GRINDER COMMUNITY, SHARING INFO MUSIC, EVENT INFO, METAL BAND PROMOS, REVIEWS, FLYERS GIGS, BAND MERCHANDISE, BAND LOGGO ORDER, ETC Channel Youtube: https://www.youtube.com/channel/UCTt-S9OYoKcCwZHfZGbZ4zQ?sub_confirmation=1 MENERIMA JASA PEMBUATAN LOGGO BAND
My Blog List
Monday, September 23, 2024
Persiapan simulasi ANBK jenjang SD
PENGUMUMAN
Untuk persiapan simulasi ANBK jenjang SD sederajat (termasuk Paket A, PKPPS Ula, SDLB), berikut langkah-langkah yang harus segera dilakukan:
Memperbaharui infrastruktur data, proktor utama dan teknisi
Memilih status dan moda pelaksanaan
Mengisi rincian komputer proktor, klien, dan ruang untuk mendapatkan ID Proktor
Tanggal-tanggal penting simulasi ANBK
TIDAK
Tanggal
Kegiatan
1.
21 - 22 September (Detail Jadwal akan diumumkan selanjutnya)
Simulasi Sinkronisasi (semi online)
2.
23 - 26 September
Pelaksanaan Simulasi
Data yang digunakan untuk simulasi adalah data per hari Rabu 18 September 2024 jam 17.59 (Status-Moda-Pengaturan gelombang dan sesi)
Catatan:
Simulasi menggunakan data dummy
Simulasi hanya untuk satuan pendidikan mandiri
Simulasi diikuti oleh proktor dan teknisi, boleh melibatkan siswa (tidak wajib)
Bagi seluruh satuan pendidikan pelaksana Asesmen Nasional silahkan segera melakukan:
Melakukan pembaharuan infrastruktur data, proktor utama dan teknisi
Menentukan status dan moda pelaksanaan
Mengisi rincian komputer proktor, klien, dan ruang untuk mendapatkan ID Proktor pada menu Asesmen Nasional - Komputer Proktor
Melakukan pengaturan Gelombang dan sesi (bagi sekolah yang sudah terbit DNT nya)
PERSIAPAN PELAKSANAAN UTAMA ANBK TAHUN 2024 JENJANG SMP/SMPLB/PAKET B SEDERAJAT
PoskoTanggal 07-09-2024pukul 04.42
A. PATCHING dan SINKRONISASI Untuk Moda Semi Daring
Untuk Eksekusi Utama ANBK Jenjang SMP/SMPLB/PAKET B Sederajat Tahun 2024, Satuan pendidikan HARUS memperhatikan hal-hal berikut ini:
1. Satuan Pendidikan menggunakan VHD-AN-2024_FRESH versi 19.24.6.0 (belum pernah dipatching sebelumnya) dan melakukan Auto Patching dengan cara:
a. Klik tombol "Pembaharuan" pada tampilan pop up yang tampil di halaman CBTSYNC
b. Tunggu proses pembaharuan hingga selesai
c. Proses pembaharuan selesai ditandai dengan perubahan versi CBTSYNC menjadi 19.24.6.5
2. SINKRONISASI DIBUKA SERENTAK pada hari Sabtu, 07 September 2024 dari pukul 08.00 - 22.00 WIB dan dilanjutkan pada hari Minggu, 08 September 2024 dari pukul 06.00 - 22.00 WIB untuk Gelombang 1, 2 , dan Khusus.
3. Petunjuk sinkronisasi dapat diunduh melalui bagian download berkas di Laman ANBK.
5. ID Proktor dan password dapat dilihat pada menu Asesmen Nasional, sub menu Komputer Proktor.
6. Tampilan normal pada Admin Exambrowser menggunakan password n0rm4l .
B. Moda Daring
ID Proktor dan password untuk moda dare akan dirilis pada hari Minggu, Tanggal 08 September 2024 pukul 15.00 WIB.
Terimakasih
PERSIAPAN PELAKSANAAN SIMULASI ANBK TAHUN 2024 JENJANG SD/SDLB/PAKET A SEDERAJAT
PERSIAPAN PELAKSANAAN SIMULASI ANBK TAHUN 2024 JENJANG SD/SDLB/PAKET A SEDERAJAT
PoskoTanggal 20-09-2024pukul 17.32
A. PATCHING dan SINKRONISASI Untuk Moda Semi Daring
Untuk Pelaksanaan Simulasi ANBK Jenjang SD/SDLB/PAKET A Sederajat Tahun 2024, Satuan pendidikan HARUS memperhatikan hal-hal berikut ini:
1. Satuan Pendidikan menggunakan VHD-AN-2024_FRESH versi 19.24.6.0 (belum pernah dipatching sebelumnya) dan melakukan Auto Patching dengan cara:
a. Klik tombol "Pembaharuan" pada tampilan pop up yang tampil di halaman CBTSYNC
b. Tunggu proses pembaharuan hingga selesai
c. Proses pembaharuan selesai ditandai dengan perubahan versi CBTSYNC menjadi 19.24.6.6
2. SINKRONISASI DIBUKA SERENTAK pada hari Sabtu, 21 September 2024 dari pukul 08.00 - 22.00 WIB dan dilanjutkan pada hari Minggu, 22 September 2024 dari pukul 06.00 - 22.00 WIB untuk Gelombang 1 dan 2 .
3. Petunjuk sinkronisasi dapat diunduh melalui bagian download berkas di Laman ANBK.
5. ID Proktor dan password dapat dilihat pada menu Simulasi, sub menu Komputer Proktor .
6. Tampilan normal pada Admin Exambrowser menggunakan password n0rm4l .
B. Moda Daring
ID Proktor dan password untuk moda dare akan dirilis pada hari Minggu, Tanggal 22 September 2024 pukul 15.00 WIB.
Terimakasih
PROSEDUR PELAKSANAAN SIMULASI ANBK 2024 JENJANG SD/SDLB/PAKET A SEDERAJAT GELOMBANG 1
PROSEDUR PELAKSANAAN SIMULASI ANBK 2024 JENJANG SD/SDLB/PAKET A SEDERAJAT GELOMBANG 1
PoskoTanggal 23-09-2024pukul 22.25
Hari Selasa, 24 September 2024
1. Jalankan & login ke Proktor Browser. ID Proktor diaktifkan pada pukul 06.30 WAKTU SETEMPAT.
2. Masuk ke menu tes status.
3. Pilih Daftar Tes: SIMANBKSD24H2.
4. Pilih kelompok 1 (Kelompok Tes 1 untuk semua sesi ujian).
5. Tekan Token Rilis; Token dibuka pukul 07.20 WAKTU SETEMPAT.
6. Masuk ke Menu Kelompok Tes, pilih Assign All; untuk mengaktifkan peserta tes login.
Terimakasih
Catatan :
a. Siswa akan mengerjakan 3 subtes:
- Subtes 1 adalah Latihan,
- Subtes 2 adalah Numerasi,
- Subtes 3 adalah Survei Lingkungan Belajar;
B. Antar subtes terdapat jeda waktu 1 menit yang ditandai dengan tombol MULAI berwarna BIRU;
Wednesday, September 18, 2024
cara kerja sistem rekomendasi YouTube
Memahami cara kerja sistem rekomendasi YouTube
Saat dalam performa terbaiknya, Rekomendasi YouTube menghubungkan miliaran orang di seluruh dunia ke konten yang memberikan inspirasi, edukasi, dan hiburan secara unik. Rekomendasi mengantarkan saya pada ceramah yang membahas pertanyaan etika terkait teknologi dewasa ini atau highlight pertandingan football tim University of Southern California yang saya tonton semasa kanak-kanak. Rekomendasi memudahkan anak perempuan tertua saya mencari hiburan dan komunitas melalui Vlogbrothers. Selain itu, rekomendasi memberi anak laki-laki sulung saya pemahaman yang lebih baik tentang aljabar linear melalui animasi penjelasan di 3Blue1Brown—diselingi jeda untuk menonton video KSI.
Seperti yang terlihat di keluarga saya, setiap video memiliki penonton tersendiri, dan tugas sistem rekomendasi adalah menemukan penonton tersebut. Bayangkan betapa sulitnya menelusuri miliaran buku di sebuah perpustakaan raksasa tanpa bantuan pustakawan. Rekomendasi meningkatkan jumlah penayangan keseluruhan di YouTube secara signifikan, bahkan melampaui subscription channel atau penelusuran. Selama lebih dari sepuluh tahun terakhir, saya mengembangkan sistem rekomendasi YouTube dan saya senang melihatnya menjadi bagian tak terpisahkan dari pengalaman YouTube setiap pengguna. Namun, rekomendasi sering dipandang sebagai kotak hitam misterius. Kami ingin sistem ini dipahami secara terbuka. Oleh karena itu, izinkan saya menjelaskan cara kerjanya, perkembangannya, dan alasan kami menjadikan penayangan rekomendasi yang bertanggung jawab sebagai prioritas utama.
Apa yang dimaksud dengan sistem rekomendasi?
Sistem rekomendasi kami dibangun di atas prinsip sederhana yaitu membantu pengguna menemukan video yang ingin ditonton dan yang akan memberikan manfaat. Rekomendasi ini dapat ditemukan di dua tempat utama: halaman beranda dan panel “Berikutnya”. Halaman beranda ditampilkan saat pertama kali YouTube dibuka dan berisi perpaduan antara rekomendasi terpersonalisasi, konten dari channel yang di-subscribe, serta berita dan informasi terbaru. Panel Berikutnya muncul selagi video ditonton dan menyarankan konten lain berdasarkan video yang sedang dinikmati, serta video lain yang mungkin diminati.
Pada tahun 2008, saat kami pertama kali membangun sistem rekomendasi YouTube, pengalaman ini berbeda sepenuhnya dengan yang ada sekarang. Misalkan Anda sering menonton video memasak. Tidakkah akan menjengkelkan jika halaman beranda hanya merekomendasikan video olahraga dan musik terbaru karena konten tersebut memiliki penayangan tertinggi? Begitulah YouTube pada masa-masa awal. Sistem memeringkatkan video berdasarkan popularitas untuk menciptakan satu halaman “Trending” yang besar. Tidak banyak orang yang menonton video semacam itu dan, akibatnya, sebagian besar penayangan YouTube berasal dari penelusuran atau link yang dibagikan di luar platform, bukan dari sistem rekomendasi.
Sekarang, sistem kami memilah miliaran video untuk merekomendasikan konten yang disesuaikan dengan minat spesifik Anda. Misalnya, sistem YouTube mengenali bahwa saya menonton highlight pertandingan football USC klasik dan mencarikan highlight olahraga lainnya dari sekitar tahun-tahun tersebut. Tanpa rekomendasi, saya tidak akan tahu bahwa video-video tersebut ada di YouTube. Tidak seperti platform lain, kami tidak menghubungkan penonton ke konten melalui jaringan sosial mereka. Sebagai gantinya, keberhasilan rekomendasi YouTube bergantung pada kemampuan untuk memprediksikan secara akurat video yang ingin pengguna tonton.
Untuk mencapai hal itu, kami memulai dengan pemahaman bahwa setiap orang memiliki kebiasaan menonton yang unik. Selanjutnya, sistem kami membandingkan kebiasan menonton Anda dengan penonton lain yang serupa dengan Anda, dan menggunakan informasi tersebut untuk menyarankan konten lain yang mungkin ingin Anda tonton. Jadi, jika Anda menyukai video olahraga tenis dan sistem kami mengenali bahwa penonton yang suka menonton video olahraga tenis juga menyukai video musik jazz, maka Anda mungkin akan melihat rekomendasi video musik jazz (untuk kategori seperti berita dan informasi, cara kerjanya berbeda—dibahas lebih lanjut di bawah) meskipun Anda sama sekali belum pernah menonton video musik jazz. Beberapa tahun lalu, sistem kami merekomendasikan video Tyler Oakley ke anak perempuan tertua saya, karena pengguna yang menonton Vlogbrothers kebanyakan juga menonton video tersebut. Akhirnya, dia menjadi penggemar berat Tyler Oakley sampai-sampai kami membawanya untuk menemui idolanya itu di acara jumpa penggemar
Namun, tentu saja kami juga memahami bahwa tidak semua orang ingin selalu membagikan informasi ini kepada kami. Karena itulah, kami menyediakan kontrol untuk membantu Anda menentukan seberapa banyak data yang ingin diberikan. Anda dapat menjeda, mengedit, atau menghapus histori penelusuran dan tontonan YouTube kapan saja.
