My Blog List

Saturday, October 14, 2017

Cara Verval PTK di Web Vervalptk.data.kemdikbud.go.id Tahun 2017

Cara Verval PTK di Web Vervalptk.data.kemdikbud.go.id Tahun 2017

Ads By Google
Update Verval PTK 2017 - Sahabat guru-id, vervalptk.data.kemdikbud.go.idmerupakan alamat web resmi jaringan pengelolah data pendidikan dan kebudayaan yang dinaungi oleh TIM Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK). Sedangkan verval PTK sendiri merupakan kepanjangan dari Verifikasi dan Validasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan. apa yang di verval? tentu saja data ptk, data apa saja tuh? banyak :D hahahaha, sebutkan dong...inilah berkas yang mesti di verval ptk. KTP, SK PNS, SK Penugasan dari Dinas (SPT), dan Ijazah (SD, SMP, SMA, SI/D4). Sekarang sudah jelas di masa dapodik 2016 vervalptk juga masuk ke daftar pekerjaan tambahan bagi operator pendataan sekolah. Jangan lupa baca juga cara verval pd dapodik tahun 2016
Pada laman verval ptk versi 1.3 ada menu tambahan baru yakni verval dokumen, sebagaimana yang admin jelaskan di paragraf pertama bahwa Setiap Guru dan Tenaga Kependidikan harus melampirkan Foto serta dokumen pendukung lainnya pada VervalPTK, dan untuk memperbaiki data melalui VervalPTK. Nah laman ini juga penting nantinya karena akan digunakan untuk penerbitan dan penonaktifan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) tahun 2016. Jadi mulai dari sekarang mari kita lengkapi dokumen-dokumen valid di laman verval ptk kemdikbud
Ads By Google
Bagi Sahabat operator Sekolah yang sedang membaca tulisan ini, sebelum menuju topik utama tentang "Cara Verval PTK" marilah kita bahas satu persatu fungsi masing-masing menu yang ada di laman beranda verval ptk agar kita sama-sama paham dan mempermudah proses verifikasi dan validasi data para guru di sekolah bapak ibu, berikutnya lihat penampakkan gambar dibawah
gambar menu verval ptk
Sebelum membahas Penjelasan Menu Vervalptk yang anda lihat seperti penampakkan gambar diatas. langkah pertama yang harus dilakukan adalah login terlebih dahulu ke website verval PTK PDSP dengan menuju link berikut: http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id/ atau klik link ini. nah pada halaman login gunakan username dan password yang telah didaftarkan
gambar cara login vevral PTK kemdikbud
Naha selanjutnya selamat membaca penjelasan lengkap menu-menu dan panduan verval ptk kemdikbud di web PDSPK tahun 2016/2017. Semoga bermanfaat
1. Data PTK
Menu data PTK Menampilkan seluruh data guru dan tenaga pendidik yang bersumber dari hasil sinkronisasi dapodik. Adapun data-data pada menu ini terdiri dari NUPTK, NIK, Nama, Tanggal lahir, tempat lahir, ibu kandung, jenis kelamin, jenis PTK dan status validasi. Sedangkan pada nama ptk yang ditandai dengan kolom warna pink itu artinya PTK tersebut NUPTKnya tidak valid, namun tidak menutup kemungkinan PTK yang bersangkutan bisa saja belum memiliki NUPTK
2. Pengelolaan :
Pada menu ini digunakan untuk mengupload foto PTK dan perbaikan data ptk, bagi yang belum tahu caranya bisa mengikuti langkah-langkah dibawah
  • Klik menu "Pengelolaan" kemudian pilih perbaikan data master dan foto, berikutnya klik ikon pensil, dan persiapkan dokumen yang harus di uploa untuk perbaikan data seperti penampakkan gambar di bawah
