GRINDER COMMUNITY, SHARING INFO MUSIC, EVENT INFO, METAL BAND PROMOS, REVIEWS, FLYERS GIGS, BAND MERCHANDISE, BAND LOGGO ORDER, ETC Channel Youtube: https://www.youtube.com/channel/UCTt-S9OYoKcCwZHfZGbZ4zQ?sub_confirmation=1 MENERIMA JASA PEMBUATAN LOGGO BAND
My Blog List
Thursday, October 10, 2013
Tuesday, September 17, 2013
Misteri Angka 666 dan Simbol Satanisme
Misteri Angka 666 dan Simbol Satanisme, Tanda Bangkitnya Sang Raja Setan ( Tolong judul ini di klik)
November 7, 2011 at 10:40am
Angka
666 dalam bhs Latin bisa diartikan sebagai DIC LVX = “dicit lux” -
suara cahaya. Maklum setan dalam bhs Latin sering diberi nama sebagai
Lucifer (Lux Ferre) atau sipembawa cahaya. Dalam istilah astrologi
disebut juga sebagai Bintang Fajar atau Venus atau planet ke-enam
terbesar dalam tata surya kita.666 dalam angka Rumawi = DCLXVI atau dalam arti kata lain dalam angka 666 tsb telah dapat merepresentasikan seluruh angka yang terdapat dalam angka Rumawi (D = 500, C = 100, L = 50, X = 10, V = 5, I = 1).
Semua yang buruk dan jahat konon mempunyai kaitannya dengan angka 666 seperti roulet, apabila semua angka di meja roulet dijumlahkan akan menjadi 666. Berzinah itu dosa berat maka dari itu angka 666 dalam bhs Yunani mempresentasikan XES (sex terbalik) atau Χ Ξ Σ (Chi Xi Sigma) sebab dalam bhs Yunani maupun Ibrani abjad mereka itu juga identis dengan angka. Begitu juga dengan nama dari Kaiser Nero dalam bhs Ibrani ini bisa ditulis dengan angka 666 (Neron Kesar). Racun yang mematikan adalah racun 666 = racun Hexachloride yg diambil dari formula kimia C6H6Cl6.
Hal inilah yang menyebabkan angka 666 selalu diidentikkan dengan Satanisme atau hal-hal yang berbau pemujaan setan.
Satanic Symbol
Simbol atau lambang klenik (gaib) adalah sarana kekuatan yang digunakan pengikut aliran sesat untuk memohon bantuan kekuatan jahat dalam dunia gaib dan pemujaan setan. Tetapi penggunaannya baru bisa efektif jika dalam bentuk tiga dimensi.
Simbol digunakan orang untuk menarik perhatian kekuatan gelap. Sebagian besar dari kita belum sepenuhnya menyadari kekuatan misterius dari simbol-simbol yang digunakan. Terkadang kita menggunakannya sebagai kalung yang melingkari leher, jadi gelang di pergelangan tangan, atau menyimpannya di dalam kamar. Hati- hati! Simbol-simbol itu sesungguhnya bukan gambar tak bermakna. Tapi ada kekuatan jahat di baliknya.
Waspadalah, di mana pun terdapat pengaruh klenik, simbol-simbol ini pasti digunakan, khususnya yang berhubungan dengan kekuatan jahat. Kuasa kegelapan sudah pasti mengenal simbol-simbol ini dengan mudah. Jadi, bila Anda termasuk salah seorang pemilik simbol-simbol ini dan menggunakannya, kemungkinan besar akan mudah dipengaruhi oleh setan. Inilah beberapa simbol setan:
Ankh
Ankh > Sepintas lalu simbol ini mirip dengan salib dalam ajaran kaum Nasrani. Tapi tidak. Gambar ini sama sekali tak ada hubungannya dengan salib. Ankh merupakan salah satu simbol kekuatan terdahsyat dari dunia mistik hitam. Bila ditelusuri sejarahnya, Ankh berasal dari mistik Mesir kuno. Pada masa itu Ankh dipergunakan dalam upacara pemujaan RA, dewa matahari Mesir kuno yang diyakini sebagai wujud lain dari setan. Ra juga dianggap sebagai pencipta alam semesta dan disembah oleh orang-orang Mesir kuno. Lingkaran di atas kepala adalah gambaran matahari.
Ankh merupakan simbol reinkarnasi. Namun konsepnya berbeda dengan pengertian ajaran Budha dan Hindu. Dalam ajaran Mesir kuno, Ankh bermakna sebagai keabadian hidup. Syarat utama untuk menggunakan simbol ini, orang-orang Mesir kuno diwajibkan mempersembahkan kesucian para gadis perawan dalam sebuah pesta ritual yang menyeramkan.
Pentagram
Pentagram > Simbol ini sering digunakan oleh para tukang sihir perempuan dalam melakukan prakteknya. Pentagram berhubungan dengan Lucifer dan tukang sihir perempuan percaya bahwa Lucifer berarti “putra sang pagi”. Ada beberapa kebenaran dalam gambaran tentang setan yang dilukiskan sebagai seorang ‘malaikat penerang’ dan merupakan salah satu makhluk terindah yang pernah diciptakan. Karena itu, rasa bangga dan kesombongan telah menguasai diri Lucifer. Karena sifat juga yang membuatnya terpuruk dalam kesesatan.
Jika pentagram ini diputar secara terbalik, bentuknya jadi semacam bintang yang “bertanduk”. Atau bila diamati secara seksama. simbol bintang ini dalam perputarannya seakan-akan membentuk wajah setan. Dan sampai saat ini Pentagram dijadikan sebuah simbol yang dipergunakan seluruh gereja setan di dunia.
Hexagram
Hexagram > Disebut Hexagram karena berbentuk bintang segi enam. Hexagram sering dipergunakan dalam upacara ritual mistik dalam dunia gaib hitam. Simbol ini harus tersedia ketika memanggil setan secara berulang-ulang selama ritual berlangsung. Kata ‘Hex’ berasal dari lambang ini.
Terdapat sebuah catatan penting yang menyangkut Hexagram yang pernah digunakan pesulap terkenal Cellini. Dulu, ia dan muridnya, Cenci, mencoba menantang setan-setan dari dalam sebuah lingkaran yang telah dilukiskan di atas tanah di Coliseum (stadion besar), kota Romawi.
Kebanyakan para setan memang akan muncul bila diundang, tapi justru kehadiran itu merusak ritual. Tapi Cellini yakin, selama ia dan muridnya berada dalam lingkaran akan aman dari serangan setan. Pada saat itu Cenci mengaku telah melihat lima sosok setan besar berusaha sekuat tenaga untuk menembus lingkaran Hexagram.
Dalam spiritual Cina, I Ching, Hexagam juga dipergunakan dengan kombinasi garis lurus dan garis putus yang berhubungan dengan energi “Yin” dan “Yang”. Hexagram, pada dasarnya sama sekali tidak menunjukkan pengertian yang bisa bikin bulu kuduk berdiri.
Tanduk Unicorn
Tanduk Unicorn > Jika uang merupakan sebuah problema, simbol ini diyakini bisa menawarkan bebarapa solusi secara mistik. Pertama kali digunakan para pendeta Druid di Skotlandia dan Irlandia. Biasanya, tanduk Unicorn dipakai dalam upacara ritual untuk meminta bantuan keuangan kepada setan. Nama lain untuk simbol ini adalah “tanduk Italia”, “tongkat sihir peri” atau “tongkat Leprechaun”.