Cara kami mempersonalisasi rekomendasi
Untuk menyediakan seleksi kustom seperti itu, sistem rekomendasi kami tidak terpaku pada “pakem” tentang apa yang harus dilakukan. Sistem ini terus berkembang dan belajar setiap hari dari 80 miliar lebih keping informasi yang dinamakan sinyal. Karena alasan tersebut, memberikan transparansi yang lebih baik tidaklah semudah menyusun daftar formula rekomendasi, tetapi memerlukan pemahaman tentang semua data yang mengalir ke dalam sistem. Sejumlah sinyal melengkapi satu sama lain untuk membantu sistem memahami apa yang menurut Anda memuaskan. Sinyal tersebut meliputi klik, waktu tonton, respons survei, berbagi, suka, dan tidak suka.
●Klik: Klik di sebuah video memberikan indikasi kuat bahwa Anda juga menganggap video tersebut memuaskan. Toh, Anda tidak akan mengklik sesuatu yang tidak ingin Anda tonton.
Namun, mulai tahun 2011, kami menyadari bahwa video yang diklik belum tentu benar-benar ditonton. Misalkan Anda menelusuri highlight pertandingan tenis Wimbledon dari tahun itu. Anda men-scroll halaman dan mengklik salah satu video yang thumbnail dan judulnya mengindikasikan bahwa video itu berisi rekaman pertandingan yang Anda cari. Namun, ternyata itu adalah video seseorang yang membahas pertandingan tersebut dari kamar tidurnya. Anda mengklik video yang direkomendasikan oleh sistem di panel Berikutnya, dan baru kemudian mendapati bahwa isinya hanyalah perbincangan penggemar tentang pertandingan itu. Anda terus mengklik video-video lain hingga akhirnya menerima rekomendasi video yang berisi rekaman pertandingan yang ingin Anda tonton. Karena itulah, pada 2012 kami menambahkan sinyal waktu tonton.
●Waktu Tonton: Waktu tonton—video mana saja yang Anda tonton dan berapa lama—memberikan sinyal terpersonalisasi ke sistem kami tentang apa yang kemungkinan besar ingin Anda tonton. Jadi, jika penggemar tenis tadi meluangkan 20 menit untuk menonton klip highlight pertandingan Wimbledon dan hanya meluangkan beberapa detik untuk menonton video analisisnya, kami dapat berasumsi bahwa penggemar tersebut menganggap menonton highlight lebih berharga.
Saat pertama kali menyertakan waktu tonton ke dalam rekomendasi, jumlah penayangan YouTube langsung turun 20%. Namun, kami yakin bahwa memberikan manfaat yang lebih besar kepada penonton itu lebih penting. Kendati begitu, tidak semua waktu tonton itu penting. Terkadang, saya menonton sembarang video hingga larut malam, padahal saya bisa menggunakan waktu tersebut untuk belajar bahasa baru di YouTube atau mengasah kemampuan memasak bersama seorang kreator. Kami tidak ingin penonton menyesal telah meluangkan waktunya untuk menonton video. Kami juga menyadari bahwa kami perlu melangkah lebih jauh lagi untuk mengukur seberapa besar manfaat yang diperoleh penonton dari waktu yang mereka luangkan di YouTube..
Namun, tentu saja kami juga memahami bahwa tidak semua orang ingin selalu membagikan informasi ini kepada kami. Karena itulah, kami menyediakan kontrol untuk membantu Anda menentukan seberapa banyak data yang ingin diberikan. Anda dapat menjeda, mengedit, atau menghapus histori penelusuran dan tontonan YouTube kapan saja.
Cara kami mempersonalisasi rekomendasi
Untuk menyediakan seleksi kustom seperti itu, sistem rekomendasi kami tidak terpaku pada “pakem” tentang apa yang harus dilakukan. Sistem ini terus berkembang dan belajar setiap hari dari 80 miliar lebih keping informasi yang dinamakan sinyal. Karena alasan tersebut, memberikan transparansi yang lebih baik tidaklah semudah menyusun daftar formula rekomendasi, tetapi memerlukan pemahaman tentang semua data yang mengalir ke dalam sistem. Sejumlah sinyal melengkapi satu sama lain untuk membantu sistem memahami apa yang menurut Anda memuaskan. Sinyal tersebut meliputi klik, waktu tonton, respons survei, berbagi, suka, dan tidak suka.
●Klik: Klik di sebuah video memberikan indikasi kuat bahwa Anda juga menganggap video tersebut memuaskan. Toh, Anda tidak akan mengklik sesuatu yang tidak ingin Anda tonton.
Namun, mulai tahun 2011, kami menyadari bahwa video yang diklik belum tentu benar-benar ditonton. Misalkan Anda menelusuri highlight pertandingan tenis Wimbledon dari tahun itu. Anda men-scroll halaman dan mengklik salah satu video yang thumbnail dan judulnya mengindikasikan bahwa video itu berisi rekaman pertandingan yang Anda cari. Namun, ternyata itu adalah video seseorang yang membahas pertandingan tersebut dari kamar tidurnya. Anda mengklik video yang direkomendasikan oleh sistem di panel Berikutnya, dan baru kemudian mendapati bahwa isinya hanyalah perbincangan penggemar tentang pertandingan itu. Anda terus mengklik video-video lain hingga akhirnya menerima rekomendasi video yang berisi rekaman pertandingan yang ingin Anda tonton. Karena itulah, pada 2012 kami menambahkan sinyal waktu tonton.
●Waktu Tonton: Waktu tonton—video mana saja yang Anda tonton dan berapa lama—memberikan sinyal terpersonalisasi ke sistem kami tentang apa yang kemungkinan besar ingin Anda tonton. Jadi, jika penggemar tenis tadi meluangkan 20 menit untuk menonton klip highlight pertandingan Wimbledon dan hanya meluangkan beberapa detik untuk menonton video analisisnya, kami dapat berasumsi bahwa penggemar tersebut menganggap menonton highlight lebih berharga.
Saat pertama kali menyertakan waktu tonton ke dalam rekomendasi, jumlah penayangan YouTube langsung turun 20%. Namun, kami yakin bahwa memberikan manfaat yang lebih besar kepada penonton itu lebih penting. Kendati begitu, tidak semua waktu tonton itu penting. Terkadang, saya menonton sembarang video hingga larut malam, padahal saya bisa menggunakan waktu tersebut untuk belajar bahasa baru di YouTube atau mengasah kemampuan memasak bersama seorang kreator. Kami tidak ingin penonton menyesal telah meluangkan waktunya untuk menonton video. Kami juga menyadari bahwa kami perlu melangkah lebih jauh lagi untuk mengukur seberapa besar manfaat yang diperoleh penonton dari waktu yang mereka luangkan di YouTube.
●Respons Survei: Untuk benar-benar memastikan bahwa penonton puas dengan konten yang mereka tonton, kami mengukur “waktu tonton berharga”, yakni waktu yang diluangkan untuk menonton video yang dianggap berharga. Kami mengukur waktu tonton berharga melalui survei pengguna yang meminta Anda memberikan rating satu sampai lima bintang untuk video yang Anda tonton. Dengan begitu, kami mendapatkan metrik untuk menentukan kepuasan Anda terhadap konten tersebut. Jika Anda memberikan rating satu sampai dua bintang, kami akan bertanya mengapa Anda memberikan rating serendah itu. Begitu juga, jika Anda memberikan empat sampai lima bintang, kami akan menanyakan alasannya—yakni, apakah video tersebut inspiratif atau bermakna? Hanya video yang mendapatkan rating empat atau lima bintang yang dihitung sebagai waktu tonton berharga.
Tentu saja, tidak semua orang mengisi survei tentang setiap video yang mereka tonton. Berdasarkan respons yang diperoleh, kami melatih suatu model machine learning untuk memprediksi respons survei potensial dari setiap pengguna. Untuk menguji akurasi prediksi, kami sengaja menahan sebagian respons survei dari pelatihan. Dengan begitu, kami bisa selalu memantau seberapa akurat sistem kami dalam melacak respons yang sebenarnya.
●Berbagi, Suka, Tidak Suka: Rata-rata, orang cenderung lebih puas dengan video yang mereka bagikan atau sukai. Sistem kami menggunakan informasi ini untuk mencoba memprediksi seberapa mungkin Anda akan membagikan atau menyukai video lainnya. Jika Anda tidak menyukai sebuah video, maka itu adalah sinyal bahwa Anda kemungkinan tidak puas dengan video tersebut.
Namun, seperti halnya rekomendasi, bobot setiap sinyal di atas bergantung pada Anda. Jika Anda tipe orang yang suka membagikan video apa pun yang ditonton, termasuk yang rating-nya satu atau dua bintang, sistem kami tidak akan memberikan bobot terlalu besar pada penilaian Anda saat merekomendasikan konten. Kesemuanya ini adalah alasan mengapa sistem kami tidak mengikuti sebuah formula baku, melainkan berkembang dinamis seiring perubahan kebiasaan Anda menonton.
Fokus pada rekomendasi yang bertanggung jawab
Klik, penayangan, waktu tonton, survei pengguna, berbagi, suka, dan tidak suka sangat membantu dalam memunculkan rekomendasi untuk topik-topik seperti musik dan hiburan—yang ditonton sebagian besar pengunjung YouTube. Namun, seiring waktu, makin banyak penonton yang mengakses YouTube untuk menonton konten berita dan informasi. Entah itu berita terbaru atau kajian ilmiah yang kompleks, topik-topik tersebut sangat mementingkan kualitas informasi dan konteks. Seseorang mungkin mengatakan dia sangat puas dengan video yang mengklaim “Bumi itu datar”, tetapi itu bukan berarti kami dapat merekomendasikan konten berkualitas rendah semacam ini.
Karena itulah rekomendasi berperan sangat penting dalam upaya kami memelihara platform yang bertanggung jawab. Rekomendasi menghubungkan penonton ke informasi berkualitas tinggi dan meminimalkan peluang ditampilkannya konten bermasalah. Rekomendasi juga menunjang Pedoman Komunitas kami yang andal, yang menentukan konten yang diperbolehkan dan dilarang di YouTube.
Kami telah menggunakan rekomendasi untuk membatasi ditampilkannya konten berkualitas rendah sejak 2011. Saat itu, kami membuat pengklasifikasi untuk mengidentifikasi video yang tidak pantas atau bermuatan kekerasan dan mencegah video semacam itu direkomendasikan. Kemudian, pada tahun 2015, saat konten yang vulgar dan sensasional bermunculan di halaman beranda, kami bertindak untuk mendemosinya. Setahun kemudian, kami mulai memprediksi kemungkinan video menampilkan anak di bawah umur dalam situasi berisiko dan menghapusnya dari rekomendasi. Pada tahun 2017, untuk memastikan bahwa sistem rekomendasi kami adil terhadap komunitas yang terpinggirkan, kami mulai mempertimbangkan machine learning untuk menggerakkan sistem guna memberikan ruang berekspresi yang adil bagi kelompok-kelompok yang dilindungi—seperti komunitas LGTBQ+.
Maraknya misinformasi dalam beberapa tahun terakhir mendorong kami untuk makin memperluas penggunaan sistem rekomendasi guna mencakup misinformasi bermasalah dan konten berisiko—yakni konten yang nyaris (tetapi tidak sampai) melanggar Pedoman Komunitas. Termasuk dalam kategori ini adalah video teori konspirasi (“pendaratan di bulan telah dipalsukan”) atau konten lainnya yang menyebarkan misinformasi (“jus jeruk dapat menyembuhkan kanker”).
