My Blog List

Tuesday, August 20, 2013


  SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1

TEMA: LINGKUNGAN

Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
1. PKN :
·     Mengamalkan makna Sumpah Pemuda

·     Mengamalkan makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
·     Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari- sehari
·     Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
·     mengklasifikasi dan membuat daftar tindakan yang dapat      mempersatukan bangsa
·     menyebutkan nama organisasi pemuda di nusantara
·     menyebutkan lima tokoh pemuda yang ikut Kongres Pemuda
·     mengidentifikasikan pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda di           lingkungan rumah
·     Mengklasifikasi dan membuat daftar tindakan yang dapat mempersatukan bangsa
·     Menyebutkan nama organisasi pemuda di nusantara
·     Menyebutkan lima tokoh pemuda yang ikut Kongres Pemuda
·     Mengidentifikasikan pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda di lingkungan rumah
Tertulis :
uraian
Pengamatan
/perbuatan
3 minggu
Gambar
Buku
yang relevan
2. IPS :
·     Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
·     Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan  sekolah
·     Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah
·      
·     Kerja sama di lingkungan rumah
·     mengidentifikasikan kenampakan alam dan kenampakan                      buatan di lingkungan sekitar
·     menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan
·     menjelaskan manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan
·     membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata                                anginnya
·     Mengidentifikasikan kenampakan alam dan kenampakan buatan di lingkungan   sekitar
·     Menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan
·     Menjelaskan manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan
·     Membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata anginnya





3. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
·     Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
Berbicara
·     Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita  dan memberikan tanggapan/ saran

·     Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
·     Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
·     Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan     kalimat yang runtut dan mudah dipahami
·     Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
·     Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
·     Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
·     Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
·     Menjelaskan isi teks
·     menjelaskan petunjuk membuat alat pengukur debu
·     membuat pertanyaan tentang cara menggunakan
·     menyebutkan nama dan sifat tokoh dalam cerita binatang
·     memberikan tanggapan dan alasan tentang tokoh cerita binatang
·     menceritakan peristiwa alam melalui pengamatan gambar
·     Menjelaskan petunjuk membuat alat pengukur debu
·     Membuat pertanyaan tentang cara menggunakan
·     Menyebutkan nama dan sifat tokoh dalam cerita binatang
·     Memberikan tanggapan dan alasan tentang tokoh cerita binatang
·     Menceritakan peristiwa alam melalui pengamatan gambar



4. Matematika
·     Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
·     Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
·     Garis bilangan
·     Penjumlahan dan pengurangan
·     Perkalian dan pembagian
·     Uang
·     Alat ukur
·     Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat
·     menulis bilangan secara panjang (ribuan, ratusan, puluhan,                                satuan)
·     menentukan nilai tempat sampai dengan ribuan
·     melakukan operasi penjumlahan tanpa menyimpan
·     melakukan operasi penjumlahan dengan menyimpan
·     melakukan operasi pengurangan tanpa meminjam
·     melakukan operasi pengurangan dengan meminjam
·     Menulis bilangan secara panjang (ribuan, ratusan, puluhan, satuan)
·     Menentukan nilai tempat sampai dengan ribuan
·     Melakukan operasi penjumlahan tanpa menyimpan
·     Melakukan operasi penjumlahan dengan menyimpan
·     Melakukan operasi pengurangan tanpa meminjam
·     Melakukan operasi pengurangan dengan meminjam



5. IPA :
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi
perubahan pada makhluk hidup
·     Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
·     Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-  hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak   (makanan, kesehatan, rekreasi, dan olah raga)
·     Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
·     Perubahan pada  makhluk hidup
·     Sifat-sifat benda
·     mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
·     mengidentifikasi ciri-ciri makhluk tak hidup
·     menggolongkan tumbuhan berdasarkan bijinya
·     menggolongkan tumbuhan berdasarkan akarnya
·     menggolongkan tumbuhan berdasarkan batangnya
·     menggolongkan tumbuhan berdasarkan daunnya
·     menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan hewan
·     menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan tumbuhan
·     Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
·     Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk tak hidup
·     Menggolongkan tumbuhan berdasarkan bijinya
·     Menggolongkan tumbuhan berdasarkan akarnya
·     Menggolongkan tumbuhan berdasarkan batangnya
·     Menggolongkan tumbuhan berdasarkan daunnya
·     Menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan hewan
·     Menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan tumbuhan


































SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1

TEMA: PENGALAMAN


Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
1. PKN :
·     Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
·     Mengenal makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa
·     Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
·     mendefinisikan arti Sumpah Pemuda
·     menjelaskan latar belakang terwujudnya Sumpah Pemuda
·     menjelaskan tujuan Kongres Pemuda I dan II
·     menjelaskan makna Sumpah Pemuda
·     menyebutkan manfaat persatuan dan kesatuan
·     Mendefinisikan arti Sumpah Pemuda
·     Menjelaskan latar belakang terwujudnya Sumpah Pemuda
·     Menjelaskan tujuan Kongres Pemuda I dan II
·     Menjelaskan makna Sumpah Pemuda
·     Menyebutkan manfaat persatuan dan kesatuan
Tertulis :
uraian
Pengamatan
/perbuatan
3 minggu
Gambar
Buku
yang relevan
2. IPS :
·     Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
·     Melakukan kerja sama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/desa
·     Kerja sama di lingkungan rumah
·     menyebutkan bentuk-bentuk kerja sama di lingkungan     rumah
·     menjelaskan kerja sama (gotong royong) sebagai cirri  khas bangsa Indonesia
·     Menyebutkan bentuk-bentuk kerja sama di lingkungan rumah
·     Menjelaskan kerja sama (gotong royong) sebagai ciri khas bangsa                Indonesia



3. Bahasa Indonesia
·     Mendengarkan
·     Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
·     Berbicara
·     Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita  dan memberikan tanggapan/ saran
·     Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
·     Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
·     Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan     kalimat yang runtut dan mudah dipahami
·     Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah   dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat
·     Menjelaskan isi teks (100 – 150 kata) melalui membaca intensif
·     Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
·     Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
·     Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
·     Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
·     Menjelaskan isi teks
·     mendengarkan penjelasan untuk menolong teman
·     menuliskan hal-hal penting yang didengar tentang    menolong teman
·     Siswa menceritakan pengalaman kebiasaan baik yang dilakukan                  sehari-hari
·     melakukan percakapan tentang pengalaman
·     menanggapi cerita pengalaman teman
·     mengemukakan perasaan sesuai isi bacaan
·     membuat kesimpulan isi bacaan
·     mengemukakan pendapat tentang isi bacaan
·     Mendengarkan penjelasan untuk menolong teman
·     Menuliskan hal-hal penting yang didengar tentang menolong teman
·     Menceritakan pengalaman kebiasaan baik yang dilakukan sehari-hari
·     Melakukan percakapan tentang pengalaman
·     Menanggapi cerita pengalaman teman
·     Mengemukakan perasaan sesuai isi bacaan
·     Membuat kesimpulan isi bacaan
·     Mengemukakan pendapat tentang isi bacaan



4. Matematika
·     Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
·     Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah
·     Menentukan letak bilangan pada garis bilangan
·     Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka
·     Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka
·     Memecahkan masalah penghitungan termasuk yang berkaitan dengan uang
·     Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan, atau jam)
·     Mengenal hubungan antarsatuan waktu, antarsatuan panjang, dan     antarsatuan berat
·     Garis bilangan
·     Penjumlahan dan pengurangan
·     Perkalian dan pembagian
·     Uang
·     Alat ukur
·     Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat
·     menaksirkan bilangan yang dibutuhkan letaknya pada                                  garis bilangan
·     memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan        penjumlahan dan pengurangan
·     memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan        perkalian dan pembagian
·     menyebutkan nilai mata uang rupiah dari yang terkecil sampai yang terbesar
·     menentukan kesetaraan nilai uang dengan berbagai     satuan uang lainnya
·     menaksir jumlah harga dari sekelompok barang yang bisa dibeli atau dijual sehari-hari
·     menyelesaikan soal cerita yang melibatkan nilai uang
·     menaksir panjang dan lebar suatu benda dengan meteran
·     menaksir berat suatu benda dengan alat timbangan/     neraca
·     menaksir lama kegiatan sehari-hari dengan alat ukur
·     menentukan satuan ukur dalam pemecahan masalah         sehari-hari
·     Menaksirkan bilangan yang dibutuhkan letaknya pada garis bilangan
·     Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan     pengurangan
·     Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian dan     pembagian
·     Menyebutkan nilai mata uang rupiah dari yang terkecil sampai yang terbesar
·     Menentukan kesetaraan nilai uang dengan berbagai satuan uang lainnya
·     Menaksir jumlah harga dari sekelompok barang yang bisa dibeli atau dijual sehari-hari
·     Menyelesaikan soal cerita yang melibatkan nilai uang
·     Menaksir panjang dan lebar suatu benda dengan meteran
·     Menaksir berat suatu benda dengan alat timbangan/ neraca
·     Menaksir lama kegiatan sehari-hari dengan alat ukur
·     Menentukan satuan ukur dalam pemecahan masalah sehari-hari



