My Blog List

Sunday, April 29, 2012

DEFINISI AUTIS

Banyak sekali definisi yang beredar tentang Autis. Tetapi secara garis besar, Autis, adalah gangguan perkembangan khususnya terjadi pada masa anak-anak, yang membuat seseorang tidak mampu mengadakan interaksi sosial dan seolah-olah hidup dalam dunianya sendiri. Pada anak-anak biasa disebut dengan Autis Infantil. Schizophrenia juga merupakan gangguan yang membuat seseorang menarik diri dari dunia luar dan menciptakan dunia fantasinya sendiri: berbicara, tertawa, menangis, dan marah-marah sendiri.
Tetapi, ada perbedaan yang jelas antara penyebab dari Autis pada penderita Schizophrenia dan penyandang Autis Infantil. Schizophrenia disebabkan oleh proses regresi karena penyakit jiwa, sedangkan pada anak-anak penyandang Autis Infantil terdapat kegagalan perkembangan.

Gejala Autis Infantil timbul sebelum anak mencapai usia 3 tahun. Pada sebagian anak, gejala-gejala itu sudah ada sejak lahir. Seorang ibu yang sangat cermat memantau perkembangan anaknya sudah akan melihat beberapa keganjilan sebelum anaknya mencapai usia 1 tahun. Yang sangat menonjol adalah tidak adanya atau sangat kurangnya tatap mata.
Untuk memeriksa apakah seorang anak menderita autis atau tidak,digunakan standar internasional tentang autis. ICD-10 (InternationalClassification of Diseases) 1993 dan DSM-IV (Diagnostic andStatistical Manual) 1994 merumuskan kriteria diagnosis untuk Autis Infantil yang isinya sama, yang saat ini dipakai di seluruh dunia.

Kriteria tersebut adalah:
Untuk hasil diagnosa, diperlukan total 6 gejala (atau lebih) dari
no. (1), (2), dan (3), termasuk setidaknya 2 gejala dari no. (1) dan
masing-masing 1 gejala dari no. (2) dan (3).
  1. Gangguan kualitatif dalam interaksi sosial yang timbal balik.
  • Minimal harus ada dua dari gejala-gejala di bawah ini:Tak mampu menjalin interaksi sosial yang cukup memadai:
    kontak mata sangat kurang, ekspresi muka kurang hidup, gerak-
    gerik kurang tertuju.
  • Tidak bisa bermain dengan teman sebaya. – Tak ada empati (tak dapat merasakan apa yang dirasakan orang
    lain).
  • Kurang mampu mengadakan hubungan sosial dan emosional yang
    timbal balik.
2. Gangguan kualitatif dalam bidang komunikasi. Minimal harus adasatu dari gejala-gejala di bawah ini:
  • Perkembangan bicara terlambat atau sama sekali tak berkembang.Anak tidak berusaha untuk berkomunikasi secara non-verbal. Bila anak bisa bicara, maka bicaranya tidak dipakai untuk berkomunikasi.
  • Sering menggunakan bahasa yang aneh dan diulang-ulang.
  • Cara bermain kurang variatif, kurang imajinatif, dan kurang dapat meniru.
3. Adanya suatu pola yang dipertahankan dan diulang-ulang dalam perilaku, minat, dan kegiatan. Minimal harus ada satu dari gejala di bawah ini:
  • Mempertahankan satu minat atau lebih dengan cara yang sangat khas dan berlebihan.
  • Terpaku pada suatu kegiatan yang ritualistik atau rutinitas yang tidak ada gunanya.
  • Ada gerakan-gerakan aneh yang khas dan diulang-ulang.
  • Seringkali sangat terpukau pada bagian-bagian benda.
Sebelum umur 3 tahun tampak adanya keterlambatan atau gangguan dalam
bidang:
a. interaksi sosial,
b. bicara dan berbahasa,
c. cara bermain yang monoton, kurang variatif.
Autis bukan disebabkan oleh Sindroma Rett atau Gangguan
Disintegratif Masa Kanak. Namun, kemungkinan kesalahan diagnosis
selalu ada, terutama pada autis ringan. Hal ini biasanya disebabkan
karena adanya gangguan atau penyakit lain yang menyertai gangguan
autis yang ada, seperti retardasi mental yang berat atau
hiperaktivitas.
Autis memiliki kemungkinan untuk dapat disembuhkan, tergantung dari
berat tidaknya gangguan yang ada. Berdasarkan kabar terakhir, di
Indonesia ada 2 penyandang autis yang berhasil disembuhkan, dan kini
dapat hidup dengan normal dan berprestasi. Di Amerika, dimana
penyandang autis ditangani secara lebih serius, persentase
kesembuhannya lebih besar.

internet dan pengaruhnya...