Kami dapat melakukan upaya tersebut dengan menggunakan pengklasifikasi untuk mengidentifikasi apakah sebuah video tergolong “kredibel” atau “berisiko”. Pengelompokan ini mengandalkan evaluator manual yang menilai kualitas informasi di setiap channel atau video. Evaluator berasal dari seluruh dunia dan terlatih dalam menggunakan seperangkat panduan rating mendetail yang tersedia untuk publik. Kami juga mengandalkan pakar tersertifikasi, misalnya dokter jika konten berkenaan dengan informasi kesehatan.
Untuk menentukan kredibilitas konten, evaluator menjawab beberapa pertanyaan penting. Apakah konten memenuhi janjinya atau mencapai sasarannya? Keahlian apa yang diperlukan untuk mencapai sasaran video? Bagaimana reputasi pembicara dalam video dan channel yang menayangkannya? Apa topik utama video (misalnya Berita, Olahraga, Sejarah, Sains, dll.)? Apakah konten ditujukan terutama sebagai satire? Jawaban atas pertanyaan tersebut dan pertanyaan lainnya menentukan kredibilitas sebuah video. Semakin tinggi skor, semakin besar peluang video untuk direkomendasikan, jika itu menyangkut konten berita dan informasi. Untuk menentukan apakah konten tergolong berisiko, evaluator menilai sejumlah faktor yang meliputi, tetapi tidak terbatas pada, apakah konten tidak akurat, menyesatkan atau menipu; tidak sensitif atau intoleran; dan membahayakan atau berpotensi menimbulkan bahaya. Hasil penilaian ini digabung untuk memperoleh skor yang mengindikasikan seberapa mungkin video berisi misinformasi berbahaya atau berisiko. Video yang dikelompokkan sebagai berisiko akan didemosi dalam rekomendasi.
Selanjutnya, evaluator manual melatih sistem kami agar mampu menirukan keputusan mereka. Sekarang, kami bisa menskalakan penilaian mereka ke semua video yang ada di YouTube.
Menjawab pertanyaan umum terkait rekomendasi
Rekomendasi berperan penting di seluruh komunitas kami. Rekomendasi memperkenalkan penonton pada konten yang mereka sukai dan membantu kreator terhubung dengan penonton baru. Bagi masyarakat secara keseluruhan, rekomendasi berguna dalam membantu menghentikan tersebarnya misinformasi berbahaya. Karena, meskipun klik, waktu tonton, survei pengguna, berbagi, suka, dan tidak suka merupakan sinyal penting yang memandu sistem, sinyal tersebut dapat dikesampingkan oleh komitmen kami untuk memenuhi tanggung jawab terhadap komunitas YouTube dan masyarakat.
Ada beberapa pertanyaan lain tentang sistem rekomendasi YouTube yang biasanya diajukan kepada saya dan yang saya rasa penting untuk dibahas:
Apakah konten berisiko memperoleh interaksi tertinggi?
Sebenarnya, melalui survei dan masukan, kami menemukan bahwa sebagian besar penonton tidak ingin menerima rekomendasi konten berisiko. Banyak dari mereka yang menganggap konten semacam itu meresahkan dan menjengkelkan. Faktanya, ketika kami mendemosi konten yang tidak pantas atau vulgar, waktu tonton meningkat 0,5% dalam waktu 2,5 bulan dibandingkan dengan saat kami tidak menerapkan batasan apa pun.
Selain itu, kami tidak menemukan bukti bahwa konten berisiko rata-rata lebih memikat interaksi dibanding jenis konten lainnya. Pikirkan konten dari penganut aliran bumi datar. Meskipun jumlah video yang mengatakan Bumi datar jauh lebih banyak dibanding video yang mengatakan Bumi bulat, video bumi datar rata-rata mendapatkan penayangan jauh lebih sedikit. Survei menunjukkan bahwa konten berisiko hanya memuaskan sebagian kecil penonton di YouTube. Kami telah mencurahkan waktu dan biaya yang signifikan untuk memastikan bahwa konten berisiko tidak sampai pada audiens yang lebih luas melalui sistem rekomendasi kami. Saat ini, konten berisiko mendapatkan sebagian besar penayangannya dari platform lain yang ditautkan ke YouTube.
Apakah konten berisiko meningkatkan waktu tonton YouTube?
Bagi sebagian besar orang, konten berisiko tidak memenuhi kriteria pemanfaatan waktu yang baik di YouTube. Karena itulah, pada tahun 2019 kami mulai mendemosi konten berisiko dalam rekomendasi. Sejak saat itu, kami melihat waktu tonton konten berisiko yang direkomendasikan dan tidak di-subscribe turun 70% di Amerika Serikat. Saat ini, konsumsi konten berisiko yang berasal dari rekomendasi kami jauh di bawah 1%.
Apakah rekomendasi mengarahkan penonton ke konten yang makin ekstrem?
Seperti yang sudah saya jelaskan, kami aktif mendemosi informasi berkualitas rendah dalam rekomendasi. Namun, kami juga mengambil langkah tambahan dengan menunjukkan kepada penonton video kredibel tentang topik-topik yang mungkin mereka minati. Misalkan saya menonton video tentang vaksin COVID-19. Di panel Berikutnya, saya akan melihat video dari sumber tepercaya seperti Vox dan Bloomberg Quicktake, serta tidak akan menemukan video yang berisi informasi menyesatkan tentang vaksin (sejauh yang bisa dideteksi oleh sistem kami).
Selain berita tentang COVID-19 dan video penjelasan tersebut, saya juga akan menerima rekomendasi terpersonalisasi dari topik lain berdasarkan histori tontonan saya—sketsa dari Saturday Night Live atau TEDx Talk tentang Super Mario Effect. Keragaman terpersonalisasi ini memudahkan penonton mengakses subjek dan format baru, bukan video dengan jenis yang sama secara berulang-ulang.
Makin banyak peneliti independen yang mengkaji bagaimana platform teknologi memengaruhi konsumsi konten berisiko. Kendati kajian masih terus berjalan, sejumlah laporan yang diterbitkan akhir-akhir ini menyimpulkan bahwa rekomendasi YouTube tidak mengarahkan penonton ke konten ekstrem. Sebaliknya, konsumsi konten berita dan politik di YouTube secara umum mencerminkan preferensi pribadi yang dapat dilihat di seluruh kebiasaan online penonton.
Apakah konten berisiko menghasilkan uang?
Sebagai awalan, kami memiliki pedoman konten yang cocok untuk pengiklan yang melarang monetisasi banyak jenis konten berisiko. Banyak pengiklan menyampaikan bahwa mereka tidak ingin dikaitkan dengan konten semacam itu di YouTube. Sering kali, mereka juga memilih tidak mengaktifkan iklan pada konten jenis ini. Artinya, setiap video berisiko yang ditonton adalah peluang monetisasi yang dilewatkan, yang berakibat pada hilangnya pendapatan sebenarnya bagi YouTube. Selain itu, konten jenis ini menyemai ketidakpercayaan dan memunculkan keprihatinan tidak hanya bagi partner pengiklan, tetapi juga publik, pers, dan pembuat kebijakan. Kenyataannya adalah upaya kami untuk membangun rekomendasi yang bertanggung jawab telah berkembang, begitu juga perusahaan kami dan kondisi ekonomi komunitas kreator. Tanggung jawab itu baik untuk bisnis.
Dengan semua pertimbangan di atas, mengapa kami tidak langsung saja menghapus konten berisiko? Misinformasi cenderung berubah dan berkembang dengan pesat. Selain itu, berbeda dengan konten seperti terorisme atau keselamatan anak, misinformasi sering tidak memiliki konsensus yang jelas. Misinformasi juga dapat bervariasi sesuai dengan perspektif dan latar belakang pribadi. Terkadang, hal itu berarti kami terpaksa membiarkan konten yang kontroversial atau bahkan menyinggung. Karenanya, kami terus berfokus untuk membangun rekomendasi yang bertanggung jawab dan mengambil langkah bermakna untuk mencegah sistem kami merekomendasikan konten jenis ini secara luas.
Secara keseluruhan, upaya kami dalam membangun rekomendasi yang bertanggung jawab telah menunjukkan dampak nyata. Waktu tonton berita kredibel meningkat drastis dan konsumsi konten berisiko menurun. Bukan berarti kami telah memecahkan masalah; kami harus terus berinvestasi dan mempertajam sistem ini agar makin meningkat kualitasnya. Target kami adalah penayangan konten berisiko dari rekomendasi berada di bawah 0,5% dari keseluruhan penayangan di YouTube.
Misi YouTube adalah memberikan ruang berekspresi dan menunjukkan dunia kepada semua orang. YouTube membuat perbedaan besar dalam kehidupan keluarga saya. Video yang mengajarkan toleransi dan empati meninggalkan bekas yang mendalam dan positif pada karakter anak perempuan tertua saya. Anak laki-laki saya berhasil melalui banyak momen sulit di kelas aljabar linearnya. Saya mempelajari beragam konteks dan nuansa dari ceramah yang disampaikan para tokoh etika teknologi. Komitmen kami pada keterbukaan telah melahirkan perspektif dan gagasan baru yang, tanpa YouTube, mungkin tidak akan memiliki ruang ekspresi. Kreator seperti Marques Brownlee, MostlySane, atau NikkieTutorials telah menginspirasi jutaan orang dengan keahlian, dukungan, dan kejujuran mereka.
Kualitas sistem rekomendasi kami terus meningkat seiring waktu berkat masukan Anda, tetapi kami yakin sistem ini bisa lebih baik lagi. Saya bersama tim bertekad untuk terus mengupayakan hal itu, dan menghadirkan pengalaman yang benar-benar bermanfaat dan bermakna.
Saturday, September 14, 2024
YOUTUBE 2024.......CARA MENJADI SEORANG YOUTUBER
Siapa tak kenal David Gadgetin, Jess No Limit, atau Tasya Farasya? Tiga orang tersebut meraih kesuksesan dengan cara menjadi YouTuber. Kini profesi YouTuber menjadi impian banyak orang untuk berbagi cerita, pengetahuan, dan bakat dengan jutaan orang di seluruh dunia.
Namun, menjadi YouTuber yang sukses bukanlah hal yang mudah. Di balik kesuksesan para YouTuber terkenal, terdapat kerja keras, dedikasi penuh, dan konsistensi tinggi untuk meraih keberhasilan seperti sekarang.
Lantas, bagaimana cara menjadi YouTuber pemula yang sukses, ya? Tenang, di artikel ini, kami akan menjelaskan langkah-langkah menjadi YouTuber untuk pemula. Tanpa basa-basi, ini dia artikel lengkapnya!
Cara Menjadi YouTuber untuk Pemula dalam 17 Langkah
Bagaimana cara menjadi YouTuber pemula yang sukses? Berikut 17 langkah yang dapat Anda terapkan:
Tentukan Minat dan Keahlian Anda.
Pilih Niche Konten YouTube.
Temukan Ciri Khas Anda Sebagai YouTuber.
Pasang Target yang Terukur.
Persiapkan Peralatan yang Dibutuhkan.
Bangun Channel YouTube Anda.
Lengkapi Deskripsi Channel Anda.
Rancang Konten YouTube yang Menarik.
Fokus saat Merekam Video.
Edit Video secara Profesional.
Optimasi Video untuk Pencarian (SEO).
Promosikan Video di Platform Lain.
Buat Jadwal Upload Video yang Konsisten.
Bangun Interaksi Positif dengan Penonton.
Analisis Kinerja Channel YouTube.
Dapatkan Penghasilan melalui YouTube.
Buat Website Sesuai Niche Konten.
Scroll ke bawah untuk lihat penjelasan lengkapnya!
