KISI-‐KISI
UJI
KOMPETENSI
GURU
JENJANG
:
SEKOLAH
DASAR
No
Kompetensi
Sub
Kompetensi
Indikator
Esensial
1
Menguasai
substansi
dan
metodologi
dasar
keilmuan
bahasa
Indonesia
yang
mendukung
pembelajaran
bahasa
Indonesia
SD/MI.
1.1
Memilih,
menata,
dan
merepresentasi
materi
ajar
bahasa
Indonesia
SD
berdasarkan
pemahaman
tentang
bagaimana
siswa
belajar
bahasa
Indonesia
1.1.1
Menganalisis
karakteristik
perkembangan
bahasa
anak
usia
SD
1.1.2
Memilih
materi
ajar
aspek
membaca
di
kelas
rendah
SD.
1.1.3
Memilih
materi
ajar
aspek
menulis
di
kelas
tinggi
SD.
1.2
Merencanakan,
melaksanakan,
mengorganisasi,
dan
mengevaluasi
pembelajaran
bahasa
Indonesia
di
SD.
1.2.1
Memilih
berbagai
metode
pembelajaran
menulis
permulaan
yang
dapat
mengembangkan
kemampuan
dan
kegemaran
menulis
siswa.
1.2.2
Merancang
berbagai
kegiatan
menulis
di
kelas
tinggi
yang
dapat
meningkatkan
kemampuan
menulis
dan
berpikir
siswa.
GRINDER COMMUNITY, SHARING INFO MUSIC, EVENT INFO, METAL BAND PROMOS, REVIEWS, FLYERS GIGS, BAND MERCHANDISE, BAND LOGGO ORDER, ETC Channel Youtube: https://www.youtube.com/channel/UCTt-S9OYoKcCwZHfZGbZ4zQ?sub_confirmation=1 MENERIMA JASA PEMBUATAN LOGGO BAND
My Blog List
Sunday, July 29, 2012
Tuesday, July 24, 2012
Setting GPRS di hp berbagai kartu GSM
1. Aktifkan layanan GPRS/WAP atau 3G utk koneksi yg lebih cepat dan masukkan setting dg benar sesuai tipe hape masing2 spt langkah2 di postingan pertama di atas.
2. Install driver modem utk Hape/USB/PCMCIA 3G/3.5G di PC yg drivernya bisa didapat dr CD software atau di-download dr situs resmi handphone atau modem-nya (tergantung apakah koneksinya melalui kabel data USB/Bluetooth/infrared)
3. Create Dial Up Networking yg baru di PC/laptop dg parameter2 dibawah utk masing2 operator GSM
Utk Telkomsel berdasar data/volume based Rp.5/Kb buat dial up baru
- Phone number: *99***1# - username: wap - password: wap123 NOTE: ini ditujukan utk settingan GPRS di hape dg APN: telkomsel
Utk Telkomsel Flash buat dial up baru
- Phone number: *99***2# - username: wap - password: wap123
Lalu buat settingan WAP/GPRS di hape dg parameter
- APN: flash - username: wap - password: wap123
Utk XL berdasar data/volume buat dial up baru
- Phone number: *99# atau *99***1# cobain salah satu - user name: xlgprs - password: proxl
Utk IM3/Mentari utk dg Rp.100/menit buat dial up baru
- Phone number: *99***1# atau *99# cobain salah satu - username: indosat@durasi - password: indosat@durasi
Lalu buat settingan WAP/GPRS di hape dg parameter
- APN: indosatgprs - username: indosat@durasi - password: indosat@durasi
Utk Mentari dg volume based service Rp.1/Kb buat dial up baru
- Phone number: *99# atau *99***1# cobain salah satu - username: indosat - password: indosat
Utk IM3 dg volume based service Rp.1/Kb buat dial up baru
- Phone number: *99***1# - username: gprs - password: im3
Utk Indosat Matrix dg volume based buat dial up baru
- Phone number: *99***1# - username: [kosongkan] - password: [kosongkan]
Utk AXIS dg volume based buat dial up baru
- Phone number: *99***1# - username: AXIS - password: 123456
PENTING: Kalo nggak konek coba angka 1 di *99***1# bisa diganti dg angka lainnya sesuai dg urutan settingan GPRS yg terinstal di hape.
2. Install driver modem utk Hape/USB/PCMCIA 3G/3.5G di PC yg drivernya bisa didapat dr CD software atau di-download dr situs resmi handphone atau modem-nya (tergantung apakah koneksinya melalui kabel data USB/Bluetooth/infrared)
3. Create Dial Up Networking yg baru di PC/laptop dg parameter2 dibawah utk masing2 operator GSM
Utk Telkomsel berdasar data/volume based Rp.5/Kb buat dial up baru
- Phone number: *99***1# - username: wap - password: wap123 NOTE: ini ditujukan utk settingan GPRS di hape dg APN: telkomsel
Utk Telkomsel Flash buat dial up baru
- Phone number: *99***2# - username: wap - password: wap123
Lalu buat settingan WAP/GPRS di hape dg parameter
- APN: flash - username: wap - password: wap123
Utk XL berdasar data/volume buat dial up baru
- Phone number: *99# atau *99***1# cobain salah satu - user name: xlgprs - password: proxl
Utk IM3/Mentari utk dg Rp.100/menit buat dial up baru
- Phone number: *99***1# atau *99# cobain salah satu - username: indosat@durasi - password: indosat@durasi
Lalu buat settingan WAP/GPRS di hape dg parameter
- APN: indosatgprs - username: indosat@durasi - password: indosat@durasi
Utk Mentari dg volume based service Rp.1/Kb buat dial up baru
- Phone number: *99# atau *99***1# cobain salah satu - username: indosat - password: indosat
Utk IM3 dg volume based service Rp.1/Kb buat dial up baru
- Phone number: *99***1# - username: gprs - password: im3
Utk Indosat Matrix dg volume based buat dial up baru
- Phone number: *99***1# - username: [kosongkan] - password: [kosongkan]
Utk AXIS dg volume based buat dial up baru
- Phone number: *99***1# - username: AXIS - password: 123456
PENTING: Kalo nggak konek coba angka 1 di *99***1# bisa diganti dg angka lainnya sesuai dg urutan settingan GPRS yg terinstal di hape.
