My Blog List

Friday, December 9, 2022

Jawaban Apa strategi pembelajaran yang ingin segera Ibu/Bapak coba praktikan di kelas untuk menguatkan Dimensi Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia?

Untuk menguatkan dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, banyak cara yang dilakukan untuk menanamkan sifat penyayang terhadap diri sendiri dan orang lain yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pelajar Indonesia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan, serta berakhlak mulia adalah pelajar yang memiliki akhlak dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa. Dia memahami bahwa ajaran agama dan kepercayaannya dan juga menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Pelajar Indonesia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan, serta berakhlak mulia adalah pelajar yang memiliki akhlak dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa. Dia memahami bahwa ajaran agama dan kepercayaannya dan juga menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Pelajaran baru yang dapat diambil dari pendidikan dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan juga berakhlak mulia adalah akhlak kita dalam beragama, baik itu akhlak pribadi, akhlak kepada manusia, akhlak kepada alam, dan akhlak bernegara.

Jawaban Apa hal baru yang Ibu/Bapak pelajari mengenai Dimensi Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia?

Pelajaran baru yang dapat diambil dari dimensi dimensi beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia adalah akhlak kita dalam beragama, akhlak pribadi, akhlak kepada manusia, akhlak kepada alam, serta akhlak bernegara. Dimensi beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa berisi mengenai nilai- nilai religius yang terikat pada pendidikan karakter serta hubungan manusia kepada sesama, alam, serta dalam bernegara. Terdapat beberapa contoh penerapan dari dimensi ini, yaitu: • Tata cara dalam menghormati serta menyayangi antara sesama manusia. • Menaati setiap peraturan demi kebaikan diri sendiri dan orang banyak. • Menerapkan nilai-nilai agama terutama toleransi dalam kehidupan bernegara. • Melakukan pembangunan dengan memperhatikan kondisi alam.

Jawaban Manakah dimensi Profil Pelajar Pancasila yang menurut Ibu/Bapak Guru paling dominan ada pada diri saat ini? Mengapa?

Menurut saya dimensi yang paling dominan adalah Beriman, Bertaqwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia. Melalui dimensi ini, selain mereka mengamalkan nilai dan ajaran agama dalam kehidupanya sebagai bentuk iman dan ketaqwaan kepada Tuhan YME dan sebagai manusia ciptaan-Nya. Mereka juga berakhlak mulia tercermin dalam perilaku terhadap dirinya sendiri, orang lain, alam dan negara dan ini dapat membangun dimensi-dimensi yang lain seperti mandiri, bernalar kritis, kreatif, bergotong royong, serta berkebinekaan global.

Jawaban Apa harapan Ibu dan Bapak Guru pada pendidikan Indonesia?

Harapan saya sebagai guru untuk pendidikan Indonesia adalah semoga tujuan pendidikan nasional terwujud yaitu menjadikan manusia Indonesia sebagai manusia yang merdeka dan berkarakter sesuai pembelajaran dengan paradigma baru yaitu pembelajaran yang berorientasi pada penguatan kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar pancasila

Jawaban setelah mengenal perubahan utama pembelajaran pada kurikulum merdeka, hal apa yang paling membuat Ibu dan Bapak Guru bersemangat? Mengapa?

Pembelajaran pada kurikulum merdeka menjadikan semangat karena hal utama yang jadi semangat ialah peserta didik. Hal ini dikarenakan pembelajaran pada Kurikulum Merdeka sangat menyenangkan serta dinamis yang mampu disesuaikan pada kondisi lingkungan dan kebutuhan siswa. Peserta didik menjadi lebih antusias dan semangat dalam belajar. Ketika peserta didik bersemangat, maka pembelajaran akan terasa lebih menyenangkan dan muncul berbagai kreativitas yang kadang tidak terduga dari siswa

Jawaban Perubahan apa yang Ibu/Bapak rasa akan paling signifikan di kelas dengan implementasi Kurikulum Merdeka?

1. Capaian Pembelajaran dan karakter yang ingin dicapai oleh murid kita dalam kurun waktu yang dibagi menjadi beberapa fase disesuaikan dengan tahapan- tahapan usia anak dalam implementasi Kurikulum Merdeka menjadikan guru dan murid mempunyai waktu yang lebih leluasa untuk mengembangkan kompetensi dan memperdalam pemahaman yang disesuaikan dengan kondisi murid tentunya. 2. Selain itu yang sangat signifikan dirasakan adalah satuan pendidikan dapat menentukan tujuan pembelajaran sendiri-sendiri yang disesuaikan kebutuhan murid. 3. Capaian Pembelajaran yang dibuat dalam kurikulum Merdeka lebih mengacu pada kompetensi dan konten esensial sehingga guru memiliki ruang untuk mengembangkan kompetensi setiap anak bukan lagi konten isi yang terlalu rinci seperti kurikulum-kurikulum sebelumnya sehingga proses pembelajaran menjadi terlalu padat dan pembelajaran disampaikan terburu-buru serta guru hanya berfokus pada ketercapaian konten isi saja bukan kompetensi yang dicapai anak.

Jawaban Ibu dan Bapak Guru, ceritakan yuk tentang waktu favorit bersama murid, ketika sedang melakukan apa?

Banyak sekali waktu fovorit bersama murid saya tentunya, salah satunya saat proses belajar mengajar, ketika melakukan break pelajaran misalnya bernyanyi bersama, bermain kosentrasi otak dengan bermain dll. Mereka terlihat sangat ceria tanpa beban. Mereka loncat berteriak bahkan sambil menari dan itu terlihat pemandangan sangat menyenangkan bagi seorang guru. Selain itu tentunya masih banyak waktu favorit lainnya bersama murid-murid yang sangat membekas dihati dan pikiran menjadi kenangan