1. Tentukan Minat dan Keahlian Anda
Langkah awal dalam cara menjadi YouTuber adalah menentukan minat dan keahlian. Pilihlah bidang yang memikat hati serta membuat Anda merasa antusias. Dengan begitu, Anda akan selalu termotivasi dalam menciptakan konten video yang otentik.
Selain minat, identifikasi juga keahlian yang Anda miliki untuk diterapkan dalam video YouTube. Hal tersebut dapat memberikan nilai tambah pada karya Anda, sehingga audiens semakin tertarik untuk menonton.
Dengan menggabungkan minat dan keahlian, Anda dapat menjaring viewers yang memiliki ketertarikan serupa.
2. Pilih Niche Konten YouTube
Cara menjadi YouTuber sukses tahap selanjutnya yaitu memilih niche konten berdasarkan minat dan bakat. Niche adalah bidang atau topik khusus yang menjadi fokus konten video YouTube Anda.
Dengan memilih niche yang spesifik, Anda dapat membangun keahlian secara mendalam dan menjadi otoritas pada bidang tersebut. Berikut beberapa niche konten populer yang dapat Anda pilih:
Beauty – Berfokus pada perawatan kulit (skincare), makeup, dan fashion. Contoh: Suhay Salim.
Gaming – Melibatkan konten seputar permainan video, gameplay, maupun ulasan game. Contoh: Jess No Limit.
Culinary – Mencakup resep masakan, tutorial memasak, dan eksplorasi kuliner. Contoh: Ria SW.
Travel – Berisi konten YouTube seputar eksplorasi wisata, vlog perjalanan, dan tips traveling. Contoh: Wira Nurmansyah.
Technology – Membahas tentang review gadget, tutorial teknologi, dan perkembangan dunia IT. Contoh: Gadgetin.
Music – Berfokus pada konten seputar musik, seperti cover lagu, tutorial musik, dan footage konser. Contoh: Tami Aulia.
Horror – Mencakup konten horor, seperti cerita seram dan eksplorasi tempat-tempat angker. Contoh: Lentera Malam.
Jika sudah mendapatkan niche, Anda bisa mulai memikirkan ide konten YouTube yang pas untuk niche terpilih. Nah, beberapa jenis konten yang sedang trending antara lain tutorial, ulasan produk, dan wawancara narasumber.
3. Temukan Ciri Khas Anda sebagai YouTuber
Setelah menentukan niche, tahap berikutnya dalam cara menjadi YouTubers pemula modal HP adalah menemukan ciri khas. Dalam konteks YouTube, ciri khas adalah sesuatu yang membedakan Anda dengan YouTubers lain, meski memiliki niche yang sama.
Berikut beberapa hal yang dapat dipertimbangkan untuk menemukan ciri khas Anda:
Personality – Tampilkan kepribadian yang menarik, tapi tetap autentik di mata audiens. Misalnya humoris, ceplas-ceplos, atau ramah.
Presentasi – Temukan gaya presentasi sesuai dengan kepribadian Anda. Misalnya menyampaikan materi secara mendalam, menyelipkan humor, atau memberikan opini pribadi.
Format Konten – Kembangkan format konten yang menarik dan unik. Keunikan ini dapat dilihat dari opening dan closing, efek visual, maupun hal-hal estetis lain.
4. Pasang Target yang Terukur
Ketika Anda berniat menjadi YouTuber yang sukses, Anda perlu menentukan target secara terukur. Selain untuk memotivasi dan mengarahkan usaha Anda untuk sukses, memiliki target juga bisa membuat Anda jadi lebih realistis.
Lantas, apa saja langkah-langkah memasang target yang terukur untuk YouTube? Berikut beberapa di antaranya:
Subscribers dan Viewers – Tetapkan berapa banyak subscribers dan viewers yang ingin Anda capai dalam jangka waktu tertentu.
Engagement Penonton – Engagement adalah tingkat interaksi penonton terhadap konten video Anda. Tentukan jumlah likes, comments, maupun share yang Anda targetkan di YouTube.
Pendapatan – Jika tujuan Anda adalah untuk menghasilkan uang, maka target penghasilan dari iklan, sponsor, maupun hal lain juga perlu Anda hitung.
Jangka Waktu – Tentukan jangka waktu yang Anda butuhkan untuk mencapai target-target di atas, misalnya bulanan, semester, atau tahunan.
Tentu saja, target yang Anda pasang dan strategi untuk mencapainya dapat Anda sesuaikan dengan kondisi di lapangan.
5. Persiapkan Peralatan yang Dibutuhkan
Cara menjadi YouTuber langkah selanjutnya adalah mempersiapkan segala peralatan yang diperlukan. Peralatan yang baik akan membantu Anda menghasilkan video YouTube yang berkualitas dan profesional.
Di bawah ini kami sajikan daftar perangkat dasar yang dibutuhkan seorang YouTuber:
Kamera – Pilihlah kamera yang sesuai budget dan kebutuhan Anda, seperti kamera DSLR, mirrorless, atau smartphone kekinian dengan kualitas kamera yang baik.
Mikrofon – Gunakan mikrofon eksternal guna meningkatkan kualitas suara dalam video. Contoh mikrofon antara lain mikrofon shotgun, lavalier, dan mikrofon USB.
Pencahayaan – Pastikan Anda merekam video dengan lighting yang memadai. Manfaatkan lampu studio, ring light, atau pencahayaan alami dari sinar matahari.
Komputer – Persiapkan komputer atau laptop berspesifikasi memadai untuk mengedit video dan mengelola channel YouTube Anda.
Software editing – Pilih aplikasi edit video yang sesuai kebutuhan, baik dari segi kemudahan maupun fitur. Contoh software jenis ini antara lain Adobe Premiere Pro, iMovie, dan Final Cut Pro.
Aksesori Tambahan – Selain perangkat di atas, Anda juga dapat mempersiapkan peralatan lain, seperti tripod, backdrop, maupun teleprompter agar kualitas konten video YouTube semakin baik.
Selain peralatan, Anda juga perlu mempersiapkan ruangan kerja yang nyaman untuk shooting dan editing video YouTube. Tak lupa, sediakan akses internet yang memadai agar proses upload video tidak mengalami gangguan.
6. Bangun Channel YouTube Anda
Dalam cara menjadi YouTuber pemula langkah nomor enam, Anda perlu mendaftar akun Google lalu membuat channel YouTube. Jika sudah memiliki keduanya, Anda bisa melompat ke tahap berikutnya.
Namun jika belum, Anda dapat menyimak panduan cara daftar Gmail terlebih dahulu. Kemudian, akses halaman website YouTube dan login menggunakan akun yang baru saja Anda daftarkan.
Setelah masuk ke YouTube, klik pada ikon profil Anda di sudut kanan atas halaman dan pilih opsi Create a channel atau Buat channel. Tuliskan nama yang Anda inginkan untuk channel YouTube baru tersebut.
Oh ya, pastikan nama channel tersebut mencerminkan konten video YouTube yang akan Anda sajikan, ya.
7. Lengkapi Deskripsi Channel Anda
Setelah membuat channel YouTube, cara menjadi Youtuber pemula modal HP berikutnya yaitu melengkapi deskripsi channel tersebut. Deskripsi merupakan aspek penting untuk membantu penonton memahami konten Anda dan mendorong mereka menjadi subscriber.
Nah, berikut beberapa tips melengkapi deskripsi channel YouTube:
Foto Profil dan Gambar Sampul – Foto profil dan cover sebenarnya bukan bagian dari deskripsi. Namun, keduanya merupakan representasi visual akun YouTube Anda. Untuk itu, buatlah desain foto profil dan cover yang menarik dan tampak profesional.
Deskripsi Channel – Tulis deskripsi yang informatif dan menarik tentang channel Anda. Jelaskan konten video YouTube dan alasan kenapa pemirsa perlu menonton video yang Anda upload.
Kontak, Media Sosial dan Link Relevan – Sertakan informasi kontak seperti alamat email, akun media sosial, dan link menuju website Anda. Hal ini dapat membuka peluang untuk tawaran kerja sama, pertanyaan, maupun feedback dari penonton.
Jadwal Video – Jika Anda memiliki jadwal upload video yang rutin, tak ada salahnya untuk menginformasikan hal tersebut ke penonton, guna mengantisipasi animo penonton.
Call-to-Action – Call to Action atau CTA adalah tombol untuk mengajak pengguna melakukan sesuatu. Pada YouTube, Anda dapat menambahkan CTA untuk mendorong pengunjung berlangganan, mengaktifkan notifikasi, atau bentuk interaksi lain.
Jika masih bingung, contoh deskripsi channel YouTube di atas dapat Anda jadikan sebagai inspirasi.
8. Rancang Konten YouTube yang Menarik
Langkah nomor delapan dalam cara jadi YouTuber untuk pemula adalah merancang konten yang menarik. Tahap ini perlu dipersiapkan dengan matang, karena konten yang menarik adalah senjata utama untuk meraup viewers.
Untuk memulai, Anda dapat melakukan riset keyword YouTube tentang tren dan minat penonton di niche Anda. Identifikasi topik yang populer dan relevan, lalu buatlah rencana konten video yang terstruktur sesuai dengan target audiens Anda.
Kemudian, kembangkan topik atau masalah yang akan dibahas. Buat alur yang jelas dan menggugah ketertarikan pemirsa. Jangan lupa untuk menambahkan nilai tambah, seperti pengetahuan, hiburan, atau solusi yang bermanfaat.
9. Fokus saat Merekam Video
Cara menjadi YouTuber yang sukses tahap berikutnya adalah fokus saat merekam video. Penting bagi Anda untuk mempertahankan fokus ketika shooting konten YouTube, agar hasil video menjadi lebih maksimal.
Persiapkan dulu script atau naskah sebelum memulai perekaman. Hal ini akan membantu Anda mengorganisir pikiran, menghindari kebingungan, dan meminimalkan kesalahan. Jika diperlukan, latih kefasihan untuk menjaga kelancaran verbal saat merekam.
Kemudian, berikan perhatian penuh pada kamera saat merekam video. Jaga kontak mata untuk membangun ikatan emosional dengan penonton. Berbicaralah dengan penuh percaya diri, atur kecepatan bicara dan intonasi sesuai konten yang Anda sajikan.
10. Edit Video secara Profesional
Selesai merekam video, langkah selanjutnya dalam cara jadi YouTuber sukses untuk pemula adalah mengedit video secara profesional. Editing ini penting untuk meningkatkan hasil video, menghilangkan kesalahan, dan mempercantik tampilan konten video YouTube.
Pilihlah aplikasi edit video sesuai dengan kebutuhan, serta pelajari fungsi dasar dan fitur-fitur yang tersedia pada aplikasi tersebut. Selanjutnya, perhatikan tiga aspek utama pengeditan video, yakni pemotongan klip, transisi, dan penyuntingan audio.
Pemotongan video terdiri dari menghapus bagian tak diperlukan dan menata urutan klip. Gunakan transisi untuk memperhalus aliran visual antar klip. Kemudian, atur audio untuk memastikan kejelasan suara dan memasukan efek suara pendukung.
11. Optimasi Video untuk Pencarian (SEO)
Cara menjadi YouTuber pemula modal HP langkah berikutnya yaitu mengoptimasi video untuk visibilitas pencarian. Masih ingat tahap riset keyword pada poin delapan? Keyword tersebut akan Anda manfaatkan lagi pada langkah yang satu ini.
Secara singkat, ini dia langkah-langkah optimasi SEO YouTube:
Judul video – Pilihlah judul yang menarik, singkat, dan menggambarkan isi konten video YouTube Anda. Selipkan keyword pada judul agar memudahkan mesin pencari mengidentifikasi video.
Deskripsi video – Gunakan deskripsi informatif dan paragraf pertama yang kuat untuk menarik minat audiens. Jangan lupa, sebar keyword pada deskripsi video guna memperkuat optimasi SEO.
Tag – Manfaatkan keyword sebagai tag pendukung untuk membantu indeksasi dan pengkategorian video oleh mesin pencari YouTube.
Transkripsi – Jika diperlukan, tambahkan transkripsi atau Closed Caption (CC) untuk meningkatkan aksesibilitas video bagi penonton yang membutuhkan.
Thumbnail – Buatlah thumbnail yang menarik dan mencerminkan isi video, guna menarik perhatian penonton serta meningkatkan peluang klik.
12. Promosikan Video di Platform Lain
Tahap berikutnya dalam cara menjadi content creator YouTube adalah mempromosikan video di platform lain. Dengan mempromosikan video YouTube, Anda berkesempatan menjangkau audiens yang lebih luas.
Salah satu cara promosi yang efektif adalah melalui media sosial. Bagikan link dan teaser video lewat Facebook, Twitter, Instagram, atau akun milik Anda lainnya. Tambahkan deskripsi, thumbnail, dan keyword relevan untuk memancing ketertarikan audiens.
Anda juga dapat mempromosikan konten YouTube via website atau blog pribadi. Buatlah postingan atau artikel berkaitan dengan isi video. Jangan lupa sisipkan tautan atau embed menuju halaman video tersebut di YouTube.
13. Buat Jadwal Upload Video yang Konsisten
Cara menjadi YouTuber untuk pemula langkah selanjutnya yaitu membuat jadwal upload secara konsisten. Rutin menjadwalkan video menunjukkan komitmen Anda terhadap audiens, sehingga dalam jangka panjang dapat menambah viewer YouTube.
Tentukan frekuensi upload yang realistis, misalnya setiap hari, seminggu sekali, atau beberapa kali dalam sebulan, sesuai ketersediaan waktu Anda. Jika terjadi perubahan jadwal, sampaikan ke penonton agar mereka tetap mengikuti konten terbaru Anda.
Tak lupa, buatlah rencana konten yang menarik dibahas untuk beberapa waktu ke depan. Hal tersebut memudahkan proses produksi video, serta mengurangi risiko kebuntuan ide konten yang bisa saja terjadi.
14. Bangun Interaksi Positif dengan Penonton
Membangun interaksi yang positif dengan audiens adalah aspek penting dalam cara menjadi YouTuber pemula modal HP. Pertama, selalu tanggapi komentar dan pertanyaan di video Anda. Luangkan waktu untuk berdiskusi dan mengapresiasi dukungan mereka.
Selain itu, buatlah penonton merasa dilibatkan pada konten video Anda. Caranya bisa dengan mengadakan polling atau mengajukan pertanyaan menarik guna menggali pendapat dan pemikiran mereka.
Pertimbangkan juga mengadakan sesi tanya jawab (QnA) dan live streaming dengan viewers. Ini adalah kesempatan Anda untuk berinteraksi secara langsung dan membangun hubungan yang lebih dekat.
15. Analisis Kinerja Channel Anda
Langkah selanjutnya dalam cara menjadi YouTuber yang sukses yaitu menganalisis perkembangan channel YouTube. Ada beberapa tool yang dapat dicoba menganalisis data dan statistik, seperti YouTube Desktop Dashboard.
YouTube Desktop Dashboard adalah dasbor khusus yang memberikan gambaran performa akun YouTube Anda. Di sini, Anda dapat mengetahui performa video berdasarkan metrik-metrik tertentu, maupun rangkuman kinerja channel keseluruhan.
Analytic tool yang satu ini juga memudahkan Anda untuk mengetahui konten jenis apa yang disukai audiens, serta memberikan inspirasi ide konten yang menarik untuk diproduksi di masa mendatang.
16. Dapatkan Penghasilan melalui YouTube
Cara jadi YouTube untuk pemula tahap berikutnya yaitu mendapatkan penghasilan melalui YouTube. Apabila channel YouTube Anda berhasil berkembang, Anda bisa mulai mempertimbangkan platform ini untuk mendulang keuntungan.
Ada beberapa cara mendapatkan uang dari YouTube yang bisa Anda upayakan, seperti:
Monetisasi Iklan – Anda berkesempatan untuk mengaktifkan iklan di video dengan cara daftar Adsense YouTube, dengan catatan akun YouTube Anda sudah memenuhi syarat monetisasi.
Konten Bersponsor – Lakukan kerja sama dengan brand yang relevan dengan niche Anda, untuk membuat konten berisi promosi produk atau layanan yang ditawarkan brand tersebut.
Afiliasi Produk – Anda bisa memasukkan tautan afiliasi ke dalam deskripsi video atau konten itu sendiri, lalu mendapatkan komisi dari penonton yang membeli via link tersebut.
Merchandise – Pertimbangkan juga untuk menjual merchandise, produk, atau layanan milik sendiri melalui channel YouTube kepada para penggemar setia.
17. Buat Website Sesuai Niche Konten
Langkah terakhir pada cara menjadi YouTuber adalah membangun website berdasarkan niche konten YouTube. Website dapat Anda manfaatkan sebagai platform tambahan untuk memperluas jangkauan konten dan meningkatkan kehadiran online.
Melalui website, Anda dapat menyediakan konten eksklusif, artikel pendukung, serta informasi menarik lain yang tidak bisa pengunjung nikmati di YouTube. Website juga memberikan Anda kontrol lebih luas, tanpa terpengaruh kebijakan dan algoritma YouTube.
Untuk membuat website, Anda perlu beli hosting dan domain. Hosting berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan file website, sedangkan domain merupakan alamat unik untuk mengakses website Anda.
Tak perlu jauh-jauh, karena Niagahoster menyediakan layanan hosting yang sesuai kebutuhan Anda. Selain itu, hosting Niagahoster sudah termasuk domain gratis untuk satu tahun pertama, loh. Yuk berlangganan sekarang!
Bangun Karir Anda sebagai YouTuber Sekarang!
Berkarir sebagai YouTuber telah menjadi salah satu pilihan mendapatkan uang dari internet yang menjanjikan. Pada artikel ini, kami telah menjelaskan cara menjadi YouTuber sukses untuk pemula dalam beberapa langkah.
Mulai dari memilih niche konten yang menarik, mempersiapkan peralatan, memproduksi video, sampai membangun interaksi dengan penonton setia. Setelah membaca artikel ini, apakah Anda tertarik menjadi YouTuber?
Jika ya, terapkan langkah-langkah di atas dengan penuh dedikasi, kreativitas, dan ketekunan. Selain itu, teruslah beradaptasi dengan perubahan tren dan preferensi audiens, serta kembangkan kualitas dan nilai tambah konten Anda.
Dengan begitu, Anda dapat membangun channel YouTube sendiri dan menggapai tujuan Anda sebagai YouTuber. Selamat menciptakan konten luar biasa dan semoga sukses dalam perjalanan menjadi YouTuber!
TRIK JITU DAN LANGKAH LANGKAH MENJADI YOUTUBE
Siapa tak kenal David Gadgetin, Jess No Limit, atau Tasya Farasya? Tiga orang tersebut meraih kesuksesan dengan cara menjadi YouTuber. Kini profesi YouTuber menjadi impian banyak orang untuk berbagi cerita, pengetahuan, dan bakat dengan jutaan orang di seluruh dunia.
Namun, menjadi YouTuber yang sukses bukanlah hal yang mudah. Di balik kesuksesan para YouTuber terkenal, terdapat kerja keras, dedikasi penuh, dan konsistensi tinggi untuk meraih keberhasilan seperti sekarang.
Lantas, bagaimana cara menjadi YouTuber pemula yang sukses, ya? Tenang, di artikel ini, kami akan menjelaskan langkah-langkah menjadi YouTuber untuk pemula. Tanpa basa-basi, ini dia artikel lengkapnya!
Cara Menjadi YouTuber untuk Pemula dalam 17 Langkah
Bagaimana cara menjadi YouTuber pemula yang sukses? Berikut 17 langkah yang dapat Anda terapkan:
Tentukan Minat dan Keahlian Anda.
Pilih Niche Konten YouTube.
Temukan Ciri Khas Anda Sebagai YouTuber.
Pasang Target yang Terukur.
Persiapkan Peralatan yang Dibutuhkan.
Bangun Channel YouTube Anda.
Lengkapi Deskripsi Channel Anda.
Rancang Konten YouTube yang Menarik.
Fokus saat Merekam Video.
Edit Video secara Profesional.
Optimasi Video untuk Pencarian (SEO).
Promosikan Video di Platform Lain.
Buat Jadwal Upload Video yang Konsisten.
Bangun Interaksi Positif dengan Penonton.
Analisis Kinerja Channel YouTube.
Dapatkan Penghasilan melalui YouTube.
Buat Website Sesuai Niche Konten.
Scroll ke bawah untuk lihat penjelasan lengkapnya!
1. Tentukan Minat dan Keahlian Anda
Langkah awal dalam cara menjadi YouTuber adalah menentukan minat dan keahlian. Pilihlah bidang yang memikat hati serta membuat Anda merasa antusias. Dengan begitu, Anda akan selalu termotivasi dalam menciptakan konten video yang otentik.
Selain minat, identifikasi juga keahlian yang Anda miliki untuk diterapkan dalam video YouTube. Hal tersebut dapat memberikan nilai tambah pada karya Anda, sehingga audiens semakin tertarik untuk menonton.
Dengan menggabungkan minat dan keahlian, Anda dapat menjaring viewers yang memiliki ketertarikan serupa.
2. Pilih Niche Konten YouTube
Cara menjadi YouTuber sukses tahap selanjutnya yaitu memilih niche konten berdasarkan minat dan bakat. Niche adalah bidang atau topik khusus yang menjadi fokus konten video YouTube Anda.
Dengan memilih niche yang spesifik, Anda dapat membangun keahlian secara mendalam dan menjadi otoritas pada bidang tersebut. Berikut beberapa niche konten populer yang dapat Anda pilih:
Beauty – Berfokus pada perawatan kulit (skincare), makeup, dan fashion. Contoh: Suhay Salim.
Gaming – Melibatkan konten seputar permainan video, gameplay, maupun ulasan game. Contoh: Jess No Limit.
Culinary – Mencakup resep masakan, tutorial memasak, dan eksplorasi kuliner. Contoh: Ria SW.
Travel – Berisi konten YouTube seputar eksplorasi wisata, vlog perjalanan, dan tips traveling. Contoh: Wira Nurmansyah.
Technology – Membahas tentang review gadget, tutorial teknologi, dan perkembangan dunia IT. Contoh: Gadgetin.
Music – Berfokus pada konten seputar musik, seperti cover lagu, tutorial musik, dan footage konser. Contoh: Tami Aulia.
Horror – Mencakup konten horor, seperti cerita seram dan eksplorasi tempat-tempat angker. Contoh: Lentera Malam.
Jika sudah mendapatkan niche, Anda bisa mulai memikirkan ide konten YouTube yang pas untuk niche terpilih. Nah, beberapa jenis konten yang sedang trending antara lain tutorial, ulasan produk, dan wawancara narasumber.
3. Temukan Ciri Khas Anda sebagai YouTuber
Setelah menentukan niche, tahap berikutnya dalam cara menjadi YouTubers pemula modal HP adalah menemukan ciri khas. Dalam konteks YouTube, ciri khas adalah sesuatu yang membedakan Anda dengan YouTubers lain, meski memiliki niche yang sama.
Berikut beberapa hal yang dapat dipertimbangkan untuk menemukan ciri khas Anda:
Personality – Tampilkan kepribadian yang menarik, tapi tetap autentik di mata audiens. Misalnya humoris, ceplas-ceplos, atau ramah.
Presentasi – Temukan gaya presentasi sesuai dengan kepribadian Anda. Misalnya menyampaikan materi secara mendalam, menyelipkan humor, atau memberikan opini pribadi.
Format Konten – Kembangkan format konten yang menarik dan unik. Keunikan ini dapat dilihat dari opening dan closing, efek visual, maupun hal-hal estetis lain.
4. Pasang Target yang Terukur
Ketika Anda berniat menjadi YouTuber yang sukses, Anda perlu menentukan target secara terukur. Selain untuk memotivasi dan mengarahkan usaha Anda untuk sukses, memiliki target juga bisa membuat Anda jadi lebih realistis.
Lantas, apa saja langkah-langkah memasang target yang terukur untuk YouTube? Berikut beberapa di antaranya:
Subscribers dan Viewers – Tetapkan berapa banyak subscribers dan viewers yang ingin Anda capai dalam jangka waktu tertentu.
Engagement Penonton – Engagement adalah tingkat interaksi penonton terhadap konten video Anda. Tentukan jumlah likes, comments, maupun share yang Anda targetkan di YouTube.
Pendapatan – Jika tujuan Anda adalah untuk menghasilkan uang, maka target penghasilan dari iklan, sponsor, maupun hal lain juga perlu Anda hitung.
Jangka Waktu – Tentukan jangka waktu yang Anda butuhkan untuk mencapai target-target di atas, misalnya bulanan, semester, atau tahunan.
Tentu saja, target yang Anda pasang dan strategi untuk mencapainya dapat Anda sesuaikan dengan kondisi di lapangan.
5. Persiapkan Peralatan yang Dibutuhkan
Cara menjadi YouTuber langkah selanjutnya adalah mempersiapkan segala peralatan yang diperlukan. Peralatan yang baik akan membantu Anda menghasilkan video YouTube yang berkualitas dan profesional.
Di bawah ini kami sajikan daftar perangkat dasar yang dibutuhkan seorang YouTuber:
Kamera – Pilihlah kamera yang sesuai budget dan kebutuhan Anda, seperti kamera DSLR, mirrorless, atau smartphone kekinian dengan kualitas kamera yang baik.
Mikrofon – Gunakan mikrofon eksternal guna meningkatkan kualitas suara dalam video. Contoh mikrofon antara lain mikrofon shotgun, lavalier, dan mikrofon USB.
Pencahayaan – Pastikan Anda merekam video dengan lighting yang memadai. Manfaatkan lampu studio, ring light, atau pencahayaan alami dari sinar matahari.
Komputer – Persiapkan komputer atau laptop berspesifikasi memadai untuk mengedit video dan mengelola channel YouTube Anda.
Software editing – Pilih aplikasi edit video yang sesuai kebutuhan, baik dari segi kemudahan maupun fitur. Contoh software jenis ini antara lain Adobe Premiere Pro, iMovie, dan Final Cut Pro.
Aksesori Tambahan – Selain perangkat di atas, Anda juga dapat mempersiapkan peralatan lain, seperti tripod, backdrop, maupun teleprompter agar kualitas konten video YouTube semakin baik.
Selain peralatan, Anda juga perlu mempersiapkan ruangan kerja yang nyaman untuk shooting dan editing video YouTube. Tak lupa, sediakan akses internet yang memadai agar proses upload video tidak mengalami gangguan.
6. Bangun Channel YouTube Anda
Dalam cara menjadi YouTuber pemula langkah nomor enam, Anda perlu mendaftar akun Google lalu membuat channel YouTube. Jika sudah memiliki keduanya, Anda bisa melompat ke tahap berikutnya.
Namun jika belum, Anda dapat menyimak panduan cara daftar Gmail terlebih dahulu. Kemudian, akses halaman website YouTube dan login menggunakan akun yang baru saja Anda daftarkan.
Setelah masuk ke YouTube, klik pada ikon profil Anda di sudut kanan atas halaman dan pilih opsi Create a channel atau Buat channel. Tuliskan nama yang Anda inginkan untuk channel YouTube baru tersebut.
Oh ya, pastikan nama channel tersebut mencerminkan konten video YouTube yang akan Anda sajikan, ya.
7. Lengkapi Deskripsi Channel Anda
Setelah membuat channel YouTube, cara menjadi Youtuber pemula modal HP berikutnya yaitu melengkapi deskripsi channel tersebut. Deskripsi merupakan aspek penting untuk membantu penonton memahami konten Anda dan mendorong mereka menjadi subscriber.
Nah, berikut beberapa tips melengkapi deskripsi channel YouTube:
Foto Profil dan Gambar Sampul – Foto profil dan cover sebenarnya bukan bagian dari deskripsi. Namun, keduanya merupakan representasi visual akun YouTube Anda. Untuk itu, buatlah desain foto profil dan cover yang menarik dan tampak profesional.
Deskripsi Channel – Tulis deskripsi yang informatif dan menarik tentang channel Anda. Jelaskan konten video YouTube dan alasan kenapa pemirsa perlu menonton video yang Anda upload.
Kontak, Media Sosial dan Link Relevan – Sertakan informasi kontak seperti alamat email, akun media sosial, dan link menuju website Anda. Hal ini dapat membuka peluang untuk tawaran kerja sama, pertanyaan, maupun feedback dari penonton.
Jadwal Video – Jika Anda memiliki jadwal upload video yang rutin, tak ada salahnya untuk menginformasikan hal tersebut ke penonton, guna mengantisipasi animo penonton.
Call-to-Action – Call to Action atau CTA adalah tombol untuk mengajak pengguna melakukan sesuatu. Pada YouTube, Anda dapat menambahkan CTA untuk mendorong pengunjung berlangganan, mengaktifkan notifikasi, atau bentuk interaksi lain.
Jika masih bingung, contoh deskripsi channel YouTube di atas dapat Anda jadikan sebagai inspirasi.
8. Rancang Konten YouTube yang Menarik
Langkah nomor delapan dalam cara jadi YouTuber untuk pemula adalah merancang konten yang menarik. Tahap ini perlu dipersiapkan dengan matang, karena konten yang menarik adalah senjata utama untuk meraup viewers.
Untuk memulai, Anda dapat melakukan riset keyword YouTube tentang tren dan minat penonton di niche Anda. Identifikasi topik yang populer dan relevan, lalu buatlah rencana konten video yang terstruktur sesuai dengan target audiens Anda.
Kemudian, kembangkan topik atau masalah yang akan dibahas. Buat alur yang jelas dan menggugah ketertarikan pemirsa. Jangan lupa untuk menambahkan nilai tambah, seperti pengetahuan, hiburan, atau solusi yang bermanfaat.
9. Fokus saat Merekam Video
Cara menjadi YouTuber yang sukses tahap berikutnya adalah fokus saat merekam video. Penting bagi Anda untuk mempertahankan fokus ketika shooting konten YouTube, agar hasil video menjadi lebih maksimal.
Persiapkan dulu script atau naskah sebelum memulai perekaman. Hal ini akan membantu Anda mengorganisir pikiran, menghindari kebingungan, dan meminimalkan kesalahan. Jika diperlukan, latih kefasihan untuk menjaga kelancaran verbal saat merekam.
Kemudian, berikan perhatian penuh pada kamera saat merekam video. Jaga kontak mata untuk membangun ikatan emosional dengan penonton. Berbicaralah dengan penuh percaya diri, atur kecepatan bicara dan intonasi sesuai konten yang Anda sajikan.
10. Edit Video secara Profesional
Selesai merekam video, langkah selanjutnya dalam cara jadi YouTuber sukses untuk pemula adalah mengedit video secara profesional. Editing ini penting untuk meningkatkan hasil video, menghilangkan kesalahan, dan mempercantik tampilan konten video YouTube.
Pilihlah aplikasi edit video sesuai dengan kebutuhan, serta pelajari fungsi dasar dan fitur-fitur yang tersedia pada aplikasi tersebut. Selanjutnya, perhatikan tiga aspek utama pengeditan video, yakni pemotongan klip, transisi, dan penyuntingan audio.
Pemotongan video terdiri dari menghapus bagian tak diperlukan dan menata urutan klip. Gunakan transisi untuk memperhalus aliran visual antar klip. Kemudian, atur audio untuk memastikan kejelasan suara dan memasukan efek suara pendukung.
11. Optimasi Video untuk Pencarian (SEO)
Cara menjadi YouTuber pemula modal HP langkah berikutnya yaitu mengoptimasi video untuk visibilitas pencarian. Masih ingat tahap riset keyword pada poin delapan? Keyword tersebut akan Anda manfaatkan lagi pada langkah yang satu ini.
Secara singkat, ini dia langkah-langkah optimasi SEO YouTube:
Judul video – Pilihlah judul yang menarik, singkat, dan menggambarkan isi konten video YouTube Anda. Selipkan keyword pada judul agar memudahkan mesin pencari mengidentifikasi video.
Deskripsi video – Gunakan deskripsi informatif dan paragraf pertama yang kuat untuk menarik minat audiens. Jangan lupa, sebar keyword pada deskripsi video guna memperkuat optimasi SEO.
Tag – Manfaatkan keyword sebagai tag pendukung untuk membantu indeksasi dan pengkategorian video oleh mesin pencari YouTube.
Transkripsi – Jika diperlukan, tambahkan transkripsi atau Closed Caption (CC) untuk meningkatkan aksesibilitas video bagi penonton yang membutuhkan.
Thumbnail – Buatlah thumbnail yang menarik dan mencerminkan isi video, guna menarik perhatian penonton serta meningkatkan peluang klik.
12. Promosikan Video di Platform Lain
Tahap berikutnya dalam cara menjadi content creator YouTube adalah mempromosikan video di platform lain. Dengan mempromosikan video YouTube, Anda berkesempatan menjangkau audiens yang lebih luas.
Salah satu cara promosi yang efektif adalah melalui media sosial. Bagikan link dan teaser video lewat Facebook, Twitter, Instagram, atau akun milik Anda lainnya. Tambahkan deskripsi, thumbnail, dan keyword relevan untuk memancing ketertarikan audiens.
Anda juga dapat mempromosikan konten YouTube via website atau blog pribadi. Buatlah postingan atau artikel berkaitan dengan isi video. Jangan lupa sisipkan tautan atau embed menuju halaman video tersebut di YouTube.
13. Buat Jadwal Upload Video yang Konsisten
Cara menjadi YouTuber untuk pemula langkah selanjutnya yaitu membuat jadwal upload secara konsisten. Rutin menjadwalkan video menunjukkan komitmen Anda terhadap audiens, sehingga dalam jangka panjang dapat menambah viewer YouTube.
Tentukan frekuensi upload yang realistis, misalnya setiap hari, seminggu sekali, atau beberapa kali dalam sebulan, sesuai ketersediaan waktu Anda. Jika terjadi perubahan jadwal, sampaikan ke penonton agar mereka tetap mengikuti konten terbaru Anda.
Tak lupa, buatlah rencana konten yang menarik dibahas untuk beberapa waktu ke depan. Hal tersebut memudahkan proses produksi video, serta mengurangi risiko kebuntuan ide konten yang bisa saja terjadi.
14. Bangun Interaksi Positif dengan Penonton
Membangun interaksi yang positif dengan audiens adalah aspek penting dalam cara menjadi YouTuber pemula modal HP. Pertama, selalu tanggapi komentar dan pertanyaan di video Anda. Luangkan waktu untuk berdiskusi dan mengapresiasi dukungan mereka.
Selain itu, buatlah penonton merasa dilibatkan pada konten video Anda. Caranya bisa dengan mengadakan polling atau mengajukan pertanyaan menarik guna menggali pendapat dan pemikiran mereka.
Pertimbangkan juga mengadakan sesi tanya jawab (QnA) dan live streaming dengan viewers. Ini adalah kesempatan Anda untuk berinteraksi secara langsung dan membangun hubungan yang lebih dekat.
15. Analisis Kinerja Channel Anda
Langkah selanjutnya dalam cara menjadi YouTuber yang sukses yaitu menganalisis perkembangan channel YouTube. Ada beberapa tool yang dapat dicoba menganalisis data dan statistik, seperti YouTube Desktop Dashboard.
YouTube Desktop Dashboard adalah dasbor khusus yang memberikan gambaran performa akun YouTube Anda. Di sini, Anda dapat mengetahui performa video berdasarkan metrik-metrik tertentu, maupun rangkuman kinerja channel keseluruhan.
Analytic tool yang satu ini juga memudahkan Anda untuk mengetahui konten jenis apa yang disukai audiens, serta memberikan inspirasi ide konten yang menarik untuk diproduksi di masa mendatang.
16. Dapatkan Penghasilan melalui YouTube
Cara jadi YouTube untuk pemula tahap berikutnya yaitu mendapatkan penghasilan melalui YouTube. Apabila channel YouTube Anda berhasil berkembang, Anda bisa mulai mempertimbangkan platform ini untuk mendulang keuntungan.
Ada beberapa cara mendapatkan uang dari YouTube yang bisa Anda upayakan, seperti:
Monetisasi Iklan – Anda berkesempatan untuk mengaktifkan iklan di video dengan cara daftar Adsense YouTube, dengan catatan akun YouTube Anda sudah memenuhi syarat monetisasi.
Konten Bersponsor – Lakukan kerja sama dengan brand yang relevan dengan niche Anda, untuk membuat konten berisi promosi produk atau layanan yang ditawarkan brand tersebut.
Afiliasi Produk – Anda bisa memasukkan tautan afiliasi ke dalam deskripsi video atau konten itu sendiri, lalu mendapatkan komisi dari penonton yang membeli via link tersebut.
Merchandise – Pertimbangkan juga untuk menjual merchandise, produk, atau layanan milik sendiri melalui channel YouTube kepada para penggemar setia.
17. Buat Website Sesuai Niche Konten
Langkah terakhir pada cara menjadi YouTuber adalah membangun website berdasarkan niche konten YouTube. Website dapat Anda manfaatkan sebagai platform tambahan untuk memperluas jangkauan konten dan meningkatkan kehadiran online.
Melalui website, Anda dapat menyediakan konten eksklusif, artikel pendukung, serta informasi menarik lain yang tidak bisa pengunjung nikmati di YouTube. Website juga memberikan Anda kontrol lebih luas, tanpa terpengaruh kebijakan dan algoritma YouTube.
Untuk membuat website, Anda perlu beli hosting dan domain. Hosting berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan file website, sedangkan domain merupakan alamat unik untuk mengakses website Anda.
Tak perlu jauh-jauh, karena Niagahoster menyediakan layanan hosting yang sesuai kebutuhan Anda. Selain itu, hosting Niagahoster sudah termasuk domain gratis untuk satu tahun pertama, loh. Yuk berlangganan sekarang!
Bangun Karir Anda sebagai YouTuber Sekarang!
Berkarir sebagai YouTuber telah menjadi salah satu pilihan mendapatkan uang dari internet yang menjanjikan. Pada artikel ini, kami telah menjelaskan cara menjadi YouTuber sukses untuk pemula dalam beberapa langkah.
Mulai dari memilih niche konten yang menarik, mempersiapkan peralatan, memproduksi video, sampai membangun interaksi dengan penonton setia. Setelah membaca artikel ini, apakah Anda tertarik menjadi YouTuber?
Jika ya, terapkan langkah-langkah di atas dengan penuh dedikasi, kreativitas, dan ketekunan. Selain itu, teruslah beradaptasi dengan perubahan tren dan preferensi audiens, serta kembangkan kualitas dan nilai tambah konten Anda.
Dengan begitu, Anda dapat membangun channel YouTube sendiri dan menggapai tujuan Anda sebagai YouTuber. Selamat menciptakan konten luar biasa dan semoga sukses dalam perjalanan menjadi YouTuber!
YOUTUBER PEMULA WAJIB TAHU.....!!!
Siapa tak kenal David Gadgetin, Jess No Limit, atau Tasya Farasya? Tiga orang tersebut meraih kesuksesan dengan cara menjadi YouTuber. Kini profesi YouTuber menjadi impian banyak orang untuk berbagi cerita, pengetahuan, dan bakat dengan jutaan orang di seluruh dunia.
Namun, menjadi YouTuber yang sukses bukanlah hal yang mudah. Di balik kesuksesan para YouTuber terkenal, terdapat kerja keras, dedikasi penuh, dan konsistensi tinggi untuk meraih keberhasilan seperti sekarang.
Lantas, bagaimana cara menjadi YouTuber pemula yang sukses, ya? Tenang, di artikel ini, kami akan menjelaskan langkah-langkah menjadi YouTuber untuk pemula. Tanpa basa-basi, ini dia artikel lengkapnya!
Cara Menjadi YouTuber untuk Pemula dalam 17 Langkah
Bagaimana cara menjadi YouTuber pemula yang sukses? Berikut 17 langkah yang dapat Anda terapkan:
Tentukan Minat dan Keahlian Anda.
Pilih Niche Konten YouTube.
Temukan Ciri Khas Anda Sebagai YouTuber.
Pasang Target yang Terukur.
Persiapkan Peralatan yang Dibutuhkan.
Bangun Channel YouTube Anda.
Lengkapi Deskripsi Channel Anda.
Rancang Konten YouTube yang Menarik.
Fokus saat Merekam Video.
Edit Video secara Profesional.
Optimasi Video untuk Pencarian (SEO).
Promosikan Video di Platform Lain.
Buat Jadwal Upload Video yang Konsisten.
Bangun Interaksi Positif dengan Penonton.
Analisis Kinerja Channel YouTube.
Dapatkan Penghasilan melalui YouTube.
Buat Website Sesuai Niche Konten.
Scroll ke bawah untuk lihat penjelasan lengkapnya!
1. Tentukan Minat dan Keahlian Anda
Langkah awal dalam cara menjadi YouTuber adalah menentukan minat dan keahlian. Pilihlah bidang yang memikat hati serta membuat Anda merasa antusias. Dengan begitu, Anda akan selalu termotivasi dalam menciptakan konten video yang otentik.
Selain minat, identifikasi juga keahlian yang Anda miliki untuk diterapkan dalam video YouTube. Hal tersebut dapat memberikan nilai tambah pada karya Anda, sehingga audiens semakin tertarik untuk menonton.
Dengan menggabungkan minat dan keahlian, Anda dapat menjaring viewers yang memiliki ketertarikan serupa.
2. Pilih Niche Konten YouTube
Cara menjadi YouTuber sukses tahap selanjutnya yaitu memilih niche konten berdasarkan minat dan bakat. Niche adalah bidang atau topik khusus yang menjadi fokus konten video YouTube Anda.
Dengan memilih niche yang spesifik, Anda dapat membangun keahlian secara mendalam dan menjadi otoritas pada bidang tersebut. Berikut beberapa niche konten populer yang dapat Anda pilih:
Beauty – Berfokus pada perawatan kulit (skincare), makeup, dan fashion. Contoh: Suhay Salim.
Gaming – Melibatkan konten seputar permainan video, gameplay, maupun ulasan game. Contoh: Jess No Limit.
Culinary – Mencakup resep masakan, tutorial memasak, dan eksplorasi kuliner. Contoh: Ria SW.
Travel – Berisi konten YouTube seputar eksplorasi wisata, vlog perjalanan, dan tips traveling. Contoh: Wira Nurmansyah.
Technology – Membahas tentang review gadget, tutorial teknologi, dan perkembangan dunia IT. Contoh: Gadgetin.
Music – Berfokus pada konten seputar musik, seperti cover lagu, tutorial musik, dan footage konser. Contoh: Tami Aulia.
Horror – Mencakup konten horor, seperti cerita seram dan eksplorasi tempat-tempat angker. Contoh: Lentera Malam.
Jika sudah mendapatkan niche, Anda bisa mulai memikirkan ide konten YouTube yang pas untuk niche terpilih. Nah, beberapa jenis konten yang sedang trending antara lain tutorial, ulasan produk, dan wawancara narasumber.
3. Temukan Ciri Khas Anda sebagai YouTuber
Setelah menentukan niche, tahap berikutnya dalam cara menjadi YouTubers pemula modal HP adalah menemukan ciri khas. Dalam konteks YouTube, ciri khas adalah sesuatu yang membedakan Anda dengan YouTubers lain, meski memiliki niche yang sama.
Berikut beberapa hal yang dapat dipertimbangkan untuk menemukan ciri khas Anda:
Personality – Tampilkan kepribadian yang menarik, tapi tetap autentik di mata audiens. Misalnya humoris, ceplas-ceplos, atau ramah.
Presentasi – Temukan gaya presentasi sesuai dengan kepribadian Anda. Misalnya menyampaikan materi secara mendalam, menyelipkan humor, atau memberikan opini pribadi.
Format Konten – Kembangkan format konten yang menarik dan unik. Keunikan ini dapat dilihat dari opening dan closing, efek visual, maupun hal-hal estetis lain.
4. Pasang Target yang Terukur
Ketika Anda berniat menjadi YouTuber yang sukses, Anda perlu menentukan target secara terukur. Selain untuk memotivasi dan mengarahkan usaha Anda untuk sukses, memiliki target juga bisa membuat Anda jadi lebih realistis.
Lantas, apa saja langkah-langkah memasang target yang terukur untuk YouTube? Berikut beberapa di antaranya:
Subscribers dan Viewers – Tetapkan berapa banyak subscribers dan viewers yang ingin Anda capai dalam jangka waktu tertentu.
Engagement Penonton – Engagement adalah tingkat interaksi penonton terhadap konten video Anda. Tentukan jumlah likes, comments, maupun share yang Anda targetkan di YouTube.
Pendapatan – Jika tujuan Anda adalah untuk menghasilkan uang, maka target penghasilan dari iklan, sponsor, maupun hal lain juga perlu Anda hitung.
Jangka Waktu – Tentukan jangka waktu yang Anda butuhkan untuk mencapai target-target di atas, misalnya bulanan, semester, atau tahunan.
Tentu saja, target yang Anda pasang dan strategi untuk mencapainya dapat Anda sesuaikan dengan kondisi di lapangan.
5. Persiapkan Peralatan yang Dibutuhkan
Cara menjadi YouTuber langkah selanjutnya adalah mempersiapkan segala peralatan yang diperlukan. Peralatan yang baik akan membantu Anda menghasilkan video YouTube yang berkualitas dan profesional.
Di bawah ini kami sajikan daftar perangkat dasar yang dibutuhkan seorang YouTuber:
Kamera – Pilihlah kamera yang sesuai budget dan kebutuhan Anda, seperti kamera DSLR, mirrorless, atau smartphone kekinian dengan kualitas kamera yang baik.
Mikrofon – Gunakan mikrofon eksternal guna meningkatkan kualitas suara dalam video. Contoh mikrofon antara lain mikrofon shotgun, lavalier, dan mikrofon USB.
Pencahayaan – Pastikan Anda merekam video dengan lighting yang memadai. Manfaatkan lampu studio, ring light, atau pencahayaan alami dari sinar matahari.
Komputer – Persiapkan komputer atau laptop berspesifikasi memadai untuk mengedit video dan mengelola channel YouTube Anda.
Software editing – Pilih aplikasi edit video yang sesuai kebutuhan, baik dari segi kemudahan maupun fitur. Contoh software jenis ini antara lain Adobe Premiere Pro, iMovie, dan Final Cut Pro.
Aksesori Tambahan – Selain perangkat di atas, Anda juga dapat mempersiapkan peralatan lain, seperti tripod, backdrop, maupun teleprompter agar kualitas konten video YouTube semakin baik.
Selain peralatan, Anda juga perlu mempersiapkan ruangan kerja yang nyaman untuk shooting dan editing video YouTube. Tak lupa, sediakan akses internet yang memadai agar proses upload video tidak mengalami gangguan.
6. Bangun Channel YouTube Anda
Dalam cara menjadi YouTuber pemula langkah nomor enam, Anda perlu mendaftar akun Google lalu membuat channel YouTube. Jika sudah memiliki keduanya, Anda bisa melompat ke tahap berikutnya.
Namun jika belum, Anda dapat menyimak panduan cara daftar Gmail terlebih dahulu. Kemudian, akses halaman website YouTube dan login menggunakan akun yang baru saja Anda daftarkan.
Setelah masuk ke YouTube, klik pada ikon profil Anda di sudut kanan atas halaman dan pilih opsi Create a channel atau Buat channel. Tuliskan nama yang Anda inginkan untuk channel YouTube baru tersebut.
Oh ya, pastikan nama channel tersebut mencerminkan konten video YouTube yang akan Anda sajikan, ya.
7. Lengkapi Deskripsi Channel Anda
Setelah membuat channel YouTube, cara menjadi Youtuber pemula modal HP berikutnya yaitu melengkapi deskripsi channel tersebut. Deskripsi merupakan aspek penting untuk membantu penonton memahami konten Anda dan mendorong mereka menjadi subscriber.
Nah, berikut beberapa tips melengkapi deskripsi channel YouTube:
Foto Profil dan Gambar Sampul – Foto profil dan cover sebenarnya bukan bagian dari deskripsi. Namun, keduanya merupakan representasi visual akun YouTube Anda. Untuk itu, buatlah desain foto profil dan cover yang menarik dan tampak profesional.
Deskripsi Channel – Tulis deskripsi yang informatif dan menarik tentang channel Anda. Jelaskan konten video YouTube dan alasan kenapa pemirsa perlu menonton video yang Anda upload.
Kontak, Media Sosial dan Link Relevan – Sertakan informasi kontak seperti alamat email, akun media sosial, dan link menuju website Anda. Hal ini dapat membuka peluang untuk tawaran kerja sama, pertanyaan, maupun feedback dari penonton.
Jadwal Video – Jika Anda memiliki jadwal upload video yang rutin, tak ada salahnya untuk menginformasikan hal tersebut ke penonton, guna mengantisipasi animo penonton.
Call-to-Action – Call to Action atau CTA adalah tombol untuk mengajak pengguna melakukan sesuatu. Pada YouTube, Anda dapat menambahkan CTA untuk mendorong pengunjung berlangganan, mengaktifkan notifikasi, atau bentuk interaksi lain.
Jika masih bingung, contoh deskripsi channel YouTube di atas dapat Anda jadikan sebagai inspirasi.
8. Rancang Konten YouTube yang Menarik
Langkah nomor delapan dalam cara jadi YouTuber untuk pemula adalah merancang konten yang menarik. Tahap ini perlu dipersiapkan dengan matang, karena konten yang menarik adalah senjata utama untuk meraup viewers.
Untuk memulai, Anda dapat melakukan riset keyword YouTube tentang tren dan minat penonton di niche Anda. Identifikasi topik yang populer dan relevan, lalu buatlah rencana konten video yang terstruktur sesuai dengan target audiens Anda.
Kemudian, kembangkan topik atau masalah yang akan dibahas. Buat alur yang jelas dan menggugah ketertarikan pemirsa. Jangan lupa untuk menambahkan nilai tambah, seperti pengetahuan, hiburan, atau solusi yang bermanfaat.
9. Fokus saat Merekam Video
Cara menjadi YouTuber yang sukses tahap berikutnya adalah fokus saat merekam video. Penting bagi Anda untuk mempertahankan fokus ketika shooting konten YouTube, agar hasil video menjadi lebih maksimal.
Persiapkan dulu script atau naskah sebelum memulai perekaman. Hal ini akan membantu Anda mengorganisir pikiran, menghindari kebingungan, dan meminimalkan kesalahan. Jika diperlukan, latih kefasihan untuk menjaga kelancaran verbal saat merekam.
Kemudian, berikan perhatian penuh pada kamera saat merekam video. Jaga kontak mata untuk membangun ikatan emosional dengan penonton. Berbicaralah dengan penuh percaya diri, atur kecepatan bicara dan intonasi sesuai konten yang Anda sajikan.
10. Edit Video secara Profesional
Selesai merekam video, langkah selanjutnya dalam cara jadi YouTuber sukses untuk pemula adalah mengedit video secara profesional. Editing ini penting untuk meningkatkan hasil video, menghilangkan kesalahan, dan mempercantik tampilan konten video YouTube.
Pilihlah aplikasi edit video sesuai dengan kebutuhan, serta pelajari fungsi dasar dan fitur-fitur yang tersedia pada aplikasi tersebut. Selanjutnya, perhatikan tiga aspek utama pengeditan video, yakni pemotongan klip, transisi, dan penyuntingan audio.
Pemotongan video terdiri dari menghapus bagian tak diperlukan dan menata urutan klip. Gunakan transisi untuk memperhalus aliran visual antar klip. Kemudian, atur audio untuk memastikan kejelasan suara dan memasukan efek suara pendukung.
11. Optimasi Video untuk Pencarian (SEO)
Cara menjadi YouTuber pemula modal HP langkah berikutnya yaitu mengoptimasi video untuk visibilitas pencarian. Masih ingat tahap riset keyword pada poin delapan? Keyword tersebut akan Anda manfaatkan lagi pada langkah yang satu ini.
Secara singkat, ini dia langkah-langkah optimasi SEO YouTube:
Judul video – Pilihlah judul yang menarik, singkat, dan menggambarkan isi konten video YouTube Anda. Selipkan keyword pada judul agar memudahkan mesin pencari mengidentifikasi video.
Deskripsi video – Gunakan deskripsi informatif dan paragraf pertama yang kuat untuk menarik minat audiens. Jangan lupa, sebar keyword pada deskripsi video guna memperkuat optimasi SEO.
Tag – Manfaatkan keyword sebagai tag pendukung untuk membantu indeksasi dan pengkategorian video oleh mesin pencari YouTube.
Transkripsi – Jika diperlukan, tambahkan transkripsi atau Closed Caption (CC) untuk meningkatkan aksesibilitas video bagi penonton yang membutuhkan.
Thumbnail – Buatlah thumbnail yang menarik dan mencerminkan isi video, guna menarik perhatian penonton serta meningkatkan peluang klik.
12. Promosikan Video di Platform Lain
Tahap berikutnya dalam cara menjadi content creator YouTube adalah mempromosikan video di platform lain. Dengan mempromosikan video YouTube, Anda berkesempatan menjangkau audiens yang lebih luas.
Salah satu cara promosi yang efektif adalah melalui media sosial. Bagikan link dan teaser video lewat Facebook, Twitter, Instagram, atau akun milik Anda lainnya. Tambahkan deskripsi, thumbnail, dan keyword relevan untuk memancing ketertarikan audiens.
Anda juga dapat mempromosikan konten YouTube via website atau blog pribadi. Buatlah postingan atau artikel berkaitan dengan isi video. Jangan lupa sisipkan tautan atau embed menuju halaman video tersebut di YouTube.
13. Buat Jadwal Upload Video yang Konsisten
Cara menjadi YouTuber untuk pemula langkah selanjutnya yaitu membuat jadwal upload secara konsisten. Rutin menjadwalkan video menunjukkan komitmen Anda terhadap audiens, sehingga dalam jangka panjang dapat menambah viewer YouTube.
Tentukan frekuensi upload yang realistis, misalnya setiap hari, seminggu sekali, atau beberapa kali dalam sebulan, sesuai ketersediaan waktu Anda. Jika terjadi perubahan jadwal, sampaikan ke penonton agar mereka tetap mengikuti konten terbaru Anda.
Tak lupa, buatlah rencana konten yang menarik dibahas untuk beberapa waktu ke depan. Hal tersebut memudahkan proses produksi video, serta mengurangi risiko kebuntuan ide konten yang bisa saja terjadi.
14. Bangun Interaksi Positif dengan Penonton
Membangun interaksi yang positif dengan audiens adalah aspek penting dalam cara menjadi YouTuber pemula modal HP. Pertama, selalu tanggapi komentar dan pertanyaan di video Anda. Luangkan waktu untuk berdiskusi dan mengapresiasi dukungan mereka.
Selain itu, buatlah penonton merasa dilibatkan pada konten video Anda. Caranya bisa dengan mengadakan polling atau mengajukan pertanyaan menarik guna menggali pendapat dan pemikiran mereka.
Pertimbangkan juga mengadakan sesi tanya jawab (QnA) dan live streaming dengan viewers. Ini adalah kesempatan Anda untuk berinteraksi secara langsung dan membangun hubungan yang lebih dekat.
15. Analisis Kinerja Channel Anda
Langkah selanjutnya dalam cara menjadi YouTuber yang sukses yaitu menganalisis perkembangan channel YouTube. Ada beberapa tool yang dapat dicoba menganalisis data dan statistik, seperti YouTube Desktop Dashboard.
YouTube Desktop Dashboard adalah dasbor khusus yang memberikan gambaran performa akun YouTube Anda. Di sini, Anda dapat mengetahui performa video berdasarkan metrik-metrik tertentu, maupun rangkuman kinerja channel keseluruhan.
Analytic tool yang satu ini juga memudahkan Anda untuk mengetahui konten jenis apa yang disukai audiens, serta memberikan inspirasi ide konten yang menarik untuk diproduksi di masa mendatang.
16. Dapatkan Penghasilan melalui YouTube
Cara jadi YouTube untuk pemula tahap berikutnya yaitu mendapatkan penghasilan melalui YouTube. Apabila channel YouTube Anda berhasil berkembang, Anda bisa mulai mempertimbangkan platform ini untuk mendulang keuntungan.
Ada beberapa cara mendapatkan uang dari YouTube yang bisa Anda upayakan, seperti:
Monetisasi Iklan – Anda berkesempatan untuk mengaktifkan iklan di video dengan cara daftar Adsense YouTube, dengan catatan akun YouTube Anda sudah memenuhi syarat monetisasi.
Konten Bersponsor – Lakukan kerja sama dengan brand yang relevan dengan niche Anda, untuk membuat konten berisi promosi produk atau layanan yang ditawarkan brand tersebut.
Afiliasi Produk – Anda bisa memasukkan tautan afiliasi ke dalam deskripsi video atau konten itu sendiri, lalu mendapatkan komisi dari penonton yang membeli via link tersebut.
Merchandise – Pertimbangkan juga untuk menjual merchandise, produk, atau layanan milik sendiri melalui channel YouTube kepada para penggemar setia.
17. Buat Website Sesuai Niche Konten
Langkah terakhir pada cara menjadi YouTuber adalah membangun website berdasarkan niche konten YouTube. Website dapat Anda manfaatkan sebagai platform tambahan untuk memperluas jangkauan konten dan meningkatkan kehadiran online.
Melalui website, Anda dapat menyediakan konten eksklusif, artikel pendukung, serta informasi menarik lain yang tidak bisa pengunjung nikmati di YouTube. Website juga memberikan Anda kontrol lebih luas, tanpa terpengaruh kebijakan dan algoritma YouTube.
Untuk membuat website, Anda perlu beli hosting dan domain. Hosting berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan file website, sedangkan domain merupakan alamat unik untuk mengakses website Anda.
Tak perlu jauh-jauh, karena Niagahoster menyediakan layanan hosting yang sesuai kebutuhan Anda. Selain itu, hosting Niagahoster sudah termasuk domain gratis untuk satu tahun pertama, loh. Yuk berlangganan sekarang!
Bangun Karir Anda sebagai YouTuber Sekarang!
Berkarir sebagai YouTuber telah menjadi salah satu pilihan mendapatkan uang dari internet yang menjanjikan. Pada artikel ini, kami telah menjelaskan cara menjadi YouTuber sukses untuk pemula dalam beberapa langkah.
Mulai dari memilih niche konten yang menarik, mempersiapkan peralatan, memproduksi video, sampai membangun interaksi dengan penonton setia. Setelah membaca artikel ini, apakah Anda tertarik menjadi YouTuber?
Jika ya, terapkan langkah-langkah di atas dengan penuh dedikasi, kreativitas, dan ketekunan. Selain itu, teruslah beradaptasi dengan perubahan tren dan preferensi audiens, serta kembangkan kualitas dan nilai tambah konten Anda.
Dengan begitu, Anda dapat membangun channel YouTube sendiri dan menggapai tujuan Anda sebagai YouTuber. Selamat menciptakan konten luar biasa dan semoga sukses dalam perjalanan menjadi YouTuber!
Subscribe to:
Posts (Atom)