Rahasia Laki-laki Penghuni Surga
Rahasia Laki-laki Penghuni Surga
Salah satu amalan yang harus diamalkan umat Islam adalah menjauhi sifat iri hati, dengki dan hasad. Menjauhi sifat-sifat yang bagaikan virus itu, merupakan bagian dari sikap yang harus dilakukan umat Islam. Sebab hal itu bukan saja merugikan bagi yang menjadi sasaran dengki dan hasad, tetapi juga merugikan diri orang itu sendiri.
Ada kisah tentang tingkah laku seorang sahabat sahabat yang oleh Nabi Muhammad saw dijamin bakal menjadi penghuni surga yang kekal. Kisahnya demikian.
Rasulullah pada suatu ketika duduk bersama sahabat. Saat itu lewatlah sahabat lain. Sahabat itu tidak menonjol, biasa saja,. Tetapi kepada para sahabat yang lain, Nabi berkata tentang sahabat yang satu ini. “Dia adalah seorang lelaki calon penghuni surga,” kata beliau sambil menunjuk lelaki itu.
Mendengar itu, Abdullah bin Umar menjadi penasaran. Ia berupaya mengetahui rahasia kehidupan orang yang dipastikan oleh Nabi sebagai penghuni surga itu. “Apa amalan lelaki Anshar ini, dan apa pula kelebihannhya,” kata Abdulah dalam hati.
Untuk menyelidiki orang tersebut, Abdullah bin Umar pun meminta diperbolehkan tinggal selama beberapa hari di rumah sahabat yang dikatakan Nabi calon penghuni surga itu. “Jika tidak keberatan, aku ingin tinggal bersamamu untuk beberapa hari saja,” katanya. “Ada apa dengan kamu?”
“Aku baru saja bertengkar dengan ayahku. Dan aku bersumpah tidak ingin bertemu dengannya selam tiga hari ini,” kata Abdullah berbohong. “Boleh, silahkan kapan saja dan berapa lama pun bisa,” kata sahabat itu dengan ramah.
Selama tiga hari itu, diamatinya tingkah laku dan tindak tanduk sahabat itu dalam kehidupan sehari-harinya. Namun, setelah beberapa hari tinggal beberapa hari di rumah sahabat itu, Abdullah tidak menyaksikan kelebihan amalan atas sahabat itu. Ia menyaksikan kehidupan bakal penghuni surga itu biasa-biasa saja, amalan shalatnya pun biasa-biasa saja.
Saat hendak pamit, Abdullah terpaksa “membuka kartu” dan bertanya kepada tuan rumah bakal penghuni surga itu. “Saudaraku, sebenarnya aku tidak apa-apa dengan ayahku,” kata Abdullah. “Lalu ada apa kau tidur di rumahku?” tanya lelaki Anshar itu. “Beberapa hari yang lalu, ketika kami sedang berkumpul dengan Nabi di masjid, beliau mengatakan bahwa sebentar lagi akan ada orang Anshar calon penghuni surga masuk ke masjid itu. Dan laki-laki Anshar yang disebut-sebut Rasulullah itu adalah kamu.”
“Ah, benarkah begitu?” kata lelaki Anshar itu merendahkan diri. “Benar, Nabi berkata begitu. Cuma kini kami ingin tahu, apa sebenarnya amalan tuan sehingga Rasulullah memastikan tuan akan masuk surga?” tanya Abdullah.
“Oh, jadi selama ini kamu menyelidiki aku ya?”
“Ya,” katanya terus terang.
“Tak ada amalan khusus yang aku amalkan. Beginililah kehidupan saya sehari-hari sebagaimana yang anda saksikan sendiri beberapa hari di sini.” Kata sahabat Anshar itu. Mendengar jawaban itu, Abdullah semakin penasaran. “Tetapi masih ada sesuatu yang anda rahasiakan kepadaku.”
Pada akhirnya orang bakal penghuni surga itu juga ikut ”membuka kartu” dan mengungkapkan apa adanya. “Sesungguhnya yang aku amalkan dari ajaran Nabi adalah biasa saja. Aku berusaha sekuat tenaga tidak akan melakukan perbuatan yang merugikan sesama kaum Muslimin. Aku berusaha selalu berusaha membersihkan hatiku dengan tidak pernah memiliki sifat iri hati serta menaruh rasa dengki dan hasad kepada orang lain sepanjang hidupku. Apalagi hasad terhadap kenikmatan yang diterima orang lain.
“Hanya itu?” tanya Abdullah. “Ya,” jawabnya.
Mendengar pengakuan jujur lelaki itu, Abdullah bin Umar semakin takjub mendengarnya. Secara lahiriah, amalan lelaki Anshar itu tak terlalu istimewa. Tetai secara rohaniah, amalan itu sungguh luar biasa. Bukankah memang banyak orang yang mampu menunaikan shalat tetapi tak mampu menjaga hatinya dari rasairi, dengki, hasad dan prasangka buruk kepada orang lain.
“Subhanallah, rupanya inilah amalan utama yang telah menjadikan dirimu mendapat kemuliaan di surga,” kata Abdullah di dalam hati sambil berpamitan meninggalkan rumah lelaki itu.
Begitulah rahasia yang ditemukan Abdullah bin Umar pada sahabat itu, sehingga ia mendapat jaminan Rasulullah akan menjadi penghuni surga. Kuncinya tidak iri hati, hasad, dan dengki kepada orang lain.
Amalan shalat sebanyak apapun tidak akan berguna jika di dalam hati orang itu masih terdapat sifat dengki dan iri hati. Orang yang terpuji di sisi Allah adalah orang yang menjalankan shalat dengan ikhlas dan menjauhi sifat dengki dan hasad seperti sahabat itu.**
Wednesday, June 27, 2012
the gombal words
Sunday, May 27, 2012 at 9:00 AM |
Beberapa orang di twitter mengenal saya ( @ariaditwetter ) sebagai penggombal. Jadi, mengapa tidak saya posting saja di sini?
Urgent! Dibutuhkan kamu sekarang, buat ngobatin rindu
Aku banyak diam, soalnya mulutku tersumpal rindu
Pas aku liat mata kamu, kadang aku lupa masih butuh matahari.
Kesamaan baju itu bukan fiktif, kesamaan perasaan itu tentu aku dan kamu.
Banyak kemiripan dibilang jodoh, kalo aku cukup satu aja kesamaan sama kamu: sama-sama saling mencintai.
Biarin orang-orang itu mabuk miras, akunya udah cukup mabuk cintamu.
Udah berapa kali kamu nge-PING hatiku?
Kau tanya aku sedang apa dan dimana, ku jawab sedang mencintaimu dan di hatimu
Cemplungin aku ke hatimu, maka aku bakal berenang buat menggapai cintamu
Ga cuma badanku doang yang gede, cintaku ke kamu juga gede. Imbang, kan?
Solo hujan. Ponorogo hujan. Hatimu juga, terhujani cintaku.
Kok mataharinya berseri-seri, apa dia juga habis jatuh cinta?
Pawang hujan mungkin bisa nahan jatuhnya air dari langit, tapi aku ga bisa nahan jatuh hatiku ke kamu.
Ramalan boleh saja meleset, tapi lamaran kamu tetep tertujunya ke aku.
"Boleh minta airnya?" | "Buat apa?" | "Buat nyiram bunga-bunga di hatiku."
"Kok kayaknya aku pernah ketemu kamu deh" | "Masa? Dimana?"| "Di masa depanku"
Tidur sendirian rasanya ganjil. Bisa digenapkan pake cintamu?
Bohong kalo cuma butuh 2rb perak buat parkir di hatimu. Jauh lebih mahal.
Kurang tidur sih iya, tapi cinta buat kamu tetep lebih..
Madrid ga lolos final itu gapapa, yg penting kamu tetep lolos jadi pendamping hidupku..
Sinyal Blackberry boleh GSM melulu, yg penting sinyal cinta tetep 3G
Kok panas banget sih hawanya. Kayaknya aku butuh yg seger2 deh, contohnya senyum kamu.
Bangun sih udah dari tadi pagi. Bangun cinta sama kamu aja yg belum
Aku ga mau gembok akun, maunya cuma gembokin hatimu
Aku terjebak. Tolong aku. Keluarkan aku dari hatimu.
Kalo aku ga ada di kos, itu aku lagi otw ke hatimu..
Kalo aku ga ada di kos, jangan-jangan masih nyangkut di hatimu.
Tau ga sih kenapa aku suka ngantuk? Soalnya selalu pengen ketemu kamu di mimpi
Sesungguhnya serangan tomcat itu ga seberapanya dibandingkan serangan rinduku ke kamu..
Aku ceroboh sih, asal masuk aja ke hatimu. Eh, kok aku kerasan
Pas aku jalan, tiba-tiba kejeduk di hatimu. Kok ga sakit ya?
Malem aja udah larut, kok cakepnya kamu ga luntur-luntur sih?
Kamu jangan kangen aku terus-terusan, nanti bulu mataku habis..
Aku sih ga masalah semaleman tidur di kasur setipis ini, soalnya rinduku masih cukup tebal
Hidup itu pilihan. Kamu pilih aku atau aku.
Mau dong maen tembak-tembakan. Ya siapa tau..kalo ga mati ya jadian :D
Mbaknya calon dokter ya? | Bukan, aku calon ibu dari anak²mu | ....
Ketiduran, bangun² udah nangkring di hatimu.
SURAT BAYI ABORSI UNTUK IBUNYA
(Wajib Baca untuk semua Warga Facebook)
Teruntuk Bundaku tersayang...
Dear Bunda... Bagaimana kabar
bunda hari ini?
Smoga bunda baik-baik
saja...nanda juga di sini baik-baik
saja bunda... Allah sayang banget deh sama nanda. Allah juga yang
menyuruh nanda menulis surat ini
untuk bunda, sebagai bukti cinta
nanda sama bunda.... Bunda, ingin
sekali nanda
menyapa perempuan yang telah merelakan rahimnya untuk nanda
diami walaupun hanya sesaat...