5. IPA :
·     Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
·     Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
·     Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
·     Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-  hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak   (makanan, kesehatan, rekreasi, dan olah raga)
·     Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan melalui benda     padat, cair dan gas
·     Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
·     Perubahan pada  makhluk hidup
·     Sifat-sifat benda
·     membedakan antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup berdasarkan pengmatan ciri-cirinya
·     mengidentifikasi perubahan tubuh pada manusia melalui    pengamatan gambar
·     menafsirkan perubahan manusia berdasarkan hasil pengukuran
·     menyebutkan sifat-sifat benda gas
·     menyebutkan sifat-sifat benda cair
·     menyebutkan sifat-sifat benda gas
·     Membedakan antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup    berdasarkan pengmatan ciri-cirinya
·     Mengidentifikasi perubahan tubuh pada manusia melalui pengamatan gambar
·     Menafsirkan perubahan manusia berdasarkan hasil pengukuran
·     Menyebutkan sifat-sifat benda gas
·     Menyebutkan sifat-sifat benda cair
·     Menyebutkan sifat-sifat benda gas











SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1

TEMA: KEGIATAN


Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
1. PKN :
·     Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
·     Mengenal makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa
·     Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari
·      
·     Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
·     membaca teks Sumpah Pemuda
·     Membaca teks Sumpah Pemuda
Tertulis :
uraian
Pengamatan
/perbuatan
2 minggu
Gambar
Buku
yang relevan
2. IPS :
·     Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
·     Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
·     Melakukan kerja sama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/     desa
·     Kerja sama di lingkungan rumah
·     memberi contoh memelihara lingkungan dengan cara yang baik
·     mempraktekkan cara memelihara lingkungan rumah
·     mencatat kegiatan Karang Taruna yang berupaya    menggalang persatuan dan kesatuan
·     membuat gambar yang menunjukkan kerja sama di lingkungan sekolah
·     Memberi contoh memelihara lingkungan dengan cara yang baik
·     Mempraktekkan cara memelihara lingkungan rumah Mencatat kegiatan     Karang Taruna yang berupaya menggalang persatuan dan kesatuan Membuat gambar yang menunjukkan kerja sama di lingkungan sekolah



3. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
·     Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
Berbicara
·     Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita  dan memberikan tanggapan/ saran
Membaca
·     Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif dan membaca dongeng
Menulis
·     Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi
·     Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara Lisan
·     Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah    dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat
·     Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat
·     Menjelaskan isi teks (100 – 150) melalui membaca intensif
·     Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan     memperhatikan penggunaan ejaan
·     Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
·     Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
·     Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
·     Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
·     Menjelaskan isi teks
·     Memberikan tanggapan dan saran melalui pengamatan     gambar
·     membaca bersuara dengan lafal dan intonasi yang tepat
·     menjawab pertanyaan bacaan
·     menggunakan huruf kapital dan tanda baca pada kalimat
·     menulis kalimat dengan menggunakan tanda hubung
·     menulis kalimat dengan menggunakan koma untuk  memisahkan rupiah, persepuluh,
·     menulis kalimat dengan menggunakan tanda
·     Mendengarkan penjelasan lomba
·     Menyusun percakapan melalui telepon
·     Memberikan tanggapan dan saran melalui pengamatan gambar
·     Membaca bersuara dengan lafal dan intonasi yang tepat
·     Menjawab pertanyaan bacaan
·     Menggunakan huruf kapital dan tanda baca pada kalimat
·     Menulis kalimat dengan menggunakan tanda hubung
·     Menulis kalimat dengan menggunakan koma untuk memisahkan rupiah, persepuluh, dan se
·     Menulis kalimat dengan menggunakan tanda seru
·     Menggunakan kata depan di- dan ke-



