My Blog List

Saturday, January 19, 2013

Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik

Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)  Tematik


Nama Sekolah     :  SD N 3 JANGKUNGHARJO
Tema                    :  Lingkungan
Kelas/Semester    :  III / 1
Alokasi Waktu     :  3 minggu

A. STANDAR KOMPETENSI

I.
PKn

1.
Mengamalkan makna Sumpah Pemuda

II.
IPS

1.
Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah

III.
Bahasa Indonesia

Mendengarkan

1.
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan

Berbicara

2.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita
dan memberikan tanggapan/ saran

IV.
Matematika

1.
Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka

V.
IPA

1.
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi
perubahan pada makhluk hidup

B. KOMPETENSI DASAR

1. PKn             : - Mengamalkan makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
- Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari- sehari

2. IPS              : - Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah
                                - Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah

3. B. Indonesia: - Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
  - Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
  - Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami

4. Matematika : Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka

5. IPA             : - Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
- Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak
  (makanan, kesehatan, rekreasi, dan olah raga)

C. TUJUAN PEMBELAJARAN

1. PKn    : - Siswa dapat mengklasifikasi dan membuat daftar tindakan yang dapat  mempersatukan bangsa
                          -  Siswa dapat menyebutkan nama organisasi pemuda di nusantara
                            - Siswa dapat menyebutkan lima tokoh pemuda yang ikut Kongres Pemuda
                                - Siswa dapat mengidentifikasikan pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda di
                                  lingkungan rumah

2. IPS           : - Siswa dapat mengidentifikasikan kenampakan alam dan kenampakan buatan di lingkungan sekitar
                          - Siswa dapat menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan
                                - Siswa dapat menjelaskan manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan
                                - Siswa dapat membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata  anginnya
3. IPA             : - Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
                          - Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri makhluk tak hidup
                          - Siswa dapat menggolongkan tumbuhan berdasarkan bijinya
                          - Siswa dapat menggolongkan tumbuhan berdasarkan akarnya
                          - Siswa dapat menggolongkan tumbuhan berdasarkan batangnya
                                - Siswa dapat menggolongkan tumbuhan berdasarkan daunnya
                          - Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan hewan
                          - Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan tumbuhan

4. Matematika       : - Siswa dapat menulis bilangan secara panjang (ribuan, ratusan, puluhan, satuan)
                                - Siswa dapat menentukan nilai tempat sampai dengan ribuan
                                - Siswa dapat melakukan operasi penjumlahan tanpa menyimpan
                                - Siswa dapat melakukan operasi penjumlahan dengan menyimpan
                                - Siswa dapat melakukan operasi pengurangan tanpa meminjam
                                - Siswa dapat melakukan operasi pengurangan dengan meminjam
5. B . Indonesia      : - Siswa dapat menjelaskan petunjuk membuat alat pengukur debu
                                - Siswa dapat membuat pertanyaan tentang cara menggunakan
                                - Siswa dapat menyebutkan nama dan sifat tokoh dalam cerita binatang
                                - Siswa dapat memberikan tanggapan dan alasan tentang tokoh cerita binatang
                                - Siswa dapat menceritakan peristiwa alam melalui pengamatan gambar


D. INDIKATOR




E.  Materi Pokok
      1.   PKn
·   Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
      2.   IPS     
·   Kerja sama di lingkungan rumah
      3.   IPA
·   Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
·   Perubahan pada  makhluk hidup
·   Sifat-sifat benda
      4.   Matematika
·   Garis bilangan
·   Penjumlahan dan pengurangan
·   Perkalian dan pembagian
·   Uang
·   Alat ukur
·   Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat.
      5.   Bahasa Indonesia.
·   Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
·   Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
·   Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
·   Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
·   Menjelaskan isi teks.

F. MetodE Pembelajaran
                       
¨      Informasi
¨      Diskusi
¨      Tanya jawab
¨      Demontrasi
¨      Pemberian tugas
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

No
Uraian Kegiatan
Eksplorasi
Elaborasi
Konfirmasi
Nilai Karakter
1
Pra Kegiatan
a.       Mengkondisikan siswa
b.      Memulai pembelajaran dengan berdoa





Disiplin
Religious
2
Kegiatan Awal
a.       Mengisi daftar kelas, berdo’a , mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.
b.      Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
c.       Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu












Tertib
3
Kegiatan Inti
Pertemuan pertama :  6 X 35 menit (IPA, PKN, Matematika)

IPA
a.       Siswa diminta membedakan makhluk hidup dan makhluk tak hidup
b.      Guru menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan makhluk tak hidup
c.       Siswa mengamati dan mencatat ciri-ciri makhluk hidup
 
PKn          
a.       Guru menerangkan tentang negara Indonesia
b.      Siswa mencatat kegiatan sehari-hari yang mempersatukan bangsa
c.       Menjelaskan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa

Matematika                               
a.       Menjelaskan cara panjang penulisan bilangan
b.      Menguji keterampilan siswa dengan menguraikan bilangan

Pertemuan ke dua 6 X 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika)

Bahasa Indonesia
a.       Siswa mendengarkan petunjuk cara mendeteksi udara sekitar
b.      Guru menjelaskan cara menggunakan alat pengukur debu
c.       Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru

IPS
a.       Tanya jawab dengan siswa mengenai apa yang dilihat di lingkungan sekitar
b.      Mengajak siswa mengamati gambar sungai, danau,  laut, gunung, lembah dan pegunungan
c.       Siswa menuliskan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan

Matematika
a.       Memperagakan dekak-dekak
b.      Memasukan biji-bijian pada dekak-dekak        
c.       Menentukan nilai tempat sampai ribuan

Pertemuan ke tiga 4 X 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika, IPA)

Bahasa Indonesia
a.       Guru membacakan cerita binatang
b.      Siswa menyebutkan nama tokoh-tokoh cerita binatang
c.       Guru menjelaskan sifat-sifat tokoh dalam cerita

Matematika
a.       Menjelaskan penjumlahan dua bilangan tanpa teknik menyimpan
b.      Menguji keterampilan siswa dengan soal penjumlahan dua bilangan   
c.       Membahas soal yang dikerjakan siswa

IPA
a.       Guru menjelaskan penggolongan tumbuhan berdasarkan bijinya
b.      Guru menjelaskan penggolongan tumbuhan berdasarkan akarnya
c.       Siswa diminta mengamati biji salak dan biji jambu air




Rasa ingin tahu



























Disiplin, Rasa ingin tahu













































Kerja keras, Kreatif
4
Kegiatan Akhir
a.       Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
b.      Siswa mengumpulkan tugas sesuai materi yang diajarkan
c.       Guru dan siswa menyimpulkan materi yang diajarkan




Tanggung jawab


H. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1. Sumber belajar :
a.  Buku Pendidikan Kewarganegaraan
b. Buku IPA
c.  Buku Matematika
d.       Buku Bahasa Indonesia
e.  Buku IPS
f.  Eksiklopedia
g. Kamus Bahasa Indonesia
h. Pedoman EYD
i.   Koran dan majalah
j.  Media elektronik

2.      Alat Peraga
a. Gambar kenampakan alam
b.Gambar kenampakan buatan
c. Gambar peristiwa alam
d.      Teks cerita binatang

VII. PENILAIAN

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Langkah-langkah
Jenis
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
1. PKn            :
§ Mengklasifikasi dan membuat daftar tindakan yang dapat mempersatukan bangsa
§ Menyebutkan nama organisasi pemuda di nusantara
§ Menyebutkan lima tokoh pemuda yang ikut Kongres Pemuda
§ Mengidentifikasikan pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda di lingkungan rumah
  2. IPS :
§ Mengidentifikasikan kenampakan alam dan kenampakan buatan di lingkungan   sekitar
§ Menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan
§ Menjelaskan manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan
§ Membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata anginnya
 3. IPA :
§ Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
§ Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk tak hidup
§ Menggolongkan tumbuhan berdasarkan bijinya
§ Menggolongkan tumbuhan berdasarkan akarnya
§ Menggolongkan tumbuhan berdasarkan batangnya
§ Menggolongkan tumbuhan berdasarkan daunnya
§ Menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan hewan
§ Menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan tumbuhan
4. Matematika :
§ Menulis bilangan secara panjang (ribuan, ratusan, puluhan, satuan)
§ Menentukan nilai tempat sampai dengan ribuan
§ Melakukan operasi penjumlahan tanpa menyimpan
§ Melakukan operasi penjumlahan dengan menyimpan
§ Melakukan operasi pengurangan tanpa meminjam
§ Melakukan operasi pengurangan dengan meminjam
5. B. Indonesia :
§ Menjelaskan petunjuk membuat alat pengukur debu
§ Membuat pertanyaan tentang cara menggunakan
§ Menyebutkan nama dan sifat tokoh dalam cerita binatang
§ Memberikan tanggapan dan alasan tentang tokoh cerita binatang
§ Menceritakan peristiwa alam melalui pengamatan gambar

Proses

a. Tes: tertulis
b.Non Tes: Observasi
a.    Soal uraian singkat
b.   Lembar penilaian Afektif dan psikomotorik


a.    Butir soal
b.   Lembar observasi.



Mengetahui
Kepala Sekolah


PRAYITNO, S.Pd
NIP. 19570303 197701 1 001

Jangkungharjo,   Januari 2013        
Guru Kelas III


ARI ADI ST
NIP.