My Blog List

Wednesday, November 27, 2013

http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=11&ved=0CGwQFjAK&url=http%3A%2F%2Fstudent.ut.ac.id%2Fmod%2Fresource%2Fview.php%3Fid%3D125451&ei=jMKWUorhConslAWn-ICQBA&usg=AFQjCNGU-Ts0jKs_JLHzJKEPIqrBjECwZg&sig2=KS0Pde8LPTEVyvAuLWNIaw&bvm=bv.57155469,d.dGI&cad=rjahttp://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=11&ved=0CGwQFjAK&url=http%3A%2F%2Fstudent.ut.ac.id%2Fmod%2Fresource%2Fview.php%3Fid%3D125451&ei=jMKWUorhConslAWn-ICQBA&usg=AFQjCNGU-Ts0jKs_JLHzJKEPIqrBjECwZg&sig2=KS0Pde8LPTEVyvAuLWNIaw&bvm=bv.57155469,d.dGI&cad=rja

NAIKNYA AIR PADA TUMBUHAN

MEKANISME AIR PADA TUMBUHAN
Air merupakan sumber kehidupan bagi seluruh makhluk hidup. Airmempunyai peranan sangat penting karena air merupakan bahan pelarut bagikebanyakan reaksi dalam tubuh makhluk hidup. Air juga digunakan sebagaimedium enzimatis.
Air sangat penting bagi tumbuhan. 30% sampai 90% berat tumbuhan tersusunatas air. Tumbuhan menggunakan air pada proses fotosintesis. Mineral-mineralyang diserap oleh akar harus terlarut juga dalam air.
A.STRUKTUR DAN FUNGSI TUBUH TUMBUHAN
1. Akar
Akar terdiri atas akar tunggang dan akar serabut. Akar tunggang adalahakar primer atau akar embrio yang terus tumbuh membesar danmemanjang. Akar ini menjadi akar utama yang menopang tegaknya tubuhtumbuhan. Pada tumbuhan tertentu akar primer atau akar embrio tersebuttidak tumbuh terus tetapi mati. Sebagai gantinya akan tumbuh banyak akardi daerah batang. Akar tersebut ukurannya lebih kecil dibandingkandengan akar primer namun bercabang-cabang. Akar tersebut disebut akarserabut karena strukturnya seperti serabut. Akar serabut menyebar ketanah sekitar tumbuhan. Dengan demikian, akar-akar serabut ini mampumengumpulkan air dari yang area cukup luas dibandingkan area jangkauanakar tunggang.Akar adalah organ tanaman yang aktif menyerap air.
Jaringan penyusun akar
Lapisan terluar adalah epidermis yang berfungsi sebagai pelindungbagian akar. Sel epidermis akan berdinding tipis dan biasanya tanpalapisan kutikula. Tebal epidermis biasanya satu lapisan sel. Sel-selepidermis dapat tumbuh menonjol di tempat-tempat tertentumenghasilkan rambut akar yang berfungsi untuk menyerapa air danmineral.
Bagian dalam epidermis adalah lapisan sel-selyang disebut korteks.Pada batang tertentusel-sel korteks berfungsi untuk menyimpanmakanan. Biasanya korteks terdiri dari sel parenkim, bahkan ada yangtersusun atas sel sklerenkim. Diantara sel-sel parenkim terdapat ruangantar sel sehingga berfungsi sebagai ruang penyimpanan udara.
Lapisan endodermis. Lapisan ini tersusun melingkar seperti cincinmelingkari berkas pembuluh. Sel-sel endodermis membantu mengaturpenyerapan air oleh xilem.
Di bagian dalam endodermis terdapat berkas xilem. Xilem tersusundari sejumlah berkas yang terpisah dan letaknya bergantian denganberkas pembuluh floem. Sel xilem pada akar berfungsi mengangkut airdan mineral menuju daun. Sel-sel floem mengangkut makanan daridaun ke seluruh bagian tumbuhan.
Selain itu akar juga mempunyai fungsi penyerapan dan penyimpanan.Tumbuhan memperoleh bahan-bahan yang diperlukan untuk pertumbuhanmelalui akarnya. Akar menyerap air dari lingkungan sekitarnya secara
osmosis. Akar juga menyerap menyerap mineral dari lingkungan
sekitarnya bersama dengan penyerapan air.
Air masuk kedalam akar melalui rambut-rambut akar. Rambut akarakan meningkatkan luas permukaan akar dan dapat meningkatkan jumlahair yang di serap atau di ambil oleh tumbuhan.
2. Batang
Sel-sel xilem membantu mendukung tegaknya batang tumbuhan.
Jaringan sel xilem memiliki sel-sel seperti tabung yang berfungsi untuk
Anwar Astuti Sari Dewi_Sains_2008
3
menyalurkan air dan mineral keseluruh tubuh tumbuhan. Sel-sel tersebutberdinding tebal sehingga juga dapat berfungsi sebagai penguat. Korteksmerupakan jaringan penyimpanan makanan pada tumbuhan. Umumnyatumbuhan menyimpan makan dalam bentuk pati. Epidermis pada batangmerupakan pelindung terluar.
Epidermis umumnya terdiri dari satu lapisan sel. Sel epidermis inidapat berdiferensiasi menjadi stomata (mulut daun) dan trikom (rambut).Mulut daun berfungsi sebagai jalan keluar masuknya gas-gas sedangkantrikom berfungsi mencegah penguapan yang terlalu banyak dari batang.
Lapisan jaringan pada batang
Lapisan terluar batang berkayu adalahgabus. Gabus tersusun dari sel-sel yang telah mati dan berfungsi melindungi batang dari gangguanserangga, penyakit, dan mencegah kehilangan air.
Di bagian dalam lapisan gabus terdapat korteks. Korteks sering
berfungsi untuk menyimpan makanan.
Di bagian dalam korteksadalah sel floem yang tersusun seperti cincin.Floem berfungsimengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruhbagian tubuh tumbuhan
Kambium adalah lapisan tipis sel-sel yang menghasilkan floem baru ke
arah luar dan xilem baru ke arah dalam. Tiap tahun kambiummenghasilkan sel-sel xilem dan floem baru yang mengakibatkanbatang menebal.
Lapisan dalam batang berkayu adalahxilem. Sel-sel xilem memilikidinding sel tebal yang membantu mendukung tubuh tumbuhan. Sel-selxilem mengangkut air dari akar ke daun melalui batang.
Airdan mineral diperlukan oleh bagian –bagian tumbuhan untuktumbuh. Daun membuat makanan untuk tumbuhan melalui fotosintesis.Air sampai ke daun melalui batang. Air di serap oleh tumbuhan.
Air yang di serap oleh akar diangkut melalui batang. Mineral daritanah terlarut dalm air sehingga juga diangkut melalui batang. Air danmineral diangkutoleh sel-sel xilem.
Para ahli mengembangkan bagaimanaair dapat diangkut ke daun.Salah satunya menjelaskan bahwa gerakan naiknya air pada tumbuhanidentik dengan gerakan airpada kertas isap atau tisu. Jika kita meletakankertas isap atau tisu kering ke dalam air, air akan diserap oleh ujung kertasisap atau tisu, dan diteruskan sampai ke seluruh bagian kertas.
Bagian lain dari teori tersebut menjelaskan bagaimana air keluar daritumbuhan. Air bergerak melalui sel-sel xilem pada tumbuhan dan akankeluar dari daun melalui stomata. Peristiwa tersebut dikenal sebagai
transpiras, yaitu menguapnya air melalui stomata di daun. Saat air
menguap melalui daun, semakin banyak pula air mengalir ke daun daribatang. Air yang berada pada batang merupakan air yang terserap olehakar. Air yang baru selalu masuk ke akar secara osmosis.
Batang menyimpan makanan dalam bentuk pati dan menyimpan air.
Air berasal dari akar, dan pati dibuat dari gula yang diangkut dari daun.
Satu keuntungan menyimpan air pada batang adalah terhindar dari
kekeringan. Air membantu menjaga sel-sel batang tetap kaku.
3. Daun
Jaringan pada daun
Lapisan lilin
Lapisan ini berfungsi untuk melindungi daun dari penguapan yang
berlebihan dan gangguan serangga.
Berbatasan langsung dengan lapisan lilin yaitu jaringan epidermis.Lapisan ini merupakan lapisan daun penyusun terluar. Lapisanepidermis berfungsi sebagai npelindung dan umumnya hanya terdiridari selapis sel yang tipis.
Jaringan tiang
Jaringan ini mengandung banyak kloroplas yang berfungsi dalam
proses pembuatan makanan.
Jaringan spons
Renggangnya hubungan antara sel pada jaringan ini memungkinkan
adanya ruang antara sel yang cukup besar untuk menampung gas
Anwar Astuti Sari Dewi_Sains_2008
5
karbondioksida, oksigen, maupun hidrogen. Sel-sel ini juga berperan
dalam pembuatan makanan melalui proses fotosintesis.
Jaringan stoma
