GRINDER COMMUNITY, SHARING INFO MUSIC, EVENT INFO, METAL BAND PROMOS, REVIEWS, FLYERS GIGS, BAND MERCHANDISE, BAND LOGGO ORDER, ETC Channel Youtube: https://www.youtube.com/channel/UCTt-S9OYoKcCwZHfZGbZ4zQ?sub_confirmation=1 MENERIMA JASA PEMBUATAN LOGGO BAND
My Blog List
Wednesday, August 28, 2013
Tuesday, August 20, 2013
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1
TEMA: LINGKUNGAN
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok dan Uraian Materi
|
Kegiatan
Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
1. PKN :
· Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
|
· Mengamalkan makna satu nusa, satu bangsa dan satu
bahasa
· Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam
kehidupan sehari- sehari
|
· Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
|
· mengklasifikasi dan membuat daftar tindakan yang
dapat mempersatukan bangsa
· menyebutkan nama organisasi pemuda di nusantara
· menyebutkan lima
tokoh pemuda yang ikut Kongres Pemuda
· mengidentifikasikan pengamalan nilai-nilai Sumpah
Pemuda di lingkungan rumah
|
· Mengklasifikasi dan membuat daftar tindakan yang
dapat mempersatukan bangsa
· Menyebutkan nama organisasi pemuda di nusantara
· Menyebutkan lima
tokoh pemuda yang ikut Kongres Pemuda
· Mengidentifikasikan pengamalan nilai-nilai Sumpah
Pemuda di lingkungan rumah
|
Tertulis :
uraian
Pengamatan
/perbuatan
|
3 minggu
|
Gambar
Buku
yang relevan
|
2. IPS :
· Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di
sekitar rumah dan sekolah
|
· Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
dan sekolah
· Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah
·
|
· Kerja sama di lingkungan rumah
|
· mengidentifikasikan kenampakan alam dan kenampakan buatan di lingkungan sekitar
· menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan
· menjelaskan manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan
· membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah
mata anginnya
|
· Mengidentifikasikan kenampakan alam dan kenampakan
buatan di lingkungan sekitar
· Menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan
· Menjelaskan manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan
· Membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah
mata anginnya
|
|
|
|
3. Bahasa
Indonesia
Mendengarkan
· Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak
yang dilisankan
Berbicara
· Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan
petunjuk dengan bercerita dan
memberikan tanggapan/ saran
|
· Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
· Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang
disampaikan secara lisan
·
Menceritakan
pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
|
· Melakukan sesuatu
berdasarkan penjelasan.
· Mengomentari
tokoh-tokoh cerita anak.
· Menceritakan pengalaman
yang mengesankan.
· Memberikan tanggapan
dan saran sederhana.
·
Menjelaskan isi teks
|
· menjelaskan petunjuk membuat alat pengukur debu
· membuat pertanyaan tentang cara menggunakan
· menyebutkan nama dan sifat tokoh dalam cerita
binatang
· memberikan tanggapan dan alasan tentang tokoh cerita
binatang
· menceritakan peristiwa alam melalui pengamatan
gambar
|
· Menjelaskan petunjuk membuat alat pengukur debu
· Membuat pertanyaan tentang cara menggunakan
· Menyebutkan nama dan sifat tokoh dalam cerita
binatang
· Memberikan tanggapan dan alasan tentang tokoh cerita
binatang
· Menceritakan
peristiwa alam melalui pengamatan gambar
|
|
|
|
4. Matematika
· Melakukan operasi hitung bilangan sampai
tiga angka
|
· Melakukan operasi hitung bilangan sampai
tiga angka
|
· Garis bilangan
· Penjumlahan dan pengurangan
· Perkalian dan pembagian
· Uang
· Alat ukur
· Hubungan antar satuan waktu, panjang dan
berat
|
·
menulis bilangan secara panjang (ribuan,
ratusan, puluhan, satuan)
·
menentukan nilai tempat sampai dengan ribuan