Bunda, sebenarnya nanda ingin
lebih lama nebeng di rahim bunda,
ruang yang kata Allah paling
kokoh dan paling aman di dunia ini, tapi rupanya bunda tidak
menginginkan kehadiran nanda,
jadi sebagai anak yang baik,
nanda pun rela menukarkan
kehidupan nanda demi
kebahagiaan bunda. Walaupun dulu, waktu bunda meluruhkan
nanda, sakit banget
bunda....badan nanda rasanya
seperti tercabik-cabik... dan
keluar sebagai gumpalan darah
yang menjijikan apalagi hati nanda, nyeri, merasa seperti aib
yang tidak dihargai dan tidak
diinginkan. Tapi nanda tidak
kecewa kok
bunda... karena dengan begitu,
bunda telah mengantarkan nanda untuk bertemu dan dijaga oleh
Allah bahkan nanda dirawat
dengan penuh kasih sayang di
dalam syurga Nya. Bunda, nanda
mau cerita, dulu
nanda pernah menangis dan bertanya kepada Allah, mengapa
bunda meluruhkan nanda saat
nanda masih berupa wujud yang
belum sempurna dan membiarkan
nanda sendirian di sini? Apa
bunda tidak sayang sama nanda? Bunda tidak ingin mencium nanda?
Atau jangan-jangan karena nanti
nanda rewel dan suka mengompol
sembarangan? Lalu Allah bilang,
bunda kamu malu sayang...
kenapa bunda malu? karena dia takut kamu dilahirkan sebagai
anak haram... anak haram itu apa
ya Allah? Anak haram itu anak
yang dilahirkan tanpa ayah...
Nanda bingung dan bertanya lagi
sama Allah, ya Allah, bukannya setiap anak itu pasti punya ayah
dan ibu? Kecuali nabi Adam dan
Isa? Allah yang Maha Tahu
menjawab bahwa bunda dan ayah
memproses nanda bukan dalam
ikatan pernikahan yang syah dan Allah Ridhoi. Nanda semakin
bingung dan
akhirnya nanda putuskan untuk
diam. Bunda, nanda malu terus-
terusan
nanya sama Allah, walaupun Dia selalu menjawab semua
pertanyaan nanda tapi nanda
mau nanyanya sama bunda aja,
pernikahan itu apa sih? Kenapa
bunda tidak menikah saja dengan
ayah? Kenapa bunda membuat nanda jadi anak haram dan
mengapa bunda mengusir nanda
dari rahim bunda dan tidak
memberi kesempatan nanda hidup
di dunia dan berbakti kepada
bunda? Hehe,,,maaf ya bunda, nanda bawel banget... nanti saja,
nanda tanyakan bunda kalau kita
ketemu. Oh ya Bunda, suatu hari
malaikat
pernah mengajak jalan-jalan
nanda ke tempat yang katanya bernama neraka. Tempat itu
sangat menyeramkan dan sangat
jauh berbeda dengan tempat
tinggal nanda di syurga. Di situ
banyak orang yang dibakar pake
api lho bunda...minumnya juga pake nanah dan makannya buah-
buahan aneh, banyak
durinya...yang paling parah, ada
perempuan yang ditusuk dan
dibakar kaya sate gitu, serem
banget deh bunda. Lagi ngeri- ngerinya, tiba-tiba malaikat bilang
sama nanda, “Nak, kalau bunda
dan ayahmu
tidak bertaubat kelak di situlah
tempatnya...di situlah orang yang
berzina akan tinggal dan disiksa selamanya.” Seketika itu nanda
menangis dan
berteriak-teriak memohon agar
bunda dan ayah jangan
dimasukkan ke situ.... nanda
sayang bunda... nanda kangen dan ingin bertemu bunda... nanda
ingin merasakan lembutnya
belaian tangan bunda dan nanda
ingin kita tinggal bersama di
syurga... nanda takut, bunda dan
ayah kesakitan seperti orang- orang itu... Lalu, dengan lembut
malaikat
berkata... nak,kata Allah kalau
kamu sayang, mau bertemu dan
ingin ayah bundamu tinggal di
syurga bersamamu, tulislah surat untuk mereka... sampaikan berita
baik bahwa kamu tinggal di
syurga dan ingin mereka ikut,
ajaklah mereka bertaubat dan
sampaikan juga kabar buruk,
bahwa jika mereka tidak bertaubat mereka akan disiksa di
neraka seperti orang-orang itu.
Saat mendengar itu, segera saja
nanda menulis surat ini untuk
bunda, menurut nanda Allah itu
baik banget bunda.... Allah akan memaafkan semua
kesalahan makhluk Nya asal
mereka mau bertaubat nasuha...
bunda taubat ya? Ajak ayah
juga, nanti biar kita bisa kumpul
bareng di sini... nanti nanda jemput bunda dan ayah di padang
Mahsyar deh... nanda janji mau
bawain minuman dan payung buat
ayah dan bunda, soalnya kata
Allah di sana panas banget
bunda... antriannya juga panjang, semua orang sejak jaman nabi
Adam kumpul disitu... tapi bunda
jangan khawatir, Allah janji,
walaupun rame kalo bunda dan
ayah benar-benar bertaubat dan
jadi orang yang baik, pasti nanda bisa ketemu kalian. Bunda, kasih
kesempatan buat
nanda ya.... biar nanda bisa
merasakan nikmatnya bertemu
dan berbakti kepada orang tua,
nanda juga mohon banget sama bunda...jangan sampai adik-adik
nanda mengalami nasib yang sama
dengan nanda, biarlah nanda saja
yang merasakan sakitnya
ketersia-siaan itu Tolong ya
bunda, kasih adik-adik kesempatan untuk hidup di dunia
menemani dan merawat bunda
saat bunda tua kelak. Sudah dulu
ya bunda... nanda mau main-main
dulu di syurga.... nanda tunggu
kedatangan ayah dan bunda di sini... nanda sayang banget sama
bunda....muach ! Muach!!!
(Wajib Baca untuk semua Warga Facebook)
Teruntuk Bundaku tersayang...
