My Blog List

Wednesday, January 26, 2022

LUAS SELIMUT TABUNG


Rumus luas selimut tabung merupakan salah satu rumus mengenai bangun ruang atau geometri yang harus dipahami. Rumus pada mata pelajaran matematika ini sangat mudah untuk dipelajari.


Rumus luas selimut tabung juga sering ditemukan pada soal matematika di berbagai jenjang pendidikan, yaitu SD hingga perguruan tinggi.
Selain itu, mencari rumus luas selimut tabung ini juga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebelum menghitung luas selimut dan melakukan perhitungan, maka kamu harus mengetahui bentuk tabung terlebih dahulu.
Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata tabung juga dapat diartikan sebagai silinder atau ruang yang berbatas bidang lengkung dan dua bulatan yang sama besar.


Hal itu menjadi keunikan tabung dibanding bangun ruang lainnya. Tabung memiliki alas dan tutup bangun ruang berbentuk bulatan atau lingkaran.
Tabung ini berbeda dengan kerucut meskipun sama-sama memiliki alas berbentuk lingkaran. Perbedaannya, kerucut tidak memiliki tutup lingkaran, tetapi bentuk tutupnya mengerucut.



Tabung memiliki alas dan tutup berbentuk lingkaran. Sementara itu, selimut tabung berbentuk persegi empat. Jadi, rumus luas selimut tabung adalah:

Rumus luas selimut tabung = Keliling lingkaran x Tinggi tabung

Rumus mencari luas selimut tabung terdiri dari dua bagian, yaitu “keliling lingkaran” dan “2 x phi x jari-jari”.
Hasil keliling lingkaran tabung ini digunakan sebagai panjang atau lebar yang digunakan untuk mencari luas persegi empat.
Keliling lingkaran alas tabung ini kemudian dikalikan dengan tinggi tabung untuk mendapatkan luas selimut tabung. 


Salah satu hal paling penting untuk memahami matematika adalah menambah banyak frekuensi latihan soal agar dapat menggunakan rumus ini.


Coba kerjakan contoh soal luas selimut tabung berikut ini agar kamu dapat lebih memahami dan mampu mengaplikasikan rumus dari luas selimut tabung.
  • Contoh Soal
Ganesha diberikan celengan oleh kakeknya. Celengan itu terbuat dari kaleng bekas makanan ringan. Celengan Ganesha berbentuk tabung dengan jari-jari 7 cm dan tinggi 20 cm.
Supaya lebih indah, Ganesha ingin menutup celengan tersebut dengan bungkus kado. Hanya bagian selain alas dan tutup tabung yang ingin Ganesha tutup.
Berapa luas bungkus kado yang dibutuhkan Ganesha untuk menutup selimut tabung?

Penyelesaian:
Apakah kamu berhasil mengerjakan soal di atas? 

Mari kita bahas pengerjaan soal matematika ini bersama-sama.
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, rumus untuk mencari luas selimut tabung dapat dihitung setelah menghitung keliling tutup atau alas lingkaran tabung tersebut.



Melalui rumus “2 x phi x jari-jari”, maka keliling lingkaran tersebut dapat kamu cari dengan perhitungan “2 x 22/7 x 7 cm”. Hasil perhitungan ini adalah 44 cm.
Selanjutnya, rumus volume dan luas selimut tabung dapat kamu operasikan dengan mengalikan keliling lingkaran tersebut dan tinggi tabung.
Rumus luas selimut tabung dioperasikan dengan perhitungan “44 cm x 20 cm”. Hasil perkalian ini adalah 880 cm persegi.
Jadi, luas selimut tabung celengan Ganesha adalah 880 cm persegi.
Itulah penjelasan lengkap mengenai rumus luas selimut tabung disertai contoh dan pembahasan soalnya. Perbanyak berlatih rumus agar kamu bisa menghadapi ujian dengan baik.

Luas Permukaan Tabung Beserta Contoh Soalnya




Berikut tips dan trik menghitung luas permukaan tabung beserta contoh soal beserta jawabannya.



27/1/2022, 19.39 WIB 


Tabung atau silinder merupakan bangun ruang tiga dimensi yang dibentuk oleh dua buah lingkaran identik yang sejajar dan sebuah persegi panjang yang mengelilingi kedua lingkaran tersebut. Struktur bentuk, tabung memiliki tiga sisi dan dua rusuk. 