· melakukan operasi penjumlahan tanpa
menyimpan
·
melakukan operasi penjumlahan dengan menyimpan
· melakukan operasi pengurangan tanpa
meminjam
· melakukan operasi pengurangan dengan
meminjam
|
· Menulis bilangan secara panjang (ribuan,
ratusan, puluhan, satuan)
·
Menentukan nilai tempat sampai dengan ribuan
· Melakukan operasi penjumlahan tanpa
menyimpan
· Melakukan operasi penjumlahan dengan
menyimpan
· Melakukan operasi pengurangan tanpa
meminjam
· Melakukan operasi pengurangan dengan
meminjam
|
|
|
|
5. IPA :
Memahami
ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi
perubahan pada makhluk hidup
|
· Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk
hidup
·
Mendeskripsikan
perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal- hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, dan olah raga)
|
· Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
· Perubahan pada makhluk
hidup
·
Sifat-sifat
benda
|
·
mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk hidup
·
mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk tak hidup
·
menggolongkan
tumbuhan berdasarkan bijinya
·
menggolongkan tumbuhan berdasarkan akarnya
· menggolongkan tumbuhan berdasarkan batangnya
· menggolongkan tumbuhan berdasarkan daunnya
· menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan hewan
·
menyebutkan
ciri-ciri pertumbuhan tumbuhan
|
· Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
· Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk tak
hidup
· Menggolongkan tumbuhan berdasarkan
bijinya
· Menggolongkan tumbuhan berdasarkan
akarnya
· Menggolongkan tumbuhan berdasarkan
batangnya
· Menggolongkan tumbuhan berdasarkan
daunnya
· Menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan hewan
· Menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan
tumbuhan
|
|
|
|
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1
TEMA: PENGALAMAN
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
1. PKN :
·
Mengamalkan
makna Sumpah Pemuda
|
·
Mengenal makna
Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa
|
·
Makna satu nusa,
satu bangsa, dan satu bahasa
|
·
mendefinisikan
arti Sumpah Pemuda
·
menjelaskan
latar belakang terwujudnya Sumpah Pemuda
·
menjelaskan
tujuan Kongres Pemuda I dan II
·
menjelaskan
makna Sumpah Pemuda
·
menyebutkan
manfaat persatuan dan kesatuan
|
·
Mendefinisikan
arti Sumpah Pemuda
·
Menjelaskan
latar belakang terwujudnya Sumpah Pemuda
·
Menjelaskan
tujuan Kongres Pemuda I dan II
·
Menjelaskan
makna Sumpah Pemuda
·
Menyebutkan
manfaat persatuan dan kesatuan
|
Tertulis :
uraian
Pengamatan
/perbuatan
|
3 minggu
|
Gambar
Buku
yang relevan
|
2. IPS :
·
Memahami
lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
|
·
Melakukan kerja
sama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/desa
|
·
Kerja sama di
lingkungan rumah
|
·
menyebutkan
bentuk-bentuk kerja sama di lingkungan
rumah
·
menjelaskan
kerja sama (gotong royong) sebagai cirri khas bangsa Indonesia
|
·
Menyebutkan
bentuk-bentuk kerja sama di lingkungan rumah
·
Menjelaskan
kerja sama (gotong royong) sebagai ciri khas bangsa Indonesia
|
|
|
|
3. Bahasa Indonesia
·
Mendengarkan
·
Memahami
penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
·
Berbicara
·
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/ saran
|
·
Melakukan
sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
·
Mengomentari
tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
·
Menceritakan
pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
·
Memberikan
tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan
pilihan kata yang tepat
·
Menjelaskan isi
teks (100 – 150 kata) melalui membaca intensif
|
·
Melakukan
sesuatu berdasarkan penjelasan.
·
Mengomentari
tokoh-tokoh cerita anak.
·
Menceritakan
pengalaman yang mengesankan.
·
Memberikan
tanggapan dan saran sederhana.