Stoma adalah pori kecil pada epidermis daun. Bila jumlahnya lebihdari satu disebut stomata. Ukuran stoma berubah-ubah karena sel-selpenutup tersebut mengembang dan mengempis saat air masuk ataukeluar secara osmosis.
Terdapat urat-urat daun.
Urat daun yang besar biasanya berada di tengah helaian daun dan
bercabang-cabang sampai mencapai helaian daun.
Stomata pada daun bisa terdapat pada epidermis atas dan epidermis
bawah stomata ini berfungsi sebagai jalan keluar masuknya udara maupunuap air. Umumnya stomata akan membuka di siang hari untuk mengambilkarbondioksida yang digunakan untuk proses fotosintesis. Stomata akanmenutup pada malam hari saat karbondioksida tidak diperlukan. Ukuranstomata berubah ubah karena sel-sel penutup tersebut mengembang danmengempis saat air masuk atau keluar secara osmosis.
5
karbondioksida, oksigen, maupun hidrogen. Sel-sel ini juga berperan
dalam pembuatan makanan melalui proses fotosintesis.
Jaringan stoma
Stoma adalah pori kecil pada epidermis daun. Bila jumlahnya lebihdari satu disebut stomata. Ukuran stoma berubah-ubah karena sel-selpenutup tersebut mengembang dan mengempis saat air masuk ataukeluar secara osmosis.
Terdapat urat-urat daun.
Urat daun yang besar biasanya berada di tengah helaian daun dan
bercabang-cabang sampai mencapai helaian daun.
Stomata pada daun bisa terdapat pada epidermis atas dan epidermisbawah stomata ini berfungsi sebagai jalan keluar masuknya udara maupunuap air. Umumnya stomata akan membuka di siang hari untuk mengambilkarbondioksida yang digunakan untuk proses fotosintesis. Stomata akanmenutup pada malam hari saat karbondioksida tidak diperlukan. Ukuranstomata berubah ubah karena sel-sel penutup tersebut mengembang danmengempis saat air masuk atau keluar secara osmosis.
B.
1
MEKANISME AIR PADA TUMBUHAN
Air merupakan sumber kehidupan bagi seluruh makhluk hidup. Airmempunyai peranan sangat penting karena air merupakan bahan pelarut bagikebanyakan reaksi dalam tubuh makhluk hidup. Air juga digunakan sebagaimedium enzimatis.
Air sangat penting bagi tumbuhan. 30% sampai 90% berat tumbuhan tersusunatas air. Tumbuhan menggunakan air pada proses fotosintesis. Mineral-mineralyang diserap oleh akar harus terlarut juga dalam air.
A.STRUKTUR DAN FUNGSI TUBUH TUMBUHAN
1. Akar
Akar terdiri atas akar tunggang dan akar serabut. Akar tunggang adalahakar primer atau akar embrio yang terus tumbuh membesar danmemanjang. Akar ini menjadi akar utama yang menopang tegaknya tubuhtumbuhan. Pada tumbuhan tertentu akar primer atau akar embrio tersebuttidak tumbuh terus tetapi mati. Sebagai gantinya akan tumbuh banyak akardi daerah batang. Akar tersebut ukurannya lebih kecil dibandingkandengan akar primer namun bercabang-cabang. Akar tersebut disebut akarserabut karena strukturnya seperti serabut. Akar serabut menyebar ketanah sekitar tumbuhan. Dengan demikian, akar-akar serabut ini mampumengumpulkan air dari yang area cukup luas dibandingkan area jangkauanakar tunggang.Akar adalah organ tanaman yang aktif menyerap air.
Jaringan penyusun akar
Anwar Astuti Sari Dewi_Sains_2008
2
Lapisan terluar adalah epidermis yang berfungsi sebagai pelindungbagian akar. Sel epidermis akan berdinding tipis dan biasanya tanpalapisan kutikula. Tebal epidermis biasanya satu lapisan sel. Sel-selepidermis dapat tumbuh menonjol di tempat-tempat tertentumenghasilkan rambut akar yang berfungsi untuk menyerapa air danmineral.
Bagian dalam epidermis adalah lapisan sel-selyang disebut korteks.Pada batang tertentusel-sel korteks berfungsi untuk menyimpanmakanan. Biasanya korteks terdiri dari sel parenkim, bahkan ada yangtersusun atas sel sklerenkim. Diantara sel-sel parenkim terdapat ruangantar sel sehingga berfungsi sebagai ruang penyimpanan udara.
Lapisan endodermis. Lapisan ini tersusun melingkar seperti cincinmelingkari berkas pembuluh. Sel-sel endodermis membantu mengaturpenyerapan air oleh xilem.
Di bagian dalam endodermis terdapat berkas xilem. Xilem tersusundari sejumlah berkas yang terpisah dan letaknya bergantian denganberkas pembuluh floem. Sel xilem pada akar berfungsi mengangkut airdan mineral menuju daun. Sel-sel floem mengangkut makanan daridaun ke seluruh bagian tumbuhan.
Selain itu akar juga mempunyai fungsi penyerapan dan penyimpanan.Tumbuhan memperoleh bahan-bahan yang diperlukan untuk pertumbuhanmelalui akarnya. Akar menyerap air dari lingkungan sekitarnya secara
osmosis. Akar juga menyerap menyerap mineral dari lingkungan
sekitarnya bersama dengan penyerapan air.
Air masuk kedalam akar melalui rambut-rambut akar. Rambut akarakan meningkatkan luas permukaan akar dan dapat meningkatkan jumlahair yang di serap atau di ambil oleh tumbuhan.
2. Batang
Sel-sel xilem membantu mendukung tegaknya batang tumbuhan.
Jaringan sel xilem memiliki sel-sel seperti tabung yang berfungsi untuk
3
menyalurkan air dan mineral keseluruh tubuh tumbuhan. Sel-sel tersebutberdinding tebal sehingga juga dapat berfungsi sebagai penguat. Korteksmerupakan jaringan penyimpanan makanan pada tumbuhan. Umumnyatumbuhan menyimpan makan dalam bentuk pati. Epidermis pada batangmerupakan pelindung terluar.
Epidermis umumnya terdiri dari satu lapisan sel. Sel epidermis inidapat berdiferensiasi menjadi stomata (mulut daun) dan trikom (rambut).Mulut daun berfungsi sebagai jalan keluar masuknya gas-gas sedangkantrikom berfungsi mencegah penguapan yang terlalu banyak dari batang.
Lapisan jaringan pada batang
Lapisan terluar batang berkayu adalahgabus. Gabus tersusun dari sel-sel yang telah mati dan berfungsi melindungi batang dari gangguanserangga, penyakit, dan mencegah kehilangan air.
Di bagian dalam lapisan gabus terdapat korteks. Korteks sering
berfungsi untuk menyimpan makanan.
Di bagian dalam korteksadalah sel floem yang tersusun seperti cincin.Floem berfungsimengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruhbagian tubuh tumbuhan
Kambium adalah lapisan tipis sel-sel yang menghasilkan floem baru ke
arah luar dan xilem baru ke arah dalam. Tiap tahun kambiummenghasilkan sel-sel xilem dan floem baru yang mengakibatkanbatang menebal.
Lapisan dalam batang berkayu adalahxilem. Sel-sel xilem memilikidinding sel tebal yang membantu mendukung tubuh tumbuhan. Sel-selxilem mengangkut air dari akar ke daun melalui batang.
Airdan mineral diperlukan oleh bagian –bagian tumbuhan untuktumbuh. Daun membuat makanan untuk tumbuhan melalui fotosintesis.Air sampai ke daun melalui batang. Air di serap oleh tumbuhan.
Air yang di serap oleh akar diangkut melalui batang. Mineral daritanah terlarut dalm air sehingga juga diangkut melalui batang. Air danmineral diangkutoleh sel-sel xilem.

Saturday, November 23, 2013

Livin' On A Prayer

Livin' On A Prayer
Bon Jovi

Em C D ...

(Once upon a time, not so long ago ....)

Em                                 Em/F# (022002)
Tommy used to work on the docks
Em
Union's been on strike. He's down on his luck
      C      D           Em
It's though,   so though.

Gina work the dinner all day
Working for her man. She brings home hre pay
For love, for love.

                       C   D                Em
She says we've got to hold on to what we've got.
C                 D                           Em
It doesn't make a difference if we make it or not.
       C        D                 Em        C
We've got each other and that's a lot, for love.
      D
We'll give it a shot.