  • gambar cara verval data ptk dan upload foto
  • berikutnya ganti data yang akan anda ubah, misal Tempat lahir, silahkan isikan perubahan di kolom tempat lahir baru. pada dokumen perubahan silahkan klik tombol select untuk mengupload dokumen perubahan, kami sarankan menggunakan akte kelahiran.
  • Untuk menambahkan foto, silahkan klik tombol photo, ingat dokumen maksimal 200kk lebih dair itu ditolak oleh sistem. nah jika semua telah selesai silahkan klik tombol "upload dokumen"
  • gambar cara edit atau verval ptk
  • Setelah itu, untuk mengecek hasil perbaikan data ptk di terima atau tidak silahkan klik kembali menu pengelolaan lalu pilih "status perbaikan data master" sehingga hasilnya seperti berikut
  • gambar verval ptk berhasil
3. NUPTK :
Pada menu NUPTK di beranda verval ptk ini digunakan untuk mengetahui PTK yang layak untuk mendapatkan NUPTK sehingga nanti bisa di verval melalui menu ini. tiga fungsi menu nuptk yang harus kita ketahui, sebagai berikut:
  1. Mengetahui Calon penerima NUPTK
  2. Status Penerima NUPTK
  3. Penonaktifan NUPTK
gambar cara verval NUPTK terbaru
Untuk lebih jelasnya silahkan baca Cara Mendapatkan NUPTK Tahun 2016
4. verval Dokumen
Pada menu verval dokumen ptk ini terdiri dari verval arsip dan status verval arsip, sebenarnya langkah-langkahnya sama dengan verval data ptk, yang membedakan adalah dokumen yang di upload, untuk lebih jelas mari ikuti langkah-langkah cara verval dokumen ptk berikut
  • Klik menu Verval dokumen, lalu pilih verval arsip. Berikutnya pilih PTK yang akan anda verval, baru klik tombol "Upload dokumen verval arsip" seperti penampakkan gambar dibawah
  • gambar cara verval arsip dokumen PTK
  • Pada laman selanjutnya ada 7 dokumen yang harus di scan dan kemudian di upload yakni KTP, SK PNS, SK Penugasan dari Dinas (SPT), dan Ijazah (SD, SMP, SMA, SI/D4)
  • Cara upload dokumen sangta mudah, tiap ingin mengunggah atau upload pastikan anda mengklik tombol "Select", nah setelah semua dokumen sudah berhasil di upload baru di langkah terakhir klik tombol "upload dokumen" seperti penampakkan gambar dibawah
  • gambar cara verval dokumen PTK
Selesai, langkah terkahir cek menu status verval arsip" untuk mengetahui verval berhasil atau tidak. nah jika ternyata proses verval ptk gagal, saran kami perhatikan tips dokumen yang memenuhi kriteria approve oleh admin PDSPK berikut
Catatan :
  • Semua dokumen adalah hasil Scan / Foto dari dokumen Asli (bukan Fotokopi)
  • Teks pada Dokumen harus dapat terbaca dengan jelas
  • Judul Dokumen usahakan singkat namun jelas menggambarkan isi.
  • Semua dokumen yang diupload berformat pdf.
  • Ukuran maximal.. nah ini saya belum tahu berapa maximalnya, untuk info saja, ukuran terbesar yang saya upload dengan sukses sebesar 200 kb.
Pertanyaan
kapan Batas Waktu verval ptk 2016? belum jelas, tapi biasanya kalau verval begini batas waktunya sangat panjang. Mas Aryadi Nugroho atau admin PDSP yang tahu kita tunggu saja info lebih lanjut. mungkin bisa kasih masukkan?
Update 30 Agustus 2016
Untuk verval PTK versi 1.4 ada perubahan dokumen yang di upload yakni sebagai berikut:
Dokumen 1 KTP
Dokumen 2 (SK PNS / CPNS untuk GTK PNS, dan SK GTY untuk GTK NON NPS) 

Dokumen 3 (SK Penugasan dari Dinas) untuk PNS : 
Dokumen 4 (Ijazah Terakhir)
bagaimana dengan verval PTK Non PNS, apakah semua harus diupload atau sebagian dokumen saja (seusai permintaan dokumennya) ? jujur admin masih belum tahu jawabannya. sekian informasi dari admin, terima kasih
Ads By Google

Tuesday, September 12, 2017

http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id Alamat Login SIM Kehadiran Guru Online

http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id Alamat Login SIM Kehadiran Guru Online

Ads By Google
LOGIN SIM ISI DATA KEHADIRAN GURU DAPODIKDASMEN SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2017/2018 DI http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id - KLIK DISINI
Ads By Google
Sahabat operator sekolah yang kami hormati. Akhirnya tugas baru mengenai pengisian data kehadiran atau absen guru melalui aplikasi dapodikdasmen versi 2018 telah dimulai. Sebagaimana yang admin blog guru-id telah praktikkan pada halaman baru login sim kehadiran guru, bahwa di laman tersebut telah tersedia aplikasi pengisian absen harian guru per semester.
Mungkin anda bertanya-tanya bagaimana cara penggunaan aplikasi sim kehadiran guru di dapodik untuk mengisi data kehadiran guru tiap hari baik yang hadir, izin, sakit maupun alpha? nah karena ada beberapa rekan-rekan yang menanyakannya kepada saya, maka pada posting kali ini saya menyempatkan diri untuk menuliskan langkah-langkahnya agar mudah dipahami dengan panduan gambar.
Adapun link resmi untuk masuk ke aplikasi sim kehadiran guru adalah "http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id". Sedangkan jika link tersebut bermasalah atau error karena tidak mampu menampung pengunjung, maka anda bisa menggunakan link alternatif lainnya di alamat berikut: http://223.27.144.195:2017/.
Sekedar mengingatkan, Sebelum menggunakan aplikasi data kehadiran guru ini, pastikan telah melakukan sinkronisasi pertama melalui aplikasi dapodik versi 2018. Tujuannya adalah agar data dari dapodik masuk ke aplikasi sim kehadiran guru sehingga data guru telah ada di aplikasi tersebut. Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti langah-langkah dibawah
pertama kali yang harus dilakukan pada web daftar hadir gtk adalah :
  1. Membuat kalender/OK kan kalender yang ada
  2. masuk di bulan juli lalu unceklis untuk hari minggu dan libur semester/akhir tahun dan cheklis GTK yg hadir lalu Simpan dan refresh
  3. Bulan Agustus juga uncheklist tanggal 17 agustus ( dan setiap tanggal (hari minggu) dan cheklis GTK yg hadir lalu simpan dan refresh
  4. Bulan september pun sama uncheklis hari minggu (tanggal minggu) dan cheklis GTK yg hadir lalu simpan dan refresh
aDapun untuk hari libur tidak selalu merah warnanya silahkan lihat di menu kehadiran..
gambar aplikasi sim kehadiran guru dapodik 2018

Cara Isi Absen Sim Kehadiran Guru di http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id

Mengenai Cara Isi Absen Sim Kehadiran Guru sekolah anda tentunya sangatlah mudah. hal yang harus anda lakukan hanyalah komputer anda terkoneksi dengan jaringan internet. nah, Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti langah-langkah dibawah
Langkah pertama: buka browser internet anda dan menuju link berikut: http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/index.php atau di http://223.27.144.195:2017// untuk lebih mudah KLIK DISINI.
Langkah KEDUA: pada form login sim kehadiran guru user id anda isikan username dapodik sekolah anda, begitu pula dengan password. berikutnya kode captcha, lalu klk tombol login seperti penampakkan gambar dibawah
gambar Login SIM Kehadiran Guru
Langkah ketiga: pada laman beranda aplikasi sim data kehadiran guru. klik menu "Kehadiran" maka akan muncul penampakkan seperti gambar dibawah
gambar menu kehadiran guru
Langkah keempat: jika daftar hadir guru belum muncul klik menu "buat daftar hadir" jika masuh belum muncul klik tombol refresh. sehingga akan seperti inilah tampilannya absen semester 1 tahun 2017/2018 bulan agustus
gambar contoh pengisian sim kehadiran guru
Langkah kelima: Untuk cara pengisian daftar kehadiran guru pada aplikasi sim tersebut silahkan anda contreng setiap hari sesuai tanggal kehadiran guru. nah apabila ada guru yang sakit, izin atau dinas luar silahkan klik menu data guru, kemudian pilih guru yang sakit pada hari tersebut lalu klik tombol "input surat izin/dinas luar/sakit"
gambar cara input surat izin di sim kehadiran guru
Langkah keenam: Pada menu input surat izin, silahkan anda isikan nomor surat izin, perihal surat, tanggal surat izin, ditandatangani kepala sekolah, NIP, jabatan,jenis izin silahkan pilih, kemudian klik tombol simpan
gambar cara pengisian input surat izin di absen kehadiran guru
DOWNLOAD PANDUAN CARA ISI ABSEN SIM KEHADIRAN GURU DAPODIK 2018 PDF - KLIK DI SINI
Jika pengisian data kehadiran telah selesai, silahkan klik tombol simpan agar laporan data kehadiran guru sekolah anda berhasil di simpan di server pusat. Terima kasih
Berikut adalah penampakkan diagram data kehadiran guru (absen) bulan juli dan agustus tahun pelajaran 2017/2018 yang telah selesai diisi dna disimpan ke daam aplikasi sim kehadiran guru.
gambar diagram data kehadiran guru dapodik 2018
Demikian tentang cara pengisian sim kehadiran guru dapodik 2018. Semoga bermanfaat