Dalam kehidupan sehari-hari, tabung digunakan dalam berbagai macam manfaat. Hal itu sering ditemukan di dapur dan terowongan jalan hingga tabung gas yang sering digunakan masak. Oleh karenanya dalam pembahasan ini akan dijelaskan mengenai luas permukaan tabung. 


Permukaan tabung terdiri dari semua titik pada baris yang sejajar dengan garis yang diketahui dan melewati tetap kurva pesawat yang tidak sejajar dengan garis yang diberikan. Pada garis tersebut kelompok garis sejajar atau disebut juga elemen permukaan tabung. 




Permukaan Tabung adalah permukaan yang dilacak oleh sebuah garis yang disebut generatrix yang sejajar dengan dirinya sendiri dan selalu melewati budang directrix yang tidak sejajar. Posisi tertentu dari matrik generatrik adalah elemen permukaan tabung. 


Untuk menghitung luas permukaan tabung dimulai dari jari-jari (r). Jaring-jaring tabung terdiri dari tutup dan alas tabung yang berbentuk lingkaran, sehingga rumus luas dari alas dan tutup yang berbentuk lingkaran yaitu = 2π r². Untuk nilai phi (π) dapat menggunakan 22/7 atau 3,14. Hal itu dapat dilihat dari bagian melengkung yang mengelilingi tabung, memiliki bentuk persegi panjang mempunyai rumus luas panjang x lebar. Panjangnya sama dengan keliling lingkaran sedangkan lebarnya sama dengan tinggi tabung, sehingga rumus luas sisi lengkungnya adalah 2π r t. 


Rumus luas jaring-jaring tabung : Rumus luas alas dan tutup : π.r2 Rumus luas selimut : 2.π.r.t Dari kedua rumus ini, kita akan bisa menuliskan rumus luas permukaan tabung menjadi: Luas permukaan tabung = 2 x Luas alas + Luas selimut tabung Luas permukaan tabung = 2 x (π x r2) + 2 x π x r x t = 2 x π x r x ( r + t ) 


Untuk bisa lebih memahami hal ini, mari kita lihat salah satu contoh soal berikut ini: 


1. Soal Pertama Untuk membuat sebuah patung, pengrajin menggunakan sebuah batang pohon yang berbentuk seperti tabung dengan diameter 14 cm dan tinggi 18 cm. 


Tentukan luas permukaan dari batang kayu tersebut. 

Penyelesaian: Dari soal di atas kita mendapatkan informasi seperti: d = 14 cm, maka jari-jarinya adalah r = 7 cm t = 18 cm Dengan begitu kita tinggal memasukannya kedalam rumus. Jawab: Lp = 2 x π x r x ( r + t ) = 2 x 22/7 x 7 (7 + 18 ) = 44 x 25 = 1.100 cm2 


2. Soal Kedua Berapa volume tabung jika memiliki diameter 50 cm dan tinggi 66 cm? Diketahui: Diameter = 50 cm, karena r = 1/2 diameter maka r = 25 cm tinggi = 66 cm Rumus: Volume Tabung = π x r² x t Jawaban: π x r² x t = (22/7) x 25cm² x 66 cm = (22/7) x 25 x 25 x 66 = (22/7) x 41250 = 129.642 cm³ 

Demikianlah rumus permukaan tabung.


About us:


Wednesday, January 19, 2022

DESAIN BESAR OLAH RAGA NASIONAL (DBON)



*Assalammualaikum wr wb,

Selamat Siang... Salam Sejahtera..*

Menindaklanjuti Peraturan Presiden Republik Indonesia (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) dengan visi Mewujudkan Indonesia Bugar, Berkarakter Unggul, dan Berprestasi Dunia, maka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus akan mengumpulkan data melalui survei dalam rangka Penyiapan Bahan dan Pemetaan Program Transformasi Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) yang hasilnya akan digunakan untuk memberikan input/rekomendasi dalam transformasi kinerja guru dan talenta PJOK. 