Dear Bunda... Bagaimana kabar
bunda hari ini?
Smoga bunda baik-baik
saja...nanda juga di sini baik-baik
saja bunda... Allah sayang banget deh sama nanda. Allah juga yang
menyuruh nanda menulis surat ini
untuk bunda, sebagai bukti cinta
nanda sama bunda.... Bunda, ingin
sekali nanda
menyapa perempuan yang telah merelakan rahimnya untuk nanda
diami walaupun hanya sesaat...
Bunda, sebenarnya nanda ingin
lebih lama nebeng di rahim bunda,
ruang yang kata Allah paling
kokoh dan paling aman di dunia ini, tapi rupanya bunda tidak
menginginkan kehadiran nanda,
jadi sebagai anak yang baik,
nanda pun rela menukarkan
kehidupan nanda demi
kebahagiaan bunda. Walaupun dulu, waktu bunda meluruhkan
nanda, sakit banget
bunda....badan nanda rasanya
seperti tercabik-cabik... dan
keluar sebagai gumpalan darah
yang menjijikan apalagi hati nanda, nyeri, merasa seperti aib
yang tidak dihargai dan tidak
diinginkan. Tapi nanda tidak
kecewa kok
bunda... karena dengan begitu,
bunda telah mengantarkan nanda untuk bertemu dan dijaga oleh
Allah bahkan nanda dirawat
dengan penuh kasih sayang di
dalam syurga Nya. Bunda, nanda
mau cerita, dulu
nanda pernah menangis dan bertanya kepada Allah, mengapa
bunda meluruhkan nanda saat
nanda masih berupa wujud yang
belum sempurna dan membiarkan
nanda sendirian di sini? Apa
bunda tidak sayang sama nanda? Bunda tidak ingin mencium nanda?
Atau jangan-jangan karena nanti
nanda rewel dan suka mengompol
sembarangan? Lalu Allah bilang,
bunda kamu malu sayang...
kenapa bunda malu? karena dia takut kamu dilahirkan sebagai
anak haram... anak haram itu apa
ya Allah? Anak haram itu anak
yang dilahirkan tanpa ayah...
Nanda bingung dan bertanya lagi
sama Allah, ya Allah, bukannya setiap anak itu pasti punya ayah
dan ibu? Kecuali nabi Adam dan
Isa? Allah yang Maha Tahu
menjawab bahwa bunda dan ayah
memproses nanda bukan dalam
ikatan pernikahan yang syah dan Allah Ridhoi. Nanda semakin
bingung dan
akhirnya nanda putuskan untuk
diam. Bunda, nanda malu terus-
terusan
nanya sama Allah, walaupun Dia selalu menjawab semua
pertanyaan nanda tapi nanda
mau nanyanya sama bunda aja,
pernikahan itu apa sih? Kenapa
bunda tidak menikah saja dengan
ayah? Kenapa bunda membuat nanda jadi anak haram dan
mengapa bunda mengusir nanda
dari rahim bunda dan tidak
memberi kesempatan nanda hidup
di dunia dan berbakti kepada
bunda? Hehe,,,maaf ya bunda, nanda bawel banget... nanti saja,
nanda tanyakan bunda kalau kita
ketemu. Oh ya Bunda, suatu hari
malaikat
pernah mengajak jalan-jalan
nanda ke tempat yang katanya bernama neraka. Tempat itu
sangat menyeramkan dan sangat
jauh berbeda dengan tempat
tinggal nanda di syurga. Di situ
banyak orang yang dibakar pake
api lho bunda...minumnya juga pake nanah dan makannya buah-
buahan aneh, banyak
durinya...yang paling parah, ada
perempuan yang ditusuk dan
dibakar kaya sate gitu, serem
banget deh bunda. Lagi ngeri- ngerinya, tiba-tiba malaikat bilang
sama nanda, “Nak, kalau bunda
dan ayahmu
tidak bertaubat kelak di situlah
tempatnya...di situlah orang yang
berzina akan tinggal dan disiksa selamanya.” Seketika itu nanda
menangis dan
berteriak-teriak memohon agar
bunda dan ayah jangan
dimasukkan ke situ.... nanda
sayang bunda... nanda kangen dan ingin bertemu bunda... nanda
ingin merasakan lembutnya
belaian tangan bunda dan nanda
ingin kita tinggal bersama di
syurga... nanda takut, bunda dan
ayah kesakitan seperti orang- orang itu... Lalu, dengan lembut
malaikat
berkata... nak,kata Allah kalau
kamu sayang, mau bertemu dan
ingin ayah bundamu tinggal di
syurga bersamamu, tulislah surat untuk mereka... sampaikan berita
baik bahwa kamu tinggal di
syurga dan ingin mereka ikut,
ajaklah mereka bertaubat dan
sampaikan juga kabar buruk,
bahwa jika mereka tidak bertaubat mereka akan disiksa di
neraka seperti orang-orang itu.