Dalam mitologi Indian, simbol tanduk sering disebut-sebut. Kelihatannya seperti lambang kemaluan lelaki. Bila diamati secara seksama, pada beberapa pakaian, simbol seperti ini tampak melingkari leher si pemakai. Sementara di daratan Eropa, simbol unicorn dianggap berhubungan dengan persoalan seksualitas dan merupakan sebuah simbol kekuatan seks. Legenda Unicorn terdapat dalam kisah-kisah kaum Nasrani, Islam, Cina, dan Indian.
Scarab
Scarab > Kata Scarab berasal dari bahasa latin; Scarabaeus Sacer. Ia termasuk salah satu hewan anggota dari keluarga kumbang. Orang-orang Mesir kuno meyakini tipe kumbang jenis ini sebagai sesuatu yang keramat, disucikan dan dijadikan simbol, tanda, atau jimat.
Scarab digunakan dalam upacara ritual untuk memohon hal-hal yang menyesatkan dan kotor. Sedangkan nama lain yang lebih tepat untuk kumbang satu ini adalah “Dung” (maaf, tahi!). Mungkin karena hobinya yang gemar menggali lubang di dekat tumpukan kotoran. Selain untuk tempat bertelur, juga untuk tempat penyimpanan makanan.
Di daerah tropis, bukan hal aneh bila menemukan kumbang kotoran mempermainkan gumpalan kotoran sebesar apel dengan tubuhnya. Menjijikan memang, tapi itu pula sebabnya mengapa para tukang sihir wanita suka menggunakan kumbang dalam praktek-praktek sihirnya.
Eye of Horus
Mata Horus > Horus adalah sosok dewa yang berhubungan dengan matahari. Ia merupakan putra dari Isis dan Osiris. Mata Horus merupakan simbol mistik dari kekuatan gelap yang bermakna ‘Maha Tahu’ dan ‘Maha Melihat’. Biasanya ia dilukis dalam hieroglips (Tulisan Mesir kuno) di dinding-dinding Piramid.Osiris adalah sang raja sekaligus hakim kematian. Ia suami dan juga abang dari Isis. Ia juga merupakan sosok dewa senior tertinggi dalam kepercayaan Mesir kuno.Biasanya, Osiris sering digambarkan sebagai figur laki-laki dengan janggut menghiasi dagu dan dibungkus seperti mumi. Di atas kepalanya bertengger sebuah mahkota yang dikenal dengan nama ‘Mahkota Atef’. Biarpun ia pernah mati dalam peperangan, tapi toh ia bisa dihidupkan kembali oleh putranya, Horus. Isis adalah dewi kesuburan dan ibu dari Horus. Selain di Mesir, ia dikenal juga sebagai salah satu dewa dalam legenda-legenda Yunani dan kekaisaran Romawi.
Isis's crescent moon
Bulan Sabit
Melengkapi pembahasan Mata Horus, bulan sabit digunakan sebagai simbolisasi dari Isis. Identitas lainnya adalah Diana, sang Ratu Surga. Kitab-kitab kuno mengkisahkan riwayat keturunannya berasal dari cucu Nuh bernama Cush. Ia menikahi seorang perempuan jahat bernama Semiramis yang kelak menjadi ratu Babylonia.
Di dalam dunia mistik sesat, ada beberapa bentuk dari perempuan jahat ini, di antaranya: Venus, Ashtoreth, Diana, Isis. Simbol setan sering dikaitkan dengan persoalan hubungan seks yang tak lazim. Di bawah sinar bintang dan rembulan, upacara ritual ini melibatkan para pengikutnya menikmati seks satu sama lain atas nama setan.
Berhati-hatilah terhadap simbol-simbol ini dan praktek-praktek kesesatan yang mungkin tanpa Anda sadari ada di lingkungan sekitar Anda. Biasanya kelompok aliran sesat selalu menjalankan aktifitasnya dengan cara terselubung dan bersembunyi di balik topeng-topeng ilusi yang membiuskan.
Satanic telah menyusup kedalam berbagai aspek yang berkenaan dengan kehidupan manusia di dunia ini.Sebenarnya banyak hal yang telah dijadikan sebagai ajang konspirasi para penganut satanic,baik yang secara terang-terangan maupun yang tersembunyi.Berikut ini adalah contoh-contoh nyata yang telah ada.
Satanic Bible
GEREJA SETAN
Asal mula GS didirikan oleh Anton Szandor La Vey tanggal 30 April 1966, dan GS ini secara terang-terangan diorganisasikan di San Francisco. Sebagai buku panduan umatnya, La Vey menulis sebuah kitab The Satanic Bible tahun 1969.
Meskipun keberadaan para penyembah Setan telah diketahui selama bertahun-tahun, tak seorang pun muncul dan mengakui secara terbuka bahwa mereka adalah penganut Setanisme. Setanisme pertama kali menjadi gerakan yang terbuka dan teratur di tahun 1960-an di Amerika Serikat. Tanggal 30 April 1966, Gereja Setan dibentuk di California. Pendiri gereja aneh ini adalah seorang penganut Setanisme yang bernama Anton Szandor LaVey yang menyatakan dirinya sebagai pendeta tinggi. Dikenal sebagai Paus Hitam, LaVey menulis buku-buku tempat dia merumuskan pandangan-pandangannya mengenai Gereja Setan. Judul buku-buku itu menakutkan: “Kitab Suci Setan, Upacara Setanis, Penyihir Setanis, Buku Catatan Setan dan Setan Berbicara”. LaVey meninggal di tahun 1997. Diperkirakan bahwa Gereja Setan memiliki sekitar 10 ribu anggota di Amerika Utara, dan meskipun banyak menerima tuntutan hukum, kegiatan dan upacaranya terus berjalan.
Sebuah patung Setan, raja iblis telah dibuat dan saat ini berada di Katedral Notre Dame (Paris) berwujud seperti wajah manusia-binatang bertanduk 2 buah dengan posisi bertopang dagu dan di punggungnya terdapat 2 sayap, patung ini terbuat dari batu dan dinamakan patung setan (patung itu pernah dimasukan dalam adegan film Si Bongkok dari Notre Dame).
Organisasi ini menyebut dirinya organisasi pertama di muka bumi dan di sepanjang sejarah yang secara terbuka menyatakan mengabdi kepada penerimaan terhadap fitrah sejati manusia yaitu binatang jasmaniah yang hidup di dalam kosmos yang diresapi dan dimotivasi oleh kekuatan gelap yang kami sebut Setan.
Anton LaVey
Yang pertama Gereja Setan, Gereja Setan Amerika, kini nama resmi mereka adalah Gereja Setan, nama lain adalah pendusta. Pada tanggal 29 Oktober 1997, Anton La Vey mati. Kemudian GS diwariskan kepada Blanche Barton (pendeta wanita tertinggi) yang juga adalah istrinya dan ibu anak yang ketiga yang bernama Satan Xerces Carnacki La Vey Blanche juga menjabat kepala adiministrasi GS selama 14 tahun terakhir. Semasa hidupnya, Anton La Vey mengangkat banyak anggota Kependetaan Mendes sebagai Pengacara Iblis. Dan kependetaan ini bersama Ordo Trapezoid Dewan Nan Sembilan kini bekerja sama dengan Pendeta Wanita Tinggi Barton untuk memajukan filosofi ikonoklastik yang diracik oleh La Vey.
LAMBANG
Lambang Para pengikut GS umumnya menggunakan lambang 666, pentagram, bintang bersudut 5 terbalik yang bergambar kepala kambing bertanduk dua. Sudut bintang yang menggambarkan tanduk itu bermakna Lucifer, sama tinggi dengan Allah. Tiga sudut di bawah menggambarkan tritunggal iblis, yang di tengah Lucifer, di kiri antiKristus, yang di kanan nabi-nabi palsu.
Dan iblis yang menyesatkan mereka dilemparkan ke dalam lautan api dan belerang, yaitu tempat binatang dan nabi itu dan mereka di siksa siang malam sampai selama-lamanya. Tritunggal iblis ini lawan Tritunggal Kristiani (Bapa, Anak, dan Roh Kudus ).
Kepala kambing merupakan salah satu ciri khas utama penyembah Setan, unsur penyembahan yang menuju kepada pengorbanan kepada Satan Lucifer biasanya menyembelih kambing (umumnya jantan)dan menggunakan darahnya untuk upacara ritual
PENGGUNAAN BARCODE
Barcode atau Kode garis-garis batangan bukan barang baru bagi kebanyakan orang. Hampir di seluruh produk buatan pabrik, bahkan kini di banyak produk rumahan, semuanya mencantumkan kode batangan ini. Kode yang terdiri dari garis-garis dengan ketebalan yang bervariasi oleh banyak kalangan dianggap sebagai sesuatu yang mempermudah pengidentifikasian suatu barang. Barcode ini lahir di Amerika Serikat pada awal tahun 1970-an.
Perkembangan demi perkembangan global ini, membuat kalangan yang sejak awal mencurigai ada misi tersembunyi di balik penggunaan Barcode, semakin yakin dengan kecurigaannya. Mereka kebanyakan berlatar belakang sebagai Simbolog, Penulis, Peneliti, dan Pengkaji Alkitab.
Salah satunya adalah Mary Stewart Relfe, PhD. Perempuan pengusaha sukses dari Montgomerry, AS, yang juga berprofesi sebagai seorang pilot sekaligus instruktur peralatan Multi Engine Instrument Flight, telah menulis dua buah buku best-seller yang menyoroti konspirasi ini. Salah satunya berjudul “666 The New Money System” (1982).
Dalam bukunya tersebut, Mary Stewart yang juga seorang pengkaji Alkitab, sejak kecil sangat yakin bahwa penggunaan Barcode terkait erat dengan rencana-rencana tersembunyi dari konspirasi untuk menguasai dunia.
Tiga Tahapan
Menurut Stewart, upaya Konspirasi untuk menguasai dunia dalam hal pengidentifikasian dan pengendalian dunia terbagi dalam tiga tahapan:
Tahap pertama dimulai tahun 1970 yang dijadikan titik awal bagi langkah-langkah ini.
Tahap kedua dimulai tahun 1973. Penggunaan Barcode yang awalnya diterapkan pada barang manufaktur, kini mulai diterapkan pada manusia, antara lain lewat nomor kodifikasi Angka Kesejahteraan Sosial (The Social Security Number) yang digabungkan dengan sistem pemberian angka secara universal. Penggabungan dua kodifikasi angka ini menjadi kode-kode batangan (Barcode) yang mirip dengan Barcode pada produk manufaktur yang telah diterapkan tiga tahun sebelumnya.
Awalnya diterapkan pada kartu-kartu pintar seperti Credit Card, Debit Card, ID Card, dan sebagainya. Namun pada perkembangannya juga mulai diterapkan pada manusia. Target utama tahap kedua ini adalah pemerintahan, perbankan, dan perusahaan-perusahaan pembuat kartu-kartu pintar (Smart Card).
Tahap ketiga meliputi usaha untuk mengidentifikasikan setiap macam yang ada di dunia ini, baik yang bergerak maupun yang tidak. Semua pengidentifikasian ini berguna untuk mengetahui sisi lemah suatu kelompok, wilayah, bahkan suatu bangsa, yang nantinya bisa dijadikan senjata bagi Konspirasi.
Angka Iblis
Para pengkritisi Barcode berhasil menemukan salah satu rahasia paling vital dari kode-kode batangan ini. Semua Barcode atau yang juga dikenal sebagai Universal Product Code (UPC) Barcode memiliki angka 666 dan 13.
Untuk mengetahuinya, silakan melihat Barcode yang ada di berbagai produk. Perhatikan jumlah angka yang ada di bawah garis-garis batangan. Jumlahnya selalu 13 angka. Angka 6 yang disimbolkan dalam kamus Barcode terdiri dari dua garis tipis saling berhadapan terletak di sisi paling kiri dan paling kanan Barcode, dan satunya lagi garis paling tengah. Ketiga garis yang melambangkan angka 6 ini lebih panjang dibanding garis-garis lainnya.
Jadi, seluruh UPC Barcode yang tersebar di dunia ini memiliki rangka 666. Dalam bukunya, Mary Stewart Refle mengutip salah satu ayat Alkitab: “Dan ia menyebabkan, sehingga kepada semua orang, kecil atau besar, kaya atau miskin, merdeka atau hamba, diberi tanda pada tangan kanannya atau pada dahinya. Dan tidak seorang pun yang dapat membeli atau menjual selain daripada mereka yang memakai tanda itu, yaitu nama binatang itu atau bilangan namanya. Yang penting di sini ialah hikmat: Barangsiapa yang bijaksana, baiklah ia menghitung bilangan binatang itu, karena bilangan itu adalah bilangan seorang manusia, dan bilangannya adalah: 666” (Wahyu 13: 16-18)
Stewart meringkas bahaya dari Konspirasi dalam hal Barcode: “Penerapan teknologi Barcode pertama kali dilakukan pada produk barang, disusul kemudian pada kartu, dan akan berubah menjadi sesuatu yang mengerikan dalam masyarakat yang tidak lagi menggunakan uang kontan… “
Musik dan Film Satanisme
Satanisme muncul dalam banyak hal salah satunya adalah film dan musik. Banyak film yang menceritakan dengan terbuka idiom satanisme serta kisah kuasa gelap (dark forces). Film populer seperti : Friday The 13th, The Crow, Devils Advocate, Interview With The Vampire, bahkan serial The X-Files mengandung alur cerita dimana setan, satanisme atau black magic menjadi bagian penting dari film. Konon tahun 1968, Anton Szandor La Vey pernah menjadi penasehat teknis sekaligus pemeran film Rosemarys Baby, film Omen 1976 disebut telah mempopulerkan satanisme.
berikut adalah kabar burung tentang contoh musik yang berisi satanisme, contoh :
*Lagu dari Ozzy Osbourne “Anggur baik tapi Wiski lebih cepat, bunuh dirilah satu-satunya jalan keluar”.
*Lagu dari David Bowie (majalah Rolling Stone) mengatakan Rock akan selalu menjadi musik setan.
*Lagu dari Stairway to Heaven jika di putar terbalik akan memunculkan syair pemujaan setan.
*Lagu dari Metallica dalam The Prince melantunkan Bidadari dari bawah, Aku ingin menjual jiwaku. Setan ambil jiwaku.
*Pink Floyd menulis lagu Lucifer Sam dengan lirik : Lucifer Sam selalu duduk di sisimu..selalu dekat denganmu.
*Tahun 1992, Red Hot Chilli Peppers saat penerimaan anugreah MTV Awards berucap. Pertama-tama kami ingin berterima kasih pada Setan.
*Marilyin Manson, salah satu umat GS pada majalah Spin edisi Agustus 1996. Saya berharap dikenang sebagai sosok yang mengakhiri sejarah Kekristenan, Manson tak ragu merobek Injil dan meneriakkan penghinaan terhadap Yesus Kristus.
*Band-band Black Metal yang secara terang-terangan menggunakan lirik & ritual pemujaan terhadap setan
* lagu duniawi lainnya..
Wednesday, August 28, 2013
Tuesday, August 20, 2013
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1
TEMA: LINGKUNGAN
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok dan Uraian Materi
|
Kegiatan
Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
1. PKN :
· Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
|
· Mengamalkan makna satu nusa, satu bangsa dan satu
bahasa
· Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam
kehidupan sehari- sehari
|
· Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
|
· mengklasifikasi dan membuat daftar tindakan yang
dapat mempersatukan bangsa
· menyebutkan nama organisasi pemuda di nusantara
· menyebutkan lima
tokoh pemuda yang ikut Kongres Pemuda
· mengidentifikasikan pengamalan nilai-nilai Sumpah
Pemuda di lingkungan rumah
|
· Mengklasifikasi dan membuat daftar tindakan yang
dapat mempersatukan bangsa
· Menyebutkan nama organisasi pemuda di nusantara
· Menyebutkan lima
tokoh pemuda yang ikut Kongres Pemuda
· Mengidentifikasikan pengamalan nilai-nilai Sumpah
Pemuda di lingkungan rumah
|
Tertulis :
uraian
Pengamatan
/perbuatan
|
3 minggu
|
Gambar
Buku
yang relevan
|
2. IPS :
· Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di
sekitar rumah dan sekolah
|
· Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
dan sekolah
· Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah
·
|
· Kerja sama di lingkungan rumah
|
· mengidentifikasikan kenampakan alam dan kenampakan buatan di lingkungan sekitar
· menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan
· menjelaskan manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan
· membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah
mata anginnya
|
· Mengidentifikasikan kenampakan alam dan kenampakan
buatan di lingkungan sekitar
· Menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan
· Menjelaskan manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan
· Membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah
mata anginnya
|
|
|
|
3. Bahasa
Indonesia
Mendengarkan
· Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak
yang dilisankan
Berbicara
· Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan
petunjuk dengan bercerita dan
memberikan tanggapan/ saran
|
· Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
· Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang
disampaikan secara lisan
·
Menceritakan
pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
|
· Melakukan sesuatu
berdasarkan penjelasan.
· Mengomentari
tokoh-tokoh cerita anak.
· Menceritakan pengalaman
yang mengesankan.
· Memberikan tanggapan
dan saran sederhana.
·
Menjelaskan isi teks
|
· menjelaskan petunjuk membuat alat pengukur debu
· membuat pertanyaan tentang cara menggunakan
· menyebutkan nama dan sifat tokoh dalam cerita
binatang
· memberikan tanggapan dan alasan tentang tokoh cerita
binatang
· menceritakan peristiwa alam melalui pengamatan
gambar
|
· Menjelaskan petunjuk membuat alat pengukur debu
· Membuat pertanyaan tentang cara menggunakan
· Menyebutkan nama dan sifat tokoh dalam cerita
binatang
· Memberikan tanggapan dan alasan tentang tokoh cerita
binatang
· Menceritakan
peristiwa alam melalui pengamatan gambar
|
|
|
|
4. Matematika
· Melakukan operasi hitung bilangan sampai
tiga angka
|
· Melakukan operasi hitung bilangan sampai
tiga angka
|
· Garis bilangan
· Penjumlahan dan pengurangan
· Perkalian dan pembagian
· Uang
· Alat ukur
· Hubungan antar satuan waktu, panjang dan
berat
|
·
menulis bilangan secara panjang (ribuan,
ratusan, puluhan, satuan)
·
menentukan nilai tempat sampai dengan ribuan
· melakukan operasi penjumlahan tanpa
menyimpan
·
melakukan operasi penjumlahan dengan menyimpan
· melakukan operasi pengurangan tanpa
meminjam
· melakukan operasi pengurangan dengan
meminjam
|
· Menulis bilangan secara panjang (ribuan,
ratusan, puluhan, satuan)
·
Menentukan nilai tempat sampai dengan ribuan
· Melakukan operasi penjumlahan tanpa
menyimpan
· Melakukan operasi penjumlahan dengan
menyimpan
· Melakukan operasi pengurangan tanpa
meminjam
· Melakukan operasi pengurangan dengan
meminjam
|
|
|
|
5. IPA :
Memahami
ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi
perubahan pada makhluk hidup
|
· Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk
hidup
·
Mendeskripsikan
perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal- hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, dan olah raga)
|
· Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
· Perubahan pada makhluk
hidup
·
Sifat-sifat
benda
|
·
mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk hidup
·
mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk tak hidup
·
menggolongkan
tumbuhan berdasarkan bijinya
·
menggolongkan tumbuhan berdasarkan akarnya
· menggolongkan tumbuhan berdasarkan batangnya
· menggolongkan tumbuhan berdasarkan daunnya
· menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan hewan
·
menyebutkan
ciri-ciri pertumbuhan tumbuhan
|
· Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
· Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk tak
hidup
· Menggolongkan tumbuhan berdasarkan
bijinya
· Menggolongkan tumbuhan berdasarkan
akarnya
· Menggolongkan tumbuhan berdasarkan
batangnya
· Menggolongkan tumbuhan berdasarkan
daunnya
· Menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan hewan
· Menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan
tumbuhan
|
|
|
|
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1
TEMA: PENGALAMAN
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
1. PKN :
·
Mengamalkan
makna Sumpah Pemuda
|
·
Mengenal makna
Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa
|
·
Makna satu nusa,
satu bangsa, dan satu bahasa
|
·
mendefinisikan
arti Sumpah Pemuda
·
menjelaskan
latar belakang terwujudnya Sumpah Pemuda
·
menjelaskan
tujuan Kongres Pemuda I dan II
·
menjelaskan
makna Sumpah Pemuda
·
menyebutkan
manfaat persatuan dan kesatuan
|
·
Mendefinisikan
arti Sumpah Pemuda
·
Menjelaskan
latar belakang terwujudnya Sumpah Pemuda
·
Menjelaskan
tujuan Kongres Pemuda I dan II
·
Menjelaskan
makna Sumpah Pemuda
·
Menyebutkan
manfaat persatuan dan kesatuan
|
Tertulis :
uraian
Pengamatan
/perbuatan
|
3 minggu
|
Gambar
Buku
yang relevan
|
2. IPS :
·
Memahami
lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
|
·
Melakukan kerja
sama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/desa
|
·
Kerja sama di
lingkungan rumah
|
·
menyebutkan
bentuk-bentuk kerja sama di lingkungan
rumah
·
menjelaskan
kerja sama (gotong royong) sebagai cirri khas bangsa Indonesia
|
·
Menyebutkan
bentuk-bentuk kerja sama di lingkungan rumah
·
Menjelaskan
kerja sama (gotong royong) sebagai ciri khas bangsa Indonesia
|
|
|
|
3. Bahasa Indonesia
·
Mendengarkan
·
Memahami
penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
·
Berbicara
·
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/ saran
|
·
Melakukan
sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
·
Mengomentari
tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
·
Menceritakan
pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
·
Memberikan
tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan
pilihan kata yang tepat
·
Menjelaskan isi
teks (100 – 150 kata) melalui membaca intensif
|
·
Melakukan
sesuatu berdasarkan penjelasan.
·
Mengomentari
tokoh-tokoh cerita anak.
·
Menceritakan
pengalaman yang mengesankan.
·
Memberikan
tanggapan dan saran sederhana.
·
Menjelaskan isi
teks
|
·
mendengarkan
penjelasan untuk menolong teman
·
menuliskan
hal-hal penting yang didengar tentang
menolong teman
·
Siswa
menceritakan pengalaman kebiasaan baik yang dilakukan sehari-hari
·
melakukan
percakapan tentang pengalaman
·
menanggapi
cerita pengalaman teman
·
mengemukakan
perasaan sesuai isi bacaan
·
membuat
kesimpulan isi bacaan
·
mengemukakan
pendapat tentang isi bacaan
|
·
Mendengarkan
penjelasan untuk menolong teman
·
Menuliskan
hal-hal penting yang didengar tentang menolong teman
·
Menceritakan
pengalaman kebiasaan baik yang dilakukan sehari-hari
·
Melakukan
percakapan tentang pengalaman
·
Menanggapi
cerita pengalaman teman
·
Mengemukakan
perasaan sesuai isi bacaan
·
Membuat
kesimpulan isi bacaan
·
Mengemukakan
pendapat tentang isi bacaan
|
|
|
|
4. Matematika
· Melakukan operasi hitung bilangan sampai
tiga angka
· Menggunakan pengukuran waktu, panjang
dan berat dalam memecahkan masalah
|
· Menentukan letak bilangan pada garis
bilangan
· Melakukan penjumlahan dan pengurangan
tiga angka
· Melakukan perkalian yang hasilnya
bilangan tiga angka
· Memecahkan masalah penghitungan termasuk
yang berkaitan dengan uang
· Memilih alat ukur sesuai dengan
fungsinya (meteran, timbangan, atau jam)
· Mengenal hubungan antarsatuan waktu,
antarsatuan panjang, dan
antarsatuan berat
|
· Garis bilangan
· Penjumlahan dan pengurangan
· Perkalian dan pembagian
· Uang
· Alat ukur
· Hubungan antar satuan waktu, panjang dan
berat
|
· menaksirkan bilangan yang dibutuhkan
letaknya pada garis bilangan
· memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan
penjumlahan dan pengurangan
· memecahkan masalah sehari-hari yang
melibatkan perkalian dan pembagian
· menyebutkan nilai mata uang rupiah dari
yang terkecil sampai yang terbesar
· menentukan kesetaraan nilai uang dengan
berbagai satuan uang lainnya
· menaksir jumlah harga dari sekelompok
barang yang bisa dibeli atau dijual sehari-hari
· menyelesaikan soal cerita yang
melibatkan nilai uang
· menaksir panjang dan lebar suatu benda
dengan meteran
· menaksir berat suatu benda dengan alat
timbangan/ neraca
· menaksir lama kegiatan sehari-hari
dengan alat ukur
· menentukan satuan ukur dalam pemecahan
masalah sehari-hari
|
· Menaksirkan bilangan yang dibutuhkan
letaknya pada garis bilangan
· Memecahkan masalah sehari-hari yang
melibatkan penjumlahan dan pengurangan
· Memecahkan masalah sehari-hari yang
melibatkan perkalian dan pembagian
· Menyebutkan nilai mata uang rupiah dari
yang terkecil sampai yang terbesar
· Menentukan kesetaraan nilai uang dengan
berbagai satuan uang lainnya
· Menaksir jumlah harga dari sekelompok
barang yang bisa dibeli atau dijual sehari-hari
· Menyelesaikan soal cerita yang
melibatkan nilai uang
· Menaksir panjang dan lebar suatu benda
dengan meteran
· Menaksir berat suatu benda dengan alat
timbangan/ neraca
· Menaksir lama kegiatan sehari-hari
dengan alat ukur
· Menentukan satuan ukur dalam pemecahan
masalah sehari-hari
|
|
|
|
5. IPA :
·
Memahami
ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi
perubahan pada makhluk hidup
·
Memahami
sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
·
Mengidentifikasi
ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
· Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk
hidup dan hal- hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, dan olah raga)
· Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan
pengamatan melalui benda padat,
cair dan gas
|
·
Ciri-ciri dan
kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
·
Perubahan
pada makhluk hidup
· Sifat-sifat benda
|
· membedakan antara
makhluk hidup dan makhluk tak hidup berdasarkan pengmatan ciri-cirinya
· mengidentifikasi
perubahan tubuh pada manusia melalui
pengamatan gambar
·
menafsirkan perubahan manusia berdasarkan hasil pengukuran
·
menyebutkan
sifat-sifat benda gas
·
menyebutkan
sifat-sifat benda cair
· menyebutkan sifat-sifat benda gas
|
· Membedakan antara
makhluk hidup dan makhluk tak hidup berdasarkan pengmatan ciri-cirinya
· Mengidentifikasi perubahan tubuh pada
manusia melalui pengamatan gambar
· Menafsirkan perubahan manusia
berdasarkan hasil pengukuran
· Menyebutkan sifat-sifat
benda gas
·
Menyebutkan
sifat-sifat benda cair
· Menyebutkan
sifat-sifat benda gas
|
|
|
|
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1
TEMA: KEGIATAN
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
1. PKN :
·
Mengamalkan
makna Sumpah Pemuda
|
·
Mengenal makna
Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa
·
Mengamalkan
nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari
·
|
·
Makna satu
nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
|
·
membaca teks
Sumpah Pemuda
|
·
Membaca teks
Sumpah Pemuda
|
Tertulis :
uraian
Pengamatan
/perbuatan
|
2 minggu
|
Gambar
Buku
yang relevan
|
2. IPS :
·
Memahami
lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
|
·
Memelihara
lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
·
Melakukan kerja
sama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/ desa
|
·
Kerja sama di
lingkungan rumah
|
·
memberi contoh
memelihara lingkungan dengan cara yang baik
·
mempraktekkan
cara memelihara lingkungan rumah
·
mencatat
kegiatan Karang Taruna yang berupaya
menggalang persatuan dan kesatuan
·
membuat gambar
yang menunjukkan kerja sama di lingkungan sekolah
|
·
Memberi contoh
memelihara lingkungan dengan cara yang baik
·
Mempraktekkan
cara memelihara lingkungan rumah Mencatat kegiatan Karang Taruna yang berupaya menggalang
persatuan dan kesatuan Membuat gambar yang menunjukkan kerja sama di
lingkungan sekolah
|
|
|
|
3. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
·
Memahami
penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
Berbicara
·
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/ saran
Membaca
·
Memahami teks
dengan membaca nyaring, membaca intensif dan membaca dongeng
Menulis
·
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi
|
·
Melakukan
sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara Lisan
·
Memberikan
tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut
dan pilihan kata yang tepat
·
Membaca nyaring
teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat
·
Menjelaskan isi
teks (100 – 150) melalui membaca intensif
·
Menyusun
paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan
|
·
Melakukan
sesuatu berdasarkan penjelasan.