4. Matematika
·     Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
·     Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah
·     Menentukan letak bilangan pada garis bingan
·     Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan     pembagian bilangan tiga angka
·     Melakukan operasi hitungan campuran
·     Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan, atau                 jam)
·     Mengenal hubungan antarsatuan waktu, antarsatuan panjang, dan     antarsatuan berat
·     Garis bilangan
·     Penjumlahan dan pengurangan
·     Perkalian dan pembagian
·     Uang
·     Alat ukur
·     Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat
·     menentukan pola pada garis bilangan
·     mengubah bentuk perkalian menjadi pembagian
·     mengubah bentuk pembagian menjadi perkalian
·     membedakan bilangan ganjil dan genap berdasarkan hasil atau tidaknya apabila dibagi dua
·     menyebutkan jenis alat ukur sederhana
·     memilih alat ukur yang sesuai dengan benda yang diukur
·     membaca tanda waktu jam, setengah jam, seperempat jam pada jarum jam
·     membaca tanda waktu sampai lima menit pada jarum jam
·     menentukan hubungan antarsatuan waktu: menit, jam,  hari, minggu, bulan, dan tahun; dan antarsatuan berat : kg, ons, gram
·     Menentukan posisi pada garis bilangan
·     Menentukan pola pada garis bilangan
·     Mengubah bentuk perkalian menjadi pembagian
·     Mengubah bentuk pembagian menjadi perkalian
·     Membedakan bilangan ganjil dan genap berdasarkan hasil atau tidaknya apabila dibagi dua
·     Menyebutkan jenis alat ukur sederhana
·     Memilih alat ukur yang sesuai dengan benda yang diukur
·     Membaca tanda waktu jam, setengah jam, seperempat jam pada jarum jam
·     Membaca tanda waktu sampai lima menit pada jarum jam
·     Menentukan hubungan antarsatuan waktu: menit, jam, hari, minggu, bulan, dan tahun; dan antarsatuan berat : kg, ons, gram




5. IPA :
·     Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
·     Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
·     Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
·     Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
·     Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar
·     Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi     benda padat, cair, dan gas
·     Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
·     Perubahan pada  makhluk hidup
·     Sifat-sifat benda
·     mempraktekkan cara memelihara tanaman
·     membuat kliping yang menunjukkan lingkungan sehat dan      tidak sehat
·     mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda padat
·     mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda cair
·     mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda gas
·     Mempraktekkan cara memelihara tanaman
·     Membuat kliping yang menunjukkan lingkungan sehat dan tidak sehat
·     Mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda padat
·     Mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda cair
·     Mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda gas






SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1

TEMA: TEMPAT UMUM


Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
1. PKN :
·     Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
·     Mengenal makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa
·     Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari
·     Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
·     menyebutkan waktu dan tempat pertama kali Sumpah      Pemuda dibacakan
·     Menyebutkan tempat-tempat yang digunakan untuk     kegiatan  kepemudaan
·     Menyebutkan waktu dan tempat pertama kali Sumpah Pemuda dibacakan
·     Menyebutkan tempat-tempat yang digunakan untuk kegiatan kepemudaan

Tertulis :
uraian
Pengamatan/perbuatan
2 minggu
·     Gambar
·     Buku yang relevan
2. IPS :
·     Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
·     Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah
·     Melakukan kerja sama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/     desa
·     Kerja sama di lingkungan rumah
·     Menyebutkan tempat kenampakan alam
·     Siswa dapt Menyebutkan tempat kenampakan buatan
·     Mendata jumlah penduduk, kematian dan kelahiran di     kelurahan Balonggede
·     Menyebutkan tempat kenampakan alam
·     Menyebutkan tempat kenampakan buatan
·     Mendata jumlah penduduk, kematian dan kelahiran di kelurahan Balonggede



3. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
·     Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
Berbicara
·     Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita  dan memberikan tanggapan/ saran