Saat mendengar itu, segera saja
nanda menulis surat ini untuk
bunda, menurut nanda Allah itu
baik banget bunda.... Allah akan memaafkan semua
kesalahan makhluk Nya asal
mereka mau bertaubat nasuha...
bunda taubat ya? Ajak ayah
juga, nanti biar kita bisa kumpul
bareng di sini... nanti nanda jemput bunda dan ayah di padang
Mahsyar deh... nanda janji mau
bawain minuman dan payung buat
ayah dan bunda, soalnya kata
Allah di sana panas banget
bunda... antriannya juga panjang, semua orang sejak jaman nabi
Adam kumpul disitu... tapi bunda
jangan khawatir, Allah janji,
walaupun rame kalo bunda dan
ayah benar-benar bertaubat dan
jadi orang yang baik, pasti nanda bisa ketemu kalian. Bunda, kasih
kesempatan buat
nanda ya.... biar nanda bisa
merasakan nikmatnya bertemu
dan berbakti kepada orang tua,
nanda juga mohon banget sama bunda...jangan sampai adik-adik
nanda mengalami nasib yang sama
dengan nanda, biarlah nanda saja
yang merasakan sakitnya
ketersia-siaan itu Tolong ya
bunda, kasih adik-adik kesempatan untuk hidup di dunia
menemani dan merawat bunda
saat bunda tua kelak. Sudah dulu
ya bunda... nanda mau main-main
dulu di syurga.... nanda tunggu
kedatangan ayah dan bunda di sini... nanda sayang banget sama
bunda....muach ! Muach!!!
Wednesday, May 23, 2012
Judul
: PTK Matematika SD Kelas 4
Meningkatkan Kemampuan Memahami Perkalian Cara Susun Pada Siswa Kelas IV SDN Sukamulya II Dengan Metode Demontrasi
dan
Upaya
Memotivasi Siswa Dalam Pembelajaran Kepahlawanan dan Patriotisme Tokoh - Tokoh
di Lingkungan Anak Melalui Pemberian Penguatan Verbal dan Non Verbal
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
1.
Mata Pelajaran Matematika
Masalah
rendahnya mutu sekolah sudah sangat sering dikeluhkan masyarakat. Hal ini
peranan guru merupakan salah satu unsur yang dianggap sangat menentukan. Dengan
kata lain, rendahnya mutu sekolah dipandang mempunyai kaitan langsung dengan
rendahnya mutu guru. Orangtua melihat sekolah, terutama dilihat mutu gurunya.
Sebab mutu guru yang rendah menyebabkan mutu sekolah yang rendah pula. Sebagian
besar guru dianggap mutunya rendah.
Sesungguhnya mutu sekolah bukan saja masalah yang dihadapi oleh negara-negara berkembang dan juga bukan soal dana. Meskipun Amerika Serikat (AS) membelanjakan sekitar separuh dari pendapatannya untuk pendidikan, tetapi mutu pendidikannya kalah dari Jepang dan Jerman yang mengeluarkan biaya pendidikan tidak sebanyak AS. Dalam penyelenggaraan pendidikan, AS cenderung untuk membelanjakan sebagian besar uang untuk sarana dan administrasi, sementara untuk gaji guru relatif kecil. Sebaliknya Jepang dan Jerman, mengeluarkan sebagian besar biaya untuk gaji guru, sementara bangunan/sarana dan administrasi dibuat lebih sederhana tidak sementereng AS.
Berdasarkan
pengalaman-pengalaman di negara-negara maju itu, di mana kebutuhan minimal
sarana dan fasilitas pendidikan telah relatif terpenuhi, nampak bahwa investasi
biaya pendidikan melalui peningkatan kesejahteraan (gaji) guru lebih mampu
meningkatkan mutu daripada melalui penyediaan sarana. Di negara kita memang
agak lain persoalannya, banyak sekolah yang kebutuhan minimal sarana pendidikan
saja juga belum terpenuhi.
Masalah
pengelolaan dan administrasi biaya pendidikan kita terletak pada masih rumitnya
prosedur pembiayaan, mulai dari perencanaan sampai pada proses pengelolaannya.
Kerumitan itu menyangkut mata rantai birokrasi atas-bawah (vertikal) maupun
hubungan antarinstansi satu dengan lainnya (horizontal).
Walaupun
otonomi sekolah sudah mulai menampak, namun masih terasa ganjalan-ganjalan
dalam proses perencanaan, prosedur pengelolaan, dan distribusi anggaran
pendidikan mulai dari pusat sampai ke daerah. Namun demikian, dengan
berjalannya otonomi daerah, maka pengelolaan pendidikan mulai beralih ke
Kabupaten atau Kota.
Dengan
bercermin pada pengalaman negara-negara maju, maka dilihat dari segi pelakunya,
persoalan mendasar dari mutu pendidikan adalah kesejahteraan guru.
Kesejahteraan meliputi aspek material dan nonmaterial. Yang nonmaterial
misalnya kemudahan naik pangkat, suasana kerja yang sejuk, dan perlindungan
hukum.
Adapun
yang termasuk kesejahteraan material adalah gaji, tunjangan, dan insentif
lainnya. Aspek material, khususnya gaji inilah yang harus secara jujur diakui
masih minim. Kenaikan gaji cenderung hanya upaya mengimbangi laju inflasi.
Akibatnya secara riil daya beli para guru umumnya tidak banyak meningkat.
Walaupun
secara langsung tidak berpengaruh terhadap kualitas guru, tetapi gaji guru dan
mutu pendidikan memang tak terpisahkan. Di negara-negara lain yang mutu
pendidikannya telah lebih tinggi, misalnya seperti tetangga kita di Malaysia,
mengajarkan kepada kita bahwa memang prestasi kerja merupakan fungsi dari
imbalan. Makin tinggi imbalan, makin tinggi kesungguhan, komitmen, dan
produktivitas kerja, serta semakin kecil tindakan indisipliner.
Belajar
dari negara-negara yang mutu pendidikannya lebih tinggi itu pula, mereka berani
menyediakan sekitar seperempat lebih anggarannya untuk sektor pendidikan. Dan
dari jumlah itu, sebagian besar adalah untuk kesejahteraan guru. Jika gaji guru
meningkat, maka akan meningkat pula status guru, sehingga mampu menarik
calon-calon guru yang berkualitas. Bukan hanya calon kelas dua atau tiga
seperti yang masuk ke pendidikan guru sampai saat ini. PTK Matematika
SD Kelas 4
Lembaga
pendidikan guru (misalnya FKIP), bukanlah idola calon mahasiswa atau orangtua.
Sebab, dalam masyarakat yang cenderung melihat kemampuan ekonomi sebagai ukuran
status sosial, status guru dipandang "kurang baik" karena
pendapatannya rendah. Karena itu jabatan guru tidak menarik minat banyak orang
dan juga tidak menarik bagi putra-putri terbaik bangsa.
Sampai
saat ini, mereka yang berminat menjadi calon guru, terutama dari keluarga kurang
mampu atau kurang mampu pula secara akademis. Mereka memilih FKIP dengan
harapan bisa kuliah dan kemudian bisa diangkat menjadi pegawai negeri sipil.
Namun kenyataannya, masih banyak lulusan FKIP yang tidak dapat diangkat
lantaran kemampuannya juga rendah. Dan lebih ironis pula karena banyak
lembaga-lembaga pendidikan yang justru mengangkat lulusan fakultas murni untuk
menjadi tenaga guru lantaran kemampuannya dianggap lebih.
Semakin
sempitnya kesempatan untuk diangkat menjadi guru, menyebabkan kualitas dan
kuantitas yang masuk lembaga pendidikan guru juga merosot. Konsekuensinya mutu
lulusan atau calon guru yang dihasilkan merosot pula. Akibatnya mutu pendidikan
di negeri ini akan terus merosot pula.
Melihat kondisi pendidikan kita saat ini, tidak banyak yang dilakukan dalam usaha menarik minat calon bermutu memasuki lembaga pendidikan guru selama faktor status guru tidak dapat diubah atau diperbaiki. Menaikkan pandangan terhadap profesi guru amat terkait dengan kemampuan keuangan pemerintah, mengingat pada waktu ini sekolah terutama dikelola pemerintah.
Barangkali
anggapan-anggapan yang kurang menguntungkan bagi pendidikan guru seperti di
atas yang menyebabkan calon guru kurang memiliki motivasi yang kuat. Lebih
parah lagi sebagian yang dididik sebagai calon guru sekarang sebenarnya tidak
ingin menjadi guru. Oleh karena mereka tahu bahwa profesi guru tidak memberikan
kesempatan kepada mereka untuk menjadi pemimpin, memperoleh harta kekayaan yang
banyak, kekuasaan yang cukup, atau pengaruh yang luas. Oleh karena itu sampai
saat ini profesi guru dirasa sebagai kerja paksa, artinya terpaksa jadi guru
karena bidang lain tidak bisa menampungnya. Tetapi kerja paksa juga bisa
diartikan, kerja keras tetapi gajinya kecil. Di masyarakat yang gandrung pada
pemenuhan kebutuhan materi, kedudukan atau pekerjaan guru kurang memperoleh
nilai tinggi. Sebab, walaupun tugas guru itu mulia, namun tidak memberi
keuntungan materi.
Berdasarkan
kondisi tersebut, maka agaknya repot bagi pendidikan guru untuk menangkis
serangan atau kritik tentang mutu lulusannya. Masyarakat mengeluh anak-anaknya
diajar oleh guru yang kurang bermutu. Di sisi lain, LPTK mengkhawatirkan
semakin merosotnya minat calon mahasiswa yang ingin menjadi guru. Keluhan
masyarakat dan kekhawatiran perguruan tinggi tersebut pada akhirnya
beralamatkan kepada pemerintah juga.
Sampai
sekarang jawaban yang memuaskan terhadap permasalahan guru dan mutu pendidikan
masih dicari dan diupayakan. Mungkin bisa dicoba untuk membatasi jumlah masukan
ke pendidikan guru sebatas jumlah minimal program studi masih bisa memenuhi
syarat. Jika masukan sudah amat terbatas, maka lulusan juga amat terbatas,
sehingga jumlah pencari kerja di bidang pendidikan makin berkurang, sampai pada
suatu titik di mana terdapat kekurangan guru lagi. Sedangkan yang ada sekarang
mudah-mudahan dalam jangka waktu tertentu bisa diangkat, walaupun sebagai guru
bantu.
Sampai
saat ini memang sudah banyak kebijakan dan strategi untuk memperbaiki mutu
sekolah, namun hasilnya belum optimal. Sejauh gaji guru masih relatif rendah,
tampaknya tidak mudah meningkatkan mutu pendidikan. Di situlah titik kelemahan
pendidikan kita, sehingga mutu sekolah sulit ditingkatkan. Oleh sebab itu, jika
kita benar-benar mau meningkatkan mutu sekolah, maka system penggajian guru
secepatnya diperbaiki.
Dengan demikian untuk menciptakan potensi guru yang baik, maka harus diadakan upaya untuk meningkatkan profesionalisme keguruan, karana hal ini sangat menunjang bagi pelaksanaan proses pebbelajaran yang baik. Maka dari itu upaya yang dilakukan adalah dengan mengadakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang didasarkan pada desain kajian seorang guru agar bias diterima siswa yang nantinya akan menciptakan suasana pembelajaran yang baik. Apabila siswa sudah bias menerima pembelajaran yang guru sampaikan, dengan demikian proses pembelajaranpun akan diikuti dengan baik. Maka dari itu tentunya hasil belajarpun akan meningkat.