·
Mengomentari
tokoh-tokoh cerita anak.
·
Menceritakan
pengalaman yang mengesankan.
·
Memberikan
tanggapan dan saran sederhana.
·
Menjelaskan isi
teks
|
·
Memberikan
tanggapan dan saran melalui pengamatan
gambar
·
membaca
bersuara dengan lafal dan intonasi yang tepat
·
menjawab
pertanyaan bacaan
·
menggunakan
huruf kapital dan tanda baca pada kalimat
·
menulis kalimat
dengan menggunakan tanda hubung
·
menulis kalimat
dengan menggunakan koma untuk
memisahkan rupiah, persepuluh,
·
menulis kalimat dengan menggunakan tanda
|
·
Mendengarkan
penjelasan lomba
·
Menyusun
percakapan melalui telepon
·
Memberikan
tanggapan dan saran melalui pengamatan gambar
·
Membaca
bersuara dengan lafal dan intonasi yang tepat
·
Menjawab
pertanyaan bacaan
·
Menggunakan
huruf kapital dan tanda baca pada kalimat
·
Menulis kalimat
dengan menggunakan tanda hubung
·
Menulis kalimat
dengan menggunakan koma untuk memisahkan rupiah, persepuluh, dan se
·
Menulis kalimat
dengan menggunakan tanda seru
·
Menggunakan
kata depan di- dan ke-
|
|
|
|
4. Matematika
· Melakukan operasi hitung bilangan sampai
tiga angka
· Menggunakan pengukuran waktu, panjang
dan berat dalam memecahkan masalah
|
· Menentukan letak bilangan pada garis
bingan
· Melakukan perkalian yang hasilnya
bilangan tiga angka dan pembagian
bilangan tiga angka
· Melakukan operasi hitungan campuran
· Memilih alat ukur sesuai dengan
fungsinya (meteran, timbangan, atau jam)
· Mengenal hubungan antarsatuan waktu,
antarsatuan panjang, dan
antarsatuan berat
|
· Garis bilangan
· Penjumlahan dan pengurangan
· Perkalian dan pembagian
· Uang
· Alat ukur
· Hubungan antar satuan waktu, panjang dan
berat
|
· menentukan pola pada garis bilangan
· mengubah bentuk perkalian menjadi
pembagian
· mengubah bentuk pembagian menjadi
perkalian
· membedakan bilangan ganjil dan genap
berdasarkan hasil atau tidaknya apabila dibagi dua
· menyebutkan jenis alat ukur sederhana
· memilih alat ukur yang sesuai dengan
benda yang diukur
· membaca
tanda waktu jam, setengah jam,
seperempat jam pada jarum jam
· membaca tanda waktu sampai lima menit
pada jarum jam
· menentukan hubungan antarsatuan waktu:
menit, jam, hari, minggu, bulan, dan
tahun; dan antarsatuan berat : kg, ons, gram
|
· Menentukan posisi pada garis bilangan
· Menentukan pola pada garis bilangan
· Mengubah bentuk perkalian menjadi
pembagian
· Mengubah bentuk pembagian menjadi
perkalian
· Membedakan bilangan ganjil dan genap
berdasarkan hasil atau tidaknya apabila dibagi dua
· Menyebutkan jenis alat ukur sederhana
· Memilih alat ukur yang sesuai dengan
benda yang diukur
· Membaca tanda waktu jam, setengah jam,
seperempat jam pada jarum jam
· Membaca tanda waktu sampai lima menit pada jarum
jam
· Menentukan hubungan antarsatuan waktu:
menit, jam, hari, minggu, bulan, dan tahun; dan antarsatuan berat : kg, ons,
gram
|
|
|
|
5. IPA :
·
Memahami
ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi
perubahan pada makhluk hidup
·
Memahami
kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga
kesehatan lingkungan
·
Memahami
sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
·
Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
· Menjelaskan cara
menjaga kesehatan lingkungan sekitar
· Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan
pengamatan meliputi benda padat,
cair, dan gas
|
·
Ciri-ciri dan
kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
·
Perubahan
pada makhluk hidup
· Sifat-sifat benda
|
· mempraktekkan cara memelihara tanaman
· membuat kliping yang menunjukkan
lingkungan sehat dan tidak sehat
· mengidentifikasi sifat-sifat khusus
benda padat
· mengidentifikasi sifat-sifat khusus
benda cair
· mengidentifikasi
sifat-sifat khusus benda gas
|
· Mempraktekkan cara memelihara tanaman
· Membuat kliping yang menunjukkan
lingkungan sehat dan tidak sehat
· Mengidentifikasi sifat-sifat khusus
benda padat
· Mengidentifikasi sifat-sifat khusus
benda cair
· Mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda
gas
|
|
|
|
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1
TEMA: TEMPAT UMUM
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
1. PKN :
·
Mengamalkan
makna Sumpah Pemuda
|
·
Mengenal makna
Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa
·
Mengamalkan
nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Makna satu
nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
|
·
menyebutkan
waktu dan tempat pertama kali Sumpah
Pemuda dibacakan
·
Menyebutkan
tempat-tempat yang digunakan untuk
kegiatan kepemudaan
|
·
Menyebutkan
waktu dan tempat pertama kali Sumpah Pemuda dibacakan
·
Menyebutkan
tempat-tempat yang digunakan untuk kegiatan kepemudaan
|
Tertulis :
uraian
Pengamatan/perbuatan
|
2 minggu
|
·
Gambar
·
Buku yang
relevan
|
2. IPS :
·
Memahami
lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
|
·
Menceritakan
lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah
·
Melakukan kerja
sama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/ desa
|
·
Kerja sama di
lingkungan rumah
|
·
Menyebutkan
tempat kenampakan alam
·
Siswa dapt
Menyebutkan tempat kenampakan buatan
·
Mendata jumlah
penduduk, kematian dan kelahiran di
kelurahan Balonggede
|
·
Menyebutkan
tempat kenampakan alam
·
Menyebutkan
tempat kenampakan buatan
·
Mendata jumlah
penduduk, kematian dan kelahiran di kelurahan Balonggede
|
|
|
|
3. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
·
Memahami
penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
Berbicara
·
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/ saran
|
·
Mengomentari
tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
·
- Menceritakan pengalaman yang mengesankan
dengan menggunakan
·
kalimat yang runtut dan mudah dipahami
|
·
Melakukan
sesuatu berdasarkan penjelasan.
·
Mengomentari
tokoh-tokoh cerita anak.
·
Menceritakan
pengalaman yang mengesankan.
·
Memberikan
tanggapan dan saran sederhana.