·     Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
·       - Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan
·         kalimat yang runtut dan mudah dipahami
·     Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
·     Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
·     Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
·     Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
·     Menjelaskan isi teks
·     menyebutkan tokoh-tokoh dalam drama
·     menuliskan nama-nama tokoh dalam drama
·     menjelaskan makna simbol
·     menjelaskan urutan kegiatan lomba melalui gambar
·     Menyebutkan tokoh-tokoh dalam drama
·     Menuliskan nama-nama tokoh dalam drama
·     Menjelaskan makna simbol
·     Menjelaskan urutan kegiatan lomba melalui gambar



4. Matematika
·     Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah
·     Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka
·     Melakukan operasi hitungan campuran

·     Garis bilangan
·     Penjumlahan dan pengurangan
·     Perkalian dan pembagian
·     Uang
·     Alat ukur
·     Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat
·     mencatat jumlah siswa kelas 1 sampai dengan kelas 6   pada lembar tugas secara berkelompok
·     Siswa dapar menggunakan sifat operasi hitung pertukaran dan sifat     pengelompokan untuk mempermudah perhitungan perkalian dan                        pembagian
·     memecahkan masalah yang melibatkan perkalian dan     pembagian
·     Mencatat jumlah siswa kelas 1 sampai dengan kelas 6 pada lembar tugas secara berkelompok
·     Menggunakan sifat operasi hitung pertukaran dan sifat pengelompokan untuk mempermudah perhitungan perkalian dan pembagian
·     Memecahkan masalah yang melibatkan perkalian dan pembagian



5. IPA :
·     Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
·     Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
·     Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar
·     Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi     benda padat, cair, dan gas
·     Menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, dan kertas
·     Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
·     Perubahan pada  makhluk hidup
·     Sifat-sifat benda
·     memberi contoh benda padat
·      menuliskan contoh benda cair
·     menyebutkan contoh benda gas
·     mengidentifikasi benda-benda di lingkungan sekolah
·     menyebutkan benda-benda yang terbuat dari plastik dan     kegunaannya
·     menyebutkan benda-benda yang terbuat dari kayu dan     kegunaannya
·     menyebutkan benda-benda yang terbuat dari kertas dan     kegunaannya
·     Melakukan kegiatan untuk memelihara kesehatan lingkungan sekolah
·     Mengklasifikasi benda-benda di lingkungan sekolah
·     Memberi contoh benda padat
·     Menuliskan contoh benda cair
·     Menyebutkan contoh benda gas
·     Mengidentifikasi benda-benda di lingkungan sekolah
·     Menyebutkan benda-benda yang terbuat dari plastik dan kegunaannya
·     Menyebutkan benda-benda yang terbuat dari kayu dan kegunaannya
·     Menyebutkan benda-benda yang terbuat dari kertas dan kegunaannya



SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1

TEMA: HIBURAN


Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
1. PKN :
·     Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
·     Mengenal makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa
·     Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari
·     Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
·     menulis isi teks Sumpah Pemuda
·     menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa
·     mendiskusikan cara kita mengamalkan satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
·     Menulis isi teks Sumpah Pemuda
·     Menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa
·     Mendiskusikan cara kita mengamalkan satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
Tertulis :
uraian
Pengamatan/perbuatan
2 minggu
·     Gambar
·     Buku yang relevan
2. IPS :
·     Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
·     Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah
·     Kerja sama di lingkungan rumah
·     menjelaskan manfaat denah dalam kehidupan sehari-hari
·     membuat denah SD Assalaam dilengkapi dengan      rencana penghijauan
·     Siswa  dapat membuat denah rumah siswa dengan     menentukan arah mata angin
·     membaca denah rumah siswa dan SD Assalaam
·     membuat peta dari rumah siswa ke SD Assalaam
·     membaca peta dari rumah siswa ke SD Assalaam
·     Menjelaskan manfaat denah dalam kehidupan sehari-hari
·     Membuat denah SD Assalaam dilengkapi dengan rencana penghijauan
·     Membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata  angin
·     Membaca denah rumah siswa dan SD Assalaam
·     Membuat peta dari rumah siswa ke SD Assalaam
·     Membaca peta dari rumah siswa ke SD Assalaam



3. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
·     Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
Berbicara
·     Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita  dan memberikan tanggapan/ saran
Membaca
·     Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif dan membaca dongeng
Menulis
·     Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi
·     Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
·     Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
·     Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan     kalimat yang runtut dan mudah dipahami
·     Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
·     Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat
·     Menceritakan isi dongeng yang dibaca
·     Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan     memperhatikan penggunaan ejaan
·     Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar
·     Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
·     Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
·     Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
·     Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
·     Menjelaskan isi teks
·     mendengarkan petunjuk melakukan permainan
·     mencatat petunjuk tentang permainan
·     menceritakan pengalaman pribadi yang        menyenangkan
·     menjelaskan urutan cara melakukan suatu    permainan
·     membaca puisi dengan penghayatan
·     menyebutkan nama dan sifat tokoh dari dongeng  yang dibaca
·     menceritakan kembali isi dongeng dengan kata-kata sendiri
·     memberi saran tentang sifat tokoh dari dongeng    yang dibacanya
·     melengkapi kalimat dengan kata yang tepat
·     menulis puisi karangan sendiri
·     melengkapi kalimat berdasarkan gambar dalam puisi
·     Mendengarkan petunjuk melakukan permainan
·     Mencatat petunjuk tentang permainan
·     Menceritakan pengalaman pribadi yang menyenangkan
·     Menjelaskan urutan cara melakukan suatu permainan
·     Membaca puisi dengan penghayatan
·     Menyebutkan nama dan sifat tokoh dari dongeng yang dibaca
·     Menceritakan kembali isi dongeng dengan kata-kata sendiri
·     Memberi saran tentang sifat tokoh dari dongeng yang    dibacanya
·     Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat
·     Menulis puisi karangan sendiri
·     Melengkapi kalimat berdasarkan gambar dalam puisi



4. Matematika
·     Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
·     Menentukan letak bilangan pada garis bilangan
·     Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan     pembagian bilangan tiga angka
·     Melakukan operasi hitung campuran
·     Garis bilangan
·     Penjumlahan dan pengurangan
·     Perkalian dan pembagian
·     Uang
·     Alat ukur
·     Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat
·     membilang secara urut
·     membandingkan       dua buah bilangan dengan simbol <, >, dan =
·     mengingat perkalian dan pembagian sampai dengan seratus
·     membuat tabel 10 x 10
·     menghitung perkalian dan pembagian oleh 2 dan 10 secara cepat
·     Membilang secara urut
·     Membandingkan dua buah bilangan dengan simbol <, >, dan =
·     Mengingat perkalian dan pembagian sampai dengan seratus
·     Membuat tabel 10 x 10
·     Menghitung perkalian dan pembagian oleh 2 dan 10 secara cepat




5. IPA :
·     Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
·     Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
·     Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
·     Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
·     Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
·     Mendeskripsikan perubahan sifat benda (ukuran, bentuk, warna, atau     rasa) yang dapat diamati akibat dari pembakaran, pemanasan dan     diletakkan di udara terbuka
·     Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
·     Perubahan pada  makhluk hidup
·     Sifat-sifat benda
·     menggolongkan tumbuhan berdasarkan bunganya
·     membedakan kondisi lingkungan sehat dan tidak sehat melalui gambar
·     mendemonstrasikan adanya perubahan sifat pada                     benda akibat pembakaran, pemanasan dan diletakkan di           tempat terbuka
·     membandingkan benda sebelum dan sesudah     mengalami pembakaran, pemanasan, dan diletakkan di tempat     terbuka
·     Menggolongkan tumbuhan berdasarkan bunganya
·     Membedakan kondisi lingkungan sehat dan tidak sehat melalui gambar
·     Mendemonstrasikan adanya perubahan sifat pada benda akibat pembakaran, pemanasan dan diletakkan di tempat terbuka
·     Membandingkan benda sebelum dan sesudah mengalami pembakaran, pemanasan, dan diletakkan di tempat terbuka

















SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1

TEMA: KESEHATAN


Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
1. PKN :
·     Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
·     Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari
·     Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
·     menyebutkan kegiatan pramuka yang berupaya    menggalang persatuan dan kesatuan
·     Menyebutkan kegiatan pramuka yang berupaya                   menggalang persatuan dan kesatuan
Tertulis :
uraian
Pengamatan/perbuatan
2 minggu
·     Gambar
·     Buku yang relevan
2. IPS :
·     Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
·     Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
·     Kerja sama di lingkungan rumah
·     melakukan perawatan lingkungan sekitar rumah
·     Melakukan perawatan lingkungan sekitar rumah