Em  C           D           G                 D7sus4
Woooo, we're halfway there, wooo, livin' on a prayer.
Em       C          D
Take my hand we'll make it, I swear
G  C  D7sus4
Wooo, livin' on a prayer

Tommy's got his six string in hock,
now he's holding in, what he used to make it talk
So though, it's so though.

Gina dreams of running away
When she cries in the night, Tommy whispers:
Baby it's O.K., some day.

We've got to hold on ....

Em  C           D           G                 D7sus4
Woooo, we're halfway there, wooo, livin' on a prayer.
Em       C          D
Take my hand we'll make it, I swear
G  C  D7sus4
Wooo, livin' on a prayer
C
Livin' on a prayer.


Solo: Em, C, D, G, C, D ...


Em                        C   D             Em D
Oooooooooh, we've got to hold on, ready or not
      C                           D
You live for the fight when it's all that you've got.


Bb   Eb        Fsus4     F
Woooooo, we're half ---- way there
Bb   Eb  F7sus4
Woooooo, livin' on a prayer
Gm      Eb             F
Take my hand and we'll make it I swear
Bb  Eb F7sus4
Woooo, livin on a prayer

Thursday, October 10, 2013

https://sites.google.com/site/httpemmahandokoblogspotcom/soal-kelas-3-ulangan-harian/soal%20ulangan%20harian%20kelas%203%20semster%201.rar?attredirects=0&d=1

Tuesday, September 17, 2013

Misteri Angka 666 dan Simbol Satanisme

Misteri Angka 666 dan Simbol Satanisme, Tanda Bangkitnya Sang Raja Setan ( Tolong judul ini di klik)

November 7, 2011 at 10:40am
Angka 666 dalam bhs Latin bisa diartikan sebagai DIC LVX = “dicit lux” - suara cahaya. Maklum setan dalam bhs Latin sering diberi nama sebagai Lucifer (Lux Ferre) atau sipembawa cahaya. Dalam istilah astrologi disebut juga sebagai Bintang Fajar atau Venus atau planet ke-enam terbesar dalam tata surya kita.



666 dalam angka Rumawi = DCLXVI atau dalam arti kata lain dalam angka 666 tsb telah dapat merepresentasikan seluruh angka yang terdapat dalam angka Rumawi (D = 500, C = 100, L = 50, X = 10, V = 5, I = 1).

Semua yang buruk dan jahat konon mempunyai kaitannya dengan angka 666 seperti roulet, apabila semua angka di meja roulet dijumlahkan akan menjadi 666. Berzinah itu dosa berat maka dari itu angka 666 dalam bhs Yunani mempresentasikan XES (sex terbalik) atau Χ Ξ Σ (Chi Xi Sigma) sebab dalam bhs Yunani maupun Ibrani abjad mereka itu juga identis dengan angka. Begitu juga dengan nama dari Kaiser Nero dalam bhs Ibrani ini bisa ditulis dengan angka 666 (Neron Kesar). Racun yang mematikan adalah racun 666 = racun Hexachloride yg diambil dari formula kimia C6H6Cl6.

Hal inilah yang menyebabkan angka 666 selalu diidentikkan dengan Satanisme atau hal-hal yang berbau pemujaan setan.

Satanic Symbol

Simbol atau lambang klenik (gaib) adalah sarana kekuatan yang digunakan pengikut aliran sesat untuk memohon bantuan kekuatan jahat dalam dunia gaib dan pemujaan setan. Tetapi penggunaannya baru bisa efektif jika dalam bentuk tiga dimensi.
Simbol digunakan orang untuk menarik perhatian kekuatan gelap. Sebagian besar dari kita belum sepenuhnya menyadari kekuatan misterius dari simbol-simbol yang digunakan. Terkadang kita menggunakannya sebagai kalung yang melingkari leher, jadi gelang di pergelangan tangan, atau menyimpannya di dalam kamar. Hati- hati! Simbol-simbol itu sesungguhnya bukan gambar tak bermakna. Tapi ada kekuatan jahat di baliknya.
Waspadalah, di mana pun terdapat pengaruh klenik, simbol-simbol ini pasti digunakan, khususnya yang berhubungan dengan kekuatan jahat. Kuasa kegelapan sudah pasti mengenal simbol-simbol ini dengan mudah. Jadi, bila Anda termasuk salah seorang pemilik simbol-simbol ini dan menggunakannya, kemungkinan besar akan mudah dipengaruhi oleh setan. Inilah beberapa simbol setan:

Ankh


Ankh > Sepintas lalu simbol ini mirip dengan salib dalam ajaran kaum Nasrani. Tapi tidak. Gambar ini sama sekali tak ada hubungannya dengan salib. Ankh merupakan salah satu simbol kekuatan terdahsyat dari dunia mistik hitam. Bila ditelusuri sejarahnya, Ankh berasal dari mistik Mesir kuno. Pada masa itu Ankh dipergunakan dalam upacara pemujaan RA, dewa matahari Mesir kuno yang diyakini sebagai wujud lain dari setan. Ra juga dianggap sebagai pencipta alam semesta dan disembah oleh orang-orang Mesir kuno. Lingkaran di atas kepala adalah gambaran matahari.

Ankh merupakan simbol reinkarnasi. Namun konsepnya berbeda dengan pengertian ajaran Budha dan Hindu. Dalam ajaran Mesir kuno, Ankh bermakna sebagai keabadian hidup. Syarat utama untuk menggunakan simbol ini, orang-orang Mesir kuno diwajibkan mempersembahkan kesucian para gadis perawan dalam sebuah pesta ritual yang menyeramkan.

Pentagram


Pentagram > Simbol ini sering digunakan oleh para tukang sihir perempuan dalam melakukan prakteknya. Pentagram berhubungan dengan Lucifer dan tukang sihir perempuan percaya bahwa Lucifer berarti “putra sang pagi”. Ada beberapa kebenaran dalam gambaran tentang setan yang dilukiskan sebagai seorang ‘malaikat penerang’ dan merupakan salah satu makhluk terindah yang pernah diciptakan. Karena itu, rasa bangga dan kesombongan telah menguasai diri Lucifer. Karena sifat juga yang membuatnya terpuruk dalam kesesatan.

Jika pentagram ini diputar secara terbalik, bentuknya jadi semacam bintang yang “bertanduk”. Atau bila diamati secara seksama. simbol bintang ini dalam perputarannya seakan-akan membentuk wajah setan. Dan sampai saat ini Pentagram dijadikan sebuah simbol yang dipergunakan seluruh gereja setan di dunia.

Hexagram


Hexagram > Disebut Hexagram karena berbentuk bintang segi enam. Hexagram sering dipergunakan dalam upacara ritual mistik dalam dunia gaib hitam. Simbol ini harus tersedia ketika memanggil setan secara berulang-ulang selama ritual berlangsung. Kata ‘Hex’ berasal dari lambang ini.
Terdapat sebuah catatan penting yang menyangkut Hexagram yang pernah digunakan pesulap terkenal Cellini. Dulu, ia dan muridnya, Cenci, mencoba menantang setan-setan dari dalam sebuah lingkaran yang telah dilukiskan di atas tanah di Coliseum (stadion besar), kota Romawi.
Kebanyakan para setan memang akan muncul bila diundang, tapi justru kehadiran itu merusak ritual. Tapi Cellini yakin, selama ia dan muridnya berada dalam lingkaran akan aman dari serangan setan. Pada saat itu Cenci mengaku telah melihat lima sosok setan besar berusaha sekuat tenaga untuk menembus lingkaran Hexagram.

Dalam spiritual Cina, I Ching, Hexagam juga dipergunakan dengan kombinasi garis lurus dan garis putus yang berhubungan dengan energi “Yin” dan “Yang”. Hexagram, pada dasarnya sama sekali tidak menunjukkan pengertian yang bisa bikin bulu kuduk berdiri.

Tanduk Unicorn


Tanduk Unicorn > Jika uang merupakan sebuah problema, simbol ini diyakini bisa menawarkan bebarapa solusi secara mistik. Pertama kali digunakan para pendeta Druid di Skotlandia dan Irlandia. Biasanya, tanduk Unicorn dipakai dalam upacara ritual untuk meminta bantuan keuangan kepada setan. Nama lain untuk simbol ini adalah “tanduk Italia”, “tongkat sihir peri” atau “tongkat Leprechaun”.
Dalam mitologi Indian, simbol tanduk sering disebut-sebut. Kelihatannya seperti lambang kemaluan lelaki. Bila diamati secara seksama, pada beberapa pakaian, simbol seperti ini tampak melingkari leher si pemakai. Sementara di daratan Eropa, simbol unicorn dianggap berhubungan dengan persoalan seksualitas dan merupakan sebuah simbol kekuatan seks. Legenda Unicorn terdapat dalam kisah-kisah kaum Nasrani, Islam, Cina, dan Indian.