*Kami harapkan kesediaan Bapak/Ibu Kepala Dinas Pendidikan untuk mendukung kegiatan survei ini* dengan cara menyebarluaskan laman survei ini untuk dapat diisi oleh *Guru PJOK* di Seluruh Indonesia, pada link : 

https://bit.ly/surveiprofilgurupjok

atas bantuan dan perhatiannya kami sampaikan Terimakasih.
🙏

About Us:
GROBOGAN BLACK METAL

Tuesday, January 18, 2022

JADWAL PELAJARAN TK/PAUD

JADWAL PELAJARAN TK DHARMA WANITA I KEDUNGREJO NO WAKTU SENIN SELASA RABU KAMIS JUM’AT SABTU Keg. Awal Keg. Awal Keg. Awal Keg. Awal Keg. Awal Keg. Awal 1 07.00-08.00 MASEK BAHASA SENI MASEK MASEK FISIK MRK 2 Keg. Inti Keg. Inti Keg. Inti Keg. Inti Keg. Inti Keg. Inti 3 08.00-09.00 BAHASA KOGNITIF BAHASA KOGNITIF BAHASA KOGNITIF 4 KOGNITIF FISIK MRK KOGNITIF FISIK MRK KOGNITIF MASEK 5 FISIK MRK SENI FISIK MRK BAHASA FISIK MRK SENI 6 09.00-09.30 Istirahat Istirahat Istirahat Istirahat Istirahat Istirahat 7 Keg Akhir Keg Akhir Keg Akhir Keg Akhir Keg Akhir Keg Akhir 8 09.30-10.00 SENI MASEK MASEK SENI SENI BAHASA Kedungrejo, Kepala TK Dharma Wanita I Kedungrejo SRI WIDIANINGSIH, S.Pd. NIP.

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PAUD KURIKULUM 2013

KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR KI-1. Menerima ajaran agama yang dianutnya 1.1. Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya 1.2. Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan KI-2. Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu menghargai dan toleran kepada orang lain, mampu menyesuaikan diri, jujur, rendah hati dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik, dan teman 2.1. Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat 2.2. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu 2.3. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kreatif 2.4. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap estetis 2.5. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri 2.6. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih kedisiplinan 2.7. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar (mau menunggu giliran, mau mendengar ketika orang lain berbicara) untuk melatih kedisiplinan 2.8. Memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian 2.9. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap peduli dan mau membantu jika diminta bantuannya 2.10.Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap menghargai dan toleran kepada orang lain 2.11.Memiliki perilaku yang dapat menye-suaikan diri 2.12.Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap tanggungjawab 2.13.Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap jujur 2.14.Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap rendah hati dan santun kepada orang tua, pendidik, dan teman KI-3. Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik, lingkungan sekitar, agama, teknologi, seni, dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUD dengan cara: mengamati dengan indera (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba); menanya; mengumpulkan informasi; menalar; dan mengomunikasikan melalui kegiatan bermain 3.1. Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari 3.2. Mengenal perilaku baik sebagai cerminan akhlak mulia 3.3. Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus 3.4. Mengetahui cara hidup sehat 3.5. Mengetahui cara memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif 3.6. Mengenal benda-benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya) 3.7. Mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi) 3.8. Mengenal lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll) 3.9. Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll) 3.10.Memahami bahasa reseptif (menyimak dan membaca) 3.11.Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal) 3.12.Mengenal keaksaraan awal melalui bermain 3.13.Mengenal emosi diri dan orang lain 3.14.Mengenali kebutuhan, keinginan, dan minat diri 3.15.Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni KI-4. Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, musik, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia 4.1. Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa 4.2. Menunjukkan perilaku santun sebagai cerminan akhlak mulia 4.3. Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus 4.4. Mampu menolong diri sendiri untuk hidup sehat 4.5. Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreatif 4.6. Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda di sekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya 4.7. Menyajikan berbagai karya yang berhubungan dengan lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi) dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, dan gerak tubuh 4.8. Menyajikan berbagai karya yang berhubungan dengan lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll) dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, dan gerak tubuh 4.9. Menggunakan teknologi sederhana untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll) 4.10. Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca) 4.11. Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal) 4.12. Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya 4.13. Menunjukkan reaksi emosi diri secara wajar 4.14. Mengungkapkan kebutuhan, keinginan dan minat diri dengan cara yang tepat 4.15. Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media ABOUT US: GROBOGAN BLACK METAL