3. Bahasa Indonesia
·     Mendengarkan
·     Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
·     Berbicara
·     Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita  dan memberikan tanggapan/ saran
·     Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan     secara lisan
·     Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan     secara lisan
·     Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu   masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan   kata yang tepat
·     Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan   memperhatikan penggunaan ejaan
·     Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
·     Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
·     Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
·     Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
·     Menjelaskan isi teks
·     mendengarkan petunjuk melakukan sesuatu tentang kebersihan
·     menceritakan kembali cerita yang didengar
·     memberikan tanggapan dan alasan dari cerita                                                                      yang dibacanya
·     membuat kalimat sesuai dengan gambar
·     menyusun karangan berdasarkan gambar
·     mengurutkan gambar seri menjadi sebuah     paragraf
·     Mendengarkan petunjuk melakukan sesuatu tentang    kebersihan
·     Menceritakan kembali cerita yang didengar
·     Memberikan tanggapan dan alasan dari cerita yang dibacanya
·     Membuat kalimat sesuai dengan gambar
·     Menyusun karangan berdasarkan gambar
·     Mengurutkan gambar seri menjadi sebuah paragraph



4. Matematika
·     Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah
·     Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah
·     Garis bilangan
·     Penjumlahan dan pengurangan
·     Perkalian dan pembagian
·     Uang
·     Alat ukur
·     Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat
·     menggunakan meteran kain, meteran saku,     penggaris untuk mengukur tinggi badan
·     menggunakan timbangan atau neraca untuk menimbang berat badan
·     Menggunakan meteran kain, meteran saku, penggaris untuk mengukur tinggi badan
·     Menggunakan timbangan atau neraca untuk menimbang berat  badan



·     5. IPA :
·     Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
·     Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
·      
·     Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
·     Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup     dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan     perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat    dan olah raga).
·     Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh     terhadap kesehatan
·     Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
·     Perubahan pada  makhluk hidup
·     Sifat-sifat benda
·     menggolongkan hewan berdasarkan penutup tubuhnya
·     menggolongkan hewan berdasarkan cara            bergeraknya
·     menggolongkan hewan berdasarkan cara berkembang biaknya
·     menggolongkan hewan berdasarkan cara bernafasnya
·     menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi     pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia
·     menjelaskan pentingnya makanan bergizi seimbang untuk pertumbuhan
·     menjelaskan pengaruh bahan makanan tambahan     (zat aditif) terhadap tubuh
·     menjelaskan hubungan rekreasi, olah raga, istirahat dan  kesehatan
·     menyebutkan macam-macam pencemaran   lingkungan
·     mengidentifikasi penyebab pencemaran tanah
·     mengidentifikasi penyebab pencemaran air
·     mengidentifikasi penyebab pencemaran udara
·     menyebutkan akibat pencemaran lingkungan                 terhadap kesehatan
·     Menggolongkan hewan berdasarkan tempat hidupnya
·     Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya
·     Menggolongkan hewan berdasarkan penutup tubuhnya
·     Menggolongkan hewan berdasarkan cara bergeraknya
·     Menggolongkan hewan berdasarkan cara berkembang biaknya
·     Menggolongkan hewan berdasarkan cara bernafasnya
·     Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia
·     Menjelaskan pentingnya makanan bergizi seimbang untuk pertumbuhan
·     Menjelaskan pengaruh bahan makanan tambahan (zan aditif) terhadap tubuh
·     Menjelaskan hubungan rekreasi, olah raga, istirahat dan kesehatan
·     Menyebutkan macam-macam pencemaran lingkungan
·     Mengidentifikasi penyebab pencemaran tanah
·     Mengidentifikasi penyebab pencemaran air
·     Mengidentifikasi penyebab pencemaran udara
·     Menyebutkan akibat pencemaran lingkungan terhadap kesehatan



 



Mengetahui,                                                                                                                                                                                                Guru Kelas
            Kepala Sekolah



                                                                                                                                                                                                                               ARI ADI ST
            PRAYITNO, S.Pd                                                                                                                                             
NIP : 19570303 197701 1 001                                                                                                                                                                     NIP.



No comments: