My Blog List

Friday, December 9, 2022

Jawaban Apa pemahaman baru yang Anda dapatkan mengenai alur tujuan pembelajaran?

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) merupakan rangkaian tujuan pembelajaran yang sudah disusun secara sistematis dan logis dalam fase capaian pembelajaran secara utuh dari fase awal hingga akhir. Alur tujuan pembelajaran ini memang disusun secara linear sesuai urutan kegiatan pembelajaran dengan tujuan mengukur capaian pembelajaran. Secara umum, Alur Tujuan Pembelajaran mempunyai fungsi sama seperti silabus, yaitu untuk acuan perencanaan pembelajaran. Alur Tujuan Pembelajaran ini bukan hanya dijadikan acuan atau panduan guru, tetapi juga siswa dalam mencapai pencapaian pembelajaran di akhir fase.

Jawaban Sebelumnya, bagaimana cara Anda merumuskan Tujuan Pembelajaran? Apakah cara tersebut masih dapat digunakan?

Sebelumnya saya menyusun tujuan pembelajaran supaya baik dan lengkap, cukup penting agar bisa memberi petunjuk dalam pemilihan materi ajar, strategi, model, metode, serta media yang akan digunakan dalam KBM. Saya memperhatikan 4 (empat) unsur pokok yang perlu dicantumkan dalam perumusan tujuan pembelajaran, yang biasa disingkat dengan ABCD (Audience, Behavior, Condition, dan Degree) Audience Dalam konteks kegiatan belajar mengajar, yang dimaksud Audience adalah siswa. Behavior tingkah laku / aktivitas suatu proses. Dalam konteks KBM, behavior terlihat pada aktivitas siswa dalam pembelajaran Condition berarti suatu keadaan. Degree berarti suatu perbandingan Saya kira cara ini masih bisa digunakan

Jawaban Apa hal baru yang Anda dapatkan saat membaca Capaian Pembelajaran untuk mata pelajaran yang Anda ampu?

Sesuatu yang di dapatkan saat membaca capaian pembelajaran untuk mata pelajaran dengan tingkat pencapaian siswa yaitu sebagai berikut: • Menumbuhkan sebuah hubungan yang dinilai positif dan juga konsisten dengan anak-anak yang lain dan orang di sekitarnya. • Menciptakan lingkungan yang telah penuh dengan perhatian, terbuka, saling peduli, dan tentunya nyaman untuk pembelajaran. • Menciptakan kebiasaan untuk dapat saling menghargai pada ruang kelas sehingga anak-anak juga dapat belajar untuk saling memahami dan juga menghormati perbedaan yang telah ada serta dapat mampu untuk menghargai kelebihan yang dimiliki oleh orang lain. Capaian pembelajaran adalah sebuah ungkapan tujuan pendidikan yang di mana telah menjadi pernyataan mengenai apa hal yang telah diharapkan untuk dipahami, diketahui, dan juga dapat dikerjakan bagi para peserta didik setelah ia menyelesaikan sebuah periode pembelajaran. Seorang pelajar untuk dapat mencapai hasil yang maksimal adalah harus dengan belajar. Tetapi ada metode yang sulit yaitu dengan memaksakan untuk belajar dan dengan memahami. Pada akhirnya dengan memahami atau yang dikenal dengan metode efektif dianggap lebih tepat untuk belajar karena membuat kita mudah untuk memahami setiap soal untuk pencapaian pembelajaran

Jawaban Jika boleh berandai-andai, sekolah impian Ibu dan Bapak Guru itu sekolah yang bagaimana?

Sekolah yang menjadi harapan dari bapak dan ibu setiap orang tua siswa adalah sekolah yang memiliki kualitas baik, sehingga dapat mendidik anak-anak mereka menjadi pribadi yang baik secara intelektual dan pola perilaku. Sekolah dapat didefinisikan sebagai suatu lembaga untuk para siswa pengajaran siswa/murid di bawah pengawasan guru.Sebagian besar negara memiliki sistem pendidikan formal yang umumnya wajib. Dalam sistem sekolah tersebut setiap siswa mengalami kemajuan melalui serangkaian kegiatan belajar mengajar di sekolah. Nama-nama untuk sekolah ini bervariasi menurut negara tempat adanya sekolah tersebut (dibahas pada bagian Daerah di bawah), tetapi umumnya termasuk sekolah dasar untuk anak-anak muda serta sekolah menengah untuk remaja yang telah menyelesaikan pendidikan dasar.

Jawaban Ceritakan pengalaman nyata Ibu/Bapak Guru yang termasuk dalam elemen dimensi kreatif (bisa tentang menghasilkan gagasan/karya/tindakan orisinal atau tentang keluwesan berpikir).

Ketika awal pandemi dan pembelajaran harus beralih ke daring di mana ada materi yang siswa harus praktik langsung di laboratorium namun tidak bisa praktik di laboratorium sekolah, kami berinisiatif agar siswa tetap bisa praktik namun tetap di rumah Akhirnya rumah mereka dijadikan laboratorium dadakan dengan bahan dan peralatan yang ada di rumah. Contoh pada praktik mengetes asam basa

Jawaban Bagaimana pemahaman Ibu/Bapak Guru tentang 'kreatif' sebelum dan setelah menyimak video ini?

Sebelumnya saya berfikir bahwa kreatif hanya dalam bentuk karya benda namun ternyata kreatif beragam mulai dari menghasilkan ide yang orisinal, karya dan tindakan yang orisinal hingga keluwesan dalam mencari alternatif solusi permasalahan

Jawaban Pengalaman ekstrakurikuler apa yang paling berkesan bagi Ibu/Bapak Guru? Kemampuan apa yang berkembang saat Ibu/Bapak terlibat dalam ekskul tersebut?

Pengalaman saya mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka, membuat saya mempunyai rasa empati dan rasa ingin saling membatu, karena di pramuka kita mengajarkan untuk kerja sama dan saling membantu. Tidak hanya itu saja pramuka juga mengajarkan kita kemandirian, gotong royong, dan kreatif.