·
Menjelaskan isi
teks
|
·
menyebutkan
tokoh-tokoh dalam drama
·
menuliskan
nama-nama tokoh dalam drama
·
menjelaskan
makna simbol
·
menjelaskan
urutan kegiatan lomba melalui gambar
|
·
Menyebutkan
tokoh-tokoh dalam drama
·
Menuliskan
nama-nama tokoh dalam drama
·
Menjelaskan
makna simbol
·
Menjelaskan
urutan kegiatan lomba melalui gambar
|
|
|
|
4. Matematika
· Menggunakan pengukuran waktu, panjang
dan berat dalam memecahkan masalah
|
· Melakukan penjumlahan dan
pengurangan tiga angka
· Melakukan operasi hitungan campuran
|
· Garis bilangan
· Penjumlahan dan pengurangan
· Perkalian dan pembagian
· Uang
· Alat ukur
· Hubungan antar satuan waktu, panjang dan
berat
|
· mencatat
jumlah siswa kelas 1 sampai dengan
kelas 6 pada lembar tugas secara
berkelompok
· Siswa dapar menggunakan sifat operasi
hitung pertukaran dan sifat
pengelompokan untuk mempermudah perhitungan perkalian dan pembagian
· memecahkan masalah yang melibatkan
perkalian dan pembagian
|
·
Mencatat jumlah siswa kelas 1 sampai dengan
kelas 6 pada lembar tugas secara berkelompok
·
Menggunakan sifat operasi hitung pertukaran
dan sifat pengelompokan untuk mempermudah perhitungan perkalian dan pembagian
·
Memecahkan masalah yang melibatkan perkalian
dan pembagian
|
|
|
|
5. IPA :
·
Memahami
kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga
kesehatan lingkungan
·
Memahami
sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
· Menjelaskan cara
menjaga kesehatan lingkungan sekitar
· Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan
pengamatan meliputi benda padat,
cair, dan gas
· Menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, dan kertas
|
·
Ciri-ciri dan
kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
·
Perubahan
pada makhluk hidup
· Sifat-sifat benda
|
· memberi contoh benda padat
· menuliskan contoh benda cair
· menyebutkan contoh
benda gas
· mengidentifikasi
benda-benda di lingkungan sekolah
· menyebutkan benda-benda
yang terbuat dari plastik dan
kegunaannya
· menyebutkan benda-benda
yang terbuat dari kayu dan kegunaannya
· menyebutkan benda-benda
yang terbuat dari kertas dan
kegunaannya
|
· Melakukan kegiatan untuk memelihara
kesehatan lingkungan sekolah
· Mengklasifikasi benda-benda di
lingkungan sekolah
· Memberi contoh benda padat
· Menuliskan contoh benda cair
· Menyebutkan contoh benda gas
· Mengidentifikasi benda-benda di
lingkungan sekolah
· Menyebutkan benda-benda yang terbuat
dari plastik dan kegunaannya
· Menyebutkan benda-benda yang terbuat
dari kayu dan kegunaannya
· Menyebutkan benda-benda yang terbuat
dari kertas dan kegunaannya
|
|
|
|
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1
TEMA: HIBURAN
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
1. PKN :
·
Mengamalkan
makna Sumpah Pemuda
|
·
Mengenal makna
Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa
·
Mengamalkan
nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Makna satu
nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
|
·
menulis isi
teks Sumpah Pemuda
·
menyanyikan
lagu Satu Nusa Satu Bangsa
·
mendiskusikan
cara kita mengamalkan satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
|
·
Menulis isi
teks Sumpah Pemuda
·
Menyanyikan
lagu Satu Nusa Satu Bangsa
·
Mendiskusikan
cara kita mengamalkan satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
|
Tertulis :
uraian
Pengamatan/perbuatan
|
2 minggu
|
·
Gambar
·
Buku yang
relevan
|
2. IPS :
·
Memahami
lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
|
·
Membuat denah
dan peta lingkungan rumah dan sekolah
|
·
Kerja sama di
lingkungan rumah
|
·
menjelaskan
manfaat denah dalam kehidupan sehari-hari
·
membuat denah
SD Assalaam dilengkapi dengan rencana penghijauan
·
Siswa dapat membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata angin
·
membaca denah
rumah siswa dan SD Assalaam
·
membuat peta
dari rumah siswa ke SD Assalaam
·
membaca peta
dari rumah siswa ke SD Assalaam
|
·
Menjelaskan
manfaat denah dalam kehidupan sehari-hari
·
Membuat denah
SD Assalaam dilengkapi dengan rencana penghijauan
·
Membuat denah
rumah siswa dengan menentukan arah mata
angin
·
Membaca denah
rumah siswa dan SD Assalaam
·
Membuat peta
dari rumah siswa ke SD Assalaam
·
Membaca peta
dari rumah siswa ke SD Assalaam
|
|
|
|
3. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
·
Memahami
penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
Berbicara
·
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/ saran
Membaca
·
Memahami teks
dengan membaca nyaring, membaca intensif dan membaca dongeng
Menulis
·
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi
|
·
Melakukan
sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
·
Mengomentari
tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
·
Menceritakan
pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
·
Menjelaskan
urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah
dipahami
·
Membaca nyaring
teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat
·
Menceritakan
isi dongeng yang dibaca
·
Menyusun
paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan
·
Melengkapi
puisi anak berdasarkan gambar
|
·
Melakukan
sesuatu berdasarkan penjelasan.
·
Mengomentari
tokoh-tokoh cerita anak.
·
Menceritakan
pengalaman yang mengesankan.
·
Memberikan
tanggapan dan saran sederhana.
·
Menjelaskan isi
teks
|
·
mendengarkan
petunjuk melakukan permainan
·
mencatat
petunjuk tentang permainan
·
menceritakan
pengalaman pribadi yang menyenangkan
·
menjelaskan
urutan cara melakukan suatu
permainan
·
membaca puisi
dengan penghayatan
·
menyebutkan
nama dan sifat tokoh dari dongeng yang
dibaca
·
menceritakan
kembali isi dongeng dengan kata-kata sendiri
·
memberi saran
tentang sifat tokoh dari dongeng
yang dibacanya
·
melengkapi
kalimat dengan kata yang tepat
·
menulis puisi
karangan sendiri
·
melengkapi
kalimat berdasarkan gambar dalam puisi
|
·
Mendengarkan
petunjuk melakukan permainan
·
Mencatat
petunjuk tentang permainan
·
Menceritakan
pengalaman pribadi yang menyenangkan
·
Menjelaskan
urutan cara melakukan suatu permainan
·
Membaca puisi
dengan penghayatan
·
Menyebutkan
nama dan sifat tokoh dari dongeng yang dibaca
·
Menceritakan
kembali isi dongeng dengan kata-kata sendiri
·
Memberi saran
tentang sifat tokoh dari dongeng yang
dibacanya
·
Melengkapi
kalimat dengan kata yang tepat
·
Menulis puisi
karangan sendiri
·
Melengkapi
kalimat berdasarkan gambar dalam puisi
|
|
|
|
4. Matematika
· Melakukan operasi hitung bilangan sampai
tiga angka
|
· Menentukan letak bilangan pada garis
bilangan
· Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan
tiga angka dan pembagian bilangan
tiga angka
· Melakukan operasi hitung campuran
|
· Garis bilangan
· Penjumlahan dan pengurangan
· Perkalian dan pembagian
· Uang
· Alat ukur
· Hubungan antar satuan waktu, panjang dan
berat
|
· membilang secara urut
· membandingkan dua buah bilangan dengan simbol <,
>, dan =
· mengingat perkalian dan pembagian sampai
dengan seratus
· membuat tabel 10 x 10
· menghitung perkalian dan pembagian oleh
2 dan 10 secara cepat
|
· Membilang secara urut
· Membandingkan dua buah bilangan dengan
simbol <, >, dan =
· Mengingat perkalian dan pembagian sampai
dengan seratus
· Membuat tabel 10 x 10
· Menghitung perkalian dan pembagian oleh
2 dan 10 secara cepat
|
|
|
|
5. IPA :
· Memahami ciri-ciri dan
kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada
makhluk hidup
· Memahami kondisi
lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan
lingkungan
· Memahami sifat-sifat,
perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
|
· Menggolongkan makhluk
hidup secara sederhana
· Membedakan ciri-ciri
lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
· Mendeskripsikan
perubahan sifat benda (ukuran, bentuk, warna, atau rasa) yang dapat diamati akibat dari
pembakaran, pemanasan dan
diletakkan di udara terbuka
|
· Ciri-ciri dan kebutuhan
makhluk hidup dan tak hidup.