·
Menjelaskan isi
teks
|
·
mendengarkan
penjelasan untuk menolong teman
·
menuliskan
hal-hal penting yang didengar tentang
menolong teman
·
Siswa
menceritakan pengalaman kebiasaan baik yang dilakukan sehari-hari
·
melakukan
percakapan tentang pengalaman
·
menanggapi
cerita pengalaman teman
·
mengemukakan
perasaan sesuai isi bacaan
·
membuat
kesimpulan isi bacaan
·
mengemukakan
pendapat tentang isi bacaan
|
·
Mendengarkan
penjelasan untuk menolong teman
·
Menuliskan
hal-hal penting yang didengar tentang menolong teman
·
Menceritakan
pengalaman kebiasaan baik yang dilakukan sehari-hari
·
Melakukan
percakapan tentang pengalaman
·
Menanggapi
cerita pengalaman teman
·
Mengemukakan
perasaan sesuai isi bacaan
·
Membuat
kesimpulan isi bacaan
·
Mengemukakan
pendapat tentang isi bacaan
|
|
|
|
4. Matematika
· Melakukan operasi hitung bilangan sampai
tiga angka
· Menggunakan pengukuran waktu, panjang
dan berat dalam memecahkan masalah
|
· Menentukan letak bilangan pada garis
bilangan
· Melakukan penjumlahan dan pengurangan
tiga angka
· Melakukan perkalian yang hasilnya
bilangan tiga angka
· Memecahkan masalah penghitungan termasuk
yang berkaitan dengan uang
· Memilih alat ukur sesuai dengan
fungsinya (meteran, timbangan, atau jam)
· Mengenal hubungan antarsatuan waktu,
antarsatuan panjang, dan
antarsatuan berat
|
· Garis bilangan
· Penjumlahan dan pengurangan
· Perkalian dan pembagian
· Uang
· Alat ukur
· Hubungan antar satuan waktu, panjang dan
berat
|
· menaksirkan bilangan yang dibutuhkan
letaknya pada garis bilangan
· memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan
penjumlahan dan pengurangan
· memecahkan masalah sehari-hari yang
melibatkan perkalian dan pembagian
· menyebutkan nilai mata uang rupiah dari
yang terkecil sampai yang terbesar
· menentukan kesetaraan nilai uang dengan
berbagai satuan uang lainnya
· menaksir jumlah harga dari sekelompok
barang yang bisa dibeli atau dijual sehari-hari
· menyelesaikan soal cerita yang
melibatkan nilai uang
· menaksir panjang dan lebar suatu benda
dengan meteran
· menaksir berat suatu benda dengan alat
timbangan/ neraca
· menaksir lama kegiatan sehari-hari
dengan alat ukur
· menentukan satuan ukur dalam pemecahan
masalah sehari-hari
|
· Menaksirkan bilangan yang dibutuhkan
letaknya pada garis bilangan
· Memecahkan masalah sehari-hari yang
melibatkan penjumlahan dan pengurangan
· Memecahkan masalah sehari-hari yang
melibatkan perkalian dan pembagian
· Menyebutkan nilai mata uang rupiah dari
yang terkecil sampai yang terbesar
· Menentukan kesetaraan nilai uang dengan
berbagai satuan uang lainnya
· Menaksir jumlah harga dari sekelompok
barang yang bisa dibeli atau dijual sehari-hari
· Menyelesaikan soal cerita yang
melibatkan nilai uang
· Menaksir panjang dan lebar suatu benda
dengan meteran
· Menaksir berat suatu benda dengan alat
timbangan/ neraca
· Menaksir lama kegiatan sehari-hari
dengan alat ukur
· Menentukan satuan ukur dalam pemecahan
masalah sehari-hari
|
|
|
|
5. IPA :
·
Memahami
ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi
perubahan pada makhluk hidup
·
Memahami
sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
·
Mengidentifikasi
ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
· Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk
hidup dan hal- hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, dan olah raga)
· Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan
pengamatan melalui benda padat,
cair dan gas
|
·
Ciri-ciri dan
kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
·
Perubahan
pada makhluk hidup
· Sifat-sifat benda
|
· membedakan antara
makhluk hidup dan makhluk tak hidup berdasarkan pengmatan ciri-cirinya
· mengidentifikasi
perubahan tubuh pada manusia melalui
pengamatan gambar
·
menafsirkan perubahan manusia berdasarkan hasil pengukuran
·
menyebutkan
sifat-sifat benda gas
·
menyebutkan
sifat-sifat benda cair
· menyebutkan sifat-sifat benda gas
|
· Membedakan antara
makhluk hidup dan makhluk tak hidup berdasarkan pengmatan ciri-cirinya
· Mengidentifikasi perubahan tubuh pada
manusia melalui pengamatan gambar
· Menafsirkan perubahan manusia
berdasarkan hasil pengukuran
· Menyebutkan sifat-sifat
benda gas
·
Menyebutkan
sifat-sifat benda cair
· Menyebutkan
sifat-sifat benda gas
|
|
|
|
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1
TEMA: KEGIATAN
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
1. PKN :
·
Mengamalkan
makna Sumpah Pemuda
|
·
Mengenal makna
Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa
·
Mengamalkan
nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari
·
|
·
Makna satu
nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
|
·
membaca teks
Sumpah Pemuda
|
·
Membaca teks
Sumpah Pemuda
|
Tertulis :
uraian
Pengamatan
/perbuatan
|
2 minggu
|
Gambar
Buku
yang relevan
|
2. IPS :
·
Memahami
lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
|
·
Memelihara
lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
·
Melakukan kerja
sama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/ desa
|
·
Kerja sama di
lingkungan rumah
|
·
memberi contoh
memelihara lingkungan dengan cara yang baik
·
mempraktekkan
cara memelihara lingkungan rumah
·
mencatat
kegiatan Karang Taruna yang berupaya
menggalang persatuan dan kesatuan
·
membuat gambar
yang menunjukkan kerja sama di lingkungan sekolah
|
·
Memberi contoh
memelihara lingkungan dengan cara yang baik
·
Mempraktekkan
cara memelihara lingkungan rumah Mencatat kegiatan Karang Taruna yang berupaya menggalang
persatuan dan kesatuan Membuat gambar yang menunjukkan kerja sama di
lingkungan sekolah
|
|
|
|
3. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
·
Memahami
penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
Berbicara
·
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/ saran
Membaca
·
Memahami teks
dengan membaca nyaring, membaca intensif dan membaca dongeng
Menulis
·
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi
|
·
Melakukan
sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara Lisan
·
Memberikan
tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut
dan pilihan kata yang tepat
·
Membaca nyaring
teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat
·
Menjelaskan isi
teks (100 – 150) melalui membaca intensif
·
Menyusun
paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan
|
·
Melakukan
sesuatu berdasarkan penjelasan.
·
Mengomentari
tokoh-tokoh cerita anak.
·
Menceritakan
pengalaman yang mengesankan.
·
Memberikan
tanggapan dan saran sederhana.
·
Menjelaskan isi
teks
|
·
Memberikan
tanggapan dan saran melalui pengamatan
gambar
·
membaca
bersuara dengan lafal dan intonasi yang tepat
·
menjawab
pertanyaan bacaan
·
menggunakan
huruf kapital dan tanda baca pada kalimat
·
menulis kalimat
dengan menggunakan tanda hubung
·
menulis kalimat
dengan menggunakan koma untuk
memisahkan rupiah, persepuluh,
·
menulis kalimat dengan menggunakan tanda
|
·
Mendengarkan
penjelasan lomba
·
Menyusun
percakapan melalui telepon
·
Memberikan
tanggapan dan saran melalui pengamatan gambar
·
Membaca
bersuara dengan lafal dan intonasi yang tepat
·
Menjawab
pertanyaan bacaan
·
Menggunakan
huruf kapital dan tanda baca pada kalimat
·
Menulis kalimat
dengan menggunakan tanda hubung
·
Menulis kalimat
dengan menggunakan koma untuk memisahkan rupiah, persepuluh, dan se
·
Menulis kalimat
dengan menggunakan tanda seru
·
Menggunakan
kata depan di- dan ke-
|
|
|
|
4. Matematika
· Melakukan operasi hitung bilangan sampai
tiga angka
· Menggunakan pengukuran waktu, panjang
dan berat dalam memecahkan masalah
|
· Menentukan letak bilangan pada garis
bingan
· Melakukan perkalian yang hasilnya
bilangan tiga angka dan pembagian
bilangan tiga angka
· Melakukan operasi hitungan campuran
· Memilih alat ukur sesuai dengan
fungsinya (meteran, timbangan, atau jam)
· Mengenal hubungan antarsatuan waktu,
antarsatuan panjang, dan
antarsatuan berat
|
· Garis bilangan
· Penjumlahan dan pengurangan
· Perkalian dan pembagian
· Uang
· Alat ukur
· Hubungan antar satuan waktu, panjang dan
berat
|
· menentukan pola pada garis bilangan
· mengubah bentuk perkalian menjadi
pembagian
· mengubah bentuk pembagian menjadi
perkalian
· membedakan bilangan ganjil dan genap
berdasarkan hasil atau tidaknya apabila dibagi dua
· menyebutkan jenis alat ukur sederhana
· memilih alat ukur yang sesuai dengan
benda yang diukur
· membaca
tanda waktu jam, setengah jam,
seperempat jam pada jarum jam
· membaca tanda waktu sampai lima menit
pada jarum jam
· menentukan hubungan antarsatuan waktu:
menit, jam, hari, minggu, bulan, dan
tahun; dan antarsatuan berat : kg, ons, gram
|
· Menentukan posisi pada garis bilangan
· Menentukan pola pada garis bilangan
· Mengubah bentuk perkalian menjadi
pembagian
· Mengubah bentuk pembagian menjadi
perkalian
· Membedakan bilangan ganjil dan genap
berdasarkan hasil atau tidaknya apabila dibagi dua
· Menyebutkan jenis alat ukur sederhana
· Memilih alat ukur yang sesuai dengan
benda yang diukur
· Membaca tanda waktu jam, setengah jam,
seperempat jam pada jarum jam
· Membaca tanda waktu sampai lima menit pada jarum
jam
· Menentukan hubungan antarsatuan waktu:
menit, jam, hari, minggu, bulan, dan tahun; dan antarsatuan berat : kg, ons,
gram
|
|
|
|
5. IPA :
·
Memahami
ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi
perubahan pada makhluk hidup
·
Memahami
kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga
kesehatan lingkungan
·
Memahami
sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
·
Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
· Menjelaskan cara
menjaga kesehatan lingkungan sekitar
· Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan
pengamatan meliputi benda padat,
cair, dan gas
|
·
Ciri-ciri dan
kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
·
Perubahan
pada makhluk hidup
· Sifat-sifat benda
|
· mempraktekkan cara memelihara tanaman
· membuat kliping yang menunjukkan
lingkungan sehat dan tidak sehat
· mengidentifikasi sifat-sifat khusus
benda padat
· mengidentifikasi sifat-sifat khusus
benda cair
· mengidentifikasi
sifat-sifat khusus benda gas
|
· Mempraktekkan cara memelihara tanaman
· Membuat kliping yang menunjukkan
lingkungan sehat dan tidak sehat
· Mengidentifikasi sifat-sifat khusus
benda padat
· Mengidentifikasi sifat-sifat khusus
benda cair
· Mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda
gas
|
|
|
|
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1
TEMA: TEMPAT UMUM
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
1. PKN :
·
Mengamalkan
makna Sumpah Pemuda
|
·
Mengenal makna
Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa
·
Mengamalkan
nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Makna satu
nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
|
·
menyebutkan
waktu dan tempat pertama kali Sumpah
Pemuda dibacakan
·
Menyebutkan
tempat-tempat yang digunakan untuk
kegiatan kepemudaan
|
·
Menyebutkan
waktu dan tempat pertama kali Sumpah Pemuda dibacakan
·
Menyebutkan
tempat-tempat yang digunakan untuk kegiatan kepemudaan
|
Tertulis :
uraian
Pengamatan/perbuatan
|
2 minggu
|
·
Gambar
·
Buku yang
relevan
|
2. IPS :
·
Memahami
lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
|
·
Menceritakan
lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah
·
Melakukan kerja
sama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/ desa
|
·
Kerja sama di
lingkungan rumah
|
·
Menyebutkan
tempat kenampakan alam
·
Siswa dapt
Menyebutkan tempat kenampakan buatan
·
Mendata jumlah
penduduk, kematian dan kelahiran di
kelurahan Balonggede
|
·
Menyebutkan
tempat kenampakan alam
·
Menyebutkan
tempat kenampakan buatan
·
Mendata jumlah
penduduk, kematian dan kelahiran di kelurahan Balonggede
|
|
|
|
3. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
·
Memahami
penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
Berbicara
·
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/ saran
|
·
Mengomentari
tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
·
- Menceritakan pengalaman yang mengesankan
dengan menggunakan
·
kalimat yang runtut dan mudah dipahami
|
·
Melakukan
sesuatu berdasarkan penjelasan.
·
Mengomentari
tokoh-tokoh cerita anak.
·
Menceritakan
pengalaman yang mengesankan.
·
Memberikan
tanggapan dan saran sederhana.
·
Menjelaskan isi
teks
|
·
menyebutkan
tokoh-tokoh dalam drama
·
menuliskan
nama-nama tokoh dalam drama
·
menjelaskan
makna simbol
·
menjelaskan
urutan kegiatan lomba melalui gambar
|
·
Menyebutkan
tokoh-tokoh dalam drama
·
Menuliskan
nama-nama tokoh dalam drama
·
Menjelaskan
makna simbol
·
Menjelaskan
urutan kegiatan lomba melalui gambar
|
|
|
|
4. Matematika
· Menggunakan pengukuran waktu, panjang
dan berat dalam memecahkan masalah
|
· Melakukan penjumlahan dan
pengurangan tiga angka
· Melakukan operasi hitungan campuran
|
· Garis bilangan
· Penjumlahan dan pengurangan
· Perkalian dan pembagian
· Uang
· Alat ukur
· Hubungan antar satuan waktu, panjang dan
berat
|
· mencatat
jumlah siswa kelas 1 sampai dengan
kelas 6 pada lembar tugas secara
berkelompok
· Siswa dapar menggunakan sifat operasi
hitung pertukaran dan sifat
pengelompokan untuk mempermudah perhitungan perkalian dan pembagian
· memecahkan masalah yang melibatkan
perkalian dan pembagian
|
·
Mencatat jumlah siswa kelas 1 sampai dengan
kelas 6 pada lembar tugas secara berkelompok
·
Menggunakan sifat operasi hitung pertukaran
dan sifat pengelompokan untuk mempermudah perhitungan perkalian dan pembagian
·
Memecahkan masalah yang melibatkan perkalian
dan pembagian
|
|
|
|
5. IPA :
·
Memahami
kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga
kesehatan lingkungan
·
Memahami
sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
· Menjelaskan cara
menjaga kesehatan lingkungan sekitar
· Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan
pengamatan meliputi benda padat,