Sumber : http://www.guru-id.com/2017/08/httphadirgtkkemdikbudgoid-alamat-login.html#ixzz4sXRO8enb

Thursday, September 7, 2017

Aplikasi Membuat Kartu SIM PKB Guru Format Excel.Xlsx

Aplikasi Membuat Kartu SIM PKB Guru Format Excel.Xlsx

Sistem manajemen informasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan atau disingkat SIM PKB merupakan kelanjutan dari program guru pembelajar moda daring yang mana untuk tahun ajaran baru 2017/2018 telah digantikan dengan SIM PKB.
 
SIM PKB adalah sebuah Sistem Informasi Manajemen yang akan dipergunakan pada Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. 
Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ( PPKB ) adalah sebuah program yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kompetensi para guru, khususnya demi mengembangkan keterampilan instruksional dan pengetahuan terhadap konten pembelajaran yang diampu oleh guru tersebut.
Segera Cetak Kartu SIM PKB Guru Format Excel.Xlsx
 
Alamat resmi Website SIM PKB adalah : sim.gurupembelajar.id, maka dari itu tentunya setiap guru yang terdaftar dalam SIM PKB pastinya memiliki user dan pasword yang berbeda-beda, dalam rangka membantu bapak/ibu guru admin sekolah kita akan membagikan sebuah aplikasi yang mana fungsinya untuk mencetak secara otomatis kartu SIM PKB yang telah terdafar pada situs resmi sim.gurupembelajar.id.

Untuk mempersingkat waktu mari kita lihat fitur apa saja yang ada pada Aplikasi cetak Kartu SIM PKB Untuk guru, antara lain sebagai berikut :
Halaman Utama Aplikasi
Input Data Base Nama-Nama Guru Yang terdaftar Pada situs : sim.gurupembelajar.id
Cetak Kartu SIM PKB
 
Catatan Penting " Untuk input email/user name pada aplikasi bapak / ibu guru cukup dengan mengisi pada kolom NO UKG maka secara otomtis email/user name akan menyesuaikan."
 
Kelebihan dari Aplikasi Cetak Kartu SIM PKB Guru Format Excel.Xlsx  penggunaannya sangat mudah karena menggunakan format file dengan microsoft excel dan tidak banyak menu dan fitur yang dipakai, dalam sekali cetak bisa langsung cetak 10 kartu SIM PKB Guru. sumber file admin lansir dari situs gurusd.net peraih anugerah peduli pendidikan yang mana adminnya sudah kita kenal semua ( Demian Renovtri )
 
Untuk lebih jelasnya langsung saja download Aplikasi Cetak Kartu SIM PKB Guru Format Excel.Xlsx pada tautan link yang ada di bawah ini :
 

Saturday, August 26, 2017

CARA CETAK KARTU PESERTA UKG/UTN ULANG 2017

CARA CETAK KARTU PESERTA UKG/UTN ULANG 2017

UKG/UTN Ulang diperuntukkan kepada para guru yang telah mengikuti PLPG tapi masih belum lulus UKG/UTN nya saat PLPG 2016.