Scarab


Scarab > Kata Scarab berasal dari bahasa latin; Scarabaeus Sacer. Ia termasuk salah satu hewan anggota dari keluarga kumbang. Orang-orang Mesir kuno meyakini tipe kumbang jenis ini sebagai sesuatu yang keramat, disucikan dan dijadikan simbol, tanda, atau jimat.
Scarab digunakan dalam upacara ritual untuk memohon hal-hal yang menyesatkan dan kotor. Sedangkan nama lain yang lebih tepat untuk kumbang satu ini adalah “Dung” (maaf, tahi!). Mungkin karena hobinya yang gemar menggali lubang di dekat tumpukan kotoran. Selain untuk tempat bertelur, juga untuk tempat penyimpanan makanan.
Di daerah tropis, bukan hal aneh bila menemukan kumbang kotoran mempermainkan gumpalan kotoran sebesar apel dengan tubuhnya. Menjijikan memang, tapi itu pula sebabnya mengapa para tukang sihir wanita suka menggunakan kumbang dalam praktek-praktek sihirnya.

Eye of Horus


Mata Horus > Horus adalah sosok dewa yang berhubungan dengan matahari. Ia merupakan putra dari Isis dan Osiris. Mata Horus merupakan simbol mistik dari kekuatan gelap yang bermakna ‘Maha Tahu’ dan ‘Maha Melihat’. Biasanya ia dilukis dalam hieroglips (Tulisan Mesir kuno) di dinding-dinding Piramid.Osiris adalah sang raja sekaligus hakim kematian. Ia suami dan juga abang dari Isis. Ia juga merupakan sosok dewa senior tertinggi dalam kepercayaan Mesir kuno.Biasanya, Osiris sering digambarkan sebagai figur laki-laki dengan janggut menghiasi dagu dan dibungkus seperti mumi. Di atas kepalanya bertengger sebuah mahkota yang dikenal dengan nama ‘Mahkota Atef’. Biarpun ia pernah mati dalam peperangan, tapi toh ia bisa dihidupkan kembali oleh putranya, Horus. Isis adalah dewi kesuburan dan ibu dari Horus. Selain di Mesir, ia dikenal juga sebagai salah satu dewa dalam legenda-legenda Yunani dan kekaisaran Romawi.

Isis's crescent moon


Bulan Sabit
Melengkapi pembahasan Mata Horus, bulan sabit digunakan sebagai simbolisasi dari Isis. Identitas lainnya adalah Diana, sang Ratu Surga. Kitab-kitab kuno mengkisahkan riwayat keturunannya berasal dari cucu Nuh bernama Cush. Ia menikahi seorang perempuan jahat bernama Semiramis yang kelak menjadi ratu Babylonia.

Di dalam dunia mistik sesat, ada beberapa bentuk dari perempuan jahat ini, di antaranya: Venus, Ashtoreth, Diana, Isis. Simbol setan sering dikaitkan dengan persoalan hubungan seks yang tak lazim. Di bawah sinar bintang dan rembulan, upacara ritual ini melibatkan para pengikutnya menikmati seks satu sama lain atas nama setan.

Berhati-hatilah terhadap simbol-simbol ini dan praktek-praktek kesesatan yang mungkin tanpa Anda sadari ada di lingkungan sekitar Anda. Biasanya kelompok aliran sesat selalu menjalankan aktifitasnya dengan cara terselubung dan bersembunyi di balik topeng-topeng ilusi yang membiuskan.

Satanic telah menyusup kedalam berbagai aspek yang berkenaan dengan kehidupan manusia di dunia ini.Sebenarnya banyak hal yang telah dijadikan sebagai ajang konspirasi para penganut satanic,baik yang secara terang-terangan maupun yang tersembunyi.Berikut ini adalah contoh-contoh nyata yang telah ada.

Satanic Bible


GEREJA SETAN
Asal mula GS didirikan oleh Anton Szandor La Vey tanggal 30 April 1966, dan GS ini secara terang-terangan diorganisasikan di San Francisco. Sebagai buku panduan umatnya, La Vey menulis sebuah kitab The Satanic Bible tahun 1969.
Meskipun keberadaan para penyembah Setan telah diketahui selama bertahun-tahun, tak seorang pun muncul dan mengakui secara terbuka bahwa mereka adalah penganut Setanisme. Setanisme pertama kali menjadi gerakan yang terbuka dan teratur di tahun 1960-an di Amerika Serikat. Tanggal 30 April 1966, Gereja Setan dibentuk di California. Pendiri gereja aneh ini adalah seorang penganut Setanisme yang bernama Anton Szandor LaVey yang menyatakan dirinya sebagai pendeta tinggi. Dikenal sebagai Paus Hitam, LaVey menulis buku-buku tempat dia merumuskan pandangan-pandangannya mengenai Gereja Setan. Judul buku-buku itu menakutkan: “Kitab Suci Setan, Upacara Setanis, Penyihir Setanis, Buku Catatan Setan dan Setan Berbicara”. LaVey meninggal di tahun 1997. Diperkirakan bahwa Gereja Setan memiliki sekitar 10 ribu anggota di Amerika Utara, dan meskipun banyak menerima tuntutan hukum, kegiatan dan upacaranya terus berjalan.
Sebuah patung Setan, raja iblis telah dibuat dan saat ini berada di Katedral Notre Dame (Paris) berwujud seperti wajah manusia-binatang bertanduk 2 buah dengan posisi bertopang dagu dan di punggungnya terdapat 2 sayap, patung ini terbuat dari batu dan dinamakan patung setan (patung itu pernah dimasukan dalam adegan film Si Bongkok dari Notre Dame).

Organisasi ini menyebut dirinya organisasi pertama di muka bumi dan di sepanjang sejarah yang secara terbuka menyatakan mengabdi kepada penerimaan terhadap fitrah sejati manusia yaitu binatang jasmaniah yang hidup di dalam kosmos yang diresapi dan dimotivasi oleh kekuatan gelap yang kami sebut Setan.




Anton LaVey
Yang pertama Gereja Setan, Gereja Setan Amerika, kini nama resmi mereka adalah Gereja Setan, nama lain adalah pendusta. Pada tanggal 29 Oktober 1997, Anton La Vey mati. Kemudian GS diwariskan kepada Blanche Barton (pendeta wanita tertinggi) yang juga adalah istrinya dan ibu anak yang ketiga yang bernama Satan Xerces Carnacki La Vey Blanche juga menjabat kepala adiministrasi GS selama 14 tahun terakhir. Semasa hidupnya, Anton La Vey mengangkat banyak anggota Kependetaan Mendes sebagai Pengacara Iblis. Dan kependetaan ini bersama Ordo Trapezoid Dewan Nan Sembilan kini bekerja sama dengan Pendeta Wanita Tinggi Barton untuk memajukan filosofi ikonoklastik yang diracik oleh La Vey.

LAMBANG
Lambang Para pengikut GS umumnya menggunakan lambang 666, pentagram, bintang bersudut 5 terbalik yang bergambar kepala kambing bertanduk dua. Sudut bintang yang menggambarkan tanduk itu bermakna Lucifer, sama tinggi dengan Allah. Tiga sudut di bawah menggambarkan tritunggal iblis, yang di tengah Lucifer, di kiri antiKristus, yang di kanan nabi-nabi palsu.

Dan iblis yang menyesatkan mereka dilemparkan ke dalam lautan api dan belerang, yaitu tempat binatang dan nabi itu dan mereka di siksa siang malam sampai selama-lamanya. Tritunggal iblis ini lawan Tritunggal Kristiani (Bapa, Anak, dan Roh Kudus ).
Kepala kambing merupakan salah satu ciri khas utama penyembah Setan, unsur penyembahan yang menuju kepada pengorbanan kepada Satan Lucifer biasanya menyembelih kambing (umumnya jantan)dan menggunakan darahnya untuk upacara ritual

PENGGUNAAN BARCODE
Barcode atau Kode garis-garis batangan bukan barang baru bagi kebanyakan orang. Hampir di seluruh produk buatan pabrik, bahkan kini di banyak produk rumahan, semuanya mencantumkan kode batangan ini. Kode yang terdiri dari garis-garis dengan ketebalan yang bervariasi oleh banyak kalangan dianggap sebagai sesuatu yang mempermudah pengidentifikasian suatu barang. Barcode ini lahir di Amerika Serikat pada awal tahun 1970-an.

Perkembangan demi perkembangan global ini, membuat kalangan yang sejak awal mencurigai ada misi tersembunyi di balik penggunaan Barcode, semakin yakin dengan kecurigaannya. Mereka kebanyakan berlatar belakang sebagai Simbolog, Penulis, Peneliti, dan Pengkaji Alkitab.

