My Blog List

Sunday, April 29, 2012

LUAS DAN KELILING BANGUN DATAR

BANGUN DATAR

Macam-macam bangun datar menurut banyaknya segi adalah
1.      Bangun datar segi tiga
2.      Bangun datar segi empat
3.      Bangun datar segi lima
4.      Bangun datar segi enam
5.      Bangun datar segi tujuh
6.      Bangun datar segi-n

SEGITIGA
Bangun datar segi tiga sering disebut juga dengan segitiga
Macam-macam segitiga adalah
1.  Segitiga sama sisi











2. 

R
 
Segitiga sama kaki






Text Box: Segitiga PQR disamping merupakan segitiga sama kaki karena dua dari tiga sisinya mempunyai panjang yang sama.
Sisi-sisinya adalah PQ, QR, dan RP
Sudut-sudutnya adalah  RPQ,  PQR, dan  QRP
Total dari ketiga sudutnya adalah 180o










3.  Segitiga siku-siku






Text Box: Segitiga ABC disamping merupakan segitiga siku karena salah satu dari sudutnya berukuran 90o (siku-siku) dan dalam hal ini, sudut yang besarnya 90o adalah  A atau  CAB
Sisi – sisi dari segitiga disamping adalah sisi AB, BC, dan CA
Sudut-sudutnya adalah  CAB = 90o,  ABC, dan  BCA
Total dari ketiga sudutnya adalah 180o










4.  Segitiga tumpul










5.  Segitiga lancip
Segitiga lancip merupakan segitiga yang besar ketiga sudutnya tidak lebih dari 90o. Segitiga yang meliputi segitiga lancip adalah segitiga sama sisi dan segitiga sama kaki
6.  Segitiga sembarang
Segitiga sembarang merupakan segitiga yang ketiga sisinya mempunyai panjang yang sembarang dan ketiga sudutnya juga mempunyai besar sudut yang sembarang pula.










Segi Empat
Bangun segi empat mempunyai ciri sebagai berikut :
·         Jumlah sisinya adalah 4
·         Jumlah sudut yang terbentuk adalah 4 
Yang termasuk bangun datar segi empat adalah
1.  Persegi/Bujur Sangkar







Text Box: Persegi disebut juga dengan bujur sangkar
Persegi mempunyai empat sisi yang  sama panjang, yaitu sisi AB, BC, CD, dan DA, dan keempat sudutnya, yaitu  DAB,  ABC,  BCD, dan  CDA, masing-masing berukuran 90o








2.  Persegi Panjang









3. 

B
 
Layang-layang









Layang-layang ABCD merupakan bangun datar yang terbentuk dari dua segitiga yang sebangun dan kongruen.
Layang-layang mempunyai dua diagonal yang saling berpotongan di satu titik dan kedua diagonalnya saling tegak lurus. Diagonalnya adalah BD (diagonal panjang) dan AC (diagonal pendek)
Mempunyai 4 sisi dimana dua sisinya mempunyai panjang yang sama, yaitu sisi AB = BC, dan AD = DC
Sudut-sudutnya adalah BAD, ADC, DCB, CBA
Total keempat sudutnya adalah 360o
 
 





D
 














4.  Trapesium












ATAU













Q
 



P
 


P
 



Q
 






Text Box: Trapesium PQRS  segi empat yang mempunyai dua garis horizontal yang saling sejajar dan mempunyai panjang yang berbeda. 
Trapesium dibentuk dari gabungan antara persegi panjang dengan segitiga siku-siku
Trapesium mempunyai 4 sisi yaitu PQ, QR, RS, dan SP
Trapesium mempunyai 4 titik sudut yaitu   SPQ,  PQR,  QRS, dan  RSP
Total keempat sudutnya adalah 360o












5.  Belah Ketupat
 









6.  Text Box: Bangun jajar genjang PQRS adalah bangun segi empat dengan sisi yang berhadapan sejajar sama panjang 
Keempat sisinya adalah PQ, QR, RS, SP
Mempunyai 2 diagonal yang berpotongan ditengah-tengah dan diagonalnya adalah PR dan AQ
Jumlah dua sudut yang berdekatan adalah 180o dan total keempat sudutnya adalah 360oJajar Genjang
S                                        R



P                                         Q

SEGI LIMA






Text Box: Segi lima beraturan ABCDE merupakan bangun datar yang mempunyai 5 sisi yang sama panjang. Sisi-sisinya adalah AB, BC, CD, DE, EA
Total kelima sudutnya adalah 360o
Cara melukis segi lima beraturan :
1. Buatlah lingkaran ABCD
2. Buatlah diameter AC (Diameter horizontal) dan BD (diameter vertikal) yang berpotongan di O. 
3. Buatlah garis tali busur yang melalui titik C tetapi jangan sampai memotong CD. Ukur dengan jangka
4. Dari titik O buat perpotongan jangka dengan ukuran no 3 dengan lingkaran dan buatlah garis vertikal yang melalui titik tersebut
5. Pertemuan dua tali busur yang terbentuk namailah dengan F
6. Hubungkan titik D dan F dengan garis dan ukur panjangnya
7. Buat garis dari titik F dengan ukuran no 6 sampai memotong diameter horizontal. Namailah dengan titik G
8. Dari titik G ke titik D, hubungkan dengan satu garis dan pertahankan ukuran jangka sama dengan panjang DG
9. Dari ukuran jangka no 8, letakkan ujung tajam jangka di titik D dan buat garis yang melalui titik G sampai memotong lingkaran. Namai dengan titik H
10.  Dari titik H hubungkan dengan titik D dan pertahankan lebar jangkanya
11. Buat dan bagi lingkaran dengan ukuran jangka pada no 10
12. Hubungkan perpotongan garis-garis hasil pengukuran dengan lingkaran dengan garis lurus sehingga terbentuklah segi lima


D
 



                                   






E
 


C
 





B
 


A
 
                                   

























SEGI ENAM










Text Box: Segi enam ABCD.EFGH merupakan gabungan 6 segitiga yang kongruen dan sebangun. 
Segi enam ini mempunyai 6 sisi yaitu AB, BC, CD, DE, EF, FG, GH,  dan HA
Cara membuat segi enam dengan jangka adalah 
2. Buatlah lingkaran dengan diameter AB (horizontal). 
3. Buatlah diameter CD yang vertikal
4. Diameter AB dan CD berpotongan di O
5. Ukurlah jangka dengan panjang AO
6. Mulailah mengukur dan membagi membagi lingkaran mulai dari titik A berlanjut sampai kembali ke titik A
7. Hubungkan perpotongannya dengan garis
8. Terdapat 6 baris yang ukurannya sama dan membentuk segi enam beraturan





B
 


C
 

















SEGI – n
Segi – n merupakan segi tak berhingga banyaknya dan disebut juga dengan lingkaran

















PENCARIAN LUAS DAN KELILING BANGUN DATAR
Alat-alat yang digunakan adalah persegi dengan ukuran 1 cm x 1 cm sebanyak 50 buah, macam-macam bangun datar dengan berbagai ukuran, tali dan penggaris
1. Persegi
Buatlah persegi dengan ukuran 2 x 2, 3 x 3, 4 x 4, 5 x 5 atau dengan ukuran semau Anda
     D
   C
B
 
          A



      2 cm                         3 cm                                 4 cm                                          5 cm
Dari bangun A, B, C, dan D diberi dan tempelkan potongan persegi kecil-kecil sampai memenuhi seluruh wilayah dari persegi-persegi tersebut.
                                                                                                                                   D
                                                                                  C
                                                                             
                                          B
          A


























Tuliskan hasilnya dalam tabel berikut
No
Persegi
Jumlah persegi yang menutupi bangun
1
A
....
2
B
....
3
C
....
4
D
....

Dari tabel tersebut dapat disimpulkan bahwa luas dari persegi adalah
Luas persegi = sisi x sisi
Untuk keliling persegi dapat dicari dengan mengukur panjang garis yang mengelilingi setiap bangun persegi diatas
A à
                  2 cm         2 cm           2 cm          2 cm          à panjangnya .... cm
Lakukan untuk persegi yang lain sehingga diperoleh hasil dalam tabel berikut
No
Persegi
Panjang tali yang mengukur sisi yang mengelilingi bangun
1
A
....
2
B
....
3
C
....
4
D
....

Dapat disimpulkan bahwa
Keliling persegi      = sisi + sisi + sisi + sisi
                                                    = 4 x sisi

2. Persegi Panjang
Untuk persegi panjang, prinsip yang digunakan adalah sama dengan pada persegi
Buatlah persegi panjang dengan ukuran 2 x 3, 3 x 5, 4 x 6, 5 x 7
































       A : 3 x 2                     B : 5 x 3

                                                                                            C : 4 x 6                                D : 5 x 7
Analog dengan persegi diatas maka tuliskan banyaknya persegi yang menutupi persegi panjang diatas untuk masing-masing ukuran dan tuliskan dalam tabel berikut
No
Persegi Panjang
Jumlah persegi yang menutupi bangun
1
A
....
2
B
....
3
C
....
4
D
....