Untuk daftar peserta sudah saya share sebelumnya [https://smkn1tanjungselor.blogspot.co.id/2017/04/daftar-peserta-utnukg-ulang-kab.html] dan untuk kali ini saya akan memberikan cara bagaimana cara mencetak kartu ujian. 

Kartu ujian ini nantinya akan dipakai untuk login ke CBT (Ter Berbasis Komputer) di TUK (Tempat Ujian Kompetensi) masing-masing. Kebetulan di Kab. Bulungan di SMKN 1 Tanjung Selor.

Cara Cetak Kartu Ujian UKG/UTN Ulang 2017 :


2. Kemudian pilih menu Peserta UTN Ulang, tempat dan Jadwal pelaksanaan (Pojok Kiri Bawah).


3. Masukkan NUPTK Anda, kemudian klik search 


4. Lihat Jadwal dan Tempat TUK


ZOOM :

5. Klik Cetak Kartu kemudian akan muncul tampilan seperti ini, kemudian klik icon print  (pojok kanan atas):

6. Setelah dicetak, kartu peserta wajib dibawa untuk nanti ditukar dengan ID Ujian dan Validasi Ujian.

SEMOGA BERMANFAAT TERIMAKASIH.

Penetapan Peserta Sertifikasi Guru Tahun 2017

Penetapan Peserta Sertifikasi Guru Tahun 2017

Penetapan peserta PLPG 2017 sudah berakhir dan proses penempatan peserta ke LPTK penyelenggara sudah selesai. Hasil penempatan peserta PLPG 2017 ke LPTK penyelenggara dapat dilihat melalui tautan Daftar Peserta PLPG 2017.
Informasi pelaksanaan pembekalan (prakondisi) akan diinformasikan melalui masing-masing LPTK penyelenggara. Informasi umum tahap awal kegiatan pembekalan silahkan klik tautan terkait

Penetapan Peserta PLPG 2017 non-reguler

Verifikasi berkas sedang dilakuan di LPMP bagi calon peserta PLPG 2017 non reguler yang berasal dari :
  • peserta Keahlian Ganda
  • Alumni Beasiswa S2 - Dikdas
  • Guru Berprestasi
Tahap verifikasi berkas dapat dilihat melalui tautan verifikasi Daftar Calon Peserta di bawah ini.

Lembar Info PTK atau Lapor Tunjangan Dikdas

Lembar Info PTK atau Lapor Tunjangan Dikdas

Lembar Info PTK atau Lapor Tunjangan Dikdas (LTD) ialah fasilitas bagi guru/PTK yang disediakan oleh Direktorat P2TK Dikdas untuk membantu guru melakukan pengecekan hasil verifikasi data yang telah dikirim melalui aplikasi Dapodik.
lembar info ptk.png
Berikut ini ialah langkah-langkah cek data untuk melihat Lembar Info PTK tahun 2014
  1. Buka peramban dan ketik salah satu tautan aktif di bawah ini untuk menuju laman Lembar Info PTK
  1. Setelah salah satu lama info ptk di atas terbuka, maka untuk masuk ke dalam halaman verifikasi data guru/PTK caranya ialah sebagai berikut ini:
lembar info ptk.png
  1. Masukkan NUPTK sebagai UserID
  2. Masukkan tanggal lahir sebagai password dengan format penulisan YYYYMMDD di mana:
i.YYYY= tahun lahir 4 digit
ii.MM = bulan 2 digit
iii.DD = tanggal lahir
iv.Contoh:
v.Tanggal lahir 10 januari 1968 maka cara menuliskannya ialah 19680110
  1. Langkah selanjutnya ialah masukkan kode captcha yang berada di bawah password dengan benar.
  2. Lakukan klik pada tombol “submit” kemudian silahkan tunggu laman verifikasi data termuat dengan sempurna
  3. Jika masih terdapat ketidaksesuaian data lembar info ptk dengan data asli maka lakukan pengecekan data di aplikasi dapodik, lakukan perbaikan data dan sync ulang/BSD.