Rencanan
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : SD N 3 JANGKUNGHARJO
Tema : Lingkungan
Kelas/Semester : III / 1
Alokasi Waktu : 3 minggu
A.
STANDAR KOMPETENSI
I.
|
PKn
|
|
|
1.
|
Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
|
II.
|
IPS
|
|
|
1.
|
Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah
dan sekolah
|
III.
|
Bahasa Indonesia
|
|
|
Mendengarkan
|
|
|
1.
|
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang
dilisankan
|
|
Berbicara
|
|
|
2.
|
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan
bercerita
dan memberikan tanggapan/ saran
|
IV.
|
Matematika
|
|
|
1.
|
Melakukan operasi hitung bilangan
sampai tiga angka
|
V.
|
IPA
|
|
|
1.
|
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan
makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi
perubahan pada makhluk hidup
|
B. KOMPETENSI DASAR
1. PKn :
- Mengamalkan makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
- Mengamalkan
nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari- sehari
2. IPS :
- Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah
- Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan
sekolah
3. B. Indonesia: - Melakukan sesuatu
berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
- Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang
disampaikan secara lisan
- Menceritakan pengalaman yang mengesankan
dengan menggunakan kalimat yang
runtut dan mudah dipahami
4. Matematika : Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
5. IPA :
- Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
- Mendeskripsikan
perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi
pertumbuhan dan perkembangan anak
(makanan, kesehatan, rekreasi, dan olah
raga)
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. PKn :
- Siswa dapat mengklasifikasi dan membuat daftar tindakan yang dapat mempersatukan bangsa
-
Siswa dapat menyebutkan nama organisasi pemuda di nusantara
- Siswa dapat
menyebutkan lima tokoh pemuda yang ikut Kongres Pemuda
- Siswa dapat mengidentifikasikan pengamalan
nilai-nilai Sumpah Pemuda di
lingkungan rumah
2. IPS
: - Siswa dapat mengidentifikasikan kenampakan alam dan
kenampakan buatan di lingkungan sekitar
- Siswa dapat menjelaskan manfaat kenampakan
alam bagi kehidupan
- Siswa dapat menjelaskan manfaat kenampakan
buatan bagi kehidupan
- Siswa dapat membuat denah rumah siswa
dengan menentukan arah mata anginnya
3. IPA :
- Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
- Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri
makhluk tak hidup
- Siswa dapat menggolongkan tumbuhan
berdasarkan bijinya
- Siswa dapat menggolongkan tumbuhan
berdasarkan akarnya
- Siswa dapat menggolongkan tumbuhan
berdasarkan batangnya
- Siswa dapat menggolongkan tumbuhan
berdasarkan daunnya
- Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri
pertumbuhan hewan
- Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri
pertumbuhan tumbuhan
4.
Matematika : - Siswa dapat menulis bilangan
secara panjang (ribuan, ratusan, puluhan, satuan)
- Siswa dapat menentukan nilai tempat sampai
dengan ribuan
- Siswa dapat melakukan operasi penjumlahan
tanpa menyimpan
- Siswa dapat melakukan operasi penjumlahan
dengan menyimpan
- Siswa dapat melakukan operasi pengurangan
tanpa meminjam
- Siswa dapat melakukan operasi pengurangan
dengan meminjam
5.
B . Indonesia : - Siswa dapat menjelaskan petunjuk membuat alat pengukur debu
- Siswa dapat membuat pertanyaan tentang cara
menggunakan
- Siswa dapat menyebutkan nama dan sifat
tokoh dalam cerita binatang
- Siswa dapat memberikan tanggapan dan alasan
tentang tokoh cerita binatang
- Siswa dapat menceritakan peristiwa alam
melalui pengamatan gambar
D. INDIKATOR
E.
Materi Pokok
1. PKn
·
Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
2.
IPS
·
Kerja sama di lingkungan rumah
3. IPA
·
Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak
hidup.
·
Perubahan pada
makhluk hidup
·
Sifat-sifat benda
4. Matematika
·
Garis bilangan
·
Penjumlahan dan pengurangan
·
Perkalian dan pembagian
·
Uang
·
Alat ukur
·
Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat.
5. Bahasa Indonesia.
·
Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
·
Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
·
Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
·
Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
·
Menjelaskan isi teks.
F.
MetodE Pembelajaran
¨
Informasi
¨
Diskusi
¨
Tanya jawab
¨
Demontrasi
¨
Pemberian tugas
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
|
Uraian Kegiatan
|
Eksplorasi
|
Elaborasi
|
Konfirmasi
|
Nilai Karakter
|
1
|
Pra
Kegiatan
a. Mengkondisikan siswa
b. Memulai pembelajaran dengan berdoa
|
|
|
|
Disiplin
Religious
|
2
|
Kegiatan
Awal
a. Mengisi daftar kelas, berdo’a , mempersiapkan materi
ajar, model dan alat peraga.
b. Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
c. Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang
lalu
|
|
|
|
Tertib
|
3
|
Kegiatan Inti
Pertemuan pertama : 6 X 35 menit
(IPA, PKN, Matematika)
IPA
a. Siswa diminta membedakan makhluk hidup dan makhluk tak hidup
b. Guru menjelaskan ciri-ciri
makhluk hidup dan makhluk tak hidup
c.
Siswa mengamati
dan mencatat ciri-ciri makhluk hidup
PKn
a. Guru menerangkan tentang negara Indonesia
b. Siswa mencatat kegiatan
sehari-hari yang mempersatukan bangsa
c.
Menjelaskan pentingnya
persatuan dan kesatuan bangsa
Matematika
a. Menjelaskan cara
panjang penulisan bilangan
b.
Menguji keterampilan
siswa dengan menguraikan bilangan
Pertemuan ke dua 6 X
35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika)
Bahasa Indonesia
a. Siswa mendengarkan petunjuk cara mendeteksi udara sekitar
b. Guru menjelaskan cara
menggunakan alat pengukur debu
c. Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru
IPS
a. Tanya jawab dengan siswa mengenai apa yang dilihat di
lingkungan sekitar
b. Mengajak siswa
mengamati gambar sungai, danau, laut,
gunung, lembah dan pegunungan
c. Siswa menuliskan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan
Matematika
a. Memperagakan
dekak-dekak
b. Memasukan biji-bijian
pada dekak-dekak
c.
Menentukan nilai
tempat sampai ribuan
Pertemuan ke tiga 4 X
35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika, IPA)
Bahasa Indonesia
a. Guru membacakan cerita binatang
b. Siswa menyebutkan nama
tokoh-tokoh cerita binatang
c. Guru menjelaskan sifat-sifat tokoh dalam cerita
Matematika
a. Menjelaskan penjumlahan
dua bilangan tanpa teknik menyimpan
b. Menguji keterampilan
siswa dengan soal penjumlahan dua bilangan
c. Membahas soal yang dikerjakan siswa
IPA
a. Guru menjelaskan penggolongan tumbuhan berdasarkan bijinya
b. Guru menjelaskan
penggolongan tumbuhan berdasarkan akarnya
c.
Siswa diminta
mengamati biji salak dan biji jambu air
|
|
|
|
Rasa
ingin tahu
Disiplin,
Rasa ingin tahu
Kerja
keras, Kreatif
|
4
|
Kegiatan
Akhir
a. Guru mengajukan
pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
b. Siswa mengumpulkan
tugas sesuai materi yang diajarkan
c.
Guru dan siswa menyimpulkan materi
yang diajarkan
|
|
|
|
Tanggung
jawab
|
H. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1. Sumber
belajar :
a. Buku Pendidikan Kewarganegaraan
b. Buku IPA
c. Buku Matematika
d. Buku Bahasa Indonesia
e. Buku IPS
f. Eksiklopedia
g. Kamus Bahasa Indonesia
h. Pedoman EYD
i. Koran dan majalah
j. Media elektronik
2.
Alat Peraga
a. Gambar kenampakan alam
b.Gambar kenampakan buatan
c. Gambar peristiwa alam
d. Teks cerita binatang
VII. PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
|||
Langkah-langkah
|
Jenis
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
1. PKn
:
§ Mengklasifikasi dan membuat daftar tindakan yang dapat
mempersatukan bangsa
§ Menyebutkan
nama organisasi pemuda di nusantara
§ Menyebutkan
lima tokoh
pemuda yang ikut Kongres Pemuda
§ Mengidentifikasikan
pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda di lingkungan rumah
2. IPS :
§ Mengidentifikasikan
kenampakan alam dan kenampakan buatan di lingkungan sekitar
§ Menjelaskan
manfaat kenampakan alam bagi kehidupan
§ Menjelaskan
manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan
§ Membuat
denah rumah siswa dengan menentukan arah mata anginnya
3. IPA :
§ Mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk hidup
§ Mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk tak hidup
§ Menggolongkan
tumbuhan berdasarkan bijinya
§ Menggolongkan
tumbuhan berdasarkan akarnya
§ Menggolongkan
tumbuhan berdasarkan batangnya
§ Menggolongkan
tumbuhan berdasarkan daunnya
§ Menyebutkan
ciri-ciri pertumbuhan hewan
§ Menyebutkan
ciri-ciri pertumbuhan tumbuhan
4. Matematika :
§ Menulis
bilangan secara panjang (ribuan, ratusan, puluhan, satuan)
§ Menentukan
nilai tempat sampai dengan ribuan
§ Melakukan
operasi penjumlahan tanpa menyimpan
§ Melakukan
operasi penjumlahan dengan menyimpan
§ Melakukan
operasi pengurangan tanpa meminjam
§ Melakukan
operasi pengurangan dengan meminjam
5. B. Indonesia :
§ Menjelaskan
petunjuk membuat alat pengukur debu
§ Membuat
pertanyaan tentang cara menggunakan
§ Menyebutkan
nama dan sifat tokoh dalam cerita binatang
§ Memberikan
tanggapan dan alasan tentang tokoh cerita binatang
§
Menceritakan peristiwa alam melalui pengamatan
gambar
|
Proses
|
a. Tes: tertulis
b.Non Tes: Observasi
|
a. Soal uraian singkat
b. Lembar penilaian Afektif dan
psikomotorik
|
a.
Butir
soal
b.
Lembar
observasi.
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
PRAYITNO, S.Pd
NIP. 19570303 197701 1
001
|
|
Jangkungharjo,
Januari 2013
Guru Kelas III
ARI ADI ST
NIP.
|