Oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan memaparkan hal-hal tersebut. SingPass secara sederhana merupakan sebuah sarana yang disediakan oleh pemerintah Singapura untuk mengakses berbagai layanan secara online, baik itu layanan dari pemerintahan Singapura itu sendiri maupun dari swasta.
Apa itu SingPass?
Singapore Personal Access atau SingPass adalah sebuah identitas digital khusus yang harus dimiliki oleh warga/penduduk Singapura agar dapat mengakses ribuan layanan vital secara online secara online.
Dengan kata lain SingPass ini ibarat sebuah kunci khusus yang dapat membuka ribuan pintu gerbang yang tersedia.
Setidaknya ada 2000 lebih jenis layanan dari 700 lembaga pemerintah dan swasta yang dapat diakses dengan SingPass ini.
Namun perlu diperhatikan, pengguna harus selalu mengingat kata sandi yang dimilikinya agar tetap dapat mengakses dan melakukan berbagai transaksi penting.
Lantas apa sih keguaan SingPass? Simak penjelasan dibawah ini.
Kegunaan SingPass
Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya ada lebih dari 2000 layanan yang dapat diakses, sehingga kegunaan SingPass ini sangat banyak sekali.
Dibawah ini adalah beberapa kegunaan atau fungsi dari SingPass.
- Mendapatkan kartu identitas digital.
- Mengkases berbagai informasi data pribadi.
- Mengakses ribuan layanan dari pemerintah dan swasta.
- Mengisi data pada dokumen/ formulir tanpa perlu membawa dokumen fisik.
- Menandatangani dokumen atau kontrak di mana pun Anda berada.
- Otorisasi transaksi dari jarak jauh.
- Mendapatkan update informasi publik, pengingat pribadi dan info-info penting lainnya.
- Mengingatkan Anda jika ada dokumen yang akan kadaluarsa (expired).
- Dan masih banyak kegunaan lainnya.
Hal yang Harus Diperhatikan
Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan registrasi/mendaftar di Singpass.
Pertama. Pendaftaran SingPass hanya bisa dilakukan satu kali saja.
Kedua. Setelah mendaftar, kata sandi Singpass akan dikirimkan ke alamat perusahaan/majikan. Jadi, pastikan alamat yang terdaftar adalah alamat terbaru. Untuk memperbarui alamat silahkan klik disini.
Ketiga. Untuk mendapatkan date of issueatau date of application, silahkan scan QR code yang tertera pada work permit, dengan menggunakan aplikasi SG WorkPass.
Bagi yang tidak tahu caranya ikuti langkah berikut ini:
- Install aplikasi SG WorkPass melaluiGoogle Play Store atau App Store
- Setelah berhasil terpasang, buka aplikasi tersebut
- Lakukan scan QR code pada work permit
- Jika berhasil maka akan muncul kata VALID dengan background hijau
- Scroll kebawah dan cari date of issueatau date of application
- Catat tanggalnya
Tanggal tersebut diperlukan untuk mengisi form pendaftaran di situs SingPass.
Cara Daftar Singpass
- Buka situs resmi Singpass dihttps://ww w.singpass.gov.sg/home/ui/register/instructionsatau klik disini.
- Scroll kebawah maka akan muncul kolom formulir yang harus diisi
- Pada kolom Full Name, isi dengan nama anda sesuai dengan yang tertera pada work permit
- Kemudian pada kolom NRIC or FIN number, isi dengan nomor FIN yang tertera pada work permit
- Pada bagian Date of Issue / Date of Application, silahkan masukkan tanggal date of issue atau date of application yang tertera pada hasil scan SGWorkPass
- Pada bagian Security Check, klik centang kotak I'm not a robot
- Centang juga pada checkbox I have read and agree to the Terms of Use
- Tekan Submit.
Isi dengan nama anda |
Isi dengan nomor FIN |
Isi dengan date of issue |
ceklis box dan klik submit |
Setelah berhasil registrasi atau mendaftar di SingPass, maka password akan dikiramkan dalam waktu 3 hari kerja ke alamat perusahaan tempat bekerja atau majikan.
Cara Login SingPass
Perlu diketahui nantinya anda akan menerima tiga buah surat. Dua surat berisi pemberitahuan bahwa proses pembuatan akun singpass berhasil dan yang satu lagi berisi password. Lantas apa langkah selanjutnya?
Step selanjutnya yaitu anda tinggal download aplikasi SingPass dari Google Play Store untuk yang memiliki ponsel Android dan App Store untuk pengguna iPhone.
Setelah berhasil terinstall, silahkan buka aplikasinya dan lakukan proses login. Pada bagian kolom ID isi dengan nomor FIN, kemudian pada kolom password isikan dengan password yang telah diterima (tertera pada surat). Setelah itu ikuti saja langkah yang diperintahkan.
Anda dapat mengganti password tersebut jika diperlukan, tentunya dengan ketentuan harus terdiri dari teks dan angka.
Selain itu, anda juga akan diminta untuk mengisikan PIN khusus untuk mengakses aplikasi SingPass. Silahkan masukan 6 digit nomor yang sekiranya mudah anda ingat.
Fungsi PIN ini fungsinya sama seperti PIN pada kartu atm atau kode PIN pada saat membuka ponsel. Jadi, pastikan nomor PIN yang digunakan mudah diingat dan dihapal sehingga resiko akan lupa password berkurang.
Akhir Kata
Demikian artikel tentang cara mendaftar/registrasi SingPass ini saya bagikan. Semoga apa yang saya tuliskan ini dapat membantu saudara-saudara yang sedang bekerja di Singapura.
Apabila ada yang ingin ditanyakan lebih lanjut silahkan tuliskan pada kolom komentar.
Sebagai informasi tambahan, silahkan kunjungi halaman ini untuk informasi lebih detil tentang SingPass. Terima Kasih.