cair, dan gas
· Menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, dan kertas
|
·
Ciri-ciri dan
kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
·
Perubahan
pada makhluk hidup
· Sifat-sifat benda
|
· memberi contoh benda padat
· menuliskan contoh benda cair
· menyebutkan contoh
benda gas
· mengidentifikasi
benda-benda di lingkungan sekolah
· menyebutkan benda-benda
yang terbuat dari plastik dan
kegunaannya
· menyebutkan benda-benda
yang terbuat dari kayu dan kegunaannya
· menyebutkan benda-benda
yang terbuat dari kertas dan
kegunaannya
|
· Melakukan kegiatan untuk memelihara
kesehatan lingkungan sekolah
· Mengklasifikasi benda-benda di
lingkungan sekolah
· Memberi contoh benda padat
· Menuliskan contoh benda cair
· Menyebutkan contoh benda gas
· Mengidentifikasi benda-benda di
lingkungan sekolah
· Menyebutkan benda-benda yang terbuat
dari plastik dan kegunaannya
· Menyebutkan benda-benda yang terbuat
dari kayu dan kegunaannya
· Menyebutkan benda-benda yang terbuat
dari kertas dan kegunaannya
|
|
|
|
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1
TEMA: HIBURAN
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
1. PKN :
·
Mengamalkan
makna Sumpah Pemuda
|
·
Mengenal makna
Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa
·
Mengamalkan
nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Makna satu
nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
|
·
menulis isi
teks Sumpah Pemuda
·
menyanyikan
lagu Satu Nusa Satu Bangsa
·
mendiskusikan
cara kita mengamalkan satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
|
·
Menulis isi
teks Sumpah Pemuda
·
Menyanyikan
lagu Satu Nusa Satu Bangsa
·
Mendiskusikan
cara kita mengamalkan satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
|
Tertulis :
uraian
Pengamatan/perbuatan
|
2 minggu
|
·
Gambar
·
Buku yang
relevan
|
2. IPS :
·
Memahami
lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
|
·
Membuat denah
dan peta lingkungan rumah dan sekolah
|
·
Kerja sama di
lingkungan rumah
|
·
menjelaskan
manfaat denah dalam kehidupan sehari-hari
·
membuat denah
SD Assalaam dilengkapi dengan rencana penghijauan
·
Siswa dapat membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata angin
·
membaca denah
rumah siswa dan SD Assalaam
·
membuat peta
dari rumah siswa ke SD Assalaam
·
membaca peta
dari rumah siswa ke SD Assalaam
|
·
Menjelaskan
manfaat denah dalam kehidupan sehari-hari
·
Membuat denah
SD Assalaam dilengkapi dengan rencana penghijauan
·
Membuat denah
rumah siswa dengan menentukan arah mata
angin
·
Membaca denah
rumah siswa dan SD Assalaam
·
Membuat peta
dari rumah siswa ke SD Assalaam
·
Membaca peta
dari rumah siswa ke SD Assalaam
|
|
|
|
3. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
·
Memahami
penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
Berbicara
·
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/ saran
Membaca
·
Memahami teks
dengan membaca nyaring, membaca intensif dan membaca dongeng
Menulis
·
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi
|
·
Melakukan
sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
·
Mengomentari
tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
·
Menceritakan
pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
·
Menjelaskan
urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah
dipahami
·
Membaca nyaring
teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat
·
Menceritakan
isi dongeng yang dibaca
·
Menyusun
paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan
·
Melengkapi
puisi anak berdasarkan gambar
|
·
Melakukan
sesuatu berdasarkan penjelasan.
·
Mengomentari
tokoh-tokoh cerita anak.
·
Menceritakan
pengalaman yang mengesankan.
·
Memberikan
tanggapan dan saran sederhana.