Salah satunya adalah Mary Stewart Relfe, PhD. Perempuan pengusaha sukses dari Montgomerry, AS, yang juga berprofesi sebagai seorang pilot sekaligus instruktur peralatan Multi Engine Instrument Flight, telah menulis dua buah buku best-seller yang menyoroti konspirasi ini. Salah satunya berjudul “666 The New Money System” (1982).

Dalam bukunya tersebut, Mary Stewart yang juga seorang pengkaji Alkitab, sejak kecil sangat yakin bahwa penggunaan Barcode terkait erat dengan rencana-rencana tersembunyi dari konspirasi untuk menguasai dunia.

Tiga Tahapan
Menurut Stewart, upaya Konspirasi untuk menguasai dunia dalam hal pengidentifikasian dan pengendalian dunia terbagi dalam tiga tahapan:
Tahap pertama dimulai tahun 1970 yang dijadikan titik awal bagi langkah-langkah ini.

Tahap kedua dimulai tahun 1973. Penggunaan Barcode yang awalnya diterapkan pada barang manufaktur, kini mulai diterapkan pada manusia, antara lain lewat nomor kodifikasi Angka Kesejahteraan Sosial (The Social Security Number) yang digabungkan dengan sistem pemberian angka secara universal. Penggabungan dua kodifikasi angka ini menjadi kode-kode batangan (Barcode) yang mirip dengan Barcode pada produk manufaktur yang telah diterapkan tiga tahun sebelumnya.

Awalnya diterapkan pada kartu-kartu pintar seperti Credit Card, Debit Card, ID Card, dan sebagainya. Namun pada perkembangannya juga mulai diterapkan pada manusia. Target utama tahap kedua ini adalah pemerintahan, perbankan, dan perusahaan-perusahaan pembuat kartu-kartu pintar (Smart Card).

Tahap ketiga meliputi usaha untuk mengidentifikasikan setiap macam yang ada di dunia ini, baik yang bergerak maupun yang tidak. Semua pengidentifikasian ini berguna untuk mengetahui sisi lemah suatu kelompok, wilayah, bahkan suatu bangsa, yang nantinya bisa dijadikan senjata bagi Konspirasi.

Angka Iblis
Para pengkritisi Barcode berhasil menemukan salah satu rahasia paling vital dari kode-kode batangan ini. Semua Barcode atau yang juga dikenal sebagai Universal Product Code (UPC) Barcode memiliki angka 666 dan 13.





Untuk mengetahuinya, silakan melihat Barcode yang ada di berbagai produk. Perhatikan jumlah angka yang ada di bawah garis-garis batangan. Jumlahnya selalu 13 angka. Angka 6 yang disimbolkan dalam kamus Barcode terdiri dari dua garis tipis saling berhadapan terletak di sisi paling kiri dan paling kanan Barcode, dan satunya lagi garis paling tengah. Ketiga garis yang melambangkan angka 6 ini lebih panjang dibanding garis-garis lainnya.

Jadi, seluruh UPC Barcode yang tersebar di dunia ini memiliki rangka 666. Dalam bukunya, Mary Stewart Refle mengutip salah satu ayat Alkitab: “Dan ia menyebabkan, sehingga kepada semua orang, kecil atau besar, kaya atau miskin, merdeka atau hamba, diberi tanda pada tangan kanannya atau pada dahinya. Dan tidak seorang pun yang dapat membeli atau menjual selain daripada mereka yang memakai tanda itu, yaitu nama binatang itu atau bilangan namanya. Yang penting di sini ialah hikmat: Barangsiapa yang bijaksana, baiklah ia menghitung bilangan binatang itu, karena bilangan itu adalah bilangan seorang manusia, dan bilangannya adalah: 666” (Wahyu 13: 16-18)

Stewart meringkas bahaya dari Konspirasi dalam hal Barcode: “Penerapan teknologi Barcode pertama kali dilakukan pada produk barang, disusul kemudian pada kartu, dan akan berubah menjadi sesuatu yang mengerikan dalam masyarakat yang tidak lagi menggunakan uang kontan… “

Musik dan Film Satanisme

Satanisme muncul dalam banyak hal salah satunya adalah film dan musik. Banyak film yang menceritakan dengan terbuka idiom satanisme serta kisah kuasa gelap (dark forces). Film populer seperti : Friday The 13th, The Crow, Devils Advocate, Interview With The Vampire, bahkan serial The X-Files mengandung alur cerita dimana setan, satanisme atau black magic menjadi bagian penting dari film. Konon tahun 1968, Anton Szandor La Vey pernah menjadi penasehat teknis sekaligus pemeran film Rosemarys Baby, film Omen 1976 disebut telah mempopulerkan satanisme.



berikut adalah kabar burung tentang contoh musik yang berisi satanisme, contoh :

*Lagu dari Ozzy Osbourne “Anggur baik tapi Wiski lebih cepat, bunuh dirilah satu-satunya jalan keluar”.
*Lagu dari David Bowie (majalah Rolling Stone) mengatakan Rock akan selalu menjadi musik setan.
*Lagu dari Stairway to Heaven jika di putar terbalik akan memunculkan syair pemujaan setan.
*Lagu dari Metallica dalam The Prince melantunkan Bidadari dari bawah, Aku ingin menjual jiwaku. Setan ambil jiwaku.
*Pink Floyd menulis lagu Lucifer Sam dengan lirik : Lucifer Sam selalu duduk di sisimu..selalu dekat denganmu.
*Tahun 1992, Red Hot Chilli Peppers saat penerimaan anugreah MTV Awards berucap. Pertama-tama kami ingin berterima kasih pada Setan.
*Marilyin Manson, salah satu umat GS pada majalah Spin edisi Agustus 1996. Saya berharap dikenang sebagai sosok yang mengakhiri sejarah Kekristenan, Manson tak ragu merobek Injil dan meneriakkan penghinaan terhadap Yesus Kristus.
*Band-band Black Metal yang secara terang-terangan menggunakan lirik & ritual pemujaan terhadap setan
* lagu duniawi lainnya..

Tuesday, August 20, 2013


  SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1

TEMA: LINGKUNGAN

Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
1. PKN :
·     Mengamalkan makna Sumpah Pemuda

·     Mengamalkan makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
·     Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari- sehari
·     Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
·     mengklasifikasi dan membuat daftar tindakan yang dapat      mempersatukan bangsa
·     menyebutkan nama organisasi pemuda di nusantara
·     menyebutkan lima tokoh pemuda yang ikut Kongres Pemuda
·     mengidentifikasikan pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda di           lingkungan rumah
·     Mengklasifikasi dan membuat daftar tindakan yang dapat mempersatukan bangsa
·     Menyebutkan nama organisasi pemuda di nusantara
·     Menyebutkan lima tokoh pemuda yang ikut Kongres Pemuda
·     Mengidentifikasikan pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda di lingkungan rumah
Tertulis :
uraian
Pengamatan
/perbuatan
3 minggu
Gambar
Buku
yang relevan
2. IPS :
·     Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
·     Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan  sekolah
·     Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah
·      
·     Kerja sama di lingkungan rumah
·     mengidentifikasikan kenampakan alam dan kenampakan                      buatan di lingkungan sekitar
·     menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan
·     menjelaskan manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan
·     membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata                                anginnya
·     Mengidentifikasikan kenampakan alam dan kenampakan buatan di lingkungan   sekitar
·     Menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan
·     Menjelaskan manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan
·     Membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata anginnya





3. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
·     Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
Berbicara
·     Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita  dan memberikan tanggapan/ saran

·     Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
·     Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
·     Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan     kalimat yang runtut dan mudah dipahami
·     Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
·     Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
·     Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
·     Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
·     Menjelaskan isi teks
·     menjelaskan petunjuk membuat alat pengukur debu
·     membuat pertanyaan tentang cara menggunakan
·     menyebutkan nama dan sifat tokoh dalam cerita binatang
·     memberikan tanggapan dan alasan tentang tokoh cerita binatang
·     menceritakan peristiwa alam melalui pengamatan gambar
·     Menjelaskan petunjuk membuat alat pengukur debu
·     Membuat pertanyaan tentang cara menggunakan
·     Menyebutkan nama dan sifat tokoh dalam cerita binatang
·     Memberikan tanggapan dan alasan tentang tokoh cerita binatang
·     Menceritakan peristiwa alam melalui pengamatan gambar



4. Matematika
·     Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
·     Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
·     Garis bilangan
·     Penjumlahan dan pengurangan
·     Perkalian dan pembagian
·     Uang
·     Alat ukur
·     Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat
·     menulis bilangan secara panjang (ribuan, ratusan, puluhan,                                satuan)
·     menentukan nilai tempat sampai dengan ribuan
·     melakukan operasi penjumlahan tanpa menyimpan
·     melakukan operasi penjumlahan dengan menyimpan
·     melakukan operasi pengurangan tanpa meminjam
·     melakukan operasi pengurangan dengan meminjam
·     Menulis bilangan secara panjang (ribuan, ratusan, puluhan, satuan)
·     Menentukan nilai tempat sampai dengan ribuan
·     Melakukan operasi penjumlahan tanpa menyimpan
·     Melakukan operasi penjumlahan dengan menyimpan
·     Melakukan operasi pengurangan tanpa meminjam
·     Melakukan operasi pengurangan dengan meminjam



5. IPA :
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi
perubahan pada makhluk hidup
·     Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
·     Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-  hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak   (makanan, kesehatan, rekreasi, dan olah raga)
·     Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
·     Perubahan pada  makhluk hidup
·     Sifat-sifat benda
·     mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
·     mengidentifikasi ciri-ciri makhluk tak hidup
·     menggolongkan tumbuhan berdasarkan bijinya
·     menggolongkan tumbuhan berdasarkan akarnya
·     menggolongkan tumbuhan berdasarkan batangnya
·     menggolongkan tumbuhan berdasarkan daunnya
·     menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan hewan
·     menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan tumbuhan
·     Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
·     Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk tak hidup
·     Menggolongkan tumbuhan berdasarkan bijinya
·     Menggolongkan tumbuhan berdasarkan akarnya
·     Menggolongkan tumbuhan berdasarkan batangnya
·     Menggolongkan tumbuhan berdasarkan daunnya
·     Menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan hewan
·     Menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan tumbuhan


































SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1

TEMA: PENGALAMAN


Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
1. PKN :
·     Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
·     Mengenal makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa
·     Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
·     mendefinisikan arti Sumpah Pemuda
·     menjelaskan latar belakang terwujudnya Sumpah Pemuda
·     menjelaskan tujuan Kongres Pemuda I dan II
·     menjelaskan makna Sumpah Pemuda
·     menyebutkan manfaat persatuan dan kesatuan
·     Mendefinisikan arti Sumpah Pemuda
·     Menjelaskan latar belakang terwujudnya Sumpah Pemuda
·     Menjelaskan tujuan Kongres Pemuda I dan II
·     Menjelaskan makna Sumpah Pemuda
·     Menyebutkan manfaat persatuan dan kesatuan
Tertulis :
uraian
Pengamatan
/perbuatan
3 minggu
Gambar
Buku
yang relevan
2. IPS :
·     Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
·     Melakukan kerja sama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/desa
·     Kerja sama di lingkungan rumah
·     menyebutkan bentuk-bentuk kerja sama di lingkungan     rumah
·     menjelaskan kerja sama (gotong royong) sebagai cirri  khas bangsa Indonesia
·     Menyebutkan bentuk-bentuk kerja sama di lingkungan rumah
·     Menjelaskan kerja sama (gotong royong) sebagai ciri khas bangsa                Indonesia



3. Bahasa Indonesia
·     Mendengarkan
·     Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
·     Berbicara
·     Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita  dan memberikan tanggapan/ saran
·     Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
·     Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
·     Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan     kalimat yang runtut dan mudah dipahami
·     Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah   dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat
·     Menjelaskan isi teks (100 – 150 kata) melalui membaca intensif
·     Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
·     Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
·     Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
·     Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
·     Menjelaskan isi teks
·     mendengarkan penjelasan untuk menolong teman
·     menuliskan hal-hal penting yang didengar tentang    menolong teman
·     Siswa menceritakan pengalaman kebiasaan baik yang dilakukan                  sehari-hari
·     melakukan percakapan tentang pengalaman
·     menanggapi cerita pengalaman teman
·     mengemukakan perasaan sesuai isi bacaan
·     membuat kesimpulan isi bacaan
·     mengemukakan pendapat tentang isi bacaan
·     Mendengarkan penjelasan untuk menolong teman
·     Menuliskan hal-hal penting yang didengar tentang menolong teman
·     Menceritakan pengalaman kebiasaan baik yang dilakukan sehari-hari
·     Melakukan percakapan tentang pengalaman
·     Menanggapi cerita pengalaman teman
·     Mengemukakan perasaan sesuai isi bacaan
·     Membuat kesimpulan isi bacaan
·     Mengemukakan pendapat tentang isi bacaan



4. Matematika
·     Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
·     Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah
·     Menentukan letak bilangan pada garis bilangan
·     Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka
·     Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka
·     Memecahkan masalah penghitungan termasuk yang berkaitan dengan uang
·     Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan, atau jam)
·     Mengenal hubungan antarsatuan waktu, antarsatuan panjang, dan     antarsatuan berat
·     Garis bilangan
·     Penjumlahan dan pengurangan
·     Perkalian dan pembagian
·     Uang
·     Alat ukur
·     Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat
·     menaksirkan bilangan yang dibutuhkan letaknya pada                                  garis bilangan
·     memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan        penjumlahan dan pengurangan
·     memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan        perkalian dan pembagian
·     menyebutkan nilai mata uang rupiah dari yang terkecil sampai yang terbesar
·     menentukan kesetaraan nilai uang dengan berbagai     satuan uang lainnya
·     menaksir jumlah harga dari sekelompok barang yang bisa dibeli atau dijual sehari-hari
·     menyelesaikan soal cerita yang melibatkan nilai uang
·     menaksir panjang dan lebar suatu benda dengan meteran
·     menaksir berat suatu benda dengan alat timbangan/     neraca
·     menaksir lama kegiatan sehari-hari dengan alat ukur
·     menentukan satuan ukur dalam pemecahan masalah         sehari-hari
·     Menaksirkan bilangan yang dibutuhkan letaknya pada garis bilangan
·     Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan     pengurangan
·     Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian dan     pembagian
·     Menyebutkan nilai mata uang rupiah dari yang terkecil sampai yang terbesar
·     Menentukan kesetaraan nilai uang dengan berbagai satuan uang lainnya
·     Menaksir jumlah harga dari sekelompok barang yang bisa dibeli atau dijual sehari-hari
·     Menyelesaikan soal cerita yang melibatkan nilai uang
·     Menaksir panjang dan lebar suatu benda dengan meteran
·     Menaksir berat suatu benda dengan alat timbangan/ neraca
·     Menaksir lama kegiatan sehari-hari dengan alat ukur
·     Menentukan satuan ukur dalam pemecahan masalah sehari-hari



5. IPA :
·     Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
·     Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
·     Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
·     Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-  hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak   (makanan, kesehatan, rekreasi, dan olah raga)
·     Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan melalui benda     padat, cair dan gas
·     Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
·     Perubahan pada  makhluk hidup
·     Sifat-sifat benda
·     membedakan antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup berdasarkan pengmatan ciri-cirinya
·     mengidentifikasi perubahan tubuh pada manusia melalui    pengamatan gambar
·     menafsirkan perubahan manusia berdasarkan hasil pengukuran
·     menyebutkan sifat-sifat benda gas
·     menyebutkan sifat-sifat benda cair
·     menyebutkan sifat-sifat benda gas
·     Membedakan antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup    berdasarkan pengmatan ciri-cirinya
·     Mengidentifikasi perubahan tubuh pada manusia melalui pengamatan gambar
·     Menafsirkan perubahan manusia berdasarkan hasil pengukuran
·     Menyebutkan sifat-sifat benda gas
·     Menyebutkan sifat-sifat benda cair
·     Menyebutkan sifat-sifat benda gas











SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1

TEMA: KEGIATAN


Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
1. PKN :
·     Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
·     Mengenal makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa
·     Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari
·      
·     Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
·     membaca teks Sumpah Pemuda
·     Membaca teks Sumpah Pemuda
Tertulis :
uraian
Pengamatan
/perbuatan
2 minggu
Gambar
Buku
yang relevan
2. IPS :
·     Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
·     Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
·     Melakukan kerja sama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/     desa
·     Kerja sama di lingkungan rumah
·     memberi contoh memelihara lingkungan dengan cara yang baik
·     mempraktekkan cara memelihara lingkungan rumah
·     mencatat kegiatan Karang Taruna yang berupaya    menggalang persatuan dan kesatuan
·     membuat gambar yang menunjukkan kerja sama di lingkungan sekolah
·     Memberi contoh memelihara lingkungan dengan cara yang baik
·     Mempraktekkan cara memelihara lingkungan rumah Mencatat kegiatan     Karang Taruna yang berupaya menggalang persatuan dan kesatuan Membuat gambar yang menunjukkan kerja sama di lingkungan sekolah



3. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
·     Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
Berbicara
·     Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita  dan memberikan tanggapan/ saran
Membaca
·     Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif dan membaca dongeng
Menulis
·     Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi
·     Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara Lisan
·     Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah    dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat
·     Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat
·     Menjelaskan isi teks (100 – 150) melalui membaca intensif
·     Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan     memperhatikan penggunaan ejaan
·     Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
·     Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
·     Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
·     Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
·     Menjelaskan isi teks
·     Memberikan tanggapan dan saran melalui pengamatan     gambar
·     membaca bersuara dengan lafal dan intonasi yang tepat
·     menjawab pertanyaan bacaan
·     menggunakan huruf kapital dan tanda baca pada kalimat
·     menulis kalimat dengan menggunakan tanda hubung
·     menulis kalimat dengan menggunakan koma untuk  memisahkan rupiah, persepuluh,
·     menulis kalimat dengan menggunakan tanda
·     Mendengarkan penjelasan lomba
·     Menyusun percakapan melalui telepon
·     Memberikan tanggapan dan saran melalui pengamatan gambar
·     Membaca bersuara dengan lafal dan intonasi yang tepat
·     Menjawab pertanyaan bacaan
·     Menggunakan huruf kapital dan tanda baca pada kalimat
·     Menulis kalimat dengan menggunakan tanda hubung
·     Menulis kalimat dengan menggunakan koma untuk memisahkan rupiah, persepuluh, dan se
·     Menulis kalimat dengan menggunakan tanda seru
·     Menggunakan kata depan di- dan ke-



4. Matematika
·     Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
·     Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah
·     Menentukan letak bilangan pada garis bingan
·     Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan     pembagian bilangan tiga angka
·     Melakukan operasi hitungan campuran
·     Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan, atau                 jam)
·     Mengenal hubungan antarsatuan waktu, antarsatuan panjang, dan     antarsatuan berat
·     Garis bilangan
·     Penjumlahan dan pengurangan
·     Perkalian dan pembagian
·     Uang
·     Alat ukur
·     Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat
·     menentukan pola pada garis bilangan
·     mengubah bentuk perkalian menjadi pembagian
·     mengubah bentuk pembagian menjadi perkalian
·     membedakan bilangan ganjil dan genap berdasarkan hasil atau tidaknya apabila dibagi dua
·     menyebutkan jenis alat ukur sederhana
·     memilih alat ukur yang sesuai dengan benda yang diukur
·     membaca tanda waktu jam, setengah jam, seperempat jam pada jarum jam
·     membaca tanda waktu sampai lima menit pada jarum jam
·     menentukan hubungan antarsatuan waktu: menit, jam,  hari, minggu, bulan, dan tahun; dan antarsatuan berat : kg, ons, gram
·     Menentukan posisi pada garis bilangan
·     Menentukan pola pada garis bilangan
·     Mengubah bentuk perkalian menjadi pembagian
·     Mengubah bentuk pembagian menjadi perkalian
·     Membedakan bilangan ganjil dan genap berdasarkan hasil atau tidaknya apabila dibagi dua
·     Menyebutkan jenis alat ukur sederhana
·     Memilih alat ukur yang sesuai dengan benda yang diukur
·     Membaca tanda waktu jam, setengah jam, seperempat jam pada jarum jam
·     Membaca tanda waktu sampai lima menit pada jarum jam
·     Menentukan hubungan antarsatuan waktu: menit, jam, hari, minggu, bulan, dan tahun; dan antarsatuan berat : kg, ons, gram




5. IPA :
·     Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
·     Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
·     Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
·     Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
·     Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar
·     Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi     benda padat, cair, dan gas
·     Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
·     Perubahan pada  makhluk hidup
·     Sifat-sifat benda
·     mempraktekkan cara memelihara tanaman
·     membuat kliping yang menunjukkan lingkungan sehat dan      tidak sehat
·     mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda padat
·     mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda cair
·     mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda gas
·     Mempraktekkan cara memelihara tanaman
·     Membuat kliping yang menunjukkan lingkungan sehat dan tidak sehat
·     Mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda padat
·     Mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda cair
·     Mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda gas






SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1

TEMA: TEMPAT UMUM


Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
1. PKN :
·     Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
·     Mengenal makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa
·     Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari
·     Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
·     menyebutkan waktu dan tempat pertama kali Sumpah      Pemuda dibacakan
·     Menyebutkan tempat-tempat yang digunakan untuk     kegiatan  kepemudaan
·     Menyebutkan waktu dan tempat pertama kali Sumpah Pemuda dibacakan
·     Menyebutkan tempat-tempat yang digunakan untuk kegiatan kepemudaan

Tertulis :
uraian
Pengamatan/perbuatan
2 minggu
·     Gambar
·     Buku yang relevan
2. IPS :
·     Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
·     Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah
·     Melakukan kerja sama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/     desa
·     Kerja sama di lingkungan rumah
·     Menyebutkan tempat kenampakan alam
·     Siswa dapt Menyebutkan tempat kenampakan buatan
·     Mendata jumlah penduduk, kematian dan kelahiran di     kelurahan Balonggede
·     Menyebutkan tempat kenampakan alam
·     Menyebutkan tempat kenampakan buatan
·     Mendata jumlah penduduk, kematian dan kelahiran di kelurahan Balonggede



3. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
·     Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
Berbicara
·     Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita  dan memberikan tanggapan/ saran

·     Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
·       - Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan
·         kalimat yang runtut dan mudah dipahami
·     Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
·     Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
·     Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
·     Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
·     Menjelaskan isi teks
·     menyebutkan tokoh-tokoh dalam drama
·     menuliskan nama-nama tokoh dalam drama
·     menjelaskan makna simbol
·     menjelaskan urutan kegiatan lomba melalui gambar
·     Menyebutkan tokoh-tokoh dalam drama
·     Menuliskan nama-nama tokoh dalam drama
·     Menjelaskan makna simbol
·     Menjelaskan urutan kegiatan lomba melalui gambar



4. Matematika
·     Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah
·     Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka
·     Melakukan operasi hitungan campuran

·     Garis bilangan
·     Penjumlahan dan pengurangan
·     Perkalian dan pembagian
·     Uang
·     Alat ukur
·     Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat
·     mencatat jumlah siswa kelas 1 sampai dengan kelas 6   pada lembar tugas secara berkelompok
·     Siswa dapar menggunakan sifat operasi hitung pertukaran dan sifat     pengelompokan untuk mempermudah perhitungan perkalian dan                        pembagian
·     memecahkan masalah yang melibatkan perkalian dan     pembagian
·     Mencatat jumlah siswa kelas 1 sampai dengan kelas 6 pada lembar tugas secara berkelompok
·     Menggunakan sifat operasi hitung pertukaran dan sifat pengelompokan untuk mempermudah perhitungan perkalian dan pembagian
·     Memecahkan masalah yang melibatkan perkalian dan pembagian



5. IPA :
·     Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
·     Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
·     Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar
·     Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi     benda padat, cair, dan gas
·     Menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, dan kertas
·     Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
·     Perubahan pada  makhluk hidup
·     Sifat-sifat benda
·     memberi contoh benda padat
·      menuliskan contoh benda cair
·     menyebutkan contoh benda gas
·     mengidentifikasi benda-benda di lingkungan sekolah
·     menyebutkan benda-benda yang terbuat dari plastik dan     kegunaannya
·     menyebutkan benda-benda yang terbuat dari kayu dan     kegunaannya
·     menyebutkan benda-benda yang terbuat dari kertas dan     kegunaannya
·     Melakukan kegiatan untuk memelihara kesehatan lingkungan sekolah
·     Mengklasifikasi benda-benda di lingkungan sekolah
·     Memberi contoh benda padat
·     Menuliskan contoh benda cair
·     Menyebutkan contoh benda gas
·     Mengidentifikasi benda-benda di lingkungan sekolah
·     Menyebutkan benda-benda yang terbuat dari plastik dan kegunaannya
·     Menyebutkan benda-benda yang terbuat dari kayu dan kegunaannya
·     Menyebutkan benda-benda yang terbuat dari kertas dan kegunaannya



SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1

TEMA: HIBURAN


Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
1. PKN :
·     Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
·     Mengenal makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa
·     Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari
·     Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
·     menulis isi teks Sumpah Pemuda
·     menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa
·     mendiskusikan cara kita mengamalkan satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
·     Menulis isi teks Sumpah Pemuda
·     Menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa
·     Mendiskusikan cara kita mengamalkan satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
Tertulis :
uraian
Pengamatan/perbuatan
2 minggu
·     Gambar
·     Buku yang relevan
2. IPS :
·     Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
·     Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah
·     Kerja sama di lingkungan rumah
·     menjelaskan manfaat denah dalam kehidupan sehari-hari
·     membuat denah SD Assalaam dilengkapi dengan      rencana penghijauan
·     Siswa  dapat membuat denah rumah siswa dengan     menentukan arah mata angin
·     membaca denah rumah siswa dan SD Assalaam
·     membuat peta dari rumah siswa ke SD Assalaam
·     membaca peta dari rumah siswa ke SD Assalaam
·     Menjelaskan manfaat denah dalam kehidupan sehari-hari
·     Membuat denah SD Assalaam dilengkapi dengan rencana penghijauan
·     Membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata  angin
·     Membaca denah rumah siswa dan SD Assalaam
·     Membuat peta dari rumah siswa ke SD Assalaam
·     Membaca peta dari rumah siswa ke SD Assalaam



3. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
·     Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
Berbicara
·     Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita  dan memberikan tanggapan/ saran
Membaca
·     Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif dan membaca dongeng
Menulis
·     Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi
·     Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
·     Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
·     Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan     kalimat yang runtut dan mudah dipahami
·     Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
·     Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat
·     Menceritakan isi dongeng yang dibaca
·     Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan     memperhatikan penggunaan ejaan
·     Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar
·     Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
·     Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
·     Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
·     Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
·     Menjelaskan isi teks
·     mendengarkan petunjuk melakukan permainan
·     mencatat petunjuk tentang permainan
·     menceritakan pengalaman pribadi yang        menyenangkan
·     menjelaskan urutan cara melakukan suatu    permainan
·     membaca puisi dengan penghayatan
·     menyebutkan nama dan sifat tokoh dari dongeng  yang dibaca
·     menceritakan kembali isi dongeng dengan kata-kata sendiri
·     memberi saran tentang sifat tokoh dari dongeng    yang dibacanya
·     melengkapi kalimat dengan kata yang tepat
·     menulis puisi karangan sendiri
·     melengkapi kalimat berdasarkan gambar dalam puisi
·     Mendengarkan petunjuk melakukan permainan
·     Mencatat petunjuk tentang permainan
·     Menceritakan pengalaman pribadi yang menyenangkan
·     Menjelaskan urutan cara melakukan suatu permainan
·     Membaca puisi dengan penghayatan
·     Menyebutkan nama dan sifat tokoh dari dongeng yang dibaca
·     Menceritakan kembali isi dongeng dengan kata-kata sendiri
·     Memberi saran tentang sifat tokoh dari dongeng yang    dibacanya
·     Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat
·     Menulis puisi karangan sendiri
·     Melengkapi kalimat berdasarkan gambar dalam puisi



4. Matematika
·     Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
·     Menentukan letak bilangan pada garis bilangan
·     Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan     pembagian bilangan tiga angka
·     Melakukan operasi hitung campuran
·     Garis bilangan
·     Penjumlahan dan pengurangan
·     Perkalian dan pembagian
·     Uang
·     Alat ukur
·     Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat
·     membilang secara urut
·     membandingkan       dua buah bilangan dengan simbol <, >, dan =
·     mengingat perkalian dan pembagian sampai dengan seratus
·     membuat tabel 10 x 10
·     menghitung perkalian dan pembagian oleh 2 dan 10 secara cepat
·     Membilang secara urut
·     Membandingkan dua buah bilangan dengan simbol <, >, dan =
·     Mengingat perkalian dan pembagian sampai dengan seratus
·     Membuat tabel 10 x 10
·     Menghitung perkalian dan pembagian oleh 2 dan 10 secara cepat




5. IPA :
·     Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
·     Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
·     Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
·     Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
·     Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
·     Mendeskripsikan perubahan sifat benda (ukuran, bentuk, warna, atau     rasa) yang dapat diamati akibat dari pembakaran, pemanasan dan     diletakkan di udara terbuka
·     Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
·     Perubahan pada  makhluk hidup
·     Sifat-sifat benda
·     menggolongkan tumbuhan berdasarkan bunganya
·     membedakan kondisi lingkungan sehat dan tidak sehat melalui gambar
·     mendemonstrasikan adanya perubahan sifat pada                     benda akibat pembakaran, pemanasan dan diletakkan di           tempat terbuka
·     membandingkan benda sebelum dan sesudah     mengalami pembakaran, pemanasan, dan diletakkan di tempat     terbuka
·     Menggolongkan tumbuhan berdasarkan bunganya
·     Membedakan kondisi lingkungan sehat dan tidak sehat melalui gambar
·     Mendemonstrasikan adanya perubahan sifat pada benda akibat pembakaran, pemanasan dan diletakkan di tempat terbuka
·     Membandingkan benda sebelum dan sesudah mengalami pembakaran, pemanasan, dan diletakkan di tempat terbuka

















SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1

TEMA: KESEHATAN


Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
1. PKN :
·     Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
·     Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari
·     Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
·     menyebutkan kegiatan pramuka yang berupaya    menggalang persatuan dan kesatuan
·     Menyebutkan kegiatan pramuka yang berupaya                   menggalang persatuan dan kesatuan
Tertulis :
uraian
Pengamatan/perbuatan
2 minggu
·     Gambar
·     Buku yang relevan
2. IPS :
·     Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
·     Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
·     Kerja sama di lingkungan rumah
·     melakukan perawatan lingkungan sekitar rumah
·     Melakukan perawatan lingkungan sekitar rumah



3. Bahasa Indonesia
·     Mendengarkan
·     Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
·     Berbicara
·     Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita  dan memberikan tanggapan/ saran
·     Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan     secara lisan
·     Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan     secara lisan
·     Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu   masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan   kata yang tepat
·     Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan   memperhatikan penggunaan ejaan
·     Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
·     Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
·     Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
·     Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
·     Menjelaskan isi teks
·     mendengarkan petunjuk melakukan sesuatu tentang kebersihan
·     menceritakan kembali cerita yang didengar
·     memberikan tanggapan dan alasan dari cerita                                                                      yang dibacanya
·     membuat kalimat sesuai dengan gambar
·     menyusun karangan berdasarkan gambar
·     mengurutkan gambar seri menjadi sebuah     paragraf
·     Mendengarkan petunjuk melakukan sesuatu tentang    kebersihan
·     Menceritakan kembali cerita yang didengar
·     Memberikan tanggapan dan alasan dari cerita yang dibacanya
·     Membuat kalimat sesuai dengan gambar
·     Menyusun karangan berdasarkan gambar
·     Mengurutkan gambar seri menjadi sebuah paragraph



4. Matematika
·     Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah
·     Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah
·     Garis bilangan
·     Penjumlahan dan pengurangan
·     Perkalian dan pembagian
·     Uang
·     Alat ukur
·     Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat
·     menggunakan meteran kain, meteran saku,     penggaris untuk mengukur tinggi badan
·     menggunakan timbangan atau neraca untuk menimbang berat badan
·     Menggunakan meteran kain, meteran saku, penggaris untuk mengukur tinggi badan
·     Menggunakan timbangan atau neraca untuk menimbang berat  badan



·     5. IPA :
·     Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
·     Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
·      
·     Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
·     Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup     dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan     perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat    dan olah raga).
·     Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh     terhadap kesehatan
·     Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
·     Perubahan pada  makhluk hidup
·     Sifat-sifat benda
·     menggolongkan hewan berdasarkan penutup tubuhnya
·     menggolongkan hewan berdasarkan cara            bergeraknya
·     menggolongkan hewan berdasarkan cara berkembang biaknya
·     menggolongkan hewan berdasarkan cara bernafasnya
·     menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi     pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia
·     menjelaskan pentingnya makanan bergizi seimbang untuk pertumbuhan
·     menjelaskan pengaruh bahan makanan tambahan     (zat aditif) terhadap tubuh
·     menjelaskan hubungan rekreasi, olah raga, istirahat dan  kesehatan
·     menyebutkan macam-macam pencemaran   lingkungan
·     mengidentifikasi penyebab pencemaran tanah
·     mengidentifikasi penyebab pencemaran air
·     mengidentifikasi penyebab pencemaran udara
·     menyebutkan akibat pencemaran lingkungan                 terhadap kesehatan
·     Menggolongkan hewan berdasarkan tempat hidupnya
·     Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya
·     Menggolongkan hewan berdasarkan penutup tubuhnya
·     Menggolongkan hewan berdasarkan cara bergeraknya
·     Menggolongkan hewan berdasarkan cara berkembang biaknya
·     Menggolongkan hewan berdasarkan cara bernafasnya
·     Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia
·     Menjelaskan pentingnya makanan bergizi seimbang untuk pertumbuhan
·     Menjelaskan pengaruh bahan makanan tambahan (zan aditif) terhadap tubuh
·     Menjelaskan hubungan rekreasi, olah raga, istirahat dan kesehatan
·     Menyebutkan macam-macam pencemaran lingkungan
·     Mengidentifikasi penyebab pencemaran tanah
·     Mengidentifikasi penyebab pencemaran air
·     Mengidentifikasi penyebab pencemaran udara
·     Menyebutkan akibat pencemaran lingkungan terhadap kesehatan



 



Mengetahui,                                                                                                                                                                                                Guru Kelas
            Kepala Sekolah



                                                                                                                                                                                                                               ARI ADI ST
            PRAYITNO, S.Pd                                                                                                                                             
NIP : 19570303 197701 1 001                                                                                                                                                                     NIP.