Yang dapat disimpulkan dari tabel tersebut adalah
Luas persegi panjang   = sisi horisontal x sisi vertikal
                           = panjang x lebar
Analog dengan persegi diatas maka tuliskan panjang sisi yang mengelilingi persegi panjang diatas untuk masing-masing ukuran dan tuliskan dalam tabel berikut
A   à
                            3                    2                      3                      2            =  ...
                 
                            3                        3                       2                2              = ....
Lakukan untuk B, C, dan D dan tuliskan hasilnya dalam tabel berikut
No
Persegi Panjang
Panjang tali yang mengukur sisi yang mengelilingi bangun
1
A
....
2
B
....
3
C
....
4
D
....

Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa
Keliling persegi panjang          = 2 sisi sejajar horisontal + 2 sisi sejajar vertikal
                                           = 2 (sisi sejajar horisontal + sisi sejajar vertikal)
                                           = 2 (panjang + lebar)

3. Segitiga
Diketahui 2 buah segitiga yang sama dan sebangun seperti gambar di bawah ini
                                     A                                                B













                              Alas = a
Alas merupakan sisi horizontal yang paling bawah dan tinggi merupakan garis vertikal yang tegak lurus dengan alas
Segitiga B dipotong sesuai dengan garis tingginya, diperoleh    









Right Triangle: B1
Right Triangle: B2






                                                            è        t                          t


                                                                                                     

Potongan segitiga B digabung dengan segitiga A dan diperoleh
             


Right Triangle: B1,Right Triangle: B2


                                                                  è persegi dan persegi panjang dibangun oleh 2 segitiga
                                                                        Panjang persegi panjang = alas segitiga
                                                                        Lebar persegi panjang = tinggi segitiga
                                                                 

                                          a

Oleh karena itu dapat dilihat bahwa
2 segitiga      = 1 persegi panjang
2 Luas Segitiga      = Luas Persegi panjang
Luas segitiga  =   Luas Persegi panjang
                 =  x panjang persegi panjang x lebar persegi panjang
                 =  x alas segitiga x tinggi segitiga
Untuk kelilingnya adalah
Keliling segitiga      = sisi horizontal + sisi vertikal (tegak) + sisi miring
Menurut Pythagoras yang menemukan keterkaitan antara ketiga sisi dari segitiga, menyatakan bahwa
(sisi miring)2 = (sisi horizontal)2 + (sisi vertikal)2

Catatan : Anda dapat melakukan kegiatan untuk mencari luas dan keliling segitiga untuk segitiga siku-siku, sembarang, sama sisi, sama kaki, segitiga tumpul! Caranya analog untuk diatas

4. Layang-layang
Layang-layang merupakan gabungan 2 segitiga yang sebangun dan kongruen yang berhimpitan pada sisi alasnya sehingga dapat disimpulkan bahwa luas layang-layang adalah 2 kali luas segitiga












                                                      è                                S1





S2




Salah satu dari dua segitiga yang sebangun dan kongruen tadi dapat dipotong dan digabungkan sehingga menjadi sebuah persegi panjang sehingga luas layang – layang merupakan  luas persegi panjang
 


S22
 
                                                                             











Lihat slide

5. Belah ketupat
Belah ketupat merupakan bangun datar yang dapat terbentuk dari 2 segitiga sama kaki
Isosceles Triangle:         t 

Isosceles Triangle:        t                                                           
è           
 




                                                                        Atau `









































                                                           

                                                            Atau                           



Luas lihat slide

6. Trapesium

a                                                                                       a









Trapezoid:    t









è    
                                                                                                        t                                       t


Cloud Callout:  Cloud Callout:                                      b                                                                                     b      








Cloud Callout:

Cloud Callout:


















Diperoleh
Luas Trapesium     = Luas persegi panjang
               = panjang x lebar
               = + a x t
               =
               =
               =
Kelilingnya adalah penjumlahan dari keempat sisinya

7.   Jajar Genjang















       è 



Jajar genjang merupakan gabungan dari dua segitiga sembarang yang sebangun dan kongruen
Lihat slide

8. Lingkaran







Lihat slide
BANGUN RUANG


Bangun ruang dapat dibagi menjadi dua yaitu
1.      Prisma
2.      Limas
Prisma dibagi menjadi
1.      Prisma segi tiga
2.      Prisma Segi Empat, meliputi
a.       Prisma Segi Empat yang rusuknya sama panjang, disebut juga kubus
b.      Prisma Segi Empat yang rusuk berhadapan sama panjang, disebut juga balok
3.      Prisma Segi Lima
4.      Prisma Segi Enam
5.      Prisma Segi – n yang disebut juga dengan silinder

Macam-macam Limas
1.      Limas segi tiga
2.      Limas Segi Empat
3.      Limas Segi Lima
4.      Limas Segi Enam
5.   Limas Segi – n yang disebut juga dengan kerucut

Volume Bangun Ruang lihat Slide




DEFINISI AUTIS

Banyak sekali definisi yang beredar tentang Autis. Tetapi secara garis besar, Autis, adalah gangguan perkembangan khususnya terjadi pada masa anak-anak, yang membuat seseorang tidak mampu mengadakan interaksi sosial dan seolah-olah hidup dalam dunianya sendiri. Pada anak-anak biasa disebut dengan Autis Infantil. Schizophrenia juga merupakan gangguan yang membuat seseorang menarik diri dari dunia luar dan menciptakan dunia fantasinya sendiri: berbicara, tertawa, menangis, dan marah-marah sendiri.
Tetapi, ada perbedaan yang jelas antara penyebab dari Autis pada penderita Schizophrenia dan penyandang Autis Infantil. Schizophrenia disebabkan oleh proses regresi karena penyakit jiwa, sedangkan pada anak-anak penyandang Autis Infantil terdapat kegagalan perkembangan.

Gejala Autis Infantil timbul sebelum anak mencapai usia 3 tahun. Pada sebagian anak, gejala-gejala itu sudah ada sejak lahir. Seorang ibu yang sangat cermat memantau perkembangan anaknya sudah akan melihat beberapa keganjilan sebelum anaknya mencapai usia 1 tahun. Yang sangat menonjol adalah tidak adanya atau sangat kurangnya tatap mata.
Untuk memeriksa apakah seorang anak menderita autis atau tidak,digunakan standar internasional tentang autis. ICD-10 (InternationalClassification of Diseases) 1993 dan DSM-IV (Diagnostic andStatistical Manual) 1994 merumuskan kriteria diagnosis untuk Autis Infantil yang isinya sama, yang saat ini dipakai di seluruh dunia.

Kriteria tersebut adalah:
Untuk hasil diagnosa, diperlukan total 6 gejala (atau lebih) dari
no. (1), (2), dan (3), termasuk setidaknya 2 gejala dari no. (1) dan
masing-masing 1 gejala dari no. (2) dan (3).
  1. Gangguan kualitatif dalam interaksi sosial yang timbal balik.
  • Minimal harus ada dua dari gejala-gejala di bawah ini:Tak mampu menjalin interaksi sosial yang cukup memadai:
    kontak mata sangat kurang, ekspresi muka kurang hidup, gerak-
    gerik kurang tertuju.
  • Tidak bisa bermain dengan teman sebaya. – Tak ada empati (tak dapat merasakan apa yang dirasakan orang
    lain).
  • Kurang mampu mengadakan hubungan sosial dan emosional yang
    timbal balik.
2. Gangguan kualitatif dalam bidang komunikasi. Minimal harus adasatu dari gejala-gejala di bawah ini:
  • Perkembangan bicara terlambat atau sama sekali tak berkembang.Anak tidak berusaha untuk berkomunikasi secara non-verbal. Bila anak bisa bicara, maka bicaranya tidak dipakai untuk berkomunikasi.
  • Sering menggunakan bahasa yang aneh dan diulang-ulang.
  • Cara bermain kurang variatif, kurang imajinatif, dan kurang dapat meniru.
3. Adanya suatu pola yang dipertahankan dan diulang-ulang dalam perilaku, minat, dan kegiatan. Minimal harus ada satu dari gejala di bawah ini:
  • Mempertahankan satu minat atau lebih dengan cara yang sangat khas dan berlebihan.
  • Terpaku pada suatu kegiatan yang ritualistik atau rutinitas yang tidak ada gunanya.
  • Ada gerakan-gerakan aneh yang khas dan diulang-ulang.
  • Seringkali sangat terpukau pada bagian-bagian benda.
Sebelum umur 3 tahun tampak adanya keterlambatan atau gangguan dalam
bidang:
a. interaksi sosial,
b. bicara dan berbahasa,
c. cara bermain yang monoton, kurang variatif.
Autis bukan disebabkan oleh Sindroma Rett atau Gangguan
Disintegratif Masa Kanak. Namun, kemungkinan kesalahan diagnosis
selalu ada, terutama pada autis ringan. Hal ini biasanya disebabkan
karena adanya gangguan atau penyakit lain yang menyertai gangguan
autis yang ada, seperti retardasi mental yang berat atau
hiperaktivitas.
Autis memiliki kemungkinan untuk dapat disembuhkan, tergantung dari
berat tidaknya gangguan yang ada. Berdasarkan kabar terakhir, di
Indonesia ada 2 penyandang autis yang berhasil disembuhkan, dan kini
dapat hidup dengan normal dan berprestasi. Di Amerika, dimana
penyandang autis ditangani secara lebih serius, persentase
kesembuhannya lebih besar.

internet dan pengaruhnya...

Pemanfaatan Internet tentu harus di sesuaikan dengan tingkat usia anak. Usia anak SD rata-rata berkisar antara 7-13 tahun. Dan tingkatan itu semua memiliki cara penanganan yang berbeda. Berikut tahap pengenalan Internet pada anak sesuai tingkat usianya.
Internet merupakan kepanangan dari interconnected networking. Istilah INTERNET berasjal dari bahasa Latin inter, yang berarti “antara”. Internet adalah sebuah dunia maya jaringan komputer (interkoneksi) yang terbentuk dari miliaran komputer di dunia. Internet merupakan hubungan antar berbagai jenis komputer dan jaringan di dunia yang berbeda sistem operasi maupun aplikasinya di mana hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan media komunikasi (telepon dan satelit) yang menggunakan protokol standar dalam berkomunikasi. Internet memungkinkan kita untuk menghilangkan hambatan jarak dan waktu dalam mendapatkan informasi. Internet merupakan sebuah jaringan komunikasi dan informasi global.

Salam Perubahan...!!

Salam....
buat temen2 yang mungkin singgah di blog i...
Wow..
hampir dua bulan sudah sudah i tidak memposting di sini.. everything is changed...
segalanya sudah berubah..
ternyata semua orang berubah, hanya perubahan itu bisa saja banyak,
bisa saja sedikit....ada yang baik...ada pula yg jelek....

Dari yang ga punya pacar, sampai sudah putus..
Dari masih mahasiswa, sekarang dengan bangga memakai seragam....
Dari yang pengangguran, sekarang sudah bisa ngajar...
Dari saya yang facebook-er menjadi twitter-er.
Dari hidup bertahun-tahun di Jakarta, sampai balik lagi ke kampung halaman...
Dari berpikiran jomblo menggalau, sampai jomblo bahagia (thanks to my Band soldier).
kalian telah menghibur i dikala sedih memikirkan sesuatu hal yang berbau CITA dan CINTA...
mudah2an akhir bulan Mei 2012 kita jadi manggung dengan sukses...
itu idam2an kita kan...? (thanks pk wawan yg sudah memberi kesempatan ini)
kami akan pergunakan dengan sebaik2nya..

Semoga perubahan ini menuju ke positif. Yang belum tercapai adalah menikah..
Dan semoga i mendapatkannya..
i ingin mempunyai istri yg solehah.....dan telah bekerja....
#eh.....temen2...
 Doakan saja semoga diberikan jodoh olehNya....

Silahkan follow akun twitter i @Ariaditwetter untuk mengetahui apa yang ada di pikiran saya.
Hanya itu yang membuat kamu mengenal saya lebih dekat.......


Semangat perubahan yuk! :)

Wednesday, March 21, 2012

[Instruksi penggunaan folder "Δ Smad-Lock Δ" Smadav]


[Instruksi penggunaan folder "Δ Smad-Lock Δ" Smadav]

- Folder Smad-Lock ini adalah folder teraman dari infeksi virus.
karena virus hampir tidak mungkin dapat memasuki folder ini.
Jadi, semua file yang Anda taruh dalam folder ini
SANGAT AMAN dari infeksi virus.
- Anda tidak boleh me-rename nama folder ini sedikitpun.
- Folder ini dapat diisi dengan file office
berjenis DOC, XLS, PPT, dan semua file office sejenisnya.
file-file yang ada di dalam folder ini
hanya dapat dibuka oleh semua program buatan Microsoft dan
beberapa program tertentu lainnya.
- Untuk file yang bukan berjenis dokumen office,
Anda masih dapat mengisinya ke dalam folder ini,
tapi jika file itu gagal dibuka dari dalam folder ini,
itu artinya jenis file tersebut memang tidak bisa
dibuka langsung dari dalam folder Δ Smad-Lock Δ,
Untuk membukanya, Anda dapat memindahkan file tersebut
keluar folder ini terlebih dahulu sebelum membukanya.