·
Menjelaskan isi
teks
|
·
mendengarkan
petunjuk melakukan permainan
·
mencatat
petunjuk tentang permainan
·
menceritakan
pengalaman pribadi yang menyenangkan
·
menjelaskan
urutan cara melakukan suatu
permainan
·
membaca puisi
dengan penghayatan
·
menyebutkan
nama dan sifat tokoh dari dongeng yang
dibaca
·
menceritakan
kembali isi dongeng dengan kata-kata sendiri
·
memberi saran
tentang sifat tokoh dari dongeng
yang dibacanya
·
melengkapi
kalimat dengan kata yang tepat
·
menulis puisi
karangan sendiri
·
melengkapi
kalimat berdasarkan gambar dalam puisi
|
·
Mendengarkan
petunjuk melakukan permainan
·
Mencatat
petunjuk tentang permainan
·
Menceritakan
pengalaman pribadi yang menyenangkan
·
Menjelaskan
urutan cara melakukan suatu permainan
·
Membaca puisi
dengan penghayatan
·
Menyebutkan
nama dan sifat tokoh dari dongeng yang dibaca
·
Menceritakan
kembali isi dongeng dengan kata-kata sendiri
·
Memberi saran
tentang sifat tokoh dari dongeng yang
dibacanya
·
Melengkapi
kalimat dengan kata yang tepat
·
Menulis puisi
karangan sendiri
·
Melengkapi
kalimat berdasarkan gambar dalam puisi
|
|
|
|
4. Matematika
· Melakukan operasi hitung bilangan sampai
tiga angka
|
· Menentukan letak bilangan pada garis
bilangan
· Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan
tiga angka dan pembagian bilangan
tiga angka
· Melakukan operasi hitung campuran
|
· Garis bilangan
· Penjumlahan dan pengurangan
· Perkalian dan pembagian
· Uang
· Alat ukur
· Hubungan antar satuan waktu, panjang dan
berat
|
· membilang secara urut
· membandingkan dua buah bilangan dengan simbol <,
>, dan =
· mengingat perkalian dan pembagian sampai
dengan seratus
· membuat tabel 10 x 10
· menghitung perkalian dan pembagian oleh
2 dan 10 secara cepat
|
· Membilang secara urut
· Membandingkan dua buah bilangan dengan
simbol <, >, dan =
· Mengingat perkalian dan pembagian sampai
dengan seratus
· Membuat tabel 10 x 10
· Menghitung perkalian dan pembagian oleh
2 dan 10 secara cepat
|
|
|
|
5. IPA :
· Memahami ciri-ciri dan
kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada
makhluk hidup
· Memahami kondisi
lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan
lingkungan
· Memahami sifat-sifat,
perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
|
· Menggolongkan makhluk
hidup secara sederhana
· Membedakan ciri-ciri
lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
· Mendeskripsikan
perubahan sifat benda (ukuran, bentuk, warna, atau rasa) yang dapat diamati akibat dari
pembakaran, pemanasan dan
diletakkan di udara terbuka
|
· Ciri-ciri dan kebutuhan
makhluk hidup dan tak hidup.
· Perubahan pada makhluk hidup
· Sifat-sifat benda
|
· menggolongkan tumbuhan
berdasarkan bunganya
· membedakan kondisi
lingkungan sehat dan tidak sehat melalui gambar
· mendemonstrasikan
adanya perubahan sifat pada benda akibat pembakaran, pemanasan dan
diletakkan di tempat terbuka
· membandingkan benda
sebelum dan sesudah mengalami
pembakaran, pemanasan, dan diletakkan di tempat terbuka
|
· Menggolongkan tumbuhan
berdasarkan bunganya
· Membedakan kondisi
lingkungan sehat dan tidak sehat melalui gambar
· Mendemonstrasikan
adanya perubahan sifat pada benda akibat pembakaran, pemanasan dan diletakkan
di tempat terbuka
· Membandingkan benda
sebelum dan sesudah mengalami pembakaran, pemanasan, dan diletakkan di tempat
terbuka
|
|
|
|
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1
TEMA: KESEHATAN
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
1. PKN :
·
Mengamalkan
makna Sumpah Pemuda
|
·
Mengamalkan
nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Makna satu
nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
|
·
menyebutkan
kegiatan pramuka yang berupaya
menggalang persatuan dan kesatuan
|
·
Menyebutkan
kegiatan pramuka yang berupaya menggalang persatuan dan kesatuan
|
Tertulis :
uraian
Pengamatan/perbuatan
|
2 minggu
|
·
Gambar
·
Buku yang
relevan
|
2. IPS :
·
Memahami
lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
|
·
Memelihara
lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
|
·
Kerja sama di
lingkungan rumah
|
·
melakukan
perawatan lingkungan sekitar rumah
|
·
Melakukan
perawatan lingkungan sekitar rumah
|
|
|
|
3. Bahasa Indonesia
·
Mendengarkan
·
Memahami
penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
·
Berbicara
·
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/ saran
|
·
Melakukan
sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
·
Mengomentari
tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan
secara lisan
·
Memberikan
tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu
masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat
·
Menyusun
paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan
|
·
Melakukan
sesuatu berdasarkan penjelasan.