· Perubahan pada makhluk hidup
· Sifat-sifat benda
|
· menggolongkan tumbuhan
berdasarkan bunganya
· membedakan kondisi
lingkungan sehat dan tidak sehat melalui gambar
· mendemonstrasikan
adanya perubahan sifat pada benda akibat pembakaran, pemanasan dan
diletakkan di tempat terbuka
· membandingkan benda
sebelum dan sesudah mengalami
pembakaran, pemanasan, dan diletakkan di tempat terbuka
|
· Menggolongkan tumbuhan
berdasarkan bunganya
· Membedakan kondisi
lingkungan sehat dan tidak sehat melalui gambar
· Mendemonstrasikan
adanya perubahan sifat pada benda akibat pembakaran, pemanasan dan diletakkan
di tempat terbuka
· Membandingkan benda
sebelum dan sesudah mengalami pembakaran, pemanasan, dan diletakkan di tempat
terbuka
|
|
|
|
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1
TEMA: KESEHATAN
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
1. PKN :
·
Mengamalkan
makna Sumpah Pemuda
|
·
Mengamalkan
nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Makna satu
nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
|
·
menyebutkan
kegiatan pramuka yang berupaya
menggalang persatuan dan kesatuan
|
·
Menyebutkan
kegiatan pramuka yang berupaya menggalang persatuan dan kesatuan
|
Tertulis :
uraian
Pengamatan/perbuatan
|
2 minggu
|
·
Gambar
·
Buku yang
relevan
|
2. IPS :
·
Memahami
lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
|
·
Memelihara
lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
|
·
Kerja sama di
lingkungan rumah
|
·
melakukan
perawatan lingkungan sekitar rumah
|
·
Melakukan
perawatan lingkungan sekitar rumah
|
|
|
|
3. Bahasa Indonesia
·
Mendengarkan
·
Memahami
penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
·
Berbicara
·
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/ saran
|
·
Melakukan
sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
·
Mengomentari
tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan
secara lisan
·
Memberikan
tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu
masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat
·
Menyusun
paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan
|
·
Melakukan
sesuatu berdasarkan penjelasan.
·
Mengomentari
tokoh-tokoh cerita anak.
·
Menceritakan
pengalaman yang mengesankan.
·
Memberikan
tanggapan dan saran sederhana.
·
Menjelaskan isi
teks
|
·
mendengarkan
petunjuk melakukan sesuatu tentang kebersihan
·
menceritakan
kembali cerita yang didengar
·
memberikan
tanggapan dan alasan dari cerita yang dibacanya
·
membuat kalimat
sesuai dengan gambar
·
menyusun
karangan berdasarkan gambar
·
mengurutkan
gambar seri menjadi sebuah paragraf
|
·
Mendengarkan
petunjuk melakukan sesuatu tentang
kebersihan
·
Menceritakan
kembali cerita yang didengar
·
Memberikan
tanggapan dan alasan dari cerita yang dibacanya
·
Membuat kalimat
sesuai dengan gambar
·
Menyusun
karangan berdasarkan gambar
·
Mengurutkan
gambar seri menjadi sebuah paragraph
|
|
|
|
4. Matematika
· Menggunakan
pengukuran waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah
|
· Menggunakan
alat ukur dalam pemecahan masalah
|
· Garis bilangan
· Penjumlahan dan pengurangan
· Perkalian dan pembagian
· Uang
· Alat ukur
· Hubungan antar satuan waktu, panjang dan
berat
|
· menggunakan meteran kain, meteran
saku, penggaris untuk mengukur
tinggi badan
· menggunakan timbangan atau neraca untuk
menimbang berat badan
|
· Menggunakan meteran kain, meteran saku,
penggaris untuk mengukur tinggi badan
· Menggunakan timbangan atau neraca untuk
menimbang berat badan
|
|
|
|
· 5. IPA :
· Memahami ciri-ciri dan
kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada
makhluk hidup
· Memahami kondisi
lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan
lingkungan
·
|
· Menggolongkan makhluk
hidup secara sederhana
· Mendeskripsikan
perubahan yang terjadi pada makhluk hidup
dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan,
rekreasi, istirahat dan olah raga).
· Mendeskripsikan kondisi
lingkungan yang berpengaruh
terhadap kesehatan
|
· Ciri-ciri dan kebutuhan
makhluk hidup dan tak hidup.
· Perubahan pada makhluk hidup
· Sifat-sifat benda
|
· menggolongkan hewan
berdasarkan penutup tubuhnya
· menggolongkan hewan
berdasarkan cara bergeraknya
· menggolongkan hewan berdasarkan
cara berkembang biaknya
· menggolongkan hewan
berdasarkan cara bernafasnya
· menyebutkan
faktor-faktor yang mempengaruhi
pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia
· menjelaskan pentingnya
makanan bergizi seimbang untuk pertumbuhan
· menjelaskan pengaruh
bahan makanan tambahan (zat aditif)
terhadap tubuh
· menjelaskan hubungan
rekreasi, olah raga, istirahat dan
kesehatan
· menyebutkan macam-macam
pencemaran lingkungan
· mengidentifikasi
penyebab pencemaran tanah
· mengidentifikasi
penyebab pencemaran air
· mengidentifikasi
penyebab pencemaran udara
· menyebutkan akibat
pencemaran lingkungan terhadap kesehatan
|
· Menggolongkan hewan
berdasarkan tempat hidupnya
· Menggolongkan hewan
berdasarkan jenis makanannya
· Menggolongkan hewan
berdasarkan penutup tubuhnya
· Menggolongkan hewan
berdasarkan cara bergeraknya
· Menggolongkan hewan
berdasarkan cara berkembang biaknya
· Menggolongkan hewan
berdasarkan cara bernafasnya
· Menyebutkan
faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia
· Menjelaskan pentingnya
makanan bergizi seimbang untuk pertumbuhan
· Menjelaskan pengaruh
bahan makanan tambahan (zan aditif) terhadap tubuh
· Menjelaskan hubungan
rekreasi, olah raga, istirahat dan kesehatan
· Menyebutkan macam-macam
pencemaran lingkungan
· Mengidentifikasi penyebab
pencemaran tanah
· Mengidentifikasi
penyebab pencemaran air
· Mengidentifikasi
penyebab pencemaran udara
· Menyebutkan akibat
pencemaran lingkungan terhadap kesehatan
|
|
|
|
Mengetahui, Guru Kelas
Kepala
Sekolah
ARI ADI ST
PRAYITNO, S.Pd
NIP : 19570303 197701
1 001 NIP.
Subscribe to:
Posts (Atom)