Pemanfaatan Internet tentu harus di sesuaikan dengan tingkat usia anak. Usia anak SD rata-rata berkisar antara 7-13 tahun. Dan tingkatan itu semua memiliki cara penanganan yang berbeda. Berikut tahap pengenalan Internet pada anak sesuai tingkat usianya.
Internet merupakan kepanangan dari interconnected networking. Istilah INTERNET berasjal dari bahasa Latin inter, yang berarti “antara”. Internet adalah sebuah dunia maya jaringan komputer (interkoneksi) yang terbentuk dari miliaran komputer di dunia. Internet merupakan hubungan antar berbagai jenis komputer dan jaringan di dunia yang berbeda sistem operasi maupun aplikasinya di mana hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan media komunikasi (telepon dan satelit) yang menggunakan protokol standar dalam berkomunikasi. Internet memungkinkan kita untuk menghilangkan hambatan jarak dan waktu dalam mendapatkan informasi. Internet merupakan sebuah jaringan komunikasi dan informasi global.

Salam Perubahan...!!

Salam....
buat temen2 yang mungkin singgah di blog i...
Wow..
hampir dua bulan sudah sudah i tidak memposting di sini.. everything is changed...
segalanya sudah berubah..
ternyata semua orang berubah, hanya perubahan itu bisa saja banyak,
bisa saja sedikit....ada yang baik...ada pula yg jelek....

Dari yang ga punya pacar, sampai sudah putus..
Dari masih mahasiswa, sekarang dengan bangga memakai seragam....
Dari yang pengangguran, sekarang sudah bisa ngajar...
Dari saya yang facebook-er menjadi twitter-er.
Dari hidup bertahun-tahun di Jakarta, sampai balik lagi ke kampung halaman...
Dari berpikiran jomblo menggalau, sampai jomblo bahagia (thanks to my Band soldier).
kalian telah menghibur i dikala sedih memikirkan sesuatu hal yang berbau CITA dan CINTA...
mudah2an akhir bulan Mei 2012 kita jadi manggung dengan sukses...
itu idam2an kita kan...? (thanks pk wawan yg sudah memberi kesempatan ini)
kami akan pergunakan dengan sebaik2nya..

Semoga perubahan ini menuju ke positif. Yang belum tercapai adalah menikah..
Dan semoga i mendapatkannya..
i ingin mempunyai istri yg solehah.....dan telah bekerja....
#eh.....temen2...
 Doakan saja semoga diberikan jodoh olehNya....

Silahkan follow akun twitter i @Ariaditwetter untuk mengetahui apa yang ada di pikiran saya.
Hanya itu yang membuat kamu mengenal saya lebih dekat.......


Semangat perubahan yuk! :)

Wednesday, March 21, 2012

[Instruksi penggunaan folder "Δ Smad-Lock Δ" Smadav]


[Instruksi penggunaan folder "Δ Smad-Lock Δ" Smadav]

- Folder Smad-Lock ini adalah folder teraman dari infeksi virus.
karena virus hampir tidak mungkin dapat memasuki folder ini.
Jadi, semua file yang Anda taruh dalam folder ini
SANGAT AMAN dari infeksi virus.
- Anda tidak boleh me-rename nama folder ini sedikitpun.
- Folder ini dapat diisi dengan file office
berjenis DOC, XLS, PPT, dan semua file office sejenisnya.
file-file yang ada di dalam folder ini
hanya dapat dibuka oleh semua program buatan Microsoft dan
beberapa program tertentu lainnya.
- Untuk file yang bukan berjenis dokumen office,
Anda masih dapat mengisinya ke dalam folder ini,
tapi jika file itu gagal dibuka dari dalam folder ini,
itu artinya jenis file tersebut memang tidak bisa
dibuka langsung dari dalam folder Δ Smad-Lock Δ,
Untuk membukanya, Anda dapat memindahkan file tersebut
keluar folder ini terlebih dahulu sebelum membukanya.

Monday, January 23, 2012

PROGRAM SEMESTER PKn KELAS 3 untuk SD

RENCANA PROGRAM EVALUASI
TAHUN PELAJARAN 2011/2012

NOMOR
KELAS
SEMESTER
MATA PELAJARAN
HARI/TANGGAL
KOMPETENSI DASAR
1              
3
1
PKn
Kamis,    Agustus 2011


Kamis,   September 2011  



Kamis,    Oktober 2011


Kamis,    Nopember 2011


Kamis,    Desember 2011


1.1            Mengenal makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa.

1.2            Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari.


1.3            Mengenal aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.

2.1            Menyebutkan contoh aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar

2.2            Melaksanakan aturan- aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar

                                           
 Kepala Sekolah                                                                                                                                                        Guru Kelas


 PRAYITNO, S.Pd                                                                                                      ARI ADI ST
 NIP. 19570303 197701 1 001                                                                                                                                                            

MARAH

Marah

Di tengah kemelut kehidupan yang dapat menjerumuskan kita ke jurang stres, konon sering marah-marah, bukanlah pertanda baik. Berbahaya bagi kesehatan. Begitu cerita kebanyakan orang. Punya pemimpin yang sering marah-marah tidak keruan juga menyebalkan.
Pendapat umum ini dibantah Stanley Bing, penulis buku Sun Tzu was a sissy. Bing, kolomnis di majalah Fortune, memang gemar menulis buku kontroversial. Menurut Bing, marah itu sangat diperlukan dalam manajemen.
Kalau seorang pemimpin marah, artinya dia terusik dan gusar oleh sesuatu hal. Sekaligus membuktikan bahwa ia eling atau sadar karena ada yang tidak beres dan perlu dikoreksi. Pemimpin yang tidak pernah marah sama dengan pemimpin acuh tak acuh. Itu menurut Bing.
Marah membangkitkan energi yang luar biasa. Pemimpin yang marah biasanya segera melakukan perubahan, peremajaan, dan perbaikan. Artinya, pemimpin marah memungkinkan terjadinya perubahan lebih cepat dan berarti.
Dalam hal yang satu ini, saya rada setuju. Kita kan sering melihat betapa pemimpin kita kerjanya cuma basa-basi, klemar-klemer, tidak melakukan gebrakan apa pun. Tapi berbahaya juga kalau kita punya pemimpin yang pemarah atau mudah marah tanpa sebab.
Barangkali salah satu pemimpin kita yang legendaris dalam hal marah ini adalah Bang Ali, bekas Gubernur Jakarta. Pernah ada cerita, beliau sedang naik mobil, dan jalanan macet semrawut gara-gara ada tukang becak yang seenaknya mengendarai becaknya. Bang Ali tidak segan-segan turun dan memarahi tukang becak itu.
Masih banyak lagi cerita tentang marahnya Bang Ali. Kenyataannya, di bawah kepemimpinan Bang Ali, Jakarta maju pesat. Jadi, teori Stanley Bing ada benarnya juga.
Dr. Stephen Diamond menulis di bukunya yang sangat kontroversial, Anger, Madness, and Daimonic: The Psychological Genesis of Violence, Evil, and Creativity, bahwa marah adalah emosi yang paling bermasalah. Namun ada korelasi sangat kuat antara marah dan kreativitas.
Menurut dia, marah dan kreativitas sering bersumber pada hal yang sama. Hanya saja, marah memiliki potensi destruktif lebih besar. Orang-orang berbakat dan genius umumnya memiliki naluri sangat tajam untuk menyalurkan energi ini, agar tidak merusak dan mengubahnya menjadi sebuah upaya yang konstruktif.
Ketika kita dilanda krisis moneter lima-enam tahun lalu, teman saya suka berseloroh. Katanya, kita butuh pemimpin seperti Bang Ali, yang berani marah. Bukan pemimpin yang mudah marah dan ngambek. Atau pemimpin yang suka marah-marah tidak keruan.
Dr. Stephen Diamond menulis bahwa beberapa artis seperti Van Gogh dan Picasso, konon, memiliki kehidupan yang penuh amarah dan kekerasan. Barangkali benar bahwa energi yang sama mereka salurkan juga ke dalam karya-karya lukisan mereka. Hasilnya memang luar biasa.
Untuk membuat seekor kuda berlari, biasanya ada dua cara populer. Dengan cemeti atau hadiah wortel. Menurut Stanley Bing, marah bisa menjadi cemeti yang kreatif. Membakar semangat para eksekutif agar terus bersemangat dan mengadakan perubahan.
Tulisan ini tentu saja tidak mengajak Anda untuk marah-marah di kantor. Juga bukan pembenaran tindakan marah-marah. Melainkan sebagai upaya agar kita lebih peka menghadapi lingkungan kantor.
Pesan saya, kalau ada yang tidak beres, jangan takut untuk mengadakan perubahan. Dan kalau perubahan itu menuntut Anda marah, silakan saja. Kadang-kadang marah itu sangat perlu.
Marah sebagai terapi manajemen memang antibudaya. Budaya kita mengajarkan agar selalu santun dan bersabar. Namun, untuk menerobos sebuah kemapanan yang buntu dan berkarat, marah bisa saja menjadi antibudaya yang dibenarkan. Asal jangan asal marah. Marahlah dengan bijaksana.
==========================================

Tuesday, January 17, 2012


Upacara Pembukaan Latihan Perindukan Siaga adalah sebagai berikut :
  1. Pemeriksaan kebersihan dan kerapihan anggota.
  2. Memilih barung terbaik untuk memimpin upacara
  3. Barung terbaik menyiapkan perlengkapan upacara
  4. Pemimpin Upacara memanggil anggota perindukan, untuk membentuk lingkaran besar mengelilingi standar bendera.
  5. 1) Pembina Upacara (Pembina Siaga) dijemput oleh Pemimpin Upacara dan mengambil tempat di tengah lingkaran menghadap bendera dan pintu upacara. 2) Para Pembantu Pembina Siaga masuk lingkaran upacara.
  6. Pemimpin Upacara mengambil bendera untuk dikibarkan.
  7. Pada waktu bendera sampai dipintu upacara, semua anggota perindukan memberi hormat hingga selesai.
  8. Pembina Upacara (Pembina Siaga) membaca Pancasila ditirukan oleh semua anggota.
  9. Pemimpin Upacara membaca Dwidarma diikuti oleh semua anggota perindukan.
  10. Pemimpin Upacara kembali ke barungnya.
  11. Pembina Upacara (Pembina Siaga) mengumumkan hal-hal yang perlu diketahui oleh anggota perindukan.
  12. Pembina Upacara (Pembina Siaga) mengucapkan doa yang diikuti oleh anggota perindukan.