·
Mengomentari
tokoh-tokoh cerita anak.
·
Menceritakan
pengalaman yang mengesankan.
·
Memberikan
tanggapan dan saran sederhana.
·
Menjelaskan isi
teks
|
·
mendengarkan
petunjuk melakukan sesuatu tentang kebersihan
·
menceritakan
kembali cerita yang didengar
·
memberikan
tanggapan dan alasan dari cerita yang dibacanya
·
membuat kalimat
sesuai dengan gambar
·
menyusun
karangan berdasarkan gambar
·
mengurutkan
gambar seri menjadi sebuah paragraf
|
·
Mendengarkan
petunjuk melakukan sesuatu tentang
kebersihan
·
Menceritakan
kembali cerita yang didengar
·
Memberikan
tanggapan dan alasan dari cerita yang dibacanya
·
Membuat kalimat
sesuai dengan gambar
·
Menyusun
karangan berdasarkan gambar
·
Mengurutkan
gambar seri menjadi sebuah paragraph
|
|
|
|
4. Matematika
· Menggunakan
pengukuran waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah
|
· Menggunakan
alat ukur dalam pemecahan masalah
|
· Garis bilangan
· Penjumlahan dan pengurangan
· Perkalian dan pembagian
· Uang
· Alat ukur
· Hubungan antar satuan waktu, panjang dan
berat
|
· menggunakan meteran kain, meteran
saku, penggaris untuk mengukur
tinggi badan
· menggunakan timbangan atau neraca untuk
menimbang berat badan
|
· Menggunakan meteran kain, meteran saku,
penggaris untuk mengukur tinggi badan
· Menggunakan timbangan atau neraca untuk
menimbang berat badan
|
|
|
|
· 5. IPA :
· Memahami ciri-ciri dan
kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada
makhluk hidup
· Memahami kondisi
lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan
lingkungan
·
|
· Menggolongkan makhluk
hidup secara sederhana
· Mendeskripsikan
perubahan yang terjadi pada makhluk hidup
dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan,
rekreasi, istirahat dan olah raga).
· Mendeskripsikan kondisi
lingkungan yang berpengaruh
terhadap kesehatan
|
· Ciri-ciri dan kebutuhan
makhluk hidup dan tak hidup.
· Perubahan pada makhluk hidup
· Sifat-sifat benda
|
· menggolongkan hewan
berdasarkan penutup tubuhnya
· menggolongkan hewan
berdasarkan cara bergeraknya
· menggolongkan hewan berdasarkan
cara berkembang biaknya
· menggolongkan hewan
berdasarkan cara bernafasnya
· menyebutkan
faktor-faktor yang mempengaruhi
pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia
· menjelaskan pentingnya
makanan bergizi seimbang untuk pertumbuhan
· menjelaskan pengaruh
bahan makanan tambahan (zat aditif)
terhadap tubuh
· menjelaskan hubungan
rekreasi, olah raga, istirahat dan
kesehatan
· menyebutkan macam-macam
pencemaran lingkungan
· mengidentifikasi
penyebab pencemaran tanah
· mengidentifikasi
penyebab pencemaran air
· mengidentifikasi
penyebab pencemaran udara
· menyebutkan akibat
pencemaran lingkungan terhadap kesehatan
|
· Menggolongkan hewan
berdasarkan tempat hidupnya
· Menggolongkan hewan
berdasarkan jenis makanannya
· Menggolongkan hewan
berdasarkan penutup tubuhnya
· Menggolongkan hewan
berdasarkan cara bergeraknya
· Menggolongkan hewan
berdasarkan cara berkembang biaknya
· Menggolongkan hewan
berdasarkan cara bernafasnya
· Menyebutkan
faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia
· Menjelaskan pentingnya
makanan bergizi seimbang untuk pertumbuhan
· Menjelaskan pengaruh
bahan makanan tambahan (zan aditif) terhadap tubuh
· Menjelaskan hubungan
rekreasi, olah raga, istirahat dan kesehatan
· Menyebutkan macam-macam
pencemaran lingkungan
· Mengidentifikasi penyebab
pencemaran tanah
· Mengidentifikasi
penyebab pencemaran air
· Mengidentifikasi
penyebab pencemaran udara
· Menyebutkan akibat
pencemaran lingkungan terhadap kesehatan
|
|
|
|
Mengetahui, Guru Kelas
Kepala
Sekolah
ARI ADI ST
PRAYITNO, S.Pd
NIP : 19570303 197701
1 001 NIP.
Subscribe to:
Posts (Atom)