Dengan melihat paparan yang sudah dijelaskan tersebut di atas, serta melihat perolehan hasil belajar matematika SDN Sukamulya II Kec. Pangatikan Kab. Garut di Kelas IV yang masih jauh dari hasil belajar yang sesuai dengan apa yang diharapkan yaitu dengan perolehan hamper 60 % siswa mendapatkan hasil belajar yang masih kurang. Dengan demikian, penulis mencoba melakukan penelitian terhadap siswa terhadap mekanisme belajar mengajar yaitu dengan menggunakan kajian meningkatkan kemampuan memahami perkalian cara susun pada siswa kelas IV SDN Sukamulya II dengan metode demontrasi .
2.
Mata Pelajaran IPS PTK Matematika
SD Kelas 4
Ilmu
Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan
mulai dari SD/MI/SDLB sampai SMP/MTs/SMPLB. IPS mengkaji seperangkat peristiwa,
fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan denganisu sosial. Pada jenjang
SMP/MTs mata pelajaran IPS memuat materi Geografi,
Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi. Melalui mata pelajaran IPS,peserta didik
diarahkan untuk dapat menjadi warga negara Indonesia yang demokratis, dan
bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta damai. Di masa yang akan datang
peserta didik akan menghadapi tantangan berat karena kehidupan masyarakat
global selalu mengalami perubahan setiap saat. Oleh karena itu mata pelajaran
IPS dirancang untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan
analisis terhadap kondisi social masyarakat dalam memasuki kehidupan
bermasyarakat yang dinamis. Mata pelajaran IPS disusun secara sistematis,
komprehensif, dan terpadu dalam proses pembelajaran menuju kedewasaan dan
keberhasilan dalam kehidupan di masyarakat. Dengan pendekatan tersebut
diharapkan peserta didik akan memperoleh pemahaman yang lebih luas dan mendalam
pada bidang ilmu yang berkaitan.
Adapun
tujuan mata pelajaran IPS yaitu agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai
berikut.
- Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya.
- Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan social.
- Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan.
- Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat lokal, nasional, dan global.
Ilmu
Pengetahuan Sosial (IPS) adalah salah satu bidang studi yang rumit, karena
ruang lingkupnya sangat luas dan merupakan gabungan dari ilmu-ilmu sosial,
seperti geografi, ekonomi, sejarah, sosiologi, dan antropologi. IPS memfokuskan
perhatiannya pada peranan manusia dalam masyarakat terutama dalam situasi
global saat ini.
Dalam
implimentasi pembelajaran guru sebagai praktisi melaksanakan kegiatan, yaitu
dengan cara menggunakan srategi pengajaran konsep untuk membantu kelancaran
pada setiap tindakan pembelajaran, peneliti melakukan pengamatan secara
langsung terhadap proses pada pembelajaran. Dari setiap pengamatan selanjutnya
dilakukan refleksi dan analisis setiap tindakan untuk kemudian melakuakan
perbaikan-perbaikan.
Dalam rangka mencapai harapan seperti itulah dalam kegiatan belajar ini dikemukakan salah satu alternatif dari segi perencanaan, yaitu dengan upaya memotivasi siswa dalam pembelajaran kepahlawanan dan patriotisme tokoh-tokoh di lingkungan anak melalui penguatan verbal dan non verbal. Dengan menggunakan metode ini diharapkan siswa dapat termotivasi untuk mengikuti pembelajaran dengan baik dengan tujuan meningkatkan volume pembelajaran. Dengan demikian proses pembelajaran diharapkan sesuai dengan apa yang diharapkan.
B.
Rumusan Masalah
Berdasarkan
paparan dari latar belakang masalah tersebut di atas, maka penulis dapat
merumuskan masalah sebagai berikut :
1.
Mata Pelajaran Matematika
- Bagaimana cara meningkatkan kemampuan memahami perkalian pada siswa ?
- Bagaimana cara meningkatkan proses pembelajaran matematika ?
- Bagaimana cara meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika?
2.
Mata Pelajaran IPS
- Bagaimana cara memotivasi siswa dalam pembelajaran kepahlawanan agar pembelajaran bisa dipahami secara merata ?
- Bagaimana cara meningkatkan proses pembelajaran pada mata pelajaran IPS ?
- Apakah pemberian penguatan verbal dan non verbal dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam mata pelajaran IPS ?
C.
Tujuan Penelitian PTK Matematika SD Kelas 4
Adapun
tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut :
1. Mata Pelajaran Matematika
- Meningkatkan penguasaan perkalian pada siswa.
- Meningkatkan proses pembelajaran Mata Pelajaran Matematika.
- Meningkatkan hasil pembelajaran siswa.
2.
Mata Pelajaran IPS
- Meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran kepahlawanan agar pembelajaran bisa dipahami secara merata.
- Meningkatkan proses belajar mengajar pada Mata Pelajaran IPS.
- Meningkatkan pemahaman siswa dalam belajar dengan metode pemberian penguatan verbal dan non verbal.
D. Manfaat Penelitian
Adapun manfaat dari Penelitian Tindakan Kelas ini adalah sebagai berikut :
- Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka dapat memberikan pengalaman baru bagi penulis, serta dapat meningkatkan pengetahuan dalam mengatasi masalah pembelajaran khususnya Matematika, sehingga pengalaman ini dapat didesain sedemikian rupa sehingga dapat diterapkan pada Mata Pelajaran lain.
- Bagi Kepala Sekolah dan Guru, dapat dijadikan media motivasi untuk dapat dilaksanakan di sekolah di tempat bekerja yaitu di Sukamulya II, dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran.
- Bagi siswa, dapat memberikan kesan bahwa belajar IPS itu mudah dan menyenangkan serta dapat memberikan wawasan materi pembelajaran.
- Bagi pembaca, dapat dijadikan rujukan atau bahan pembelajaran dalam upaya melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Subscribe to:
Posts (Atom)