atau audio stream. Mengimport windows (video, sound, atau image). Dan mengekspor windows. Support untuk video 2K, 4K, PAL, NTSC, dan HD. Kekurangan: Fasilitas 4K UHD untuk YouTube hanya tersedia di versi software yang berbayar. Tidak jelas di mana data disimpan. 25. Adobe Premiere Pro Aplikasi Edit Video Adobe Premiere Pro Aplikasi edit video pc yang satu ini adalah yang terbaik di kelasnya. Aplikasi ini dilengkapi dengan banyak tool lanjutan (advanced) yang bisa membantumu menghasilkan video yang berkualitas. Versi CS6 Adobe Premiere Pro menampilkan desain ulang secara signifikan serta integrasi dengan dua produk Adobe yang lain. Seperti Adobe Prelude untuk pencatatan dan perekaman video, serta Adobe SpeedGrade untuk koreksi warna. Selain itu, Adobe Premiere Pro juga menawarkan Adobe After Effects untuk motion graphic, visual effect, dan composting. Ada juga Adobe Audition untuk mengerjakan multi-track audio. Semua fungsi dan fiturnya tentu akan sempurna bagi videografer profesional seperti Anda. Harga: Memiliki versi gratis dan berbayar. USD 19.99 per bulan untuk Adobe Premiere Pro. USD 39.98 per bulan untuk Adobe Premiere Pro +1 aplikasi creative cloud. USD 49.99 dan USD 74.99 per bulan untuk Full Adobe Creative Cloud Keunggulan: Memungkinkan Anda melakukan akses langsung lewat sumber database video. Sangat responsif, stabil, dan memiliki semua tool profesional yang Anda butuhkan. Kekurangan: Tidak support untuk video 4K. Anda hanya bisa menginput video lebih kecil dari 5 GB. Harga yang cukup mahal. Sudah Bisa Pilih Aplikasi Edit Video Terbaik Mana yang Cocok? Tidak perlu bingung memilih aplikasi edit video terbaik untuk Anda. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dan kemampuan. Jika masih bingung aplikasi edit video mana yang dipilih, mulai saja dari menentukan kategorinya. Setelah memilih salah satu dari keempat kategori di atas, bandingkan keunggulan dan kekurangan setiap aplikasi edit video itu. Atau, Anda cukup melihat tabel di awal untuk pertimbangan tambahan. Untuk mengikuti tren pasar yang mulai beralih ke konten video, Anda perlu membuat konten video yang semenarik mungkin, terutama bagi pebisnis. Tentu tujuannya agar promosi bisnis Anda bisa sukses dan mendatangkan banyak pelanggan. Semoga artikel ini dapat membantu Anda

TAG VIDEO

Sama seperti WordPress, Anda juga bisa menambahkan tag ketika mengunggah video di YouTube. Tag bisa ditambahkan melalui kolom di bawah deskripsi video. Meskipun terlihat sepele, tag membantu Google dan YouTube untuk memahami konteks video Anda. Jadi sebaiknya Anda tetap memanfaatkan fitur ini saat menjajal cara mendapatkan uang dari YouTube. Tambahkan kata kunci yang berkaitan dengan video Anda di tag. Pertama dan yang paling penting saat menerapkan cara menghasilkan uang dari YouTube adalah masukkan focus keyword yang Anda targetkan. Kedua, tambahkan variasi atau LSI keyword dari kata kunci tersebut. Ketiga, tambahkan kata kunci lain yang masih berkaitan dengan focus keyword.

Apa itu Komentar Spam ? Bagaimana Mengatasinya ?

Apa itu komentar spam ? Sebenarnya, para blogger mengartikan komentar spam dengan banyak versi. Yang jelas, komentar spam adalah komentar yang dideteksi oleh sistem mederasi atau proteksi komentar pada sebuah situs sebagai komentar yang tidak sesuai dan tidak relevan. Blog Spam atau komentar spam menjadi masalah besar bagi para blogger. Setiap situs yang menampilkan jenis tautan halaman atau menggunakan teks hyperlink dalam isinya dapat dengan mudah menjadi sasaran blog spammer. Apa saja kategori komentar spam ? 1. Komentar yang berisi sebuah link Mungkin ini sering kita temui di beberapa komentar blog kita, orang lain menanamkan sebuah link di komentar kita dengan tujuan menarik kita untuk berkunjung ke link tersebut. 2. Komentar yang tidak sesuai dengan isi artikel Misalnya artikel kita menjelaskan tentang kesehatan, sebuah komentar dengan kata-kata “Saya ingin menawarkan anda sebuah produk dan.......”, maka komentar seperti ini bisa dideteksi sebagai komentar spam. 3. Komentar terlalu singkat Misalnya sebuah komentar di blog kita “pertamanya” atau “bagus” atau “suka deh”. Jika kita mendapati komentar-komentar singkat lebih baik kita menghapusnya karena ini demi kebaikan blog dan tulisan kita. 4. Memberi banyak komentar dengan kata-kata yang sama Misalnya seseorang memberi sebuah komentar pada kolom komentar blog kita dengan kata “Makasih gan” sebanyak 4 kali, maka itu juga termasuk komentar spam. 5. Komentar panjang dengan berulang-ulang Komentar ini biasanya dilakukan oleh para blog/web spammer dengan menggunakan robots sehingga banyak komentar yang sama di berbagai situs, atau komentar dengan cara copy paste dan menempatkannya di berbagai situs. Tentu hal ini akan menjadi masalah bagi blog kita di mesin pencari. Apa tujuannya komentar spam ? Sebenarnya ada banyak kemungkinan tujuan pembuat komentar spam. Misalnya komentar dengan berisi link, jelas tujuannya adalah menarik orang lain untuk mengunjungi situs ink tersebut dan meningkatkan pagerank atau untuk mempromosikan produk, jasa, dan kerjasama online. Sedangkan tujuan lainnya mungkin ini cuma sebagai bentuk jejak dan hal iseng belaka. Apakah komentar spam membahayakan blog ? Komentar spam merupakan sebuah masalah dari berbagai masalah tentang SEO. Ini bisa menjadi suatu hal yang membahayakan bagi blog. Adapun bahaya dari masalah ini adalah sebegai berikut : 1. Pagerank SEO bisa turun Ini dikarenakan komentar spam adalah hal yang dianggap buruk oleh mesin pencari. Salah satu alasannya adalah si pemberi komentar melakukan cara untuk meningkatkan pagerank situsnya dengan cara yang tidak disukai mesin pencari, jika kita tidak menghapus komentar tersebut maka mesin pencari juga menganggap bahwa blog kita juga melakukan hal yang curang yang tidak disukai mesin pencari. Dan mesin pencari mungkin mulai mengabaikan keberadaan blog kita. 2. Penalti Google Ini adalah bentuk akhir dari penyelesaian masalah tentang spam bagi mesin pencari terutama Google. Jika blog kita menjadi sarang komentar spam, Google mungkin akan menjatuhkan hukumannya dengan menghapus keberadaan blog kita di mesin pencari sehingga blog kita tidak bisa lagi diakses oleh pengunjung. Baca Alasan Google menghapus Web dan Blog di Search Engine 3. Komentar spam meninggalkan kesan buruk pada blog Setiap posting dengan banyak komentar memang terlihat bahwa banyak pengunjung yang datang. Namun, ini dapat merusak reputasi blog dan memberikan kesan yang buruk di mata blogger lain apa lagi di mata mesin pencari. Jadi, berkomentarlah dengan baik jika Anda ingin meninggalkan komentar, baca juga aturan berkomentar : 5 Aturan Dan Kriteria Komentar Blog Yang Baik, Sopan, Dan Ramah. Bagaimana cara mengatasi komentar spam ? 1. Aktifkan moderasi komentar spam Bagi para blogger, cara utama adalah mengaktifkan proteksi yang mendeteksi komentar spam yang masuk. Setiap komentar yang masuk akan kita saring yang kita moderasi terlebih dahulu sebelum mempublikasikannya. Pada blogspot, kita bisa melakukannya dengan cara masuk aku blog – dashboad – setelan – pos dan komentar – klik “selalu” pada moderasi komentar seperti gambar di bawah ini : 2. Hapuslah komentar yang dianggap komentar spam Setelah kita mengaktifkan moderasi komentar, setiap komentar akan menunggu untuk dipublikasikan. Kita akan mendapati beberapa komentar untuk dimoderasi saat membuka akun blog kita. Hapuslah komentar yang kita anggap spam seperti kategori komentar spam di atas. Atau kita bisa melihatnya di kolom komentar spam saat sistem blog mendeteksi sebuah komentar spam, lalu hapus komentar yang dianggap spam oleh sistem blog. 3. Gunakan pengguna ID untuk para pengomentar Jangan biarkan orang tidak dikenal (anonymous) mengomentari blog kita, kita bisa mengatur pada setting komentar hanya pengguna email/ID terdaftar yang bisa mengomentari artikel kita. Caranya : masuk aku blog – dashboad – setelan – pos dan komentar – siapa yang dapat mengomentari ? – pengguna terdaftar, seperti gambar berikut : 4. Aktifkan Verifikasi kata Aktifkan verifikasi kata pada setiap orang yang mau memberi komentar. Caranya : masuk aku blog – dashboad – setelan – pos dan komentar – verifikasi kata – ya. Seperti gambar berikut : 5. Gunakan rel=”nofollow” Kita bisa menggunakan rel=”nofollow” pada setiap komentar. Tetapi biasanya untuk blogspot atribut ini sudah secara otomatis menjadi atribut default.

Sudah Siap Menghasilkan Uang dari YouTube?

Sudah Siap Menghasilkan Uang dari YouTube? 1. buat channel 2. upload konten video 3. Daftar google adsen 4. Monetisasi Tidak ada cara dapat uang dari YouTube kilat. Butuh rencana yang matang dan ketekunan agar channel YouTube Anda memiliki banyak impresi baru kemudian menghasilkan uang untuk Anda. Namun, kalau dilakukan dengan baik, hasilnya akan memuaskan dan dapat membantu pengembangan bisnis Anda. Nah, agar berhasil melakukan cara mendapatkan uang dari YouTube, Anda perlu menemukan ide konten YouTube yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan digital marketing Anda, ya. Misalnya untuk meningkatkan brand awareness, engagement, ataupun meningkatkan penjualan